Terbukti! 8 Manfaat Tomat Sesuai Kandungannya

Dalam kehidupan sehari-hari tak jarang kita menemui buah tomat yang dijual di pasaran. Tomat bukanlah salah satu kategori buah yang langka, sehingga tidak sulit untuk dicari pada tempat penjualan rempah-rempah. Banyak orang yang mengambil manfaat buah tomat hanya sekedar untuk olahan atau campuran sayuran. Bahkan terkadang hanya digunakan sebagai penghias makanan ketika disajikan.

Di samping itu, masih banyak sekali dikalangan masyarakat saat ini belum mengetahui akan seberapa penting kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam tomat. Padahal buah ini sangatlah kaya dengan manfaat yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

manfaat buah tomat

Tomat ialah buah yang identik dengan warna merah pada kulit dan berbiji lunak dalam daging buahnya. Rasa asam, memiliki biji yang banyak, dan kadar air cukup melimpah yang tersimpan dalam tomat menjadi ciri tersendiri pada buah ini. Selain untuk bahan campuran sayuran, tomat biasanya digunakan untuk bahan minuman berupa jus. Sehingga dapat menimbulkan sensasi segar tersendiri saat dinikmati.

Tomat merupakan tanaman yang berpohon kecil dan memiliki daun bergerigi. Tinggi pohon tersebut hanya berkisaran sekitar 1 meter sampai dengan 3 meter. Tumbuhan ini hanya mampu bertahan dengan waktu yang singkat. Tumbuhan tomat adalah asli salah satu jenis tumbuhan dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Meksiko. Tomat temasuk dalam kingdom Plantae dan ordo Solanales. Nama latin pada buah tomat ini sendiri yaitu Lycopersicum esculentum. Salah satu hasil dari tanaman atau tumbuhan yang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan Buah Tomat

Tanpa diketahui oleh orang banyak kandungan gizi yang tersimpan pada buah tomat sangatlah baik untuk menjaga kesehatan. Kandungan air maupun vitamin yang terdapat dalam daging buahnya mampu menetralisir dan mencegah berbagai penyakit dalam tubuh. Berbagai nutrisi seperti karbohidrat dan vitamin dapat membantu dalam proses meningkatkan daya tahan tubuh yang kuat. Sebelum lebih dalam membahas mengenai manfaat buah tomat untuk kesehatan, berikut ini akan disajikan tabel tentang berbagai gizi yang tersimpan dalam sebuah tomat. Untuk lebih mudah memahaminya, maka perhatikanlah pada tabel berikut ini :

Tabel 1. Kandungan gizi yang terdapat pada 100 gram tomat

Kandungan GiziMacam-Macam Tomat
Buah MudaBuah MasakSari Buah
Energi (Kal)23,0020,0015,00
Protein (gr)2,001,001,00
Lemak (gr)0,700,300,20
Karbohidrat (gr)2,304,203,50
Serat (gr)0,80
Abu (gr)0,60
Calsium (mg)5,005,007,00
Fosfor (mg)27,0027,0015,00
Zat Besi (mg)0,500,500,40
Natrium (mg)4,0
Kalium (mg)266,00
Vitamin A (mg)320,001500,00600,00
Vitamin B1 (mg)0,070,060,05
Vitamin B2 (mg)0,04
Niacin (mg)0,60
Vitamin C (mg)30,0040,0010,00
Air (gr)93,0094,0094,00


Manfaat
Tomat yang Terbukti Ilmiah

Tomat dipercaya memiliki nilai antioksidan yang cukup tinggi seperti halnya vitamin C yang terkandung di dalamnya. Sehingga, sejak dulu tomat menjadi salah satu alternatif ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Ada banyak sekali manfaat tomat yang bisa dirasakan baik dapat dirasakan secara langsung atau dalam jangka panjang.

Berikut ini akan dijelaskan lebih mendalam lagi mengenai manfaat apa saja yang dapat dirasakan dari zat-zat yang terkandung dalam tomat:

1. Mencegah Penyakit Kanker

Suatu penyakit yang sangat ganas ini tanpa diketahui oleh orang banyak ternyata dapat dicegah dengan mengonsumsi buah tomat. Karena antioksidan yang terkandung di dalam buahnya mampu menetralisir racun-racun yang dapat menyebabkan suatu penyakit kanker, meliputi kanker paru-paru, dan sebagainya. Konsumsi tomat dengan tepat dan takaran yang cukup dapat mencegah risiko penyakit kanker.

2. Memelihara Kesehatan Mata

Seperti yang kita ketahui gangguan pada penglihatan sudah menjadi fenomena yang tidak sedikit dialami oleh setiap orang. Pada penderita mata minus sangat dianjurkan untuk menikmati buah tomat dalam proses mencegah bertambahnya tingkat keminusan pada mata tersebut. Tomat sudah sangat populer dikenal oleh masyarakat bahwa buah ini mengandung banyak sekali vitamin A. Selain mengandung vitamin pada buahnya, ternyata tomat ini juga memiliki sejumlah nutrisi-nutrisi seperti, asam folat, niacin, dan thiamine.

3. Menstabilkan Gula Darah

Kandungan gula darah dalam tubuh tidak boleh melebihi batas wajar. Karena apa bila hal ini terjadi dapat menimbulkan risiko penyakit diabetes. Dalam rangka untuk menstabilkan gula darah dapat dilakukan dengan cara konsumsi tomat secara rutin. Tomat merupakan buah yang dapat dijadikan obat alami dan mengandung kromium untuk memenuhi asupan yang diperlukan oleh tubuh. Agar gula darah tidak mengalami peningkatan.

4. Memenuhi Kebutuhan Vitamin Harian

Terkadang kita malas untuk minum suplemen dalam memenuhi kebutuhan harian dengan vitamin. Hal ini dapat diatasi dengan cara memakan buah tomat yang segar. Tomat ini mampu memberikan 20% kebutuhan gizi harian yang diperlukan untuk tubuh kita. Selain itu, nutrisi yang terkandung juga sangat berguna untuk organ-organ agar berfungsi dengan baik.

mengambil manfaat buah tomat

ayo kita mabil manfaat buah tomat yang banyak ini…

5. Mengatasi Kerusakan Pada Sel

Ketika sel sedang mengalami kerusakan, tentunya kulit akan bermasalah. Biasanya ditandai warna kemerahan pada kulit dan dapat menyebabkan kerutan. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara konsumsi minimal 16 miligram likopen yang terdapat dalam buah tomat disetiap harinya. Dapat disajikan dengan minuman berupa jus agar lebih mudah untuk dinikmati.

6. Mengurangi Kadar Lemak

Kelebihan lemak dapat menyebabkan obesitas, sehingga dapat meningkatkan berat badan. Selain itu, kelebihan lemak juga dapat menyebabkan serangan darah tinggi. Mengurangi lemak dapat dilakukan dengan cara memakan buah tomat. Karena buah ini tidak mengandung lemak, melainkan buah tersebut mengandung berbagai nutrisi. Pada buah tomat tersebut nutrisi di dalamnya meliputi, protein, karbohidrat, dan kalori. Ketiga nutrisi itu sangat mempengaruhi dalam beberapa masalah berat badan.

7. Menstabilkan Kerja Jantung

Tanpa kita ketahui bahwa dalam sepotong ukuran tomat yang berukuran sedang ternyata memiliki 235 mg kalium. Fungsi dari kandungan zat tersebut adalah sangat berguna untuk mengontrol sistem kerja jantung saat sedang memompa darah. Sehingga, fungsi kerja jantung dapat berjalan stabil dan kita bisa terbebas dari penyakit serangan jantung ataupun stroke.

Baca juga buah yang baik untuk jantung: Manfaat Apel Hijau dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

8. Memelihara Tulang Tetap Kuat

Dalam proses pembentukan tulang kalsium sangatlah diperlukan untuk mendapatkan perkembangan tulang yang baik. Tomat dapat digunakan juga untuk mencegah osteoporosis atau yang sering kita kenal dengan istilah penyakit tulang keropos.

Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan kondisi jiwa yang sehat, maka dapat dengan mudah melakukan segala kegiatan. Dari penjabaran mengenai berbagai kandungan gizi yang terdapat pada buah tomat di atas, ada baiknya untuk menunjang kesehatan kita dengan cara memanfaatkan kandungan nutrisi pada buah tomat.

Dengan mengonsumsi secara rutin dapat membantu tubuh menjadi kuat dan segar. Oleh sebab itu, konsumsilah buah tomat untuk menstabilkan kesehatan dari serangan berbagai penyakit. Sekian penjelasan mengenai manfaat buah tomat untuk menjaga kesehatan. Semoga dapat menjadikan informasi yang bermanfaat untuk para pembaca.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer