Manfaat Zinc Bagi Tubuh yang Tak Bisa Dianggap Remeh

Zinc atau seng (Zn) merupakan salah satu mineral jejak (trace mineral) yang menjadi unsur pertama golongan 12 dalam tabel periodik. Keberadaannya yang dapat ditemukan di semua bagian tubuh manusia membuat zinc memiliki peran vital juga manfaat yang begitu besar. Apa saja manfaat zinc bagi tubuh? Berikut uraiannya.

Beragam Manfaat Zinc bagi Tubuh

Zinc memiliki beragam manfaat, diantaranya sebagai antioksidan yang mampu mencegah timbulnya penyakit jantung dan kanker, meningkatkan sistem imun sekaligus sebagai obat alami pilek atau flu, menjaga kesehatan mata, kulit dan berbagai manfaat penting lainnya.

manfaat zinc bagi tubuh

Berikut uraian selengkapnya:

1. Bertindak sebagai Antioksidan

Zinc merupakan agen anti-inflamasi dan antioksidan yang mampu memerangi stres oksidatif  yang timbul akibat reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas. Stres oksidatif sendiri terlibat dalam patogenesis sejumlah proses penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Peran besar zinc dalam sistem imun salah satunya untuk mengaktifkan sel T yang menjadi inti dari imunitas adaptif dan berperan khusus dalam menanggapi sistem imun terhadap beberapa patogen.

Zinc juga dapat mengganggu proses molekuler yang menyebabkan terbentuknya lendir dan bakteri di dalam rongga hidung (nasal) sehingga dapat mencegah atau mempercepat penyembuhan penyakit pilek atau flu.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Keberadaan zinc di dalam tubuh dibutuhkan untuk mengisolasi vitamin A ke dalam bentuk aktifnya guna mempertahankan fungsi penglihatan normal. Manfaat zinc ini secara langsung dapat membantu memperbaiki penglihatan penderita rabun senja sekaligus mencegah terjadinya degenerasi makula terkait usia yang menjadi penyebab utama kebutaan.

4. Menjamin Kesehatan Kulit

Manfaat zinc bagi kesehatan kulit sangatlah besar diantaranya mampu mengatasi jerawat dan mempercepat penyembuhan luka-baik luka bakar, luka sayatan bedah dan luka lainnya. Selain itu, zinc juga memainkan peran penting dalam penyembuhan penyakit kulit kronis seperti eksim kering.

Baca juga: Eksim Kering : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

5. Berperan dalam Produksi Hormon

Kehadiran zinc dalam tubuh diperlukan untuk menjaga keseimbangan produksi hormon estrogen dan progesteron pada wanita serta membantu meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria. Selain itu, zinc juga diperlukan untuk menyeimbangkan hormon insulin yang terlibat dalam regulasi gula darah normal.

Beberapa penelitian pun telah menunjukkan bahwa risiko kanker prostat pada pria dan kerusakan oksidatif terkait dengan buruknya kualitas sperma dapat diminimalisir dengan mencukupi kebutuhan harian tubuh akan zinc. Penuhi dengan asupan berikut: 22 Makanan yang Mengandung Zinc Terbaik (Mudah Didapat)

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat zinc dalam meningkatkan fungsi otak telah lama dibuktikan. Satu diantaranya seperti pengaruhnya dalam mengatur komunikasi puluhan ribu neuron dengan mengirim sinyal satu sama lain sehingga pikiran dan ingatan dapat terbentuk.

Para ahli pun menyatakan, bahwa defisiensi zinc terkait erat dengan menurunnya daya ingat hingga timbulnya penyakit otak yang menyebabkan demensia (pikun) seperti Alzheimer dan Parkinson.

7. Membantu Penyerapan Nutrisi

Zinc berperan dalam proses metabolisme karbohidrat, lipid, protein serta sintesis dan degradasi asam nukleat, memastikan kebutuhan energi dan nutrisi dalam tubuh tercukupi. Perannya dalam berbagai enzim pencernaan juga begitu vital. Karena itulah, seseorang yang kekurangan zinc berisiko besar mengalami gangguan pencernaan dan kelelahan yang hebat.

8. Membantu Pembentukan Massa Otot

Zinc memainkan peran penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel serta mampu meningkatkan kadar hormon testosteron dan produksi IGF-1 yang erat kaitannya dengan pembentukan karakter maskulinitas pria seperti pembentukan massa otot.

Zinc juga mampu mempercepat recovery selepas latihan berat sehingga asupannya sangat dibutuhkan terutama bagi seorang bodybuilder.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

Tubuh membutuhkan suplai zinc guna menjaga kesehatan sel di dalam sistem kardiovaskular. Endokardium yang merupakan lapisan terdalam dari jaringan jantung pun fungsinya sangat bergantung pada kadar zinc yang memadai.

Selain itu, kecukupan asupan zinc setiap hari dalam tubuh juga dapat menunjang sirkulasi darah yang sehat, menurunkan tekanan darah serta mengatur kadar kolesterol yang kesemuanya berpengaruh langsung terhadap kesehatan jantung.

Baca juga: Sehatkah Jantung Anda? Inilah 5 Indikator Kesehatan Jantung

10. Mencegah Kerontokan Rambut

Zinc merupakan salah satu mineral yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan rambut. Kekurangan zinc dapat menyebabkan rambut kusam, mudah rapuh bahkan kerontokan disertai kebotakan (alopecia areata).

Berbagai manfaat zinc lainnya meliputi:

  • Sebagai katalisator ratusan enzim.
  • Membantu mencegah/mengatasi kelelahan adrenal.
  • Menghambat terjadinya apoptosis.
  • Mencegah osteoporosis.
  • Meningkatkan sensitivitas terhadap bau dan ketajaman indra perasa.
  • Mencegah bayi terlahir prematur dan kelainaan cacar lahir.

Begitu banyak peran maupun manfaat zinc bagi tubuh, mulai dari sistem saraf, sistem imun, sistem pencernaan dan lainnya. Untuk itu, cukupilah kebutuhan zinc harian yang disarankan, yakni 11 mg untuk pria dewasa dan 9 mg untuk wanita dewasa. Hal ini guna menghindari berbagai gangguan kesehatan yang tidak diinginkan, seperti melemahnya sistem imun hingga terganggunya fungsi otak yang dibahas dalam artikel ini: 15 Tanda dan Gejala Kekurangan Zinc

Baca juga