Ragam Manfaat Telur Puyuh yang Berhasil Mencuri Perhatian

Selain telur ayam, telur burung puyuh merupakan salah satu sumber pangan yang cukup digemari masyarakat. Bentuknya yang mini dan kecil membuatnya lebih mudah disantap ketimbang telur ayam. Kali ini kita akan menyimak apa saja manfaat telur puyuh itu.

Manfaat telur puyuh bagi kesehatan

Dalam kecilnya sebutir telur puyuh, ternyata tersimpan banyak manfaat seperti:

  1. Meningkatkan kesehatan mata
  2. Menyeimbangkan kolesterol
  3. Mendongkrak energi
  4. Merangsang pertumbuhan dan perbaikan
  5. Meningkatkan metabolisme
  6. Menurunkan tekanan darah
  7. Meredakan alergi
  8. Mendetoksifikasi tubuh
  9. Mencegah penyakit kronis
  10. Meningkatkan stamina pada pria
  11. Membantu proses penyembuhan
  12. Menstimulasi otak
  13. Membantu merawat rambut dan kulit
  14. Menangkis anemia

Mari kita simak penjelasan lebih detail mengenai setiap manfaat telur puyuh di atas.

manfaat telur puyuh

Simak juga: Keunggulan dan Manfaat Telur Bebek Dibanding Telur Ayam

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Telur burung puyuh ternyata kaya akan vitamin A. Hal ini tentu saja baik untuk kesehatan mata. Vitamin A yang terkandung dalam telur puyuh tak hanya mampu meminimalisir degenerasi makula, namun juga mencegah timbulnya katarak. Walau begitu, Anda tidak diizinkan mengonsumsi telur puyuh lebih dari 10 butir setiap harinya karena bisa menimbulkan resiko overdosis vitamin A.

  1. Menyeimbangkan kolesterol

Bila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, asam lemak dalam telur puyuh ternyata dapat menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh. Telur puyuh memuat lebih dari 60% kolesterol baik (HDL) yang dibutuhkan tubuh untuk memutarbalikkan dampak negatif yang ditimbulkan kolesterol jahat (LDL). Meski demikian, mereka yang sebelumnya sudah memiliki masalah kolesterol, ada baiknya tidak mengonsumsi telur puyuh dalam jumlah banyak.

  1. Mendongkrak energi

Deretan mineral serta mikronutrisi dalam sebutir kecil telur puyuh membuat panganan ini layak dijadikan bagian dari menu sarapan sehari-hari. Bagi Anda yang sering merasa ngantuk dan memiliki ketergantungan pada kafein, cobalah rasakan manfaat telur puyuh untuk mendapatkan energi baru.

  1. Merangsang pertumbuhan dan perbaikan

Sama seperti telur ayam, manfaat telur puyuh juga tak kalah penting karena memuat protein yang bertugas untuk membangun dan memperbaiki sel, jaringan, otot, tulang, serta pembuluh darah dalam tubuh.

  1. Meningkatkan metabolisme

Rangkaian vitamin B yang ditemukan dalam telur puyuh bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Memaksimalkan pemanfaatan sumber energi menjadi energi, dan baik untuk kesehatan saraf.

  1. Menurunkan tekanan darah

Banyak yang belum tahu manfaat telur puyuh yang satu ini. Dari sekian jenis mineral yang terkandung dalam telur burung puyuh, potasium adalah salah satu yang memegang peranan penting. Mineral yang bertindak sebagai vasodilator (pembuka atau pelebar pembuluh darah) ini mampu mengurangi stres pada arteri dan vena, serta menurunkan tekanan darah tinggi. Dan dibanding dengan telur ayam, kandungan potasium dalam telur puyuh ternyata lebih banyak.

  1. Meredakan alergi

Telur puyuh mengandung protein ovomucoid yang berfungsi sebagai anti-alergi alami. Oleh sebab itu, bila Anda menderita gangguan pernafasan, asma, peradangan, atau gejala alergi lainnya, konsumsilah telur puyuh agar kesehatan kembali normal.

  1. Mendetoksifikasi tubuh

Mendetoksifikasi tubuh merupakan hal yang sangat penting, mengingat lingkungan sekitar sudah dicemari oleh berbagai polutan, toksin, dan logam berbahaya. Beberapa studi menunjukkan mengonsumsi telur puyuh bisa membantu mengeluarkan racun dari pembuluh darah dan mengurangi ukuran batu yang terdapat pada kandung kemih serta ginjal.

  1. Mencegah penyakit kronis

Antioksidan merupakan unsur yang sangat penting bagi tubuh manusia karena dapat menangkal radikal bebas yang biasanya menjadi penyebab penyakit kronis. Telur puyuh yang kaya akan kandungan vitamin A dan C jelas bisa membantu menetralkan radikal bebas tersebut sehingga tubuh tak sampai terkena penyakit berbahaya seperti kanker atau diabetes.

  1. Meningkatkan stamina pada pria

Dibanding telur ayam biasa, telur burung puyuh mengandung lebih banyak fosfor dan kalsium. Selain fosfor, protein serta ragam vitamin yang ada dalam telur puyuh ternyata dapat membantu meningkatkan stamina pada pria. Saat masuk dalam tubuh, deretan nutrisi tersebut akan menjadi sumber makanan bagi kelenjar prostat. Jadi bagi Anda yang ingin meningkatkan stamina secara alami, jangan segan untuk mencoba manfaat telur puyuh yang satu ini.

  1. Membantu proses penyembuhan

Para ahli percaya bahwa telur puyuh dapat mempercepat proses penyembuhan. Beberapa pasien mengalami kesembuhan lebih cepat dari tukak dan radang lambung setelah mengonsumsi telur puyuh.

  1. Menstimulasi otak

Tidak banyak yang tahu manfaat telur puyuh yang satu ini, bagi Anda yang tetap ingin memiliki ingatan tajam, maka jangan segan mengonsumsi telur puyuh karena penganan ini mampu meningkatkan aktivitas otak dan meregulasi sistem saraf.

  1. Membantu merawat rambut dan kulit

Karena dapat meningkatkan warna kulit dan memperkuat rambut dengan menjadikannya berkilau, maka tak heran bila telur puyuh sering dijadikan sebagai bahan produk kosmetik.

  1. Menangkis anemia

Telur puyuh dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga membuatnya menjadi salah satu sumber makanan yang dapat diandalkan oleh ibu hamil atau penderita anemia.

Hal lain yang menarik dari telur burung puyuh adalah Anda bisa mengonsumsinya saat mentah. Tidak ada resiko Salmonella seperti yang terdapat dalam telur ayam, dikarenakan suhu tubuh burung puyuh lebih tinggi dari ayam. Selain manfaat telur puyuh yang telah diutarakan di atas, telur mungil ini juga tak mungkin terkontaminasi karena mengandung substansi lisozim yang mampu membunuh bakteri.

Untuk cara konsumsi yang tepat, para ahli menyarankannya dalam bentuk mentah atau rebus (tidak lebih dari 30 detik agar kuning telurnya masih mentah). Hal ini dikarenakan proses memasak yang terlalu lama justru dapat merusak nutrisi telur puyuh.

Baca:

Meski ada begitu banyak manfaat telur puyuh, namun jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Anda tidak disarankan makan lebih dari 20 butir telur puyuh dalam sehari. Dan bila Anda mengonsumsi 5 butir telur puyuh setiap hari, maka kurangi makanan lain yang tinggi vitamin A seperti wortel atau minyak ikan. Kebanyakan orang mengonsumsi 3-5 butir telur puyuh saat sarapan setiap harinya, dan hal ini masih wajar.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer