7 Vitamin untuk Kulit yang Mudah Diperoleh dari Makanan

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kulit sehat alami? kulit yang bersih, terlihat lebih muda, dan bebas dari penyakit adalah dambaan hampir semua orang. Berjuta-juta uang rela dikeluarkan hanya untuk mendapatkan kulit cantik idaman.

Padahal, syarat mendapatkan kulit sehat dan terawat jawabannya gampang saja, yaitu cukupi kandungan vitamin pada makanan Anda. Jadi makanan apa saja yang mengandung vitamin untuk kulit?. Mari kita bahas disini.

Meskipun sudah banyak produk kosmetik untuk perawatan kulit dan anti-penuaan di pasaran, tetap belum bisa menggantikan fungsi asupan vitamin dari makanan yang akan dibutuhkan kulit Anda. Selain itu, efek samping kosmetik juga perlu diperhatikan.

buah sebagai vitamin untuk kulit yang alami

buah sebagai sumber vitamin untuk kulit yang alami

Untuk itu, daripada menghabiskan waktu dan materi untuk produk kosmetik yang belum tentu baik untuk kulit Anda, ada baiknya Anda fokuskan perawatan kulit melalui makanan yang bisa Anda konsumsi setiap harinya.

Sejatinya kulit yang sehat dan indah itu dimulai dari dalam, dari makanan yang Anda makan, seperti kata pepatah “Anda adalah apa yang Anda makan”.

Untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda, pilihlah makanan yang memiliki cukup kandungan vitamin untuk kulit. Sebagian besar vitamin untuk kulit ini terkandung dalam bahan makanan kita sehari-hari, hanya saja tingkat kandungan nya yang berbeda-beda pada setiap bahan makanan.

Apa saja jenis makanan yang mengandung vitamin untuk kulit?

Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan 7 vitamin untuk kulit yang terkandung dalam bahan makanan berikut ini:

1. Vitamin C

Vitamin C memang lebih terkenal akan manfaatnya yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi tahukah Anda bahwa vitamin C juga terlibat dalam produksi kolagen dan membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebihan.

Berikut adalah bahan makanan dengan kandungan Vitamin C yang tinggi:

  • Paprika (warna apapun).
  • Brokoli.
  • Stroberi.
  • Jambu biji.
  • Buah dengan rasa masam, seperti nanas, lemon, jeruk, jeruk nipis, dll.

Jadi, berapa banyak vitamin C untuk kulit yang seharusnya Anda konsumsi?

Paprika mengandung 280 mg vitamin C, sedangkan jeruk hanya mengandung 90 mg. Anda memerlukan setidaknya 100 mg vitamin C setiap hari. Jadi sudah bisa menerka ya berapa buah yang perlu Anda makan.

Namun demikian, menurut studi, tidak ada jumlah pasti berapa banyak makanan yang harus Anda makan per harinya. Oleh sebab itu, disarankan untuk menyantap dua buah dari jenis buah atau sayuran yang disebutkan tadi setiap harinya.

Lihat juga sumber vitamin C lainnya: Buah Pilihan yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

2. Vitamin E

Vitamin untuk kulit sehat selanjutnya yaitu Vitamin E. Vitamin ini bertindak sebagai pelindung kulit,  melindungi apa yang masuk dan apa yang keluar dari kulit itu sendiri. Bila dikombinasikan dengan Vitamin C, maka hasilnya dapat melindungi kulit kita dari kerusakan akibat sinar UV.

Berikut adalah bahan makanan dengan kandungan vitamin E yang tinggi:

  • Gandum (dapat ditambahkan ke campuran protein, oatmeal, remah roti, muffin, yogurt).
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian (seperti biji bunga matahari, kacang tanah, dan kacang almond).
  • Alpukat.

Berapa banyak sebaiknya Anda konsumsi jenis makanan ini? Kira-kira satu sendok makan gandum, dua irisan alpukat, atau segenggam kecil kacang.

Lihat juga sumber vitamin E lainnya: Sumber Makanan yang Mengandung Vitamin E

3. Beta-Karoten

Vitamin untuk kulit selanjutnya yaitu Beta-karoten. Beta-karoten sangat penting perannya untuk kesehatan kulit. Beta-karoten yang merupakan vitamin A ini berperan penting dalam perbaikan dan pertumbuhan sel baru agar kulit selalu tampak lebih muda.

Beta-karoten banyak terkandung pada bahan makanan berikut:

  • Wortel.
  • Labu.
  • Melon.
  • Bayam.
  • Kubis.

Berapa banyak sebaiknya Anda konsumsi? Dua porsi sehari dari salah satu buah-buahan atau sayuran di atas.

4. Omega 3

Kita mengenal ada dua jenis lemak, yaitu yang baik dan jahat ( Lemak Jenuh, Tak Jenuh, dan Trans – Apa Bedanya? ). Omega-3 termasuk ke dalam kelompok lemak yang baik. Lemak baik ini akan membantu menjaga kadar minyak dalam kulit, dan menjaga keutuhan membran sel, yang dapat mengeluarkan racun dari dalam kulit dan bahkan membantu melindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebih.

vitamin untuk kulit yang terkandung pada biji rami

Omega-3 banyak terkandung dalam makanan berikut:

  • Biji rami.
  • Kenari.
  • Ikan yang mengandung sedikit lemak (seperti Salmon Liar, Mackerel Atlantik dan Sarden).
  • Edamame (sejenis kacang-kacangan dari Jepang).

Berapa banyak sebaiknya konsumsi omega 3 untuk kulit?

3 – 5 ons ikan, 3 – 5 lima kali per minggu. Jika Anda tidak makan ikan, Anda bisa mendapatkan Omega-3 dalam bentuk suplemen minyak ikan. Konsultasikan hal ini dahulu dengan dokter Anda sebelum meminumnya karena efek suplemen ini bisa mengencerkan darah Anda. Kalau ingin membeli suplemen, pilih suplemen yang memiliki kandungan 1000 mg EPA dan DHA.

Bagi Anda sedang hamil, simak: Manfaat Minyak Ikan Omega-3 untuk Ibu Hamil dan Tips Memilih

5. Polifenol

Vitamin untuk kulit selanjutnya yaitu polifenol. Penelitian telah menunjukkan bahwa polifenol mempunyai sifat anti-kanker dan dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit akibat sering terpapar sinar matahari secara berlebihan.

Vitamin ini dapat ditemukan dalam Teh hijau. Berapa banyak yang sebaiknya Anda konsumsi? Minumlah setidaknya satu cangkir teh hijau dalam sehari.

6. Selenium

Vitamin untuk kulit yang terakhir adalah selenium. Selenium membantu melindungi kualitas dan elastisitas kulit Anda dan melindunginya dari bahaya sinar matahari.

Pada makanan apa selenium ini dapat ditemukan:

  • Gandum.
  • Seafood (terutama kepiting).
  • Telur.

Berapa banyak yang sebaiknya Anda konsumsi?

  • Walaupun tidak ada jumlah minimum untuk asupan selenium ini namun disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang telah kami sebutkan diatas, untuk memastikan tubuh Anda mendapatkan cukup selenium.

7. Air Sebagai Pelengkap Vitamin untuk Kulit

Air memang bukan termasuk vitamin, namun kami memasukkannya dalam daftar vitamin untuk kulit ini karena kita semua tahu bahwa manfaat air sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi air dalam jumlah cukup agar kebutuhan cairan pada kulit tercukupi dan membantu fungsi organ tubuh yang lainnya. Air juga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, terlihat penuh, kencang dan lebih awet muda.

Berikut adalah bahan makanan yang mengandung banyak air:

  • Semangka.
  • Nanas.
  • Blackberries.
  • Kembang kol.
  • Tomat Cherry.

Berapa banyak Air yang sebaiknya Anda konsumsi?

Sebenarnya masih ada berbagai perdebatan tentang berapa banyak air yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh per harinya. Namun tidak perlu anda khawatirkan hal itu, karena kita memiliki sistem alami yang dapat memandu kita untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh. Apa itu? ya benar sekali, sistem alami itu adalah rasa haus.

Biarkan rasa haus menuntun Anda untuk segera minum air putih atau tidak, dengan begitu kebutuhan air anda akan tercukupi. Dokter biasanya akan menyarankan (7-8 gelas per hari). Namun perlu diingat, selalu dahulukan memilih air putih ketimbang es teh yang memakai gula dan juga minuman bersoda jika Anda menginginkan kulit yang lebih sehat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer