18 Obat Nyeri Tulang di Apotik dan Alami

Bagi Anda yang menderita nyeri tulang dan kebingungan mencari obat nyeri tulang yang ampuh, tidak perlu khawatir. Anda dapat menemukan jawabannya pada artikel ini.

Nyeri tulang adalah rasa nyeri yang berlebih pada satu atau lebih tulang. Nyeri ini berbeda dengan nyeri otot dan nyeri sendi karena muncul setiap saat, baik saat bergerak atau tidak. Rasa nyeri tersebut biasanya terkait dengan penyakit yang memengaruhi fungsi atau struktur tulang.

Nyeri tulang dapat menyerang siapa saja dengan berbagai usia, baik yang muda atau pun tua. Sebelum membahas mengenai apa saja obat nyeri tulang yang efektif, penting untuk diketahui berbagi penyebab nyeri tulang seperti dijelaskan di bawah ini.

ilustasi nyeri tulang

Penyebab Nyeri Tulang yang Harus Anda Tahu

Ada banyak kondisi dan kejadian yang memungkinkan Anda terkena nyeri tulang. Seperti cedera, kekurangan mineral, infeksi sampai penyakit berbahaya seperti kanker. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut:

1. Cedera

Penyebab nyeri tulang yang paling umum adalah cedera. Biasanya, rasa nyeri tersebut datang setelah seseorang mengalami kecelakaan atau terjatuh. Kejadian tersebut dapat membuat tulang mengalami kerusakan bahkan patah tulang. Setiap bentuk kerusakan pada tulang akan menimbulkan rasa nyeri.

2. Kanker Metastatik

Kanker metastik adalah kanker yang tumbuh pada bagian tertentu dalam tubuh, kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya, termasuk ke tulang. Beberapa jenis kanker yang menyebar hingga ke tulang dan menyebabkan nyeri, diantaranya kanker payudara, paru-paru, tiroid, ginjal, dan prostat.

3. Kekurangan Mineral

Agar tetap kuat, tulang memerlukan berbagai vitamin dan mineral penting, seperti kalsium dan vitamin D. Kekurangan kalsium dan vitamin D dapat menyebabkan osteoporosis  atau tulang keropos yang sering terjadi pada sebagian besar masyarakat Indonesia. Penderita osteoporosis biasanya sering sekali mengalami nyeri tulang.

4. Kanker tulang

Kanker tulang disini maksudnya adalah jenis kanker primer yang memang awal mula tumbuhnya dari sel-sel tulang itu sendiri, bukan dari penyebaran kanker dari bagian tubuh lainnya. Kanker ini dapat menyebabkan nyeri tulang karena sel-sel kanker menghancurkan sel tulang normal dan menggantinya dengan sel kanker.

5. Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit yang mengganggu suplai darah ke tulang, seperti anemia dapat menyebabkan nyeri tulang. hal tersebut dikarenakan suplai darah ke tulang yang tidak stabil, sehingga jaringan tulang mulai mati dan menyebabkan nyeri tulang yang signifikan serta melemahkan tulang.

6. Infeksi

Jika bagian tubuh Anda terkena infeksi yang menyebar atau berasal dari tulang, maka dapat menyebabkan kondisi medis yang dikenal sebagai osteomielitis. Osteomielitis adalah infeksi pada tulang yang disebabkan oleh bakteri, yang dapat berlangsung cepat dan sementara (Akut) atau berlangsung perlahan dan jangka panjang (Kronis). Infeksi tulang tersebut dapat membunuh sel-sel tulang dan menyebabkan nyeri tulang yang sangat dahsyat.

7. Leukemia

Leukemia merupakan kanker yang menyerang sumsum tulang. Sumsum tulang terdapat di sebagian besar tulang dalam tubuh kita, jaringan ini bertanggung jawab untuk memproduksi sel-sel darah. Itulah sebabnya, penderita leukemia sering mengalami nyeri tulang terutama di bagian kaki.

Jadi, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan nyeri tulang. Namun anda tidak perlu bingung, karena setiap penyebab diatas memiliki gejala yang umumnya berbeda dan bisa kita amati.

Apa Saja Gejala Nyeri Tulang?

Gejala umum nyeri tulang adalah rasa nyeri saat diam maupun bergerak. Adapun gejala lainnya bergantung pada penyebab nyeri tulang itu sendiri. Perhatikan tabel gejala nyeri tulang berikut ini.

Penyebab Sakit TulangGejalanya
CederaPembengkakan dan kelainan bentuk tulang
Kekurangan mineralNyeri otot, gangguan tidur, kram, kelelahan, dan lemas
OsteoporosisNyeri punggung, postur bungkuk, dan postur tubuh semakin pendek
Kanker MetastatikSakit kepala, nyeri dada, patah tulang, kejang, pusing, sakit kuning, sesak napas, dan bengkak di perut.
Kanker TulangTulang belakang meningkat, benjolan di bawah kulit, dan mati rasa atau kesemutan
Gangguan Suplai Darah ke TulangNyeri sendi, kehilangan fungsi sendi, dan kelelahan
InfeksiKemerahan, terdapat garis pada tempat infeksi, pembengkakan, demam, mual, dan kehilangan nafsu makan
LeukimiaKelelahan, kulit pucat, sesak napas, berkeringat di malam hari, dan penurunan berat secara drastis

Apabila Anda merasakan gejala-gejala tersebut, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter atau segera mencari obat nyeri tulang untuk mencegah dan meredakan rasa nyeri tersebut. Yuk! kita simak obat nyeri tulang di bawah ini.

Apa Saja Obat Nyeri Tulang?

Obat nyeri tulang yang tepat dapat membantu meringankan gejala yang dirasakan penderita. Adapun beberapa obat nyeri tulang yang dapat dikonsumsi sebagai berikut.

1. Paracetamol

Obat nyeri tulang yang pertama adalah paracetamol yang merupakan obat kimia yang sering digunakan untuk mengatasi demam dan rasa nyeri ringan, seperti sakit kepala, nyeri haid, sakit gigi, dan nyeri sendi. Oleh karena itu, paracetamol cukup membantu untuk meredakan nyeri tulang yang ringan.

2. Ibuprofen

Obat nyeri tulang selanjutnya adalah ibuprofen. Obat ini termasuk dalam obat anti-inflamasi non steroid. Obat ini berfungsi untuk meredakan rasa nyeri seperti nyeri tulang, nyeri haid, sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, atau arthritis. Selain meredakan nyeri ibuprofen juga mengurangi proses peradangan pada tulang.

3. Suplemen Nutrisi

Penderita osteoporosis perlu meningkatkan kadar kalsium dan vitamin D dalam asupan harian mereka. Dokter biasanya akan memberi Anda suplemen nutrisi untuk mengatasi kekurangan mineral dalam tubuh. Suplemen tersebut tersedia dalam bentuk cair, pil, atau tablet. Tentu saja ini bukanlah obat untuk meredakan nyeri, namun beperan dalam membangun kekuatan tulang.

Ketiga obat nyeri tulang diatas dapat Anda dapatkan di apotek tanpa perlu resep dokter. Sedangkan untuk sisanya dibawah ini harus sesuai dengan rekomendasi dokter (resep).

4. Kodein

Kodein merupakan jenis obat golongan opiat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai nyeri, diare, batuk, dan gangguan pada usus besar. Kodein juga bisa digunakan sebagai obat nyeri tulang parah yang biasanya dikombinasikan dengan paracetamol.

5. Obat Antidepresan

Obat Antidepresan digunakan apabila obat nyeri tulang yang diberikan sebelumnya tidak efektif untuk menghilangkan rasa nyeri. Intinya, obat ini digunakan untuk memanipulasi persepsi otak sehingga tidak merasakan nyeri pada tubuh. Obat antidepresan yang biasanya diberikan dokter untuk penderita nyeri tulang adalah amitriptilin dengan dosis yang rendah.

6. Didronel

Didronel merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi osteoporosis pada wanita setelah menopause. Wanita yang telah menopause akan lebih rentan untuk terkena osteoporosis yang merupakan salah satu penyebab nyeri tulang. Selain itu, obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi paget disease pada tulang dan memperbaiki kepadatan tulang dengan cepat serta mencegah terjadinya patah tulang.

7. Antibiotik

Antibiotik merupakan salah satu obat yang sering direkomendasikan dengan obat nyeri tulang ketika penyebabnya adalah infeksi bakteri. Antibiotik berperan dalam membunuh bakteri-bakteri penyebab infeksi. Adapun beberapa jenis antibiotik yang sering digunakan adalah ciprofloxacinclindamycin, atau vankomisin.

Baca juga : Jenis-jenis Golongan Antibiotik dan Fungsinya

8. Bifosfonat

Nyeri tulang akibat kanker tulang memang sulit diobati. Dokter biasanya memberikan biosfonat sebagai pengobatan selain kemoterapi dan radiasi karena radiasi dapat meningkatkan nyeri tulang. Bifosfonat adalah obat nyeri tulang yang dapat membantu mencegah kerusakan tulang dan meredakan nyeri pada penderita kanker tulang metastatik.

9. Operasi

Operasi mungkin diperlukan untuk mengangkat bagian tulang yang telah mati akibat infeksi. Pembedahan  juga diperlukan untuk mengatur ulang tulang yang patah dan menghilangkan jaringan tumor atau kanker. Pembedahan rekonstruktif dapat dilakukan apabila terjadi kerusakan tulang yang parah dimana persendian harus diganti.

Daftar obat nyeri tulang di atas merupakan obat yang terbukti ampuh dan sering diresepkan oleh dokter. Adapun obat-obatan alami dibawah ini memang bisa membantu namun masih memerlukan pembuktian lebih lanjut.

10. Bunga Dandelion

Selain obat-obatan kimia, ada juga beberapa obat nyeri tulang alami yang dapat digunakan untuk mengobati rasa nyeri pada tulang. Obat nyeri tulang alami yang pertama, yaitu bunga dandelion. Bunga ini seperti rumput liar yang dapat untuk tumbuh di mana saja, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukannya.

tanaman herbal obat nyeri tulang

Bunga dandelion mengandung banyak kalsium yang mampu menjaga kesehatan tulang. Kalsium sangat berperan dalam mencegah pengeroposan dan membantu memadatkan tulang. Cara menggunakan tanaman ini sebagai obat nyeri tulang, yaitu:

  • Siapkan 10 gram daun dandelion.
  • Setelah itu, cuci bersih daun tersebut dan kukus selama 3 menit.
  • Kemudian, kunyah dan telan daun dandelion tersebut.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukanlah pengobatan ini secara teratur sebanyak 3 kali sehari

11. Jahe

Jahe merupakan obat alami yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya adalah nyeri tulang. Jahe sudah lama dikenal sebagai obat nyeri tulang yang juga efektif untuk mengatasi rematik dan osteoporosis. Cara menggunakan jahe sebagai obat nyeri tulang yaitu:

  • Anda dapat mencampurkan jahe ke dalam berbagai menu masakan.
  • Alternatif lainnya, yaitu dengan meminum wedang jahe hangat dengan sedikit gula. Minumlah wedang jahe tersebut sebanyak 3 kali sehari, agar lebih efektif khasiatnya.

12. Lidah Buaya

Lidah buaya selama ini dikenal sebagai tumbuhan yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut. Ternyata, tumbuhan yang satu ini juga dapat digunakan sebagai obat nyeri tulang. Hal tersebut dikarenakan lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi dan dapat mengatasi penyakit rematik. Adapun cara mengolah lidah buaya ini yaitu:

  • Ambil 1 buah lidah buaya.
  • Kemudian, cuci lidah buaya tersebut hingga bersih.
  • Lalu, belah menjadi dua bagian sampai bagian putihnya terlihat.
  • Ambil dagingnya atau bagian putih tersebut. Setelah itu, haluskan dengan blender atau juicer dengan tambahan 1 gelas air.
  • Minumlah jus lidah buaya sebanyak 1 kali sehari secara teratur.

Dengan mengonsumsi secara teratur, maka dapat membantu meredakan nyeri tulang, meningkatkan sistem imun dan mencegah terjadinya inflamasi (peradangan).

13. Akar Beluntas

Selama ini, banyak orang yang menggunakan akar beluntas sebagai obat alami untuk mengobati berbagai penyakit tulang. Akar beluntas dipercaya mampu meredakan nyeri tulang, rematik, sakit pinggang, dan nyeri sendi. Cara menggunakan obat nyeri tulang alami ini yaitu:

  • Siapkan akar beluntas yang sudah dikeringkan.
  • Lalu, cuci akar beluntas hingga bersih.
  • Rebus menggunakan segelas air dan tunggu hingga mendidih.
  • Minum air rebusan setiap hari untuk membantu meredakan nyeri tulang.

14. Lengkuas

Lengkuas juga dapat digunakan sebagai obat nyeri tulang. Bumbu dapur yang satu ini sudah sering digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan termasuk salah satunya adalah nyeri tulang. Berikut adalah cara menggunakan lengkuas sebagai obat nyeri tulang alami:

  • Siapkan 2 buah rimpang lengkuas dan cuci hingga bersih.
  • Kemudian, potong kecil-kecil rimpang lengkuas tersebut.
  • Setelah itu, parut potongan lengkuas tersebut dan peras menggunakan kain.
  • Air perasannya dapat digunakan sebagai miyak oles atau pijat.
  • Pijatlah bagian yang terasa nyeri dengan perlahan menggunakan sari lengkuas tersebut.
  • Lakukanlah sesering mungkin hingga rasa nyeri pada tulang menghilang.

15. Akar Sembung

Sebagian orang belum banyak yang mengetahui manfaat dari akar sembung untuk mengobati penyakit karena biasanya daun nya lah yang difungsikan sebagai obat alami padahal akar nya ternyata juga ampuh untuk mengobati rematik. Walaupun bahan obat nyeri tulang ini biasanya harus dicampur dengan bahan herbal lainnya agar dapat efektif mengobati berbagai penyakit tulang. Perhatikan cara penggunaannya di bawah ini:

  • Siapkan 30 gram akar sembung dan 60 gram daun gandarusa dan cuci hingga bersih.
  • Setelah itu, potong kecil-kecil kedua bahan tersebut.
  • Rebus lah menggunakan 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, sisakan air rebusan nya menjadi satu gelas saja.
  • Minumlah air rebusan tersebut pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Selain obat kimia dan obat herbal yang telah disebutkan diatas, ada beberapa pola hidup yang harus dilakukan untuk meredakan nyeri tulang dan membuatnya tidak mudah untuk datang lagi. Berikut ini adalah tips mengatasi sakit tulang yang cukup efektif:

16. Aktif Bergerak

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri tulang adalah dengan aktif bergerak. Jika tubuh tidak terbiasa untuk aktif bergerak, maka tulang akan terasa nyeri dan kaku sehingga saat digunakan bergerak justru semakin nyeri.

17. Terapi

Saat ini ada banyak sekali metode terapi yang dapat menyembuhkan nyeri tulang. Namun, ada salah satu terapi yang dapat Anda lakukan di rumah, yaitu:

  • Siapkan handuk lembut dan satu baskom air dingin.
  • Kemudian, celupkan handuk tersebut pada air dingin yang sudah disediakan.
  • Lalu, tempelkan pada bagian yang terasa nyeri.
  • Lakukan terapi tersebut sesering mungkin hingga rasa nyeri pada tulang menghilang.

18. Ubah Posisi Tidur

Kebiasaan posisi tidur yang salah dapat menyebabkan tulang punggung terasa nyeri. Oleh sebab itu, untuk membantu proses penyembuhan, penting untuk mengubah posisi tidur Anda. Posisi tidur yang baik adalah dengan posisi  tidur menyamping, kemudian angkat kaki sedikit ke arah dada, lalu tempatkan bantal diantara kedua kaki Anda. Posisi tidur seperti ini dapat membantu mengembalikan bentuk tulang punggung pada posisi normalnya.

Nah, sangat bermanfaat buat informasi tentang obat nyeri tulang ini. Sekarang Anda jadi paham tentang penyebab, gejala dan obat yang efektif untuk nyeri tulang. Namun, jika nyeri pada tulang tak kunjung reda, maka sebaiknya segera menghubungi dokter untuk memberikan tindakan medis terhadap kondisi yang Anda derita.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer