Cara Ampuh Mengobati Ambeien di Rumah

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang membuat banyak penderitanya merasa tidak nyaman, mulai dari keluhan buang air besar berdarah hingga rasa gatal pada daerah anus. Keluhan-keluhan tersebut bisa diatasi dengan perawatan sederhana di rumah. Lantas, bagaimana cara mengobati ambeien di rumah?

Memeriksakan diri ke dokter memang menjadi hal yang wajib ketika seseorang mengalami wasir. Namun Anda tidak perlu menemui dokter secara terburu-buru jika tujuannya hanya untuk mengurangi rasa gatal dan nyeri karena ambeien. Anda bisa mengupayakan perawatan sederhana di rumah untuk mengobati keluhan-keluhan ambeien tersebut, sekaligus mencegah penyakit agar tidak semakin memburuk.

Agar berhasil dalam mengobati ambeien, maka perlu kita pahami beberapa hal yang dapat memperburuk penyakit ini. Seperti telah dijelaskan sebelumnya pada artikel yang berjudul 11 Penyebab Ambeien yang Harus Anda Waspadai, bahwa ambeien terjadi ketika pembuluh darah vena pada daerah anus dan rektum mengalami pelebaran sebagai akibat dari tekanan yang berlebih ketika aliran darah terbendung pada daerah tersebut. Adapun penyebab dan faktor-faktor resikonya antara lain:

  • Sering mengalami konstipasi atau susah buang air besar.
  • Kurang makan serat.
  • Obesitas.
  • Kehamilan.
  • Cedera tulang belakang.
  • Penyakit radang usus.
  • Dan lain-lain.

Setelah mengetahui penyebab dan faktor resikonya, maka kita akan mengerti hal-hal apa saja yang bisa kita upayakan untuk mengobati ambeien di rumah.

Mengobati Ambeien dengan Perawatan di Rumah

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati rasa nyeri, pembengkakan dan gatal yang terjadi pada anus akibat ambeien, cara ini memang tergolong sederhana, namun bisa berdampak besar terhadap keluhan yang sedang Anda alami. Berikut cara mengobati ambeien di rumah:

Makan makanan berserat tinggi

Makan lebih banyak buah, sayuran dan biji-bijian. Melakukan hal itu melembutkan tinja dan meningkatkan curahnya, yang akan membantu Anda menghindari ketegangan yang dapat memperburuk gejala dari wasir yang ada. Tambahkan serat ke makanan Anda secara perlahan untuk menghindari masalah dengan gas.

Menggunakan Obat Topikal

Ada berbagai macam obat wasir atau ambeien yang penggunaannya dengan cara topikal (luar) baik di oleskan (krim wasir), dimasukkan ke liang anus (supositoria) ataupun menggunakan bantalan yang mengandung witch hazel atau agen mati rasa. Obat-obat ini berguna dalam mengurangi peradangan serta menciutkan pembuluh darah.

Rendam air hangat atau sitz bath

Sediakan bak mandi lalu siapkan air hangat. Rendam daerah anus dalam air hangat tersebut sekitar 10 sampai 15 menit dua sampai tiga kali sehari. Metode perendaman ini disebut sebagai sitz bath yang bisa menenangkan daerah wasir yang membengkak dan meradang. Namun yang perlu diperhatikan adalah kehangatan air, jangan sampai terlalu panas ya.

Jaga Kebersihan Anus

Meskipun terasa nyeri dan tidak nyaman, namun Anda tetap harus membersihkan daerah anus. Lakukanlah setiap hari ketika mandi, khususnya kulit di sekitar anus dengan lembut. Anda pun bisa menggunakan air hangat sebagai kelanjutan dari sitz bath. Jangan membersihkan daerah anus dengan tisu berbasis alkohol atau parfum. Setelah dibersihkan, keringkan daerah tersebut dengan handuk secara lembut atau menggunakan pengering rambut.

Jangan gunakan tisu toilet kering

Untuk membantu menjaga daerah anus bersih setelah buang air besar, gunakan handuk lembab atau tisu toilet basah yang tidak mengandung parfum atau alkohol. Jangan menggunakan tisu kering karena teksturnya yang lebih kasar sehingga dikhawatirkan menimbulkan iritasi.

Kompres Dingin

Saat ambeien tiba-tiba terasa begitu nyeri atau membengkak, maka Anda bisa mengobatinya dengan mengoleskan es atau kompres dingin pada anus. Ingat, tidak boleh langsung menempelkan es batu pada anus secara langsung, melainkan gunakanlah pelapis berupa kain atau handuk.

Minum Obat Analgetik

Ketika belum sempat pergi ke dokter untuk mengobati ambeien yang terasa sakit, maka Anda bisa menggunakan obat pereda nyeri (analgetik) yang dijual bebas seperti acetaminophen (parasetamol), aspirin atau ibuprofen dan lainnya. Obat-obatan tersebut dapat mengatasi rasa sakit untuk sementara waktu.

Dengan menerapkan cara mengobati ambeien seperti di atas, maka biasanya ambeien mereda dalam seminggu. Temui dokter jika Anda tidak merasa lega dalam seminggu, atau segera kunjungi dokter apabila mengalami sakit hebat atau pendarahan hebat.

Di samping hal-hal di atas, Anda juga bisa menggunakan obat tradisional atau bahan alami, seperti dijelaskan di sini: 10 Obat Ambeien Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat

Kebiasaan BAB yang Sehat

Cara mengobati ambeien di atas akan berhasil ketika Anda juga menerapkan pola kebiasaan buang air besar yang baik sebagai berikut:

Jangan berlama-lama

Jika Anda sudah nongkrong di toilet untuk buang hajat, namun tak kunjung keluar juga setelah beberapa menit, maka jangan menunggunya lebih lama lagi atau bahkan memaksanya. Anda sebaiknya beranjak dari toilet lalu minumlah air putih yang banyak dan lakukan olahraga ringan, seperti berlali santai, sit up, berspeda, dan lain-lain.

Begitupula ketika sudah lancar keluar dan setelah dorongannya tidak kuat lagi, maka sebaiknya selesaikan aktifitas toilet tersebut. Hindari membaca koran, merokok, atau menggunakan gagdet karena hal-hal ini membuat Anda ‘betah’ berlama-lama.

Jangan menahannya

Bila Anda merasa harus pergi toilet untuk buang hajat, maka lakukanlah segera. Jangan menunggu waktu atau tempat yang lebih baik. Kotoran bisa kembali naik. Dan itu bisa menyebabkan ketegangan dan tekanan berlebih pada pembuluh darah. Pergilah sesegera mungkin saat Anda merasakan dorongan ingin buang air besar.

Posisi jongkok lebih baik

Toilet dengan kloset (WC) jongkok lebih sehat dibanding WC duduk. Posisi jongkok saat buang air besar akan mengubah posisi otot-otot di sekitar anus dan rektum sehingga pergerakan feses menjadi lebih mudah, BAB pun menjadi lancar. Tentu hal ini sangat baik untuk penderita ambeien sekaligus memperkecil resiko untuk terkena kanker usus besar.

Jika toilet anda sudah terlanjur menggunakan WC duduk, maka tidak perlu menggantinya. Anda bisa menyiasatinya dengan cara meletakkan bangku pendek atau setumpuk benda di bawah kaki sedemikian rupa sehingga ketika buang air besar posisi lutut naik ke atas.

Jangan salah, lakukan hal-hal benar berikut!

Agar berhasil dalam mengobati wasir, selain melakukan cara-cara di atas dan juga pengobatan yang diberikan dokter, maka Anda juga perlu menerapkan pola hidup yang benar dan menjauhi yang salah. Berikut penjelasannya.

  • Gunakan serat Alami. Mungkin banyak suplemen atau ramuan yang bisa membersihkan usus dan melancarkan BAB. Namun jika hal ini dilakukan tidak menutup kemungkinan untuk mengalami efek samping barupa diare. Oleh sebab itu, gunakanlah serat pangan alami yang dapat Anda temukan pada buah-buahan, sayuran, kacang – kacangan, roti gandum dan sereal. Namun perlu diingat, bahwa tidak boleh langsung makan sekaligus banyak. Makanlah makanan sumber serat secara perlahan untuk membantu menghindari gas dan kembung.
  • Minum banyak cairan.Tetap terhidrasi dengan baik agar tinja tetap lembut sehingga mudah dikeluarkan. Air putih memang pilihan terbaik, namun minum jus buah juga perlu karena selain mengnadung air juga mengandung serat yang dapat melancarkan buang air besar.
  • Berolahraga secara teratur. Bahkan jalan cepat 20-30 menit setiap hari bisa membantu mencegah Anda dari konstipasi atau sembelit. Konstipasi inilah yang sering menyebabkan ataupun memperburuk ambeien.
  • Tetap Bernafas! Biarkan aliran udara bebas keluar masuk saat melalui hidung Anda saat buang air besar. Pada kenyataannya, banyak yang menahan napas saat mengejan atau berusaha kuat untuk mengeluarkan feses saat BAB. Padahal hal ini akan memicu tekanan yang kuat dan menyebabkan rasa sakit serta pendarahan pada wasir.
  • Gunakan bantal. Duduklah di atas bantal atau permukaan yang empuk bukan permukaan yang keras. Cara ini akan memudahkan meringankan pembengkakan wasir yang Anda miliki sekaligus mencegah agar jangan sampaii timbul yang baru.
  • Istirahat. Agar upaya kita dalam mengobati wasir berhasil, maka hindarilah duduk berlama-lama. Jika Anda harus duduk untuk waktu yang lama, maka berdirilah setiap satu jam sekali dan bergeraklah selama minimal 5 menit.

Itulah beberapa cara mengobati ambeien yang bisa Anda lakukan di rumah, agar wasir sembuh tuntas, maka baca juga: Cara Tuntas Mengobati Ambeien (wasir atau Hemoroid). Sekian, semoga bermanfaat.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer