Cara Mengobati Ambeien Saat Hamil Paling Efektif dan Aman

Agar berhasil dalam mengobati ambeien saat hamil, maka harus disesuaikan dengan derajat keparahannya. Apabila masih dalam derajat ringan (I dan II), biasanya cukup dengan mengubah pola hidup dan memanfaatkan obat-obatan (alami dan apotek). Jika sudah sampai derajat parah (III dan IV), prosedur operasi menjadi solusi terbaik.

Ambeien merupakan pembengkakan pada sekelompok pembuluh darah balik (vena) yang berada di dalam rektum dan anus. Kondisi ini memang kerap ditemui pada wanita hamil terutama pada trimester ketiga.

cara mengobati ambeien saat hamil

Ada sekitar 30-40% wanita hamil diatas 6 bulan yang ditemukan memiliki ambeien. Janin dalam kandungan yang tumbuh semakin membesar dapat menyebabkan peningkatan tekanan intra abdomen. Kondisi inilah yang kadangkala memicu terjadinya ambeien saat hamil atau memperparah ambeien yang sudah ada sebelumnya.

Ambien selama kehamilan menjadi tantangan tersendiri bagi para wanita. BAB berdarah, adanya benjolan yang keluar dari anus, rasa nyeri dan gatal di sekitar anus, merupakan gejala ambeien yang membuat para ibu merasa tersiksa dan menderita karena kondisi ini.

Untuk itu, ketahuilah beberapa cara mengobati ambeien saat hamil berikut ini.

Bagaimana Cara Mengobati Ambeien Saat Hamil?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati ambeien selama kehamilan. Dalam derajat ringan, memperbanyak makanan berserat dan menghindari mengejan terlalu kuat ketika BAB menjadi solusi yang efektif guna menghindari konstipasi yang berkontribusi besar terhadap timbulnya ambeien.

Namun, dalam derajat yang sudah parah, tindakan operasi nampaknya menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya. Ketahui tanda dan gejalanya untuk setiap derajatnya disini: Ciri-ciri dan Gejala Ambeien Berdasarkan Derajatnya

Berikut beberapa cara mengobati ambeien saat hamil:

1. Perbanyak Makanan Kaya Serat

Konstipasi atau sembelit berkontribusi besar terhadap timbulnya ambeien selama kehamilan. Oleh sebab itu, perbanyaklah konsumsi makanan kaya serat yang bersumber dari sayuran, buah-buahan, sereal dan roti dari biji-bijian utuh.

Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan minum air putih secukupnya. Kemudian, sempurnakan dengan satu gelas jus buah seperti jus buah prune atau plum yang terkenal akan kemampuannya dalam mengatasi konstipasi.

2. Jangan Tunda BAB

Ketika sudah merasakan adanya dorongan untuk BAB, segeralah pergi ke toilet jangan menunda-nunda. Kebiasaan buruk menunda-nunda BAB menjadi salah satu pemicu terjadinya konstipasi yang menyebabkan ambeien.

Hindari pula mengejan terlalu kuat saat BAB guna menghindari terjadinya perdarahan akibat robeknya pembuluh darah yang membengkak di dalam anus .

3. Hindari Duduk Terlalu Lama

Untuk meringankan atau mengobati ambeien saat hamil, usahakan untuk menghindari duduk dalam jangka waktu yang lama. Mengapa? karena duduk yang terlalu lama dapat memberi tekanan lebih pada pembuluh darah di anus atau rektum.

Jadi, usahakan untuk berbaring miring atau berdiri beberapa saat setelah duduk. Bangun dari duduk pun harus dilakukan dengan hati-hati agar terhindar dari kram perut.

4. Berendam

Isi bak mandi atau tempat berendam dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan beberapa sendok baking soda. Kemudian duduklah dengan merendam bagian anus kurang lebih selama 30 menit. Lakukan terapi ini sebanyak dua kali sehari untuk mengurangi rasa gatal dan pembengkakan pada area anus.

Cara lain yang patut dicoba yakni dengan mengompres area sekitar anus dengan air dingin atau es untuk menenangkan rasa sakit dari pembuluh darah yang membengkak.

5. Gunakan Tisu Basah

Setelah BAB atau mandi, usahakan untuk membersihkan area sekitar bokong dengan menggunakan tisu basah secara perlahan. Gunakan tisu basah tanpa pewangi atau alkohol, hindari penggunaan tisu kering karena dapat menggores pembuluh vena yang membengkak.

6. Lakukan Senam Kegel

Selain dapat membantu menguatkan dinding perineum untuk proses persalinan, senam kegel juga cukup efektif dalam membantu mengobati ambeien saat hamil.

Lakukan senam kegel setiap hari untuk memperkuat otot anus dan meningkatkan sirkulasi di sekitar dubur. Bagaimana caranya? Caranya sangat sederhana, cukup tahan atau kencangkan otot sekitar vagina dan anus selama 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi 10-20 kali dan tingkatkan durasinya perlahan-lahan dari 5 detik ke 10 detik.

Cukup mudah untuk dilakukan bukan?

7. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu cara untuk memperbaiki sirkulasi darah serta mencegah timbulnya konstipasi yang dapat meningkatkan risiko bertambah parahnya ambeien yang dialami.

Ketika hamil dan mengalami ambeien, upayakan untuk tetap berolahraga secara teratur. Pilihlah olahraga yang ringan, sesuai dengan kemampuan fisik saat hamil. Diantaranya seperti yoga, berjalan kaki sekitar lingkungan rumah atau senam aerobik.

Jangan sekali-kali melakukan olahraga yang tergolong berat atau menimbulkan efek mengejan, misalnya seperti angkat beban.

8. Cobalah Obat Alami

Meskipun obat-obatan apotek bisa dibilang lebih cepat dalam meredakan gejala ambeien. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba mengobati ambeien saat hamil dengan menggunakan obat alami.

Selain mudah didapat, tentunya obat alami ini lebih bersahabat dengan kondisi kesehatan wanita saat hamil karena tidak mengandung bahan kimia. Bahan-bahan alami seperti lidah buaya, cuka apel, minyak almond, minyak zaitun dan teh hitam adalah beberapa diantara sekian banyak obat alami ambeien.

9. Gunakan Obat Topikal

Jika rasa sakit dan nyeri akibat ambeien masih dirasakan, cobalah untuk menggunakan obat topikal. Ada sejumlah obat topikal yang dijual bebas di apotek untuk membantu mengobati ambeien saat hamil. Ketersediannya dalam bentuk krim, salep dan obat perangsang buang air besar yang sebagian besar mengandung witch hazel atau hidrokortison.

Ada baiknya untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter atau apoteker mengenai obat topikal yang tepat sesuai dengan kondisi yang dialami.

10. Prosedur Operasi

Bagi wanita hamil yang sudah merasa amat tersiksa dengan ambeiennya karena sudah terlanjur parah. Maka dapat memilih jalan operasi. Saat ini sudah tersedia metode operasi ambeien dengan menggunakan teknologi Biological Electrical Impedance Auto-Measurement (BEIM).

Metode operasi ini terbilang aman untuk wanita hamil karena hanya menggunakan bius lokal dan obat-obatan anti nyeri yang aman bagi janin. Rasa nyerinya pun terbilang lebih ringan dibandingkan dengan metode konvensional.

Jadi, untuk mengobati ambeien saat hamil disesuaikan dengan derajat keparahannya. Jika masih dalam derajat ringan (stadium 1 dan 2), cobalah untuk mengubah pola hidup dan manfaatkan obat-obatan alami maupun apotek. Namun jika sudah sampai derajat yang parah (stadium 3 dan 4), operasi dengan metode BEIM nampaknya menjadi solusi yang terbaik.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer