Cara Mengobati Kelenjar Getah Bening Bengkak di Leher

Adanya benjolan di leher memang dapat disebabkan oleh banyak hal. Hal paling umum yang menyebabkannya adalah peradangan pada kelenjar getah bening yang dapat terjadi akibat flu, atau infeksi lain di daerah kepala dan wajah. Masih banyak penyebab lainnya dan harus diketahui, karena cara mengobati pembengkakan kelenjar getah bening di leher harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Itulah mengapa, langkah bijak yang harus diambil ketika seseorang memiliki masalah kelenjar getah bening adalah memeriksakan diri ke dokter. Namun, sebelum menghubungi dokter, tidak ada salahnya mempelajari penyakit ini terlebih dahulu, justru hal ini penting agar lebih nyambung ketika mendiskusikannya dengan dokter. Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu kelenjar getah bening?

Kelenjar getah bening adalah struktur normal yang dimiliki oleh setiap manusia. Nodus limfatikus ini kira-kira berukuran sebesar kacang yang tersebar merata di tempat-tempat tertentu pada tubuh, diantara yang terbanyak yaitu pada sisi kiri dan kanan leher, ketiak, sekitar payudara, dan lipat paha.

letak kelenjar getah bening di leher

letak kelenjar getah bening di leher

Kelenjar getah bening menjadi bagian dari sistem limfatik yang terdiri dari cairan limfe, pembuluh limfe, dan nodus limfatikus itu sendiri. Sistem ini bertugas sebagai pertahanan tubuh untuk membantu melawan infeksi dan penyakit, karena di dalamnya terdapat leukosit atau sel darah putih.

Nodus limfatikus menjadi cekpoint bagi cairan limfe yang disirkulasikan di seluruh tubuh. Ketika bakteri, virus, atau sel berpenyakit melewati kelenjar getah bening, mereka akan terperangkap di dalamnya. Penumpukan sisa bakteri atau sel-sel berpenyakit inilah yang membuat kelenjar getah bening menjadi bengkak.

Kelenjar getah bening yang membengkak menandakan bahwa tubuh sedang giat melawan mikroorganisme penyebab infeksi. Tidak peduli apakah berhasil atau tidak.

Apa saja Penyebab Bengkaknya Kelenjar Getah Bening?

Meskipun versi ringan dari pembengkakan kelenjar getah bening tidak terlalu berbahaya. Namun, terkadang kondisi ini bisa jadi pertanda bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan yang lebih parah. Bila pembengkakan kelenjar getah bening ini terjadi di leher, maka hal ini mengindikasikan adanya infeksi ringan seperti flu, atau sesuatu yang lebih serius seperti cidera atau bahkan kanker.

Selengkapnya, berikut beberapa faktor penyebab kelenjar getah bening bengkak yang paling potensial:

  • Virus. Beberapa jenis virus yang menyebabkan kelenjar getah bening bengkak di leher antara lain herpes, human immunodeficiency virus (HIV), flu biasa, campak, adenoviurs, cacar air dan mononukleosis (mono).
  • Bakteri. Beberapa jenis bakteri seperti staphylococcus, streptococcus, penyakit cat scratch, klamidia, tuberkolosis, sipilis, serta beberapa penyakit menular seksual lainnya.
  • Penyakit yang disebabkan jamur. Penyakit seperti histoplasmosis dan coccidiomycosis juga bisa jadi penyebab kelenjar getah bening bengkak.
  • Parasit. Beberapa parasit yang terkait dengan membengkaknya kelenjar getah bening antara lain leishmaniasis dan toxoplasmosis.
  • Akibat peradangan. Penyakit seperti lupus, rheumatoid arthritis, serta kepekaan terhadap obat tertentu bisa jadi penyebab membengkaknya kelenjar getah bening.
  • Kanker. Beberapa jenis kanker terkait dengan kelenjar getah bening bengkak. Termasuk kanker paru-paru, limfoma dan leukemia.
  • Penyebab lain. faktor lain yang bisa jadi penyebab bengkaknya kelenjar getah bening meliputi sarkodiosis, transplantasi organ, dan penyakit genetik yang menyebabkan kesalahan pada proses penyimpanan lemak.

Bagaimana Cara Mengetahui Kelenjar Getah Bening Bengkak?

Pembengkakan getah bening di bagian leher bisa saja tidak terlihat, namun ketika diraba akan terasa benjolan yang minimal sebesar kacang polong di bawah kulit leher. Penting untuk dicatat, pembesaran kelenjar getah bening tidak selalu menjadi tanda adanya penyakit berbahaya.

Selain pembengkakan tadi, gejala lain dapat mengiringinya seperti:

  • Terasa hangat dan kulit memerah.
  • Muncul rasa sakit saat disentuh.
  • Muncul gejala lainnya seperti sakit tenggorokan, sakit pada mulut, kelelahan, batuk, pilek, berkeringat, menggigil dan demam.

Gejala penyertanya bervariasi tergantung pada penyebabnya, dan inilah faktor kunci untuk menentukan diagnosis yang tepat.

Bagaimana Cara Mengobati Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di Leher?

Pada prinsipnya, mengobati kelenjar getah bening bengkak di leher sama seperti pembengkakan di daerah lain. Jika pembengkakannya disebabkan oleh infeksi virus, maka seiring waktu dapat kembali normal setelah infeksi virus sembuh. Pada kasus seperti ini, Antibiotik tidak berguna untuk mengobatinya.

Adapun pengobatan untuk kelenjar getah bening yang membengkak akibat penyebab lain, diantaranya:

  • Infeksi. Pengobatan yang paling umum untuk pembengkakan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi bakteri adalah antibiotik. Jika kelenjar getah bening yang bengkak disebabkan oleh infeksi HIV, Anda akan mendapat perawatan khusus untuk kondisi itu.
  • Gangguan kekebalan Jika kelenjar getah bening yang membengkak adalah akibat dari kondisi tertentu, seperti lupus atau rheumatoid arthritis, maka perawatan diarahkan pada kondisi yang mendasarinya itu.
  • Kanker. Bergantung pada jenis kanker, perawatan mungkin melibatkan pembedahan, radiasi atau kemoterapi.

( ! ) Tidak ada satu obat yang dapat menyembuhkan semua kasus pembengkakan kelenjar getah bening di leher tanpa menyesuaikan dengan penyebabnya.

Pengobatan rumah yang dapat ditempuh untuk mengatasi kelenjar getah bening bengkak:

  • Kompres hangat. Kompres hangat dan basah, seperti lap yang dicelupkan ke dalam air panas dan diperas, lalu di tempelkan ke area yang terkena dapat membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan.
  • Terapi pijat. Memijat sekitar area yang bengkak secara lembut akan menstimulasi peredaran darah dan juga meningkatkan fungsi limfe. Pijat selama 15 menit setiap hari, tambahkan minyak jojoba, minyak almond atau minyak kayu putih untuk mengurangi peradangan.
  • Obat pereda nyeri. Obat bebas yang dapat digunakan diantaranya aspirin, ibuprofen, naproxen, atau acetaminophen (parasetamol). Hati-hati saat memberi aspirin pada anak-anak atau remaja. Meskipun aspirin disetujui untuk digunakan pada anak-anak di atas usia 2 tahun, anak-anak dan remaja yang baru sembuh dari gejala cacar dan flu tidak boleh minum aspirin. Konsultasikan ke dokter jika Anda ragu.
  • Istirahat yang cukup. Istirahat diperlukan agar tubuh dapat lebih optimal melawan bibit-bibit penyakit yang menyebabkannya.
  • Vitamin dan mineral. Vitamin, mineral dan nutrisi lainnya dapat membantu membangun sistem kekebalan dan sistem limfatik. Diantaranya adalah vitamin A dengan kandungan karotennya, vitamin C dengan dengan bioflavonoidnya, seng, selenium, vitamin D3 (cholecalciferol), vitamin B12, minyak ikan dan probiotik.
  • Bawang putih.  Kandungan anti-inflamasi dan antibakteri alami dari bumbu dapur ini terkenal cukup ampuh melawan infeksi dan membantu sistem kekebalan tubuh. itulah alasan bawang putih dapat mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening di leher.
  • Obat herbal lainnya. Obat herbal lainnya yang dapat membantu mengobati bengkaknya kelenjar getah bening antara lain: Echinacea, akar licorice, peppermint, kunyit, daun zaitun, goldenseal, mullein, fenugreek, dan minyak jarak. (Masih membutuhkan data-data ilmiah).

 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menemui Dokter?

Segera hubungi dokter jika pembengkakan kelenjar getah bening menyebabkan penurunan berat badan, sering berkeringat di malam hari, dan demam, tanpa Anda ketahui penyebabnya.

Untuk penderita kanker, atau sebelumnya pernah mengalami masalah dengan tumor dan menemukan pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar area tumor sebelumnya, maka segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Selain itu, segera hubungi dokter bila gejala berikut ini menyertai:

  • Kelenjarnya cepat berubah sifat, baik ukuran, mobilitas, ataupun konsistensinya.
  • Terjadi bersamaan dengan sakit tenggorokan, sulit bernafas dan kesulitan menelan.
  • Cepat bertambah banyak.

Ingat, cara efektif mengobati kelenjar getah bening di leher harus dilakukan dengan tepat sesuai penyebabnya.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer