Dosis Cefadroxil 500 Mg dan Cara Pakainya

Antibiotik cefadroxil dikemas dalam berbagai bentuk sediaan dan kekuatan dosis. Salah satu yang populer adalah kemasan Cefadroxil 500 mg dalam bentuk kapsul atau tablet yang memiliki kekuatan dosis 500 mg. Antibiotik ini memiliki spektrum luas yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi yang disebabkan oleh bakteri seperti infeksi pada kulit, tenggorokan dan saluran kemih.

cefadroxil 500 mg kapsul

Kemasan kapsul cefadroxil 500 mg

Agar obat ini dapat memberikan kinerja optimalnya, maka kita harus mengetahui dosis dan aturan minum Cefadroxil 500 mg. Diantara yang terpenting seperti harus dikonsumsi dengan makanan untuk menghindari mual dan muntah; Tidak boleh menggunakan obat ini jika Anda alergi terhadap antibiotik termasuk golongan Penicillin atau Cephalosporin; Dan masih banyak lagi aturan minum lainnya.

Berapa Dosis Cefadroxil 500 mg tablet dan kapsul?

Dosis yang sesuai akan ditentukan oleh dokter setelah mempertimbangkan usia, berat badan, serta jenis penyakit yang diobati. Anjuran yang ada dalam artikel ini tidak boleh menggantikan anjuran dari dokter Anda, karena yang tertera disini hanyalah panduan umum.

Berikut panduan umum dosis cefadroxil 500 mg sesuai dengan penyakitnya:

  • Infeksi pada saluran pernapasan atas. Dosis dewasa yang dianjurkan adalah Cefadroxil 500 mg Tablet atau Kapsul sebanyak dua kali sehari. Alternatifnya Anda bisa menggunakan tablet 1 gram atau (2×500 mg) yang diminum sebanyak satu kali sehari. Lamanya penggunaan selama 7 sampai 10 hari.
  • Radang tenggorokan dan Amandel. Dosis dewasa yang dianjurkan adalah Cefadroxil 500 mg kapsul atau tablet sebanyak dua kali sehari. Alternatifnya Anda bisa menggunakan tablet 1 gram atau (2×500 mg) yang diminum sebanyak satu kali sehari. Lamanya penggunaan hingga 10 hari.
  • Infeksi pada kulit dan jaringan lunak. Dosis dewasa yang dianjurkan adalah Cefadroxil 500 mg kapsul atau tablet sebanyak dua kali sehari. Alternatifnya Anda bisa menggunakan tablet 1 gram atau (2×500 mg) yang diminum sebanyak satu kali sehari. Lamanya penggunaan sesuai anjuran dokter.
  • Antibiotik infeksi saluran kemih dan kelamin. Penggunaannya cukup satu hari, dengan dosis dewasa yang direkomendasikan yaitu cefadroxil 1 gram atau 2×500 mg sebanyak dua kali sehari atau 4x500mg yang sebanyak satu kali sehari.
  • Mencegah Endokarditis Bakteri. 2 g secara oral sebagai dosis tunggal satu jam sebelum prosedur.

Dosis umum untuk anak-anak yaitu cefadroxil sirup 30 mg/kg berat badan/hari yang pemberiannya dibagi dalam dua dosis. Bagi anak yang lebih besar dengan berat badan sekitar 25-30 kg, maka bisa menggunakan cefadroxil 500 mg tablet atau kapsul satu kali sehari.

Bagaimana Cara Benar Mengonsumsi Cefadroxil 500 mg?

Pastikan bahwa Anda sudah membaca petunjuk penggunaan yang tertera pada label atau seperti yang diarahkan oleh dokter atau apoteker. Tidak diperkenankan mengubah dosis pemakaian ataupun menghentikan pengobatan tanpa persetujuan dokter.

Agar kinerjanya optimal, maka berikut aturan pakai yang harus diperhatikan:

  • Bagi orang yang tidak memiliki masalah pada lambung, maka bebas mengonsumsi Cefadroxil 500 MG sebelum atau setelah makan.
  • Sebaiknya dikonsumsi dalam interval waktu yang kurang lebih sama, misalnya 2 kali sehari berarti setiap 12 jam. Jika satu kali sehari berarti per 24 jam.
  • Minumlah secara teratur, usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Ambillah dosis yang terlewat begitu Anda ingat. Namun apabila sudah mendekati dosis berikutnya, lewati dosis yang terlewat dan kembali ke waktu normal.
  • Jangan minum 2 dosis sekaligus atau dosis ekstra.
  • Jangan mengonsumsi obat-obatan lainnya tanpa memberitahukannya kepada dokter. Dikhawatirkan ada reaksi interaksi obat.
  • Obat ini bisa mempengaruhi tes laboratorium tertentu. Beritahu semua penyedia layanan kesehatan dan pekerja laboratorium bahwa Anda minum obat ini (kapsul dan tablet sefadroksil).
  • Jika gejala atau masalah kesehatan tidak membaik atau malah lebih buruk, maka hubungi dokter.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami efek yang tidak diinginkan.

Demikianlah informasi mengenai dosis dan aturan minum obat cefadroxil 500 mg. Semoga bermanfaat.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer