Obat Alami Tukak Lambung yang Terbukti Secara Ilmiah

Tidak sedikit yang mengalami tukak lambung, penyakit yang membuat dinding lambung terluka ini tidak bisa dianggap sepele. Jika kondisinya parah, bisa menyebabkan bocornya dinding lambung. Itulah mengapa kita harus mengobati tukak lambung ini sampai tuntas, apalagi mumpung kondisinya belum parah.

Berbicara mengenai pengobatan tukak lambung, ada banyak pilihan. Dua pilihan utama adalah menggunakan obat sesuai dengan yang direkomendasikan oleh dokter (obat tukak lambung di apotek), dan pilihan kedua adalah obat alami, yang akan kita bahas kali ini.

obat alami tukak lambung

( ! ) Obat tukak lambung alami direkomendasikan bagi Anda yang masih mengalami gejala ringan. Untuk kondisi parah, yakni ditandai dengan muntah darah ataupun BAB berdarah (berwarna hitam), maka sebaiknya menjalani pengobatan dari dokter.

Kenali Gejalanya sebelum Mengobati Tukak Lambung

Tahukah Anda, bahwa tukak lambung tidak hanya menimbulkan luka pada dinding lambun, tetapi juga bagian atas usus dua belas jari (tukak duodenum). Menurut American Gastroenterological Association, sekitar 4 juta orang menderita tukak lambung, dan 1 dari 10 pernah terinfeksi sedikitnya sekali selama masa hidupnya.

Tukak pada lambung ini terjadi karena proses iritasi akibat efek asam lambung ditambah lagi adanya berbagai faktor seperti infeksi bakteri H.pylori (Helicobacter pylori), penggunaan obat AINS (anti inflamasi non steroid) berlebihan, minum terlalu banyak alkohol, terapi radiasi, hingga cedera fisik.

Gejala tukak lambung yang paling umum adalah munculnya sensasi terbakar atau rasa sakit di area antara dada dan pusar, paling sering di uluhati (sakit ulu hati). Rasa sakitnya bisa berlangsung beberapa menit hingga berjam-jam, tergantung dari seberapa parah lukanya.

Gejala lainnya, termasuk nafsu makan menurun, kembung, heartburn (panas di dada), gangguan pencernaan, bersendawa, mudah lelah, mual, dan turunnya berat badan.

Bagaimana cara alami mengobati tukak lambung?

Setelah Anda mengamati gejalanya di atas, dan ternyata beberapa atau semuanya Anda rasakan, maka sebenarnya langkah terbaik adalah memastikannya dengan memeriksakan diri ke dokter. Namun ketika belum sempat, atau karena alasan lainnya yang tidak memungkinkan ke dokter, maka Anda bisa meringankannya dengan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Toh, tidak ada salahnya juga menerapkan cara alami, karena obat alami tukak lambung memiliki bukti ilmiahnya, dan tidak berbahaya ataupun menimbulkan efek samping yang serius. Obat herbal tukak lambung umumnya berfokus untuk menguatkan dan melindungi dinding lambung terhadap efek jahat asam lambung dan juga melawan bakteri penyebab.

Berikut delapan obat alami tukak lambung yang bisa Anda buat di rumah:

1. Pisang

Pisang ternyata bisa dijadikan sebagai obat herbal tukak lambung, baik yang matang maupun yang masih mentah. Keduanya efektif mengatasi gangguan lambung karena mengandung komponen antibakterial yang menghalangi pertumbuhan luka akibat infeksi bakteri H.pylori.

Di samping itu, pisang juga melindungi sistem pencernaan dengan menyeka keluar asam lambung. Berkurangnya kadar asam ini dapat mengurangi radang dan menguatkan dinding lambung.

Berbagai penelitian telah melaporkan bahwa pisang dapat melindungi mukosa lambung hewan di laboratorium dalam melawan obat AINS dan penyebab tukak lainnya. Selain itu, pisang dapat merangsang pertumbuhan lapisan lambung setelah terjadi kerusakan.

Bagaimana cara menggunakannya?

Untuk mengobati tukak lambung, makanlah sedikitnya 3 buah pisang matang setiap harinya. Namun kalau Anda tidak suka pisang dalam bentuk buah, maka minumlah dalam bentuk milkshake.

Alternatif lain adalah dengan memotong kecil-kecil 2-3 buah pisang, lalu jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Setelah itu, tumbuk potongan pisang kering menjadi bubuk halus. Campurkan 2 sdm bubuk pisang ini dengan 1 sdm madu, dan minumlah 3 kali sehari selama 1 minggu.

2. Kubis dan Wortel

Kubis merupakan obat herbal tukak lambung yang murah meriah dan mudah didapatkan. Kandungan asam laktatnya dapat merangsang produksi asam amino yang penting untuk meningkatkan sirkulasi darah di dinding lambung. Kalau peredaran darah di area ini lancar, maka otomatis dinding lambung jadi lebih kuat sehingga lukanya cepat sembuh.

Tak hanya itu saja, sayuran ini juga mengandung vitamin C yang baik untuk mengatasi infeksi bakteri H.pylori. Anda bisa mencampurkan kubis dengan wortel yang mengandung antitukak peptik (vitamin U).

Cara membuatnya adalah potong kecil-kecil ½ buah kubis mentah dan 2 batang wortel, lalu masukkan dan blender semuanya sehingga menjadi jus. Minum ½ cangkir jus ini sebelum makan dan menjelang tidur. Lakukan setiap hari selama beberapa minggu, dan pastikan untuk minum jus yang segar saja setiap kalinya.

( ! ) Bagi yang mengalami gejala kembung, tidak disarankan mengonsumsi kubis karena bisa membuat bertambah kembung.

3. Bubuk Cabai

Mengejutkan memang kalau bubuk cabai bisa dijadikan obat alami tukak lambung. Namun menurut review yang dipublikasikan Critical Reviews in Food Science and Nutrition, kandungan capsaicin dalam bubuk pedas ini dapat menghalangi sekresi asam lambung, mendongkrak produksi alkali, merangsang sekresi lendir dan aliran darah gastrik mukosa, sehingga mencegah dan menyembuhkan luka yang timbul di dinding lambung.

Ada beberapa cara memakai bubuk cabai sebagai obat herbal tukak lambung, yaitu:

  • Tambahkan 1/8 sdt bubuk cabai ke dalam segelas air hangat. Minum itu 2 kali sehari selama 2-3 hari ke depan. Secara bertahap, Anda bisa menambah jumlah bubuk cabainya menjadi ¼ sdt, tetap minum 2 kali sehari selama sisa minggu yang ada.
  • Alternatif lain adalah dengan mengonsumsi bubuk cabai yang sudah dimasukkan dalam kapsul. Minum itu 3 kali sehari setelah makan selama 1 minggu.
  • Anda juga bisa memasukkan sedikit bubuk cabai ke dalam masakan seperti sup, daging, atau lainnya.

4. Madu

Madu memang kaya akan manfaat, salah satunya bisa menyembuhkan tukak lambung berkat kandungan enzim glukosa oksidase-nya. Enzim ini mampu memproduksi hidrogen peroksida, yang berfungsi untuk membunuh bakteri berbahaya penyebab tukak. Selain itu, madu juga dapat menenangkan dan mengurangi radang di dinding lambung.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Sultan Qaboos Univ Med J, menyimpulkan bahwa secara in vitro, beberapa merek madu memiliki aktivitas antibakteri melawan H. pylori. Jenis madu yang paling baik untuk tukak adalah madu hutan hitam. Ditemukan juga bahwa madu tidak berinteraksi dengan antibiotik klaritromisin dan amoksisilin sehingga aman digunakan bersamaan.

madu obat alami tukak lambung

Pilihlah madu sebagai obat alami tukak lambung.

Cara memakai madu sebagai obat alami tukak lambung sangatlah mudah. Anda tinggal minum 2 sdm madu setiap hari, saat pagi ketika perut masih kosong. Biarkan madu membersihkan lambung, menguatkan dindingnya, dan mencegah serta mengobati tukak lambung.

5. Bawang putih

Para ahli dari Fred Hutchinson Cancer Research Center (Seattle) menemukan kalau kandungan antibakterial dan antimikroba dalam bawang putih bisa menghalangi perkembangan bakteri H.pylori.

Anda tinggal mengonsumsi 2-3 siung bawang putih setiap hari untuk meredakan radang lambung dan mencegah pertumbuhan tukak.

Ketahui juga manfaat lain dari bawang putih:

6. Kelapa

Kelapa juga termasuk dalam daftar obat alami tukak lambung berkat kandungan antibakterialnya yang bisa membunuh bakteri penyebab. Lebih dari itu, santan dan air kelapa juga bersifat antitukak.

Anda bisa minum beberapa cangkir santan segar atau air kelapa setiap harinya. Dan jangan lupa makan juga daging buahnya. Lakukan secara rutin sedikitnya selama seminggu agar hasilnya optimal.

Cara lain adalah dengan minum 1 sdm minyak kelapa di pagi hari dan saat malam selama 1 minggu penuh.

7. Licorice

Beberapa studi mendapati licorice mampu merawat dan mencegah tukak lambung. Bahan herbal satu ini membantu lambung dan usus memproduksi lebih banyak lendir untuk melapisi dinding lambung. Dengan begitu luka yang ada di dinding lambung bisa disembuhkan dengan lebih cepat.

Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh licorice sebanyak 2-3 kali sehari selama 1 minggu. Atau kunyah dan telan saja 2-3 tablet DGL (deglycyrrhizinated licorice) setiap hari selama 7 hari berturut-turut. Anda bisa membeli tablet 380 mg ini di apotik atau toko online.

8. Kelabat (Fenugreek)

Kelabat terkenal akan kemampuannya dalam menyehatkan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Tukak lambung adalah salah satunya. Bahan alami ini kaya akan komponen mucilaginous yang dapat melapisi dinding lambung.

Cara memakai obat alami tukak lambung ini adalah dengan mendidihkan 1 sdt biji kelabat bersama 2 cangkir air. Setelah menyaring dan menambahkan madu ke dalamnya, minum air tersebut. Alternatif lain adalah dengan mengonsumsi 1 sdt bubuk biji kelabat bersama susu. Anda juga bisa mendidihkan 1 cangkir daun kelabat bersama sedikit madu dan konsumsi itu 2 kali sehari.

9. Buah Kawista

Daun dari buah kawista atau kawis juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal tukak lambung. Daun ini mengandung tannin yang bisa melindungi lambung dari kerusakan akibat naiknya kadar asam. Jus dari buah kawista juga bisa mengurangi rasa sakit dan radang berkat kandungan getahnya.

Anda tinggal merendam 2-3 lembar daun kawista ke dalam secangkir air (gunakan cangkir tembaga) semalaman. Keesokan harinya, saring airnya dan minum saat perut masih kosong. Lakukan setiap hari selama beberapa minggu.

Untuk tukak lambung ringan atau sedang, bahan alami di atas bisa menunjukkan khasiatnya dalam waktu 1 minggu. Namun kalau tukak lambungnya tergolong akut, maka Anda disarankan untuk periksa ke dokter.

Beberapa dari bahan herbal di atas sudah didukung oleh bukti penelitian, seperti madu, pisang, bawang putih, dan bubuk cabai, namun sebagian lainnya masih memerlukan bukti ilmiah lebih lanjut. Ingatlah bahwa tidak ada jaminan hasil dalam menggunakan obat tukak lambung alami di atas, selalu konsultasikan dengan dokter setiap keluhan yang Anda alami.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer