Obat Anyang Anyangan di Apotik dan Alami Ada di Sini

Bagi siapa saja yang mengalami anyang anyangan, maka tentu saja hal itu sangat membuat tidak nyaman bahkan menimbulkan penderitaan. Maka dari itu, segera atas keluhan tersebut dengan obat anyang anyangan yang banyak tersedia di apotek ataupun menggunakan bahan-bahan alami di sekitar Anda.

Anyang-anyangan itu sendiri sebenarnya istilah yang dibuat oleh masyarakat Indonesia, terkhusus suku jawa. Maksud dari istilah tersebut yaitu menggambarkan keluhan buang air kecil yang tak tertahankan, sebentar-sebentar ingin kencing, dan pada saat dikeluarkan hanya sedikit, itupun disertai rasa sakit bahkan rasa panas seperti terbakar saat berkemih.

obat anyang anyangan

Dalam dunia medis, keluhan seperti itu disebut dengan polakisuria atau jika keluhan yang dominan adalah nyeri saat berkemih maka disebut disuria. Keluhan anyang-anyangan seperti ini disebabkan oleh adanya peradangan pada saluran kemih, terutama pada kandung kemih. Hal utama yang menyebabkannya adalah Infeksi saluran kemih (ISK) akibat bakteri.

Bakteri penyebab anyang-anyangan umumnya berasal dari luar tubuh kita, jenis tersering adalah E. Coli. Bakteri ini banyak terdapat dalam feses kita. Jadi bisa terbayang ya, tempat keluarnya feses dan urin itu kan berdekatan sehingga kebersihan setelah buang air memiliki peran penting. Tak heran, perempuan lebih beresiko terkena anyang-anyangan karena secara logika uretra (saluran akhir pembuangan urin) lebih pendek dan kotoran mudah masuk. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki kebiasaan cebok yang salah, mengusap dari belakang ke depan. Padahal yang benar adalah dari depan ke belakang.

Selain itu, pengantin baru juga beresiko akibat aktivitas seksual yang meningkat sehingga resiko masuknya bakteri ke saluran kemih lebih besar, disebut dengan “honeymoon cystitis“. Untungnya hal ini bisa dicegah dengan beberapa tips dalam artikel ini.

Lebih lanjut bisa Anda pelajari di sini: 21 Penyebab Anyang-Anyangan yang Tak Boleh Disepelekan

Kenapa anyang-anyangan harus segera diobati?

Mungkin bagi sebagian orang memiliki persepsi bahwa mengobati anyang anyangan tidak terlalu penting. Padahal selain menimbulkan ketidaknyamanan, anyang anyangan berpotensi menyebabkan penyakit yang lebih serius jika tidak segera diobati. Infeksi bisa menyebar ke saluran kemih yang lebih atas, bahkan bisa sampai ke ginjal (Infeksi Ginjal).

Dokter biasanya mengobati infeksi saluran kemih dengan antibiotik. Obat anyang anyangan lainnya meliputi anti nyeri (analgesik), anti radang (antiinflamasi), dan pil kencing (diuretik). Di samping itu Anda juga bisa menggunakan pengobatan rumahan yang juga tak kalah manjurnya. Semua akan kita bahas di sini.

Obat Anyang Anyangan di Apotik

Kita tahu bahwa obat di apotek ada banyak macamnya, yang jelas kita bisa memperolehnya hanya dengan dua cara; harus dengan resep dan yang tidak. Maka, jika Anda belum sempat pergi ke dokter, maka pilihlah obat anyang anyangan tanpa resep sebagai pertolongan awal.

obat anyang anyangan di apotek

ilustrasi obat anyang anyangan di apotek

1. Paracetamol

Ya, mungkin spintas Anda berfikir bahwa ini adalah obat demam. Parasetamol memang sering digunakan sebagai obat demam, namun tahukah Anda bahwa obat yang memiliki nama lain acetaminophen ini juga bisa digunakan sebagai obat pereda rasa sakit (nyeri). Jadi, efek yang kita harapkan dari paracetamol sebagai obat anyang anyangan adalah antinyeri nya.

Obat ini tergolong aman untuk anak-anak, ibu hamil, ibu menyusui, sampai Lansia. Namun harus berhati-hati bagi mereka yang memiliki gangguan fungsi hati, dalam hal ini harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Jika Anda hendak membeli parasetamol di apotik, maka akan tersedia dalam banyak bentuk, apakah itu syrup atau tablet. Juga tersedia dalam berbagai merek. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda, misal untuk anak-anak gunakan syrup, dewasa gunakanlah tablet. Mengenai merek pilihlah sesuai kepercayaan Anda.

2. Ibuprofen

Obat ini sebagai alternatif anti nyeri, dari efek yang kita harapkan sama dengan parasetamol di atas, jadi pilihlah salah satu. Dalam beberapa kasus memang Ibuprofen memiliki sifat analgetik (antinyeri) dan antiradang (antiinflamasi) yang lebih ampuh dibanding parasetamol. Namun obat ini tidak lebih aman jika digunakan pada ibu hamil dan menyusui.

Bacalah dengan cermat petunjuk yang disertakan dalam kemasan, jangan gunakan obat ini jika Anda termasuk dalam kriteria Kontraindikasi. Minumlah sesuai dosis yang direkomendasikan. Hanya gunakan obat ini ketika ada gejala nyeri pada anyang anyangan.

3. Phenazopyridine

Ini merupakan salah satu obat anyang anyangan di apotik lainnya yang bisa Anda tebus tanpa resep dokter. Phenazopyridine digunakan untuk meredakan gejala yang disebabkan oleh iritasi pada saluran kemih seperti nyeri, terbakar, dan dorongan untuk buang air kecil yang mendesak atau sering. Obat ini tidak mengobati penyebab iritasi kencing, tetapi dapat membantu meringankan gejala sebagai pelengkap perawatan lainnya.

Di apotek, Phenazopyridine tersedia dalam berbagai merek, seperti Azo Standar, Pyridium, Baridium, dan lain-lain.

4. Antibiotik

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa antibiotik adalah obat anyang anyangan yang utama. Banyak tersedia di apotek, namun harus menebusnya dengan resep dokter.

Antibiotik diresepkan dan untuk berapa lama tergantung pada kondisi kesehatan secara umum dan jenis bakteri yang menyebabkan anyang anyangan. Antibiotik yang biasa direkomendasikan untuk ISK meliputi: Trimetoprim / sulfametoksazol ( Cotrimoxazole ), Ciprofloxacin (Cipro), Levofloxacin , Cephalexin , Ceftriaxone , Azitromisin , dan sebagainya.

Seringkali, gejala anyang anyangan akan hilang dalam beberapa hari setelah pengobatan. Tapi jangan serta merta menghentikannya, Anda perlu untuk melanjutkan antibiotik selama seminggu atau lebih. Habiskan seluruh antibiotik sesuai yang diresepkan.

Namun, pada kasus ISK tanpa komplikasi, dokter dapat merekomendasikan pengobatan singkat, seperti mengambil antibiotik selama satu sampai tiga hari.

Obat Anyang Anyangan Alami (Pengobatan Rumah)

Sesuai dengan prinsip pengobatan anyang anyangan, maka bahan alami atau herbal yang akan kita gunakan sebagai obat isk setidaknya memiliki sifat sebagai berikut:

  • Sifat Anti-mikroba : Membantu untuk melenyapkan bakteri penyebab infeksi, nama lain dari antibiotik.
  • Sifat diuretik : Meningkatkan jumlah produkai urin. Tujuannya adalah agar aliran air seni lancar dan mampu mendorong atau membilas bakteri dan menghilangkan ketidaknyamanan.
  • Sifat anti-inflamasi: Ketika lapisan uretra menjadi meradang dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang serius. Dengan mengurangi peradangan yang menjengkelkan, maka Anda dapat meringankan rasa sakit.
  • Sifat anti-spasmodik: Anti-spasmodik dapat membantu meringankan setiap kejang yang menyakitkan atau kram disebabkan oleh ISK. Umumnya kejang berlangsung di kandung kemih.

Obat herbal anyang anyangan yang dimaksud meliputi:

1. Madu

Madu merupakan produk makanan alami yang bisa mengobati anyang anyangan karena memiliki sifat antibiotik dan antiinflamasi. Madu membantu menyembuhkan peradangan lebih cepat dari beberapa antibiotik dan bahkan mampu membunuh kuman resisten antibiotik seperti MRSA. Selain itu, madu tidak menyebabkan resistensi ketika digunakan berulang kali, membuatnya menjadi lebih aman, pengobatan yang lebih efisien untuk jenis infeksi tertentu, termasuk ISK.

madu ampuh mengobati anyang anyangan

madu ampuh mengobati anyang anyangan

Cara menggunakan madu sebagai obat anyang anyangan cukup mudah, Anda bisa meminumnya langsung dua sendok makan, atau mengencerkannya dengan segelas air. Setelah minum madu, perbanyaklah minum air putih.

( ! ) Beradasarkan pengalaman penulis, madu inilah obat anyang anyangan alami yang paling ampuh.

2. Baking Soda

Baking soda merupakan zat-alkali kebalikan dari asam-yang berarti dapat membantu menetralisir atau mengurangi keasaman urin. Pada kasus anyang anyangan urin cenderung lebih asam. Jadi, baking soda dapat membantu meringankan ketidaknyamanan.

Bahan-bahan:

  • 1 sendok teh baking soda
  • 8 ons air tawar

Cara membuat:

Aduk baking soda ke dalam air sampai larut, dan kemudian minum seluruhnya. Lebih dianjurkan di minum pagi hari. Jangan lakukan ini selama lebih dari seminggu.

3. Cuka Apel

Cuka sari apel merupakan ciran yang kaya enzim, kalium dan mineral lainnya yang berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan ISK. Bagi yang menderita anyang anyangan, dapat menggunakan cuka sari apel sebagai antibiotik alami untuk mengobati infeksi.

Caranya:

  1. Tambahkan dua sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Anda juga dapat menambahkan jus lemon atau madu. Campur dengan baik.
  2. Minumlah ramuan ini dua kali sehari selama beberapa hari.

Lebih lanjut, silahkan baca: Manfaat Cuka Apel dan Cara Menggunakannya

4.  Tea Tree Oil

Minyak pohon teh (tea tree oil)memiliki sifat antibakteri untuk membantu memerangi bakteri yang menyebabkan infeksi kandung kemih seperti pada kasus anyang anyangan.

Caranya:

  • Campur 10 tetes tea tree oil dalam air mandi Anda dan gunakan air ini untuk mencuci pembukaan uretra (muara saluran kemih).
  • Cara lain yang sederhana yaitu berendam di air hangat yang ditelah ditambahi enam tetes tea tree oil. Lakukan selama 10 menit, setiap hari selama sekitar 10 hari.

5. Blueberry

Blueberry memiliki sifat menghambat pertumbuhan bakteri sehingga dapat digunakan dalam mengobati anyang anyangan. Antioksidan juga ada dalam blueberry yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Caranya:

  • Tambahkan beberapa buah blueberry segar untuk sereal favorit Anda saat sarapan.
  • Anda juga dapat membuat jus blueberry segar dan mengonsumsinya setiap hari, pagi dan malam hari untuk hasil yang cepat. Jangan menambahkan pemanis buatan pada jus.

Konumsi buah blueberry segar atau jus dalam keseharian juga dapat mencegah agar tidak terkena anyang anyangan lagi.

6. Nanas

Nanas mengandung enzim yang disebut Bromelain, yang memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi gejala ISK. Jika dokter telah meresepkan obat anyang anyangan untuk Anda, maka tidak masalah sambil mengonsumsi nanas.

Mengonsumsi buah nanas secara teratur dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih. Anda juga dapat membuat jus nanas dan meminumnya. Pilihan terbaik adalah buah nanas segar, karena versi kalengan mungkin mengandung bahan pengawet.

7. Daun Kumis Kucing

Mungkin kita  sering mendengar atau bahkan melihat secara langsung tanaman yang satu ini. Daun kumis kucing memang banyak dimanfaatkan sebagai obat, salah satunya sebagai obat anyang anyangan. Berikut cara mengobati anyang-anyangan menggunakan daun kumis kucing:

  • Sediakan daun kumis kucing yang kering beberapa helai.
  • Gelas.
  • Siapkan gula jawa secukupnya.
  • Rebuslah daun kumis kucing kering dengan air 250 ml, setelah mendidih selama ± 5 menit, kemudian seduhlah dalam gelas. Setelah itu tambahkanlah gula jawa secukupnya.
  • Aduk sampai semua bahan tercampur dengan sempurna.

Minum ramuan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari. Dengan rutin mengonsumsi ramuan tersebut, maka bisa membantu mengatasi anyang-anyangan.

8. Probiotik

Karena perkembangan resistensi bakteri, salah satu pengobatan rumah yang paling menjanjikan untuk ISK, khususnya yang berulang, adalah probiotik. Penelitian yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Urology menjelaskan bahwa flora bakteri jinak sangat penting untuk mencegah pertumbuhan berlebih dari mikroorganisme yang menyebabkan penyakit. Penggunaan antibiotik menghancurkan flora bakteri yang menguntungkan, dan bakteri patogen secara selektif diaktifkan untuk tumbuh terlalu cepat pada permukaan internal dan eksternal.

Probiotik membantu mendukung flora normal tubuh manusia yang berfungsi sebagai garis pertahanan. Makan makanan fermentasi juga membantu mengembalikan flora yang alami tubuh dan rekolonisasi kandung kemih dengan bakteri baik. Beberapa makanan sehat fermentasi termasuk kefir, kimchi, yoghurt probiotik, keju mentah, sauerkraut dan kombucha.

9. Kompres air hangat

Menggunakan kompres air hangat akan membantu meminimalkan tekanan kandung kemih dan memberikan bantuan dari rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi. Kompres panas juga akan mengurangi peradangan dan membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi.

  • Taruh beberapa air hangat dalam botol air yang fleksibel. Tempatkan botol air panas pada perut bagian bawah selama beberapa menit.
  • Anda juga dapat menempatkan bantal pemanas pada daerah perut bagian bawah untuk meringankan rasa sakit anyang-anyangan.

Tips Mempercepat Penyembuhan Anyang-Anyangan + Pencegahan

Selain menggunakan obat anyang anyangan, baik yang di apotek ataupun alami, maka Anda juga harus melakukan tips berikut ini untuk mempercepat penyembuhan dan mencegahnya.

1. Minum Banyak Cairan

Minum air atau cairan sepanjang hari membantu mengusir bakteri dari saluran kemih. Sebuah studi 2013 yang dilakukan di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas menemukan bahwa asupan cairan yang rendah secara terus menerus dapat menjadi faktor penting dalam patogenesis infeksi saluran kemih – ini merupakn satu dari banyak alasan untuk tetap banyak minum. Minumlah setidaknya 2 liter  air putih setiap hari.

Baca: Bahaya Akibat Kurang Minum Air Putih

2. Jangan menahan kencing

Segeralah berkemih ketika sudah kebelet, hal ini untuk menecegah jangan samapai bakteri berkembang biak dalam kandung kemih. Penting juga untuk selalu buang air kecil setelah berhubungan seksual untuk menyiram bakteri yang mungkin telah memasuki uretra. Studi telah menemukan bahwa menahan kencing untuk waktu yang lama memungkinkan bakteri untuk berkembang biak dalam saluran kemih, sehingga menimbulkan infeksi saluran kemih sehingga menimbulkan gejala anyang anyangan.

3. Tetap Bersih dan Kering

Perempuan harus membersihkan (cebok) dari depan ke belakang, terutama setelah buang air besar. Hal ini untuk memastikan bahwa bakteri tidak masuk ke dalam uretra.

Penting juga untuk memakai pakaian longgar, yang memungkinkan udara untuk menjaga agar daerah uretra tidak lebab, alias kering. Mengenakan celana jeans ketat atau bahan seperti nilon dapat menjadi masalah karena kelembaban bisa terperangkap, yang memungkinkan bakteri untuk tumbuh subur.

4. Hindari Menggunakan Spermisida

Spermisida dapat meningkatkan iritasi dan memungkinkan bakteri untuk tumbuh. Menggunakan kondom unlubricated juga dapat menyebabkan iritasi, jadi pilihlah lubricated yang tidak mengandung spermisida.

Sebuah studi prospektif, 1996, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa di antara wanita muda yang aktif secara seksual, tingginya kejadian ISK tinggi secara independen terkait dengan penggunaan diafragma (kondom) yang mengandung spermisida.

Pilihan ada di tangan Anda. Silahkan menggunakan obat anyang anyangan alami atapun kimiawi di apotek, lalu lihatlah efeknya. Apabila dalam waktu dua hari tidak ada perbaikan, maka segeralah periksakan diri ke dokter.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer