30 Obat Herbal Paru-paru Basah, 100% Alami dan Berkhasiat

Paru-paru basah atau dalam bahasa medis disebut pneumonia, adalah kondisi pernafasan yang ditandai dengan adanya peradangan di paru-paru karena infeksi bakteri, virus atau jamur. Ketika paru-paru terinfeksi organisme-organisme tersebut, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan herbal sebagai obat paru-paru basah yang aman juga berkhasiat.

Penting untuk selalu menjaga kondisi kesehatan. Karena jika tubuh dalam keadaan tidak fit, organisme-organisme yang dapat menginfeksi paru-paru tersebut dapat dengan mudah mengalahkan sistem kekebalan tubuh.

obat herbal paru-paru basah

Pneumonia dapat menyerang seseorang kapan saja, namun lebih sering terjadi pada anak-anak dan orang tua. Terlebih pada mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah atau masalah kesehatan yang mendasarinya.

Gejala yang paling umum dari pneumonia meliputi batuk, demam, badan gemetar atau menggigil, dan sesak napas. Hal ini juga dapat menyebabkan gejala lain, seperti sakit kepala, kehilangan nafsu makan, kelelahan, berkeringat, mual dan muntah, nyeri otot, dan nyeri dada saat bernapas atau batuk. Selengkapnya baca disini: Ciri-Ciri dan Gejala Paru-Paru Basah Sesuai Jenisnya

Segera periksakan ke dokter jika Anda mengalami kesulitan bernapas, nyeri dada, demam terus-menerus (102 derajat Fahrenheit atau lebih tinggi) atau batuk terus-menerus. Namun jika gejala lainnya tidak parah, Anda bisa mencoba beberapa pengobatan berbahan herbal di rumah sebagai tambahan pengobatan utama.

Apa saja obat herbal paru-paru basah?

Berikut adalah beberapa obat-obatan herbal untuk paru-paru basah atau pneumonia:

1. Cabai Rawit

Kandungan zat yang disebut capcaisin di dalam cabai rawit inilah yang membuatnya terasa pedas. Kandungan ini juga  yang berperan untuk mengobati paru-paru basah dan pengobatan lainnya. Capcaisin mampu membantu melindungi paru-paru dari infeksi yang disebabkan virus atau organisme-organisme parasit dengan cara meningkatkan kinerja selaput lendir, yang akan membuat Anda lebih mudah bernafas.

Caranya rebuslah 250 ml air, lalu tambahkan 1 sdt jus lemon dan sedikit cabai rawit. Minumlah airnya paling sedikit 4 sampai 5 kali setiap hari. Anda juga dapat mengonsumsinya langsung sebagai teman pelengkap makan Anda.

Namun ramuan ini tidak direkomendasikan bagi penderita sakit maag, baca: Sakit Maag? Hindari Pantangan Asam Lambung Berikut Ini

2. Jus Wortel 

Kandungan zat betakaroten, alfa karoten serta lutein yang terkandung dalam wortel sangat di butuhkan oleh organ paru, karena dapat membantu terhindar dari paru-paru basah, dan gangguan kesehatan lainnya.

Untuk penggunaan wortel sebagai obat paru-paru basah, dapat dilakukan dengan membuat jus wortel yang terdiri dari sekitar 3-4 buah wortel. Minumlah rutin minimal 1-2 gelas setiap harinya.

3. Teh Fenugreek

Obat herbal paru-paru basah berikutnya adalah klabet atau fenugreek yang merupakan jenis tumbuhan yang memiliki banyak khasiat terutama untuk pengobatan tradisional atau ramuan herbal. Fenugreek memiliki sifat mukolitik yang dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat. Selain itu juga dapat membantu membersihkan dada yang tersumbat karena lendir atau lainnya.

Masukkan 500 ml air dalam panci dan campurkan satu sendok teh penuh biji fenugreek. Panaskan sampai mendidih lalu saring. Dapat juga ditambahkan dengan sekitar satu sendok teh jus lemon dan minumlah minimal empat gelas dalam sehari.

4. Bawang putih

Bawang putih dapat menjadi obat paru-paru basah karena memiliki sifat antimikroba yang mampu melawan bakteri, virus dan jamur. Selain itu juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan memudahkan pengeluaran lendir atau dahak dari dalam dada dan paru-paru.

Berikut beberapa cara menggunakan bawang putih sebagai obat herbal paru paru basah:

  • Buatlah pasta dari beberapa siung bawang putih yang telah ditumbuk halus, lalu gosokkan pada kaki Anda sebelum tidur.
  • Campurkan susu dan air dengan perbandingan 1: 4 dan campurkan 1½ sendok teh bawang putih yang telah dihaluskan. Rebus sampai berkurang seperempatnya. Minum 3 kali sehari, sampai Anda merasa lebih baik.

5. Menghirup Uap

Menghirup uap dapat dilakukan dengan cara mengisi penuh ember Anda dengan air panas dan masukkan beberapa tetes minyak esensial. Tutup kepala dengan handuk, lalu buatlah badan Anda serileks mungkin, untuk kemudian dekatkan sedikit wajah Anda ke ember tersebut sambil nikmati menghirup uapnya.

6. Biji wijen

Biji wijen mengandung magnesium yang penting bagi kesehatan fungsi paru-paru. Selain itu, kandungan gamma-tokoferol yang terdapat dalam minyak wijen juga diketahui mampu menghambat proliferasi (kenaikan) kultur sel kanker prostat dan kanker paru-paru.

Menggunakan biji wijen sebagai obat paru-paru basah, dapat dilakukan dengan memasukkan satu sendok makan biji wijen ke secangkir air mendidih. Setelah bijinya melunak, tambahkan satu sendok makan biji rami dan rebus selama 5 menit atau lebih. Saring airnya. Untuk rasa yang lebih enak, Anda dapat mencampurkan sedikit garam dan satu sendok teh madu. Minumlah setiap pagi, ketika perut masih kosong.

7. Air Garam

Kumur dengan air garam minimal 3 kali sehari. Cara ini akan membantu Anda untuk membersihkan saluran pernapasan sekaligus membantu mengobati batuk.

8. Jus Sayuran

Sayuran seperti mentimun, bit, wortel dan bayam  kaya akan fosfor dan klorin, yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga merupakan salah satu sumber detoksifikasi yang baik.

  • Campur mentimun, bit dan wortel dengan perbandingan 1: 1: 3 lalu di jus secara bersamaan. Dapat diminum setiap hari ketika perut kosong.
  • Campur jus bayam dengan jus wortel sesuai selera Anda dan minumlah campuran jus ini beberapa kali sehari untuk membersihkan sistem bronkial.

9. Teh Hitam

Anda dapat membuat secangkir teh hitam yang dicampurkan dengan 3 sendok teh bubuk biji fenugreek dan 1 sendok teh madu atau gula sesuai selera Anda. Minumlah teh ini satu kali sehari.

10. Jahe

Parut beberapa potong jahe, lalu campurkan sedikit air sambil diperas untuk mendapatkan ekstrak air jahenya. Campurkan 1 sendok teh madu dan beberapa tetes jus lemon di dalamnya. Minumlah setiap hari sebelum tidur. Selengkapnya tentang jahe, baca: 10 Manfaat Jahe yang Diakui Dunia Medis

11. Minyak Terpentin

Minyak terpentin ini bersifat antibakterial yang baik untuk tubuh, selain itu juga mampu membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan pneumonia.

Campurkan minyak terpentin dengan kapur barus dalam mangkuk dan oleskan di dada Anda, sambil di pijat dengan lembut. Kenakan jaket atau mantel sebagai pelindung tambahan.

12. Kalium

Kalium baik untuk orang yang menderita radang paru-paru, karena dapat membantu memperbaiki jaringan paru-paru. Seseorang yang sedang melewati masa radang paru-paru diharuskan memiliki kalium sebanyak mungkin.

Bahan

  • 4 siung bawang putih
  • 2 lobak
  • 2 wortel besar
  • 2 tangkai seledri
  • Peterseli sesuai selera
  • 500 ml air

Cara

Masukkan air ke dalam panci, lalu rebus semua bahan secara bersamaan. Biarkan mendidih selama beberapa menit. Lalu saring airnya. Minuman air rebusan ini bersama dengan makan siang Anda.

Catatan- Orang yang menderita penyakit jantung harus menghindari kalium, karena kadar kalium yang tinggi dalam tubuh mereka dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

13. Minyak Eukaliptus 

Campur 20 tetes minyak eukaliptus dengan 1 sendok makan minyak pembawa. Gosokkan di dada Anda malam hari sebelum tidur. Sesuaikan jumlah minyak yang akan digosokkan ke dada sesuai selera.

Cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan membasahi kain katun dengan minyak pembawa, lalu hangatkan ke dalam oven yang telah dipanaskan dalam suhu rendah. Setelah cukup hangat, keluarkan dari oven dan tuangkan ke kain beberapa tetes minyak eukaliptus atau minyak kayu putih. Gosokkan dengan lembut kainnya, sehingga minyaknya menyebar secara merata ke seluruh bagian kain. Balutkan kain tersebut ke dada Anda, dan biarkan selama Anda tidur.

14. Baking Soda

Baking soda membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Campur ¼ sdt baking soda dengan 300 ml air hangat dan minum dua kali sehari.

15. Jus Parsnip

Parsnip yang dijuluki juga sebagai wortel putih ini mengandung banyak vitamin dan mengandung potasium tinggi, yang sangat ideal untuk mengobati pneumonia. Minumlah segelas jus parsnip segar setiap hari.

16. Jus Lemon

Lemon dikenal dengan sifat antibakterialnya, karena kaya akan vitamin C. Buah ini dapat membantu mengurangi suhu tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat menikmati buah ini dengan cara menjusnya atau dengan mencampurnya ke dalam segelas air hangat, kemudian minumlah setiap hari.

jus lemon sebagai obat herbal paru-paru basah

17. Teh Herbal

Ambil 1½ gelas air dan campurkan dengan masing-masing satu sendok teh  biji jahe dan fenugreek, satu siung bawang putih dan sedikit cabe rawit. Didihkan dan saring di ke dalam gelas. Campurkan jus lemon dan ½ sendok teh madu untuk meningkatkan rasa. Minumlah teh herbal ini 3 kali sehari, kurangi intensitasnya saat Anda merasa lebih baik.

18. Daun labu

Goreng beberapa tangkai daun labu dengan minyak zaitun. Biarkan sampai dingin dan kemudian haluskan sampai berbentuk seperti pasta. Oleskan di atas tulang rusuk Anda untuk mendapatkan kelegaan dari rasa sakit yang disebabkan oleh pneumonia.

19. Daun Basil dan Lada Hitam

Tumbuk halus beberapa daun basil dan lada hitam, campurkan dengan sedikit air untuk mengekstrak sarinya. Kemudian tumbuk kasar biji jagung dan campurkan keduanya. Konsumsilah setiap hari dalam interval 6 sampai 7 jam sampai Anda merasa lebih baik.

20. Kunyit

Kunyit adalah ramuan medis paling terkenal yang bekerja sebagai anti-jamur, antiseptik, anti-virus serta pengobatan anti-bakteri. Kunyit adalah ramuan yang sangat kuat yang bisa menyembuhkan pneumonia dengan mudah.

  • Campur satu sendok teh kunyit dengan segelas susu hangat atau air, dan tambahkan sedikit garam. Minum ini setiap hari sebelum tidur di malam hari. Jika memilih susu, jangan minum air putih minimal setengah jam sebelumnya.
  • Hangatkan beberapa air dan campurkan ¼ sendok teh bubuk lada hitam dan 1½ sendok teh kunyit. Minum sekali sehari sampai Anda sembuh.

Baca: 100 Manfaat Kunyit yang Terbukti Secara Ilmiah

21. Huang qi (Astragalus)

Orang Cina telah menggunakan ramuan astragalus sebagai bagian dari pengobatan tradisional mereka selama bertahun-tahun, karena dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, sebelum Anda mencoba ramuan ini sebagai obat herbal paru-paru basah, berkonsultasilah dahulu dengan dokter, karena mungkin akan bereaksi dengan obat lain yang telah diresepkan sebelumnya.

  • Rendam di dalam panci yang telah diisi air beberapa akar astragalus, cengkeh dan kayu manis dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, panaskan panci dan didihkan selama setengah jam. Konsumsilh dua sendok makan ramuan ini setiap harinya diwaktu  pagi.

22. Minyak Oregano

Oregano adalah ramuan anti-viral, anti-jamur dan anti-bakteri yang ideal untuk melawan kuman yang menyebabkan pneumonia, sehingga dapat menjadi salah alternatif obat paru-paru basah alami. Simpel saja! Anda hanya perlu menggabungkan beberapa tetes minyak oregano ke jus atau air minum Anda.

23. Sirup Batuk Homemade untuk Pneumonia

Bahan:

  • Madu-120 ml
  • Cabe rawit – sedikit kering
  • Air 120 ml
  • Bubuk kayu manis – 2 sdt
  • Serbuk jahe – 2 sendok teh
  • Daun rosemary kering – 2 sdt
  • Daun mullein kering – 2 sdt
  • Daun horehound kering – 2 sdt

Cara membuat obat batuk herbal paru-paru basah:

Tuang air ke dalam panci, masukkan semua bahan. Lalu, rebuslah sampai mendidih hingga airnya berkurang setengah. Kemudian saring dan biarkan dingin lalu tempatkan di kulkas. Ambil setengah sendok teh dengan interval dua jam.

24. Teh Echinacea

Bahan:

  • Air panas – 2 gelas
  • Daun mint – secukupnya
  • Serai – ¼ sdt
  • Madu sebagai penambah rasa
  • Teh Echinacea – 1 sdt

Cara:

Masukkan semua bahan kecuali madu ke toples. Tuang air panas ke dalamnya dan biarkan selama 5-6 menit. Kemudian tambahkan madu sebagai pemanis. Minum teh ini dua kali sehari setiap hari, selama tiga minggu atau sampai Anda sembuh.

25. Teh Coltsfoot

Masukkan bunga coltsfoot kering ke dalam toples lalu tuangkan air panas. Diamkan selama 10 menit lalu saring. Minumlah satu atau dua cangkir sehari dan hindari mengonsumsinya selama lebih dari empat minggu dalam setahun.

Catatan: Jangan beri teh ini kepada anak-anak dan orang-orang yang menderita tekanan darah tinggi.

26. Mustard

Mustard adalah antioksidan dan bisa membantu membuka pori-pori kulit. Untuk membuatnya, campurkan beberapa tepung terigu dan bubuk mustard. Kemudian baurkan dengan satu telur dan sedikit air. Oleskan pasta ini ke dada dan biarkan selama 20 menit. Pakailah dua kali dalam seminggu.

27. Rebusan Elecampane

Elecampane adalah ramuan ekspektoran anti bakteri, yang membantu membersihkan sistem pernapasan. Sangat ideal untuk dijadikan obat paru-paru basah atau pneumonia, tuberkulosis, bronkitis dan batuk. Untuk menyiapkan rebusan, Anda memerlukan akar dan air. Anda bisa menggunakan akar segar atau kering. Campur sekitar 3 sendok makan dengan 400 ml air hangat. Minum ½ sendok teh, 5 kali sehari.

28. Ramuan Akar Pleuritis

Pleuritis membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Untuk membuatnya cukup tambahkan 1 sendok teh bubuk akar pleuritis ke secangkir air mendidih dan biarkan sampai cukup dingin. Saring dan minum tiga kali sehari.

Catatan- Hindari asupan yang berlebihan dari ramuan ini, karena dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur, sakit perut, muntah dan mual. Ibu menyusui, ibu hamil dan penderita gangguan jantung sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan akar pleuritis.

29. Teh Goldenseal

Goldenseal bisa dijadikan obat herbal paru-paru basah dengan cara membantu tubuh meningkatkan sistem kekebalan, dengan cara membersihkan semua infeksi di tubuh. Selain itu juga dapat membantu membunuh bakteri jahat, yang pada akhirnya akan memperbaiki sistem pencernaan. Anda dapat dengan mudah menemukan kantong teh goldenseal di toko-toko herbal. Minumlah secangkir teh goldenseal tiga kali dalam sehari.

Catatan- Jika Anda hamil atau sedang menyusui anak, disarankan berkonsultasi ke dokter sebelum minum teh ini.

30. Teh Elderflower

Obat herbal paru-paru basah yang terakhir ialah elderflower, yaitu ramuan anti-inflamasi, anti-oksidan dan antivirus yang kaya akan vitamin A dan C. Rebus 150 ml air dan tambahkan 4 gram elderflower kering, lalu dinginkan dan minum ½ cangkir sekali dalam seminggu.

Begitu banyak ternyata jenis-jenis tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai obat herbal paru-paru basah. Bahkan sebagian bisa Anda jumpai tumbuh liar di sekitar lingkungan.

Namun, terlepas dari manfaat obat herbal ini, pastikan terlebih dahulu Anda berkonsultasi dengan dokter, terlebih bila sebelumnya Anda sudah diresepkan obat. Plus, banyak beristirahat dan minum banyak cairan, terutama air putih.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer