Obat Herbal Penyakit Kuning, 100% Alami

Penyakit kuning yang tergolong ringan dapat diatasi dengan memperbanyak istirahat dan mengonsumsi beberapa obat herbal penyakit kuning seperti rempah-rempah dan beberapa sayuran serta buah-buahan.

Penyakit kuning merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan menguningnya kulit, sclera (bagian putih pada mata) dan kelenjar ludah akibat kadar bilirubin berlebih yang menumpuk di dalam darah dan jaringan tubuh lainnya.

Penumpukan bilirubin ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya akibat gangguan di dalam saluran empedu, fungsi hati yang tak lagi optimal karena konsumsi alkohol berlebih, sirosis atau hepatitis serta akibat sel darah merah yang mengalami kematian terlalu cepat.

Tergantung pada penyebabnya, penyakit kuning ada yang tergolong ringan dan ada yang memerlukan penanganan khusus seperti operasi untuk mengatasi saluran empedu yang tersumbat hingga transplantasi hati jika kerusakan hati sudah sangat parah.

( ! ) Idealnya, untuk mengetahui berat ringannya penyakit kuning yang Anda alami, lakukanlah pemeriksaan ke dokter. Jika ternyata Anda tak perlu dirawat dan masih boleh beraktifitas di rumah, maka bahan herbal ini dapat membantu mempercepat penyembuhan. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter Anda.

Untuk mengatasi penyakit kuning yang masih tergolong ringan, penanganan yang dapat dilakukan yakni dengan memperbanyak istirahat dan mengonsumsi beberapa sumber alami yang dapat dijadikan obat herbal penyakit kuning untuk mempercepat penyembuhan.

Apa Saja Obat Herbal Penyakit Kuning?

Ada berbagai sumber alami yang dapat membantu mengatasi penyakit kuning. Diantaranya rempah-rempah seperti temulawak, jahe, kunyit, buah-buahan seperti pepaya dan lemon, sayuran seperti bayam atau lobak serta beberapa sumber herbal lainnya.

Selengkapnya dapat disimak pada penjelasan berikut ini.

# Rempah-Rempah

obat penyakit kuning

1. Kunyit dan Temulawak

Kunyit dan temulawak mengandung senyawa yang disebut dengan kurkuminoid. Senyawa ini terdiri dari kurkumin, dihidrokurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin yang bermanfaat untuk memperbaiki fungsi hati.

Untuk membantu mengatasi penyakit kuning, buatlah ramuan dari 1 sendok teh bubuk kunyit atau temulawak yang dilarutkan ke dalam setengah gelas air putih. Minumlah rutin sebanyak 3 kali sehari.

Baca: 23 Manfaat Temulawak Berdasarkan Kandungannya

2. Jahe

Jahe memiliki sifat antibiotik dan antioksidan yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal penyakit kuning. Cukup dengan mengonsumsi ramuan dari jahe halus yang dikombinaskan dengan air jeruk nipis, madu dan ekstra mint setiap harinya, maka penyakit kuning pun akan lebih cepat disembuhkan.

3. Oregano

Tanaman yang biasanya diolah kering sebagai bumbu masakan ini ternyata berkhasiat dalam mengobati penyakit kuning. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa oregano mampu meningkatkan fungsi hati serta mempercepat proses detosifikasi pada tubuh. Sebagai obat herbal penyakit kuning, minumlah rebusan daun oregano dua kali sehari selama 1-2 minggu.

4. Daun Basil

Daun basil sering digunakan sebagai pelengkap dalam hidangan Italia. Meskipun sekilas bentuknya mirip dengan daun kemangi, namun keduanya berbeda. Untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan dari penyakit kuning, makanlah beberapa daun basil segar setiap harinya.

5. Carom Seed 

Carom seed atau ajwain merupakan rempah-rempah khas India. Di India sendiri carom seed telah lama digunakan sebagai obat herbal penyakit kuning.

Untuk mengobati penyakit kuning, masyarakat India mengolahnya menjadi bubuk dengan cara memanggang carom seed kemudian membasahinya lalu ditumbuk dan diberi sedikit tambahan garam untuk kemudian diseduh dengan segelas air.

# Buah-Buahan

buah untuk mengobati penyakit kuning

buah untuk mengobati penyakit kuning

6. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu sumber pektin yang dapat membantu mengobati penyakit kuning. Pektin terkandung dalam seluruh bagian tanaman pepaya termasuk buah, daun, batang, bunga dan akarnya.

Untuk memaksimalkan perannya sebagai obat herbal penyakit kuning, disarankan untuk memanfaatkan daunnya. Caranya? Haluskan selembar daun pepaya sampai berbentuk pasta. Kemudian tambahkan satu sendok madu ke dalam pasta daun pepaya tersebut untuk meminimalisir rasa pahitnya. Konsumsilah pasta daun pepaya ini setiap hari guna mempercepat pemulihan.

Simak juga:

7. Amla 

Amla atau Indian gooseberry kaya akan vitamin C dan beberapa mineral serta nutrisi penting lainnya yang terbukti secara efektif dalam melawan penyakit kuning. Minumlah jus amla 3 kali sehari sebagai salah satu cara untuk mengobati penyakit kuning yang diderita.

 8. Lemon

Lemon dikemas dengan kandungan vitamin C yang begitu tinggi yang membuatnya mampu diandalkan sebagai obat herbal penyakit kuning. Vitamin C dalam lemon bertindak sebagai antioksidan yang mampu menggelontorkan racun dari saluran empedu dan melindungi sel hati dari kerusakan lebih lanjut.

Tidak hanya buahnya, daun lemon juga dapat dimanfaatkan untuk membantu mempercepat penyembuhan dari penyakit kuning. Jika buahnya cukup diolah menjadi jus, untuk mengolah daunnya menjadi obat herbal penyakit kuning ada beberapa langkah yang diperlukan.

Pertama, rebus dua gelas air. Ketika mulai mendidih, masukkan beberapa daun lemon kedalamnya. Biarkan mendidih selama beberapa menit. Setelah dingin, saring dan minumlah air rebusan daun lemon ini sekali sehari setiap harinya.

9. Tomat

Tak ada yang menyangkal kemampuan tomat sebagai obat herbal penyakit kuning. Tanaman yang secara botani termasuk dalam jenis buah-buahan ini kaya akan lycopane yang baik untuk kesehatan darah dalam tubuh.

Selain itu, lycopane juga berperan sebagai antioksidan yang mampu membantu memaksimalkan kembali fungsi hati dalam menyaring bilirubin dari pembuluh darah. Semakin merah dan matang tomat, maka kandungan lycopane didalamnya pun semakin banyak.

Untuk memetik manfaat tomat sebagai obat herbal penyakit kuning, caranya cukup dengan rutin mengonsumsi segelas jus tomat di pagi hari. Ingin cara yang lebih sederhana? Sajikan saja tomat sebagai menu lalapan ketika makan.

# Sayuran

bayam obat penyakit kuning

10. Bayam

Bayam mengandung glutathione yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang dikenal sebagai nutrisi penting untuk menjaga kesehatan fungsi hati. Untuk memaksimalkan kemampuannya sebagai obat herbal penyakit kuning, kombinasikan sayur bayam dengan wortel untuk diolah dan dinikmati sebagai jus yang begitu menyehatkan.

Sayuran yang berasal dari Tiongkok ini ternyata memiliki manfaat sebagai obat herbal penyakit kuning. Lobak dapat membantu mengurangi tingkat bilirubin dalam darah sehingga kehadirannya dalam tubuh dapat membantu mempercepat penyembuhan penyakit kuning.

Minumlah jus lobak putih segar dua kali sehari sebagai terapi alami dalam mengurangi gejala dan memulihkan kondisi kesehatan dari penyakit kuning.

12. Bawang Putih

Bawang putih sudah amat dikenal sebagai obat herbal berkat kemampuan dan efektivitasnya dalam menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk penyakit kuning. Untuk membantu mengoptimalkan kembali fungsi hati akibat penyakit kuning, cobalah untuk rutin mengonsumsi beberapa siung bawang putih setiap pagi ketika perut masih kosong.

# Sumber Lain

13. Kacang Almond

Kacang almond ternyata tidak hanya enak dinikmati sebagai camilan. Lebih dari itu, kacang almond memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya sebagai alternatif dalam membantu mengobati penyakit kuning.

Untuk mengolahnya, pertama siapkan sekitar 10 kacang almond, 5 buah kurma, 3 kapulaga, mentega dan gula. Rendam kacang almond, kurma dan kapulaga dalam air semalaman.

Keesokan harinya, lumatkan ketiga bahan yang telah direndam tersebut sampai berbentuk pasta. Kemudian tambahkan sedikit gula dan 1 sdm mentega, aduk sampai rata. Untuk hasil terbaik, konsumsilah pasta almond ini sekali sehari setiap pagi.

Air tebu memiliki kemampuan dalam membantu mengatur kadar bilirubin dan melindungi hati dari kerusakan lebih lanjut akibat penyakit kuning. Oleh karena itu, seseorang yang sedang menderita penyakit kuning disarankan untuk rutin mengonsumsi air tebu 2-3 kali sehari untuk membantu mempercepat penyembuhan.

15. Air Kelapa

Air kelapa mengandung senyawa yang dapat membantu mengatasi penyakit kuning. Selain itu, air kelapa juga merupakan sumber yang sangat baik dalam membantu tubuh dalam proses detoksifikasi dan sumber energi yang dapat meningkatkan stamina dari kelelahan akibat penyakit kuning yang dialami.

( ! ) ingat, bahan alami di atas sifatnya membantu mempercepat penyembuhan, sedangkan obat yang paling rasional adalah terapi yang disesuaikan dengan penyebab penyakit kuning itu sendiri. Dalam hal ini Anda memerlukan bantuan dari dokter, konsultasikan juga beberapa bahan alami di atas jika boleh dikombinasikan dengan obat-obatan dari dokter.

Selain mengonsumsi beberapa obat herbal diatas, ketika sedang menderita penyakit kuning hindari juga konsumsi beberapa makanan yang dapat memperberat fungsi hati, diantaranya seperti makanan pedas, gorengan dan makanan yang mengandung lemak tinggi.

Perbanyak istirahat dan konsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan air yang tinggi seperti semangka, melon, mentimun dan beberapa buah lainnya. Jika pengobatan secara herbal dirasa kurang efektif, segera periksakan diri ke dokter agar penyakit kuning yang dialami dapat segera ditangani dengan cepat dan tepat.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer