Obat Sakit Leher Alami dan yang Tersedia di Apotek

Guna mendukung fungsi dan pergerakan tubuh agar tetap prima, leher sebagai bagian penting tubuh harus dalam kondisi baik dan sehat. Jika leher sakit, maka akan sulit menggerakkan kepala dan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan obat sakit leher yang pas untuk Anda. Tentunya obat ini juga harus tersedia disekitar Anda agar dapat segera mengatasi leher Anda yang sakit dan membuat Anda kembali prima.

Sakit leher dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Penyebab utamanya adalah ketegangan otot, ini biasanya disebabkan oleh posisi tubuh yang buruk saat duduk, duduk di kursi kerja berjam-jam tanpa istirahat, tidur dengan posisi leher yang salah atau menghentakkan leher terlalu kencang saat berolahraga.

Penyebab lainnya meliputi kekurangan gizi, cedera leher, kompresi saraf, spondylosis serviks, fibromyalgia, dan lain-lain. Dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit ini juga disebabkan oleh infeksi tulang belakang atau bahkan kanker yang melibatkan tulang belakang.

nyeri pada leher

Rasa sakit pada leher dapat menyebabkan leher kaku, sakit pada bahu, sakit kepala, mati rasa pada, kesemutan, susah menelan dan bengkak pada leher. Sebagian besar nyeri leher bukanlah kondisi yang serius dan dapat diobati secara efektif dengan menggunakan metode alami yang aman.

Berikut kami jabarkan metode penyembuhan sakit leher dengan cara alami bisa anda lakukan sediri dirumah menggunakan bahan-bahan yang tersedia disekitar Anda dan juga beberapa obat sakit leher yang bisa anda peroleh di apotek.

10 Pengobatan Alami untuk Nyeri Leher

1. Pakai Es

Meskipun terlihat sepele, nyatanya es bisa digunakan sebagai obat sakit leher. Suhu dingin es akan membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Cara mengaplikasikannya seperti berikut ini:

  1. Masukkan beberapa es batu yang hancur ke dalam kantong plastik.
  2. Bungkus kantong plastik dengan handuk tipis.
  3. Letakkan es di leher selama tidak lebih dari 15 menit.
  4. Terus lakukan cara ini setiap dua sampai tiga jam selama 24 jam pertama.

Catatan: Jangan sekali-kali menempelkan es secara langsung pada kulit Anda. Hal ini malah akan merusak kulit.

2. Hidroterapi

Hidroterapi adalah terapi dengan air yang bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Prinsipnya, tekanan air yang mengenai bagian tubuh yang sakit akan membantu mengurangi rasa sakit.

Caranya seperti ini (dilakukan saat mandi/menggunakan shower):

  1. Arahkan shower air hangat pada area leher yang sakit selama tiga sampai empat menit.
  2. Kemudian ubah menjadi air dingin dan targetkan ke leher selama 30 sampai 60 detik.
  3. Ulangi sebanyak yang diperlukan.

Air panas akan meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi otot kaku, sedangkan air dingin akan membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri.

Catatan: Saat berada di kamar mandi, posisi leher harus tetap lurus, dan jangan memutar leher ke arah manapun.

3. Mandi dengan Garam Epsom

Mandi menggunakan garam epsom dapat membantu meredakan ketegangan otot, mengurangi stres dan memberikan efek menghilangkan rasa sakit sesaat. Hal itu disebabkan oleh kandungan magnesium sulfat dalam garam epsom yang bekerja sebagai relaksan otot alami yang membantu mengurangi ketegangan otot dan rasa nyeri.

garam epsom bisa digunakan sebagai obat sakit leher

Cara menggunakan garam epsom sebagai obat sakit leher adalah sebagai berikut:

  1. Tambahkan satu sampai dua cangkir garam epsom ke bak mandi hangat.
  2. Rendam tubuh Anda, terutama daerah leher di dalam air selama 15 sampai 20 menit.
  3. Lakukan setiap hari sampai sakit leher Anda sembuh total.

Catatan: Hindari cara pengobatan ini jika Anda memiliki masalah jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes.

4. Cuka Apel

Cuka sari apel adalah antioksidan kuat dan antiinflamasi yang bisa menjadi obat sakit leher yang ampuh. Disamping itu, cuka apel juga memiliki sejumlah nutrisi penting yang dapat membantu menghilangkan rasa nyeri.

Cara pemakaiannya seperti berikut ini:

  • Rendam handuk atau kain pada cuka sari apel. Letakkan di bagian leher yang sakit. Biarkan selama beberapa jam. Ulangi dua kali sehari sampai sakitnya hilang.
  • Sebagai alternatif, tuangkan dua cangkir cuka sari apel ke air mandi hangat. Rendam leher di dalam air selama paling sedikit 15 menit. Lakukan sekali sehari sampai Anda pulih sepenuhnya.

5. Olahraga Leher

Obat sakit leher selanjutnya yaitu dengan cara rajin menggerakkan leher atau olahraga leher. Ada berbagai macam latihan gerak leher yang dapat membantu mengurangi nyeri leher. Olahraga akan memperkuat dan menstabilkan otot leher serta punggung bagian atas. Selain itu, latihan gerak leher ini juga akan membantu mengurangi stres.

Ingat latihan ini lebih cocok jika penyebab nyerinya adalah kekakuan otot. Jika disebabkan oleh cedera, apalagi tergolong berat maka hindari olahraga leher.

Dua jenis latihan gerak leher berikut ini dapat membantu meringankan dan mencegah sakit leher. Jangan lupa untuk mengoleskan pemanas pada leher sebelum melakukan latihan ini.

  • Perlahan lakukan gerakan leher mememutar searah jarum jam dan sebaliknya. Gerakan ini akan membantu meregangkan otot leher yang kaku. Hal ini mungkin dapat menyebabkan sedikit rasa sakit di awal, namun pada akhirnya akan membantu leher Anda lebih rileks dan cepat sembuh.
  • Anda juga bisa menggerakkan leher Anda perlahan bolak-balik depan-belakang, kanan dan kiri.

Setiap latihan gerakan leher ini harus dilakukan lima kali per sesi, tiga sesi per hari. Jika rasa sakit bertambah parah, hentikan latihan dan konsultasikan dengan dokter.

6. Pakai Minyak Lavender

Minyak lavender juga bisa digunakan sebagai bahan yang bisa membantu meringankan rasa sakit di leher. Khasiat minyak ini akan bertambah efektif lagi bila digunakan bersamaan dengan pijatan. Pijatan yang benar bisa membantu meredakan otot tegang pada leher, dan membuat tidur akan menjadi lebih nyenyak.

Cara pemakaian minyak lavender untuk mengobati sakit leher yaitu:

  1. Mandi menggunakan air hangat untuk mengendurkan otot leher Anda yang sakit.
  2. Gosokkan sedikit minyak lavender di leher dan bahu Anda.
  3. Oleskan dengan lembut pada daerah yang sakit selama 10 menit.
  4. Ulangi setiap hari sesuai kebutuhan.

Anda bahkan bisa mencampur minyak lavender dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.

Catatan: Jangan memijat daerah leher jika menyebabkan rasa sakit.

7. Kunyit

Anda juga bisa menggunakan kunyit sebagai obat sakit leher alami. Kandungan kurkumin pada kunyit adalah fitokimia penting yang bertindak seperti zat anti-inflamasi dan karenanya dapat membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu, kunyit membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang akan mempercepat proses pemulihan.

Cara mengolahnya yaitu:

  1. Campur satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu.
  2. Panaskan dengan api kecil selama lima menit.
  3. Angkat, tambahkan sedikit madu dan biarkan dingin.
  4. Minum dua kali sehari sampai rasa sakit Anda hilang sama sekali.

8. Jahe

Jahe merupakan bahan herbal yang mengandung zat antiinflamasi (anti peradangan). Kandungan lain dalam jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke daerah yang terkena sakit. Hal inilah yang nantinya mengurangi rasa sakit sekaligus peradangan.

Cara mengolah jahe menjadi obat sakit leher alami yaitu:

  • Potong akar jahe menjadi irisan-irisan kecil. Rebus irisan jahe tadi dalam dua gelas air selama 10 menit. Kemudian, saring rebusan jahe tadi agar diperoleh sari jahenya, Anda dapaet  menambahkan madu sesuai selera dan minum ramuan ini selagi hangat. Anda bisa minum tiga cangkir teh jahe setiap hari selama beberapa hari, sehingga anda merasakan leher anda sudah kembali pulih.
  • Sebagai alternatif, campurkan satu setengah sendok teh jahe kering bubuk ke dalam segelas air dan minumlah tiga kali sehari selama beberapa hari.
  • Anda juga bisa membuat kompres jahe. Bungkus tiga sendok makan jahe yang baru diparut dalam sepotong kain katun tipis. Letakkan kain katun tipis ini di air panas selama 30 detik. Biarkan dingin dan letakkan di area leher selama 15 sampai 20 menit. Ulangi beberapa kali sehari sampai Anda merasa lega.

9. Cabe rawit

Obat sakit leher alami yang terakhir yaitu cabe. Cabe rawit mengandung capsaicin yang memiliki sifat analgesik sekaligus anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri, termasuk pada leher.

Cara mengolahnya yaitu:

  • Tambahkan satu sendok teh bubuk cabai rawit ke dalam dua sendok makan minyak zaitun yang telah dihangatkan. Campur dengan baik dan kemudian oleskan pada otot yang sakit di daerah leher Anda. Terus lakukan tips sederhana ini dua kali sehari sampai rasa sakit di leher anda hilang.
  • Anda juga bisa menggunakan krim capsaicin dan gosok perlahan ke leher dan otot punggung Anda untuk menghilangkan rasa nyeri dengan cepat. Anda bisa menggunakan krim ini beberapa kali sehari.

Tips dan Saran Tambahan

  • Berbaringlah tanpa bantal agar otot leher Anda dapat beristirahat sejenak.
  • Kurangi stres karena bisa memicu ketegangan otot.
  • Lakukan latihan pernapasan perut di tempat yang terbuka dan sunyi. Juga berlatih teknik relaksasi seperti meditasi dan yoga.
  • Latihlah postur tubuh yang baik. Terutama saat Anda sedang duduk, usahakan duduk dengan postur tubuh yang tegap dan tidak merunduk untuk tetap menjaga kesehatan otot leher Anda.
  • Pertahankan berat badan yang sehat.
  • Pergilah berenang secara teratur untuk menguatkan otot leher dan punggung.
  • Selalu duduk di kursi yang nyaman sambil bekerja.
  • Pegang telepon Anda ke telinga. Jangan meletakkannya di antara leher dan bahu Anda.
  • Tidurlah di kasur yang kokoh dan jagalah agar tetap sejajar dengan tulang belakang saat tidur.
  • Berhenti merokok karena bisa menunda proses penyembuhan.
  • Jangan mengemudi dulu sampai leher Anda yang sakit dan kaku sembuh.

Jika sakit leher berlanjut selama lebih dari seminggu, bertambah parah atau disertai gejala lain seperti benjolan di leher, demam, kelenjar bengkak, nyeri di lengan, mual dan muntah, maka Anda harus segera mencari pertolongan medis.

Obat Sakit Leher yang Tersedia di Apotik

Selain dengan mengistirahatkan leher, terapi fisik, atau menggunakan bahan-bahan alami, pengobatan dengan obat-obatan medis juga bisa menjadi pilihan untuk meredakan sakit leher dengan cepat.

Ada banyak macam obat sakit leher di apotek yang bisa Anda beli, pilihlah obat yang disesuaikan dengan penyebab dari sakit leher yang Anda derita. Misalnya, obat yang didesain untuk mengobati sakit leher karena saraf kejepit akan tidak bekerja maksimal pada sakit leher yang sebabkan oleh kejang otot atau pembengkakan. (DALAM HAL INI PENTING BERKONSULTASI DENGAN DOKTER)

obat sakit leher di apotek

Berikut ini adalah beberapa jenis obat sakit leher dan penjelasan dari masing-masing cara kerjanya:

1. Asetaminofen dan NSAID

Obat ini dianggap sebagai pilihan pertama untuk kebanyakan sakit leher, karena dikenal efektif melawan nyeri leher yang disebabkan oleh masalah otot dan sendi, seperti ketegangan otot atau osteoartritis.

  • Acetaminophen (Parasetamol) efektif sebagai pereda nyeri leher yang sumber nya akibat artritis atau masalah sendi. Namun, obat ini tidak efektif untuk meyembuhkan peradangan.
  • Obat Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen dan naproxen. Obat ini mampu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dengan cara menghambat respon inflamasi tubuh. Namun, efek sampingnya meliputi pendarahan lambung, sakit perut, pembekuan darah yang lambat jika mengalami pendarahan, hipertensi, dan retensi cairan.

Obat sakit leher di atas adalah yang bisa Anda pilih sebagai pertolongan awal mengobati nyeri leher oleh sebab apapun. Anda pun bisa mendapatkannya tanpa perlu resep dokter. Sedangkan obat-obatan ini bawah ini harus dengan resep dokter.

2. Opioid

Opioid biasanya disarankan dokter untuk mengatasi nyeri leher parah yang sudah tidak dapat dikendalikan dengan menggunakan asetaminofen atau NSAID saja. Opioid bekerja dengan mengganggu pemrosesan sinyal nyeri ke otak. Beberapa obat dalam kategori ini adalah kombinasi obat yang meliputi asetaminofen atau aspirin, yang juga memiliki sifat anti-inflamasi. Dosis obat ini harus dipantau dengan hati-hati karena tubuh dapat mengembangkan ketergantungan fisik yang kuat terhadap obat ini seiring berjalannya waktu. Efek sampingnya adalah kantuk, pusing, dan mual.

Obat yang termasuk dalam kategori ini meliputi:

  • Kodein.
  • Fentanyl.
  • Hidrocodone.
  • Methadone.
  • Morfin.
  • Oksikodon.

3. Muscle Relaxants (Merilekskan Otot) 

Pengobatan dengan cara ini membantu meringankan nyeri leher yang disebabkan oleh kejang otot untuk penggunaan jangka pendek. Menurut FDA (Food and Drug Administration/badan pemerintah yang mengawasi makanan dan obat di Amerika Serikat), muscle relaxants akan menghilang efeknya setelah dua minggu.

Obat ini dapat menimbulkan efek samping, seperti kantuk, pusing, dan kebingungan, setelah meminum obat ini sangat dianjurkan untuk tidak mengemudi atau mengoperasikan mesin.

Obat dalam kategori ini meliputi:

  • Soma (carisoprodol).
  • Flexeril (cyclobenzaprine).
  • Valium (diazepam).
  • Robaxin (methocarbamol).
  • Zanaflex (tizanidin).

4. Obat Jenis Neuropatik dan Obat Jenis Block-Saraf

Untuk nyeri leher yang disebabkan oleh saraf terjepit atau gangguan saraf, penyembuhannya bisa didapatkan dari obat antidepresan, antikonvulsan, dan obat jenis block-saraf.  Obat sakit leher jenis ini bekerja dengan cara mengganggu otak dalam menerima atau menafsirkan sinyal nyeri yang dikirim dari saraf yang teriritasi.

Efek samping dari antidepresan dan antikonvulsan adalah kecemasan, gelisah, mengantuk, mulut kering, dan penambahan berat badan. Sedangkan obat jenis block-saraf seperti anestesi dapat menyebabkan pusing, kantuk, dan mual.

Obat dalam kategori ini meliputi:

  • Antidepresan seperti amitriptyline, duloxetine, escitalopram, imipramine , fluoxetine (Prozac), nortriptyline, paroxetine, sertraline (Zoloft), dan venlafaxine (Effexor).
  • Anticonvulsants seperti gabapentin (Neurontin), levetiracetam (Keppra), pregabalin (Lyrica), fenitoin (Dilantin), dan topiramate (Topamax).
  • Obat Block-Saraf seperti anestetik lokal bupivakain, lidokain, dan novokain, dan penghambat neuron primer seperti papper krim dan krim capsaicin dosis tinggi seperti Zostrix.

5. Steroid

Steroid adalah hormon anti-inflamasi yang kuat yang digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Steroid harus digunakan dengan sangat hati-hati karena dapat memiliki efek samping yang mengganggu jika dikonsumsi lebih dari seminggu. Obat ini dapat menyebabkan osteoporosis, menghambat sistem kekebalan tubuh, menyebabkan retensi cairan dan pembengkakan, serta meningkatkan nafsu makan dan kadar gula darah.

Obat dalam kategori ini meliputi:

6. Botulinum Toxin

BPOM-nya amerika, FDA, telah menyetujui penggunaan toksin botulinum tipe A (botox) dan toksin botulinum tipe B (myobloc) untuk mengobati nyeri leher yang disebabkan oleh kejang otot yang parah. Kedua obat ini bekerja dengan melumpuhkan sebagian otot yang mengalami sakit.

Diperlukan waktu 3 sampai 10 hari sebelum pasien mulai merasa lega pada ototnya, namun efek melegakan dari obat ini bisa berlangsung selama 4 bulan. Efek sampingnya bisa termasuk kelumpuhan otot yang lebih serius daripada yang diinginkan dan kesulitan menelan, tapi keduanya bersifat sementara.

Jika beberapa obat sakit leher ini tidak membantu meringankan nyeri leher Anda, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengobatinya dengan tepat.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer