Obat Sakit Tenggorokan Alami dan Apotek Ada Disini

Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami sakit tenggorokan. Rasa tidak nyaman, badan yang terkadang lemas, menjadi beberapa efek dari penyakit ini, sehingga semangat untuk menjalani hari-haripun menjadi berkurang. Maka tak heran banyak yang ingin segera sembuh dari penyakit yang satu ini, salah satu ini, baik menggunakan obat alami ataupun kimiawi. Lantas, apa sajakah obat sakit tenggorokan yang manjur?

Sakit tenggorokan merupakan gejala yang sering dialami oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Gejala utamanya seperti rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan, terutama ketika menelan. Kondisi ini terjadi sebagai bagian dari respons kekebalan tubuh terhadap infeksi virus atau bakteri. Respon kekebalan alami menyebabkan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan. Untungnya, ada beberapa obat sakit tenggorokan alami yang bisa memberikan kelegaan, terlebih sudah banyak yang membuktikan khasiatnya.

Obat Sakit Tenggorokan Alami (Tradisional)

1. Akar Marshmallow

obat sakit tenggorokan akar marsmallow

Tahukah Anda ternyata sudah sejak Abad Pertengahan yang lalu, marshmallow digunakan sebagai obat sakit tenggorokan dan lainnya. Akarnya mengandung zat mirip gelatin, yang terasa seperti ‘lendir’. Zat inilah yang membuat marshmallow memiliki efek menenangkan pada selaput yang meradang di mulut dan tenggorokan, sehingga efektif untuk mengobati sakit tenggorokan.

Selain itu ada pula kandungan lozenges di akar marshmallow yang telah diuji pada hewan dan terbukti efektif dan tidak beracun, sekalipun dikonsumsi dalam dosis tinggi. Cukup mengesankan bukan!

Untuk Anda yang ingin menjadikan akar marshmallow sebagai obat sakit tenggorokan alami, kami akan membagi resepnya untuk dibuat sebagai infus water, sebagai berikut:

  1. Siapkan toples ukuran 1 liter, kain katun yang steril, air dingin dan 1 ons (28 gram) akar marshmallow kering.
  2. Isi toples ukuran 1 liter dengan air dingin.
  3. Lalu bungkus akar  marshmallow dengan kain katun, rendamkan sampai benar-benar terendam.
  4. Diamkan semalaman atau minimal selama 8 jam, lalu keluarkan bungkusan marshmallow.
  5. Anda pun bisa menuangkannya ke dalam gelas untuk di minum. Bisa ditambahkan gula atau madu untuk menambah cita rasa.

Mudah bukan membuatnya!

2. Sage dan Echinacea

obat sakit tenggorokan alami dengan echinasea

Mungkin banyak dari kita yang masih asing dengan kedua tanaman ini. Padahal tanaman yang berasal dari Mediterania ini telah lama menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia lho.

Sudah sejak lama sage digunakan untuk mengobati beberapa kondisi peradangan, khasiatnya pun telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa tanaman ini dapat membantu meringankan sakit tenggorokan.

Sedangkan echinacea memiliki kandungan berupa beberapa senyawa termasuk minyak esensial yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Tanaman ini juga menjadi salah satu obat sakit tenggorokan alami yang khasiatnya dipercaya dapat mengobati radang tenggorokan.

Jika Anda ingin meredakan sakit tenggorokan dengan kedua tanaman herbal ini, Anda dapat membuatnya menjadi spray yang nanti dapat dipergunakan dengan cara disemprotkan ke tenggorokan. Berikut caranya:

  1. Siapkan 1 sdt sage dan 1 sdt echinacea.
  2. Tuangkan kedua bahan tersebut ke 1/2 gelas air menddih.
  3. Biarkan selama kurang lebih 30 menit.
  4. Saring airnya, lalu tempatkan di botol kecil untuk kemudian dapat disemprotkan ke tenggorokan setiap dua jam sekali atau sesuai kebutuhan.

Bagaimana tertarik membuatnya?

3. Cuka Apel

obat sakit tenggorokan alami cuka apel

Cuka sari apel telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad sebagai tonik kesehatan alami. Ini karena bahan aktif utamanya, yaitu asam asetat yang dapat membantu melawan bakteri. Bahkan seorang Hippocrates, yang dikenal sebagai bapak kedokteran, memberikan resep kombinasi cuka sari apel dan madu yang dikenal sebagai oxymel, untuk mengobati gejala flu seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Jika Anda ingin merasakan khasiat cuka apel sebagai obat radang tenggorokan tradisional, caranya cukup simpel kok. Minum saja 1 cangkir air hangat yang telah dicampurkan dengan 1 sendok makan cuka sari apel dan madu. Minumlah rutin dan rasakan manfaat cuka apel.

4. Air Garam

obat sakit tenggorokan alami air garam

Berkumur dengan air garam merupakan obat sakit tenggorokan alami selanjutnya. Ini karena garam memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi pembengkakan sekaligus membantu membunuh mikroba yang tidak diinginkan di tenggorokan Anda.

Mau tahu caranya? Mudah saja! Cukup campurkan segelas air hangat dengan 1 sendok teh garam dan aduk hingga larut. Berkumurlah dengan larutan ini selama 30 detik sekali per jam.

Dengan mekanisme yang kurang lebih sama, air garam juga ampuh obat sariawan.

5. Madu

obat sakit tenggorokan alami madu

Siapa sih yang tidak kenal madu. Kepopulerannya sebagai obat herbal alami sudah amat sangat tersohor. Madu merupakan pemanis yang lezat dan sering digunakan dalam kombinasi dengan bahan alami lainnya untuk mengatasi sakit tenggorokan. Madu bisa sangat efektif bila dikombinasikan dengan air hangat dan cuka sari apel atau bahan herbal lainnya.

Namun, sebaiknya jangan memberikan madu pada anak-anak di bawah usia satu tahun, karena organ pencernaan bayi diusia ini masih belum matang. Selain itu, kadar asam dalam usus bayi juga masih begitu lemah sehingga belum begitu mampu untuk menangkal efek dari racun botulinum yang terkadang ditemukan pada madu.

Jika Anda seseorang yang menghindari gula atau sedang menjalani diet rendah karbohidrat, mungkin dapat memilih alternatif lain, karena madu adalah bentuk gula dan mengandung 17 gram karbohidrat per sendok makan (15 ml).

6. Akar Manis (Licorice)

Akar manis atau licorice merupakan tanaman asli Eropa dan Asia Selatan dan telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati banyak gangguan kesehatan. Licorice memiliki khasiat mirip aspirin yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan.

Ada satu studi yang menemukan bahwa, berkumur dengan air licorice sebelum operasi ternyata dapat mengurangi risiko sakit tenggorokan hingga 50%, dibandingkan berkumur dengan air gula.

Membuatnya pun tidak terlalu sulit. Cukup campurkan akar licorice dengan air panas, biarkan selama 5 menit, lalu saring sebelum di minum atau digunakan untuk berkumur. Mudahkan!

7. Air Lemon

Air lemon bisa jadi minuman yang menyegarkan sekaligus berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan ketika flu menyerang. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan, serta mampu meningkatkan produksi air liur yang dapat membantu menjaga kelembaban selaput lendir agar tetap lembab.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Siapkan segelas air hangat, lalu tambahkan perasan air jeruk lemon dan sedikit madu. Tidak butuh waktu lama, minuman herbal bermanfaat pun sudah bisa Anda nikmati. Baca juga: Manfaat Air Lemon yang Menyehatkan dan Mencegah Penyakit

8. Jahe

obat sakit tenggorokan alami dengan jahe

Kalau yang ini pastinya sudah tidak asing lagi ya manfaatnya untuk meredakan sakit tenggorokan. Ya, karena jahe merupakan agen antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan sakit tenggorokan.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan khasiatnya. Salah satunya, sebuah studi yang menerapkan ekstrak jahe pada orang-orang yang mengalami radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri. Anda tahu hasilnya apa? Ternyata jahe mampu membantu membunuh beberapa bakteri yang bertanggung jawab atas penyakit tersebut. Luar biasa bukan!

Di Indonesia pun tidak terlalu sulit mendapatkan minuman herbal jahe ini. Anda bisa membelinya di pedagang bandrek pinggir jalan atau bisa juga membuatnya sendiri dirumah.

Cara membuat obat sakit tenggorokan dari jahe:

Bahan :

  • Jahe segar
  • 1 liter air.
  • 2 sendok makan gula merah/aren.

Petunjuk:

  1. Bersihkan jahe, cuci dan kupas kulit luarnya, lalu geprek.
  2. Rebus air dalam panci sekaligus masukkan jahe dan gula merahnya.
  3. Biarkan selama beberapa menit sampai air berkurang setengahnya.
  4. Kemudian seduh ke dalam gelas. Minuman hangat berkhasiat pun sudah siap dinikmati.

9. Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni termasuk makanan serbaguna yang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Ketika mengalami radang tenggorokan, mengonsumsi minyak kelapa bisa sangat menyejukkan karena membantu melumasi selaput lendir di tenggorokan. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Berikut beberapa ide untuk menikmati minyak kelapa yang mungkin bisa Anda coba untuk mengobati tenggorokan sakit:

  • Tambahkan sesendok minyak kelapa murni ke teh panas atau coklat panas.
  • Tambahkan sesendok minyak kelapa murni ke sup.
  • Atau Anda bisa langsung meminum sesendok minyak kelapa, dan biarkan sampai meleleh ke tenggorokan Anda.

Namun sebaiknya batasi konsumsi minyak kelapa sampai sekitar 2 sendok makan (30 ml) per hari ya, karena minyak kelapa bisa memiliki efek pencahar jika digunakan pada dosis tinggi.

10. Kayu manis

obat sakit tenggorokan alami kayu manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang memiliki bau yang harum dan dapat menambah cita rasa jika dicampurkan ke masakan atau minuman. Selain itu kayu manis juga memiliki antioksidan yang tinggi dan bertindak sebagai agen antibakteri. Bahkan dalam pengobatan tradisional Cina, kayu manis digunakan sebagai obat pilek, flu sekaligus meringankan sakit tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaatnya cukup campurkan kayu manis ke sup atau minuman hangat seperti jahe atau teh hangat. Jika Anda mau minuman yang berbeda, bisa juga membuat susu almond dengan tambahan kayu manis.

Begini cara membuat obat sakit tenggorokan alami dari kayu manis:

Siapkan Bahan:

  • 1 cangkir susu almond
  • 1/2 sendok teh (2,5 ml) bubuk kayu manis.
  • 1/8 sendok teh (0,6 ml) baking soda.
  • 1 sendok makan (15 ml) madu atau pemanis lain sesuai selera.

Petunjuk:

  1. Masukkan kayu manis dan baking soda ke dalam panci dan aduk rata.
  2. Tambahkan susu almond dan aduk lagi sampai tercampur rata.
  3. Biarkan, sampai air mulai mulai mendidih, lalu angkat dari api.
  4. Tuangkan ke dalam gelas dan minuman sehat nan lezat pun siap dinikmati.

Begitu mudah begitu lezat bukan!

11. Minum Banyak Air

Ketika tenggorokan sakit, agak sulit memang ketika menelan makanan. Untuk mengurangi rasa sakitnya, Anda bisa mengonsumsi banyak air. Dengan mengonsumsi banyak air maka akan membantu menjaga selaput lendir tenggorokan dan membantu agar tetap terhidrasi sehingga bisa lebih cepat sembuh.

Intinya perbanyak minum ketika mengalami sakit tenggorokan. Bisa minum apa saja yang Anda sukai, seperti teh, infus herbal, air jahe, atau air putih asalkan jangan minum-minuman yang mengandung alkohol ya.

12. Sup Ayam

Sup ayam selain pastinya lezat, juga bisa menjadi obat alami yang dapat membantu mengatasi sakit tenggorokan. Menghirup banyak-banyak airnya juga membantu Anda mendapatkan lebih banyak cairan ketika sakit.

Selain itu, bawang putih yang biasanya dipakai dalam bumbu sup juga memberikan manfaat lebih karena bawang putih mengandung senyawa bioaktif yang dapat membantu mempercepat penyembuhan.

Untuk caranya mungkin lebih lengkap dapat Anda lihat di resep masakan, perbanyak saja rempah-rempah didalamnya agar mendapat manfaat lebih.

13. Teh Peppermint

Teh peppermint mengandung senyawa antiinflamasi dan sangat menenangkan tenggorokan, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit. Ada banyak teh herbal peppermint yang ada di pasaran. Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan merendam daun peppermint segar dalam air mendidih selama tiga sampai lima menit, lalu saring dan nikmati.

Sebagai tambahan informasi, teh peppermint bebas kafein dan rasanya pun sudah manis secara alami sehingga tidak memerlukan pemanis tambahan.

Obat Sakit Tenggorokan di Apotek

Selain bahan-bahan alami diatas, ada juga beberapa obat yang bisa membantu meringankan sakit tenggorokan, dan bisa Anda dapatkan di apotek, seperti:

  • NSAID: Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang membantu meredakan peradangan dan sakit tenggorokan tanpa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Biasanya yang umum digunakan yaitu ibuprofen, parasetamol, dan aspirin (anak-anak sebaiknya tidak menggunakan aspirin).
  • Sprays atau Semprotan: Semprotan lidokain dan obat penghilang rasa sakit lainnya yang disemprotkan ke tenggorokan terbukti secara efektif mampu mengurangi nyeri tenggorokan.
  • Lozenges: Lozenges yang mengandung lidocaine atau sejenis obat penghilang rasa sakit lainnya dapat membantu menenangkan sakit ditenggorokan.
  • Antibiotik. Ketika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh infeksi bakteri, lebih lanjut dijelaskan dalam artikel ini: Antibiotik yang Tepat untuk Radang Tenggorokan

Tak peduli seberapa kerasnya kita menjaga kesehatan, kemungkinan mengalami sakit tenggorokan tetaplah ada. Oleh sebab itu, penting juga untuk mengetahui apa saja penyebab sakit tenggorokan, sehingga kita bisa mencegahnya.

Dengan membaca artikel ini, kita jadi mengetahui beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meredakan sakit tenggorokan dan mempercepat penyembuhannya, seperti dengan menggunakan bahan-bahan alami atau obat apotek diatas.

Tapi perhatikan, jika sakit tenggorokan berlangsung lebih dari beberapa hari atau terasa sangat menyakitkan sebaiknya segera saja temui dokter untuk mendapat penanganan yang lebih efektif sesuai kondisi Anda.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer