20 Obat Tipes Tradisional Paling Ampuh, 100% Alami

Jika berbicara tentang obat tipes, maka yang ada dibenak kita adalah banyaknya pil yang harus diminum, mungkin perlu dirawat inap, dan sebagainya. Namun tahukah Anda, sebenarnya ada berbagai macam cara dan obat tipes tradisional yang dapat kita peroleh dari alam.

Tipes atau yang juga disebut sebagai demam tifoid merupakan penyakit infeksi bakteri yang disebabkan oleh jenis Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi. Infeksi bakteri tersebut terjadi di usus halus namun kumannya dapat menyebar ke aliran darah.

berbagai macam obat tipes tradisional yang ampuh

Gejala penyakit tipes juga hampir mirip dengan gejala penyakit DBD, sehingga banyak orang yang salah mengartikan kondisi tersebut. Gejala awal penyakit ini biasanya adalah demam, sakit perut, sakit kepala dan kelelahan. Namun, seiring berjalannya waktu, penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang lebih parah, seperti sembelit (konstipasi), diare, penurunan nafsu makan, muntah, halusinasi, menggigil, ruam pada kulit, mimisan atau keluar darah pada feses, pembengkakan pada hati, dan perubahan mood.

Gejala tipes biasanya dapat diatasi selama 2 – 4 minggu yang disertai dengan pengobatan yang tepat. Itulah sebabnya, pemilihan pengobatan yang tepat sangat berpengaruh terhadap proses penyembuhan.

( ! ) Pengobatan standar adalah sesuai dengan petunjuk dokter, yakni obat-obatan yang terdiri dari antibiotik, analgetik-antipiretik, dan sebagainya. Adapun obat tipes tradisional yang akan dipaparkan disini hanya sebagai tambahan, sehingga Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Mengenai pengobatan standar, pelajari disini: Obat Sakit Tipes yang Bisa Dibeli di Apotek

Obat Tipes Tradisional yang Ampuh dan Alami

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa alam menyimpan banyak keajaiban yang salah satunya dapat digunakan sebagai obat tradisional. Banyak sekali bahan alami yang mampu mengobati berbagai penyakit, termasuk penyakit tipes. Adapun berbagai cara dan obat tipes tradisional yang dirasa ampuh dan efektif adalah sebagai berikut.

1. Kompres Air Hangat

Cara ini dapat menurunkan suhu tubuh saat mengalami demam yang disebabkan oleh penyakit tipes. Cara melakukannya adalah :

  • Ambil lap atau handuk bersih, kemudian rendam dalam air hangat dan peras hingga tak ada yang mentes.
  • Setelah itu, letakkan handuk tersebut di dahi dan gantilah secara teratur (jika sudah dingin).
  • Anda juga dapat menempelkan lap basah pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti di bagian ketiak, selangkangan, tangan atau kaki untuk menurunkan suhu tubuh.

Lakukanlah secara teratur agar suhu tubuh dapat segera turun. Hindari penggunaan air es untuk mengompres, karena hal tersebut dapat memperburuk kondisi.

2. Tingkatkan Asupan Cairan Tubuh

Gejala penyakit tipes, seperti diare serta demam tinggi dapat membuat tubuh Anda mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Oleh karena itu, meningkatkan asupan cairan tubuh dapat membantu mengendalikan kondisi tersebut. Cairan yang Anda konsumsi memungkinkan tubuh untuk menghilangkan racun dan menjaganya tetap terhidrasi. Caranya adalah :

  • Minumlah sebanyak 8 sampai 10 gelas air putih setiap hari.
  • Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan cairan dengan mengonsumsi makanan lain, seperti jus buah segar, teh herbal, air kelapa, air gula, dan sup.

Untuk hasil yang lebih baik, disarankan untuk menggunakan air putih yang direbus matang untuk menjamin kebersihan dari kuman. Selain itu, jangan biarkan tubuh Anda mengalami dehidrasi karena dapat menyebabkan Anda kekurangan cairan dan memperburuk kondisi Anda.

3. Membuat Oralit atau ORS

Oralit atau yang juga disebut ORS (Oral Rehydration Salts) dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare dan untuk mencegah dehidrasi. Untuk membuat ORS sendiri di rumah, Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini :

  • Ambil ½ sendok teh garam dan 2 sendok teh gula.
  • Kemudian, larutkan bahan tersebut dalam air.
  • Minumlah secara rutin untuk mengurangi intensitas demam tifoid dan membantu proses penyembuhan.

Sekali lagi, ini bukanlah obat tipes tradisional untuk menyembuhkan, melainkan cara alami untuk mencegah dan mengatasi kurang cairan dan elektrolit pada penyakit tipes ataupun yang lainnya.

4. Cuka Apel

Kandungan asam dalam cuka apel dapat membantu Anda menyingkirkan panas yang berlebih dan menurunkan suhu tubuh. Selain itu, cuka apel juga dapat mencegah tubuh mengalami kehilangan mineral akibat diare. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat tipes tradisonal penurun panas adalah :

  • Ambil ½ sendok teh cuka apel dan sedikit madu, campurkan bahan tersebut ke dalam air. Minumlah ramuan herbal tersebut sebelum makan selama 5 sampai 7 hari.
  • Alternatif lainnya adalah dengan mencampurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 2:1. Setelah itu, masukkan handuk atau lap dalam larutan tersebut dan peras. Letakkan kompresan tersebut pada dahi dan ganti handuk secara berkala atau ketika handuk sudah mulai terasa hangat. Lakukan cara tersebut sampai demam Anda reda.

5. Bawang Putih

Sama halnya dengan cuka apel, bawang putih juga merupakan bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat tipes tradisional. Bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membantu menyingkirkan racun berbahaya serta mempercepat proses penyembuhan. Cara menggunakannya sebagai berikut :

  • Konsumsilah 2 siung bawang putih sebelum makan atau saat perut kosong. Lakukan cara ini selama beberapa minggu.
  • Anda juga dapat menggunakan cara lain dengan mencampurkan ½ sendok teh bawang putih tumbuk dengan secangkir susu dan air. Rebuslah campuran tersebut hingga menjadi  ¼ bagian saja. Minumlah obat tipes tradisional tersebut sebanyak  3 kali per hari.

Untuk menghindari berbagai efek samping, sebaiknya wanita hamil dan anak kecil tidak menggunakan obat tradisinal tipes dari bawang putih ini.

6. Daun Basil

daun basil sebagai obat tipes tradisional

Daun ini memiliki bentuk yang mirip dengan daun kemangi. Sifat antibakteri dan antibiotik yang terdapat dalam daun basil sangat baik untuk membantu menghilangkan bakteri. Selain itu, obat ini juga ampuh untuk mengurangi demam, meredakan gejala sakit perut, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Adapun cara menggunakannya adalah :

  • Siapkan 20 lembar daun basil dan satu sendok teh tumbukan jahe, lalu masukkan ke dalam air. Kemudian, rebus campuran tersebut sampai setengah bagian. Tambahkan madu dan minum 2 sampai 3 kali sehari.
  • Anda juga bisa membuat jus basil, dengan mencampurkan 5 – 7 daun basil dan sedikit lada hitam, lalu di blender  dan diminum sebanyak 2 – 3 kali sehari selama beberapa minggu.

7. Cengkeh

Sifat antibakteri yang terdapat dalam cengkeh membuatnya masuk dalam daftar obat tipes tradisional. Selain itu, minyak cengkeh juga membantu mengurangi intensitas diare dan muntah yang disebabkan oleh tipes. Cara membuatnya sebagai berikut :

  • Ambil 5 sampai 7 cengkeh dan masukkan ke dalam air mendidih.
  • Rebus hingga airnya menjadi setengah bagian.
  • Setelah dingin, minumlah larutan herbal tersebut pada siang hari.
  • Lakukan pengobatan tersebut minimal selama seminggu.

8. Pisang

Mengonsumsi pisang setiap hari merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan demam tifoid. Pisang mengandung pektin yang merupakan serat larut dan dapat menyerap cairan dari usus, sehingga dapat membantu mengatasi diare.

Tak hanya itu, kandungan potassium di dalamnya juga dapat mencegah hilangnya elektrolit tubuh selama diare dan demam. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa pisang dapat dijadikan sebagai salah satu obat tipes tradisional yang cukup membantu. Cara menggunakannya adalah:

  • Konsumsilah 2 sampai 3 pisang matang setiap hari sampai demam reda.
  • Alternatif cara lain adalah dengan mencampurkan 2 buah pisang dengan ½ gelas yogurt dan satu sendok teh madu. Konsumsilah campuran tersebut sebanyak 2 – 3 kali sehari dalam satu minggu.

9. Buttermilk

Obat tradisional tipes yang juga efektif untuk meredakan demam tifoid adalah buttermilk. Buttermilk merupakan susu yang dihasilkan dari fermentasi mentega. Makanan ini sangat mudah dicerna, sehingga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan mempercepat proses pemulihan. Adapun cara yang harus Anda lakukan adalah :

  • Konsumsilah dua gelas buttermilk setiap hari sampai Anda sembuh total.
  • Anda juga dapat menggunakan cara lain, yaitu campurkan 2 sendok teh jus daun ketumbar dengan buttermilk. Lalu, konsumsi sebanyak 2 kali sehari selama seminggu.
  • Cara lain adalah dengan mencampurkan bubur pisang ke dalam buttermilk dan mengkonsumsi sebanyak dua kali sehari.

Gangguan pencernaan juga dapat muncul saat Anda menderita demam tifoid, sehingga buttermilk merupakan pilihan makanan yang tepat untuk membantu mengatasi kondisi medis tersebut.

10. Makanan Bernutrisi Tinggi

Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi merupakan bagian penting untuk mempercepat penyembuhan penyakit tipes. Hal tersebut dikarenakan, tubuh membutuhkan banyak asupan nutrisi agar terhindar dari rasa lemah karena demam. Selain itu, pemilihan makanan yang tepat juga dapat menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Cara memperoleh nutrisi tinggi dari makanan adalah sebagai berikut :

  • Tingkatkan asupan kalori agar dapat memberikan energi yang cukup pada tubuh.
  • Konsumsilah makanan yang kaya protein, seperti susu dan telur untuk mempercepat proses penyembuhan.
  • Konsumsilah lebih banyak makanan tinggi karbohidrat untuk meningkatkan energi.
  • Konsumsilah lebih banyak jus buah, kaldu, dan sup untuk melengkapi mineral yang hilang.

11. Buah Cranberry

Buah cranberry memiliki sifat antibakteri yang dapat meningkatkan kekebelan tubuh. Itulah sebabnya, buah berwarna merah ini layak dijadikan sebagai salah satu obat tradisional tipes. Anda dapat langsung mengonsumsinya atau menjadikannya jus cranberry untuk menambah energi pada tubuh. Bagi wanita hamil atau orang yang memiliki alergi terhadap buah ini, sebaiknya tidak menggunakannya sebagai obat tipes tradisional karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

12. Lemon

Sebagai disinfektan alami, lemon mampu mengatasi masalah saluran pencernaan sehingga mampu meredakan demam tifoid. Cara menggunakan obat tipes tradisional ini sebagai berikut.

  • Campurkan sedikit madu ke dalam jus atau perasan buah lemon.
  • Konsumsi minuman herbal tersebut selama satu minggu dan pasca pemulihan.

Baca juga: Manfaat Jeruk Lemon dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

13. Delima

Buah delima dipercaya sebagai obat tipes tradisional karena buah tersebut mampu meningkatkan energi tubuh dan mencegah dehidrasi. Anda cukup menambahkan madu atau lada hitam pada jus delima untuk membantu meredakan demam tifoid.

14. Wortel

Obat tipes tradisional berikutnya adalah wortel. Sayuran ini diyakini dapat membantu proses penyembuhan penyakit tipes karena banyaknya kandungan antioksidan di dalamnya yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sebaiknya konsumsi sayuran ini setelah Anda mengukusnya atau meminumnya sebagai jus.

15. Madu

Madu mampu mengatasi gangguan pada proses pencernaan yang mungkin timbul saat sakit tipes. Di samping itu, tidak diragukan lagi sepak terjangnya dalam mengusir bakteri jahat dari tubuh. Cara menggunakan obat tipes tradisional ini, yaitu :

  • Masukkan satu sendok makan madu ke dalam air hangat.
  • Setelah, itu, minumlah ramuan herbal tersebut sesering mungkin dalam sehari untuk mengembalikan energi yang hilang selama sakit tipes.

Baca juga: Manfaat Madu Berikut Sungguh Mencengankan.

16. Jeruk

Jeruk juga masuk dalam daftar salah satu obat tipes tradisional. Kenapa? karena buah ini dapat memberikan asupan air, nutrisi, dan mineral dalam tubuh. Buah jeruk juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah dehidrasi. Selain itu, jeruk juga memiliki efek pendinginan, yang mampu mengurangi rasa gelisah dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh demam tifoid.

Cara membuatnya pun cukup sederhana, Anda bisa memasukkan perasan jeruk nipis secukupnya ke dalam secangkir jus jeruk, kemudian minum sebanyak 3 kali sehari untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

17. Bunga Echinacea

Bunga Echinacea dapat berfungsi sebagai penguat jaringan dalam tubuh dan membantu sistem imun. Untuk menggunakan obat tipes tradisional ini, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Rebus akar Echinacea secukupnya dengan segelas air selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah mendidih, saring larutan tersebut dan minum airnya.
  • Anda dapat meminum ramuan herbal ini sebanyak 3 kali dalam sehari.
  • Alternatif cara lain adalah dengan menumbuk atau mengiling Bunga Echinacea hingga menjadi bubuk.
  • Lalu rebus dalam segelas air dan tunggu hingga 10 menit.
  • Kemudian disaring dan diminum 3 kali sehari.

18. Bunga Jambu Biji

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui khasiat daun jambu biji dalam mengobati diare. Namun, siapa sangka? ternyata bunganya ini juga ternyata dapat dijadikan sebagai obat tipes tradisional. Selain itu, daun jambu biji juga berkhasiat untuk mengobai batuk dan pilek, mengurangi dahak atau lendir, membatasi aktivitas mikroba, dan mendisinfeksi saluran pernafasan.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan zat nutrisi, vitamin C dan zat besi di dalamnya yang bermanfaat untuk mengatasi tipes dan penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi virus. Cara menggunakannya adalah

  • Ambil bunga jambu biji secukupnya dan giling hingga halus.
  • Campurkan dengan segelas susu kambing dan aduk hingga rata.
  • Konsumsilah minuman tersebut sebelum makan atau saat perut kosong.
  • Minumlah sebanyak 3 kali sehari hingga kondisi Anda membaik.

19. Kismis

Kismis merupakan salah satu makanan yang masuk dalam daftar obat tipes tradisional. Menurut beberapa ilmuwan, bakteri penyebab demam tifoid dapat dibunuh dengan mengonsumsi kismis dalam jumlah banyak karena kismis dapat dijadikan sebagai tonik alami yang hebat. Cara menggunakannya adalah

  • Masukkan kismis ke dalam segelas air dan biarkan dalam semalaman atau lebih dari 2 jam.
  • Keesokan harinya, minum air rendaman tersebut.
  • Lakukan pengobatan tradisional ini setiap hari.

20. Air Kelapa

Obat tipes tradisional yang terakhir adalah air kelapa. Air kelapa terkenal dengan energi alaminya, yang mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, sodium, lemak, kalsium, potassium, magnesium, karbohidrat atau elektrolit yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan energi.

Air kelapa juga dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan tipes bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi buah atau Anda juga dapat mengombinasikan air kelapa dengan buttermilk. Untuk mendapatkan manfaat dari air kelapa, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Minumlah air kelapa sebanyak mungkin setiap kali terserang penyakit tipes.
  • Atau cara lainnya dengan menambahkan tumbukan pisang ke dalam air kelapa untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Minuman ini dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehingga Anda terhindar dari dehidrasi.

Selain beberapa obat tips alami di atas, ada beberapa tips tambahan yang dapat Anda lakukan untuk membantu mempercepat proses pemulihan. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Kandungan dan Manfaat Air Kelapa Muda.

Tips Tambahan Makanan Saat Tipes:

  • Hindari mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak berlebih setiap hari.
  • Konsumsilah makanan sehat, seperti kacang polong, nasi, bubur, sayur-sayuran, dan ikan.
  • Konsumsilah lebih banyak sup dan smoothies dengan sayuran hijau dalam menu harian Anda.
  • Kurangi jajan di luar atau makan makanan yang tidak higienis.
  • Jangan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan tanpa mengupas kulit terlebih dahulu.
  • Cucilah tangan dengan benar sebelum makan atau saat menyiapkan makanan.
  • Ingatlah untuk selalu menggunakan air matang atau air yang telah direbus.
  • Jagalah kebersihan lingkungan dan sanitasi untuk menghindari penyebaran penyakit.
  • Kurangi mengonsumsi minuman berkafein, berkarbonasi, beralkohol, dan makanan pedas.
  • Hindari mengonsumsi susu jika terjadi diare saat tipes.
  • Konsumsilah lebih banyak makanan bererat tinggi jika Anda mengalami sembelit akibat demam tifoid.
  • Ambil ½ sendok teh biji psyllium ke dalam beberapa air hangat dan konsumsilah untuk memperlancar buang air besar .
  • Istirahat cukup karena penyakit tipes dapat membuat Anda mengalami kelemahan.
Berbagai jenis obat tipes tradisional dan beberapa tips tersebut hanyalah rekomendasi bagi Anda, bukankah diantaranya yang sering Anda konsumsi?. Mengenai kefektifan obat-obat tradisional tersebut sangat bergantung pada kondisi tubuh pasien. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter terkait pemilihan obat herbal yang tepat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer