Obimin AF obat apa?

Obimin AF adalah suplemen makanan yang mengandung multivitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil, mulai dari masa perencanaan, masa kehamilan hingga masa menyusui. Komposisinya yang lengkap dimaksudkan untuk menjaga ibu hamil dari gangguan kesehatan yang biasa muncul selama kehamilan.

Suplemen ibu hamil yang diproduksi oleh PT. Medifarma Laboratories ini merupakan jenis obat bebas yang dapat dibeli di apotik tanpa resep dokter. Namun penggunaannya tidak boleh berlebihan dan sebaiknya sesuai dengan yang dianjurkan dokter atau yang tertera dikemasannya. Ketahui lebih lengkap kegunaan, dosis, efek samping dan interaksi suplemen ini dengan obat lainnya pada artikel ini.

Ikhtisar Obat Obimin AF

Jenis obatMultivitamin dan mineral
KandunganVitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin C , Vitamin D, Niacinamide, Calcium Pantothenate, Folic Acid, Ferrous Fumarate, Copper, Calcium Lactate, Iodine, Natrium Fluoride
KegunaanSuplemen multivitamin untuk ibu hamil sebelum kehamilan hingga setelah melahirkan
KategoriObat bebas
KonsumenDewasa
KehamilanKategori A
SediaanObimin AF tablet salut gula
obimin af multivitamin, mineral dan asam folat

Obimin AF multivitamin, mineral dan asam folat

Mekanisme Kerja

Secara umum Obimin AF berfungsi untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan ibu hamil selama proses kehamilan hingga melahirkan dan menyusui. Selain itu cara kerjanya juga dapat dicermati dari kandungan penyusunnya yaitu:

  • Vitamin A berperan penting dalam tahap perkembangan janin dalam pembentukan jantung, paru-paru, mata dan tulangnya. Selain itu vitamin A juga dapat membantu memperbaiki jaringan pospartum yang rusak saat ibu melahirkan. Membantu menjaga kesehatan penglihatan, kekebalan tubuh dan metabolisme lemak ibu hamil.
  • Vitamin B1 dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga pertumbuhan otak dan sistem saraf janinnya berkembang dengan baik. Serta menghindari gangguan kesehatan selama kehamilan.
  • Vitamin B2 membantu menjaga kesehatan mata dan kulit ibu hamil tetap sehat.
  • Vitamin B6 berperan penting dalam pembentukan otak dan sistem saraf janin.
  • Vitamin C mengandung antioksidan yang dapat melindungi jaringan dari kerusakan dan membantu penyerapan zat besi serta menjaga sistem imun tetap bekerja dengan baik.
  • Vitamin D membantu ibu hamil memaksimalkan penggunaan kalsium dan fosfor yang membantu tulang dan gigi tetap kuat.
  • Niacinamide merupakan vitamin yang membantu menjaga kesehatan kulit, saraf dan sistem pencernaan.
  • Calcium Pantothenate membantu menjaga tulang dan gigi ibu hamil tetap kuat. Membantu menghindari terjadinya pembekuan darah serta menjaga fungsi otot dan saraf tetap baik.
  • Folic Acid, mebantu ibu hamil menghindari kemungkinan cacat pada bayi seperti spina bifida dan kecacatan lahir lainnya.
  • Ferrous Fumarate adalah bentuk lain dari zat besi yang terdapat dalam makanan, nutrisi ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil agar terhindar dari anemia selama kehamilan.
  • Calcium Lactate, membantu menjaga kegubutuhan kalsium ibu hamil tetap terpenuhi.
  • Iodine merupakan salah satu mineral penting yang harus terpenuhi selama kehamilan. Berbagai efek buruk dari kekurangan iodine dapat membahayakan janin dan ibu hamil seperti keguguran hingga kelainan mentah pada bayi yang lahir.

Indikasi atau Kegunaan Obimin AF

Obimin AF digunakan untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan ibu hamil selama kehamilan dan menyusui. Hal ini penting untuk menghindari risiko gangguan kesehatan yang umum menyerang ibu hamil yang dapat membahayakan diri dan janinnya.

Kontraindikasi

Obimin AF terdiri dari vitamin dan mineral yang secara alami dibutuhkan tubuh, sehingga penggunaannya cukup aman. Namun untuk Anda yang memiliki hipersensitif atau alergi terhadap kandungan suplemen ini sebaiknya hindari penggunaannya.

Dosis Obimin AF dan Cara Penggunaan

Obimin AF tersedia dalam bentuk sediaan kaplet salut gula dengan kekuatan dosis perkapletnya mengandung: Vitamin A 6,000 IU, Vitamin B1 10 mg, Vitamin B2 2.5 mg, Vitamin B6 15 mg, Vitamin D 400 IU, Vitamin C 100 mg, Niacinamide 20 mg, Calcium Pantothenate 7.5 mg, Ferrous Fumarate 90 mg, Folic Acid 1 mg, Copper 0.1 mg, Calcium Lactate 250 mg, Iodine 0.1 mg, Natrium Fluoride 1 mg.

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Atau berdasarkan dosis penggunaan yang tertera pada label kemasan obat.

Adapun dosis yang lazim Obimin AF adalah:

  • Dosis untuk ibu hamil atau menyusui: 1 tablet sekali sehari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini setelah makan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.

Efek Samping Obimin AF

Obimin AF umumnya ditoleransi dengan baik. Belum ada data yang menunjukkan adanya efek samping berbahaya dari suplemen ini. Beberapa efek samping ringan seperti feses berwarna lebih gelap dan muncul noda gelap pada gigi pernah dilaporkan. Perlu diwaspadai jika reaksi alergi seperti gatal dan bengkak pada mata, bibir, ruam pada kulit, gangguan pencernaan hingga menyebabkan mual dan muntah. Jika hal itu terjadi, segera cari pertolongan dokter.

Efek Overdosis Obimin AF

Belum ada data yang menunjukkan efek overdosis penggunaan Obimin AF. Hal itu karena suplemen ini merupakan zat gizi yang memang dibutuhkan tubuh. Namun jika terjadi kondisi yang membahayakan akibat konsumsi berlebihan seperti timbul sesak nafas, mual dan muntah parah. Segeralah cari bantuan medis terdekat, jangan lupa bawa serta kemasan obat apapun yang Anda minum dan beritahukan ke dokter.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Pastikan Anda tidak memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan obat ini.
  • Berhati-hatilah atau konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan suplemen ini pada penderita gangguan fungsi hati.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Obimin AF untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Multivitamin dan mineral yang terkandung di dalam Obimin AF direkomendasikan untuk ibu hamil bahkan sebelum kehamilan pada masa awal perencanaan kehamilan. Selain baik untuk kesehatan ibu hamil suplemen ini juga sangat penting untuk pertumbuhan janin dalam kandungan. Oleh karena itu dokter sering meresepkan suplemen ini sebelum, selama dan setelah melahirkan terutama untuk ibu hamil yang kekurangan vitamin dan mineral penting seperti besi, kalsium, vitamin C,  D, B dan asam folat.
  • Obimin AF juga dianjurkan dikonsumsi ibu menyusui untuk menjaga kesehatannya dan tentunya akan berpengaruh juga pada bayinya. Namun pastikan untuk selalu menggunakan sesuai dosis yang dianjurkan untuk menghindari efek sampingnya pada bayi.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan vitamin dan mineral yang dikandung Obimin AF, diantaranya:

  • Obat dimercaprol dapat berikatan dengan besi dan membentuk senyawa kompleks yang dapat meracuni ginjal, oleh karena itu penggunaan bersamaaan dengan Obimin AF sebaiknya dihindari karena kandungan besinya.
  • Asam folat diketahui dapat menurunkan efektifitas methotrexate sehingga penggunaannya sebaiknya tidak bersamaan.