Ambeien atau wasir banyak dialami oleh dewasa di usia 50-an bahkan mencapai 50%, kondisi ini memang bisa diatasi tanpa perlu menjalani operasi. Namun, operasi ambeien tetap diperlukan manakala gangguan wasir bertambah parah dan menyebabkan pendarahan hebat.

Apa itu Operasi Ambeien?

Operasi ambeien adalah prosedur untuk menghilangkan hemorrhoid (bahasa medis dari ambeien atau wasir), dimana pembuluh darah membengkak di sekitar anus, dibagian dalam ataupun luarnya.

operasi ambeien teknik stapled

operasi ambeien teknik stapled

Pembuluh darah yang membengkak tersebut ternyata juga rapuh sehingga berisiko menimbulkan pendarahan, gatal, sensasi terbakar, serta iritasi di area dubur. Jadi, operasi ini bertujuan untuk menghilangkan pembuluh darah yang bermasalah tersebut sehingga dapat mengatasi berbagai keluhan yang ditimbulkan olehnya.

Perlu juga Anda ketahui bahwa ambeien atau hemorrhoid ini memiliki dua jenis, yaitu internal dan eksternal. Selengkapnya simak disini: Ciri-ciri dan Gejala Ambeien Dalam dan Luar

INDIKASI

Kapan operasi ambeien diperlukan?

Beberapa kondisi berikut ini mengindikasikan diperlukannya operasi ambeien:

  • Ambeien internal yang ukurannya sangat besar, yaitu derajat tiga ke atas.
  • Ambeien internal yang tak kunjung sembuh meski sudah diobati sendiri.
  • Ambeien eksternal yang sangat mengganggu kenyamanan, sampai-sampai Anda sulit membersihkan area dubur.
  • Wasir yang muncul baik di sisi luar (eksternal) maupun dalam (internal).
  • Pernah menjalani operasi ambeien namun tidak berhasil.

PERSIAPAN

Apa yang harus dipersiapkan sebelum operasi embeien?

Sebelum menjalani operasi, Anda perlu mengatakan pada dokter semua cara pengobatan yang sudah dicoba untuk menyembuhkan ambeien. Anda mungkin harus berhenti mengonsumsi beberapa jenis obat seperti aspirin, ibuprofen, naproxen, anti-koagulan seperti warfarin, apixaban, rivaroxaban, atau clopidogrel bisulfate beberapa hari sebelum operasi ambeien dilakukan.

Selain itu, beritahukan pada dokter juga tentang apakah Anda memiliki kebiasaan merokok atau tidak. Merokok bisa membuat tubuh lebih lama pulih setelah operasi. Dokter juga mungkin akan menyarankan Anda untuk puasa 6-12 jam sebelum operasi ambeien. Apapun instruksi dokter, ada baiknya Anda melakukannya dengan taat.

JENIS DAN PROSEDUR

Bagaimana operasi wasir dilakukan?

Prosedur operasi wasir atau ambeien ini akan berbeda tergantung dari jenis yang digunakan, berikut penjelasan lengkapnya:

Hemoroidektomi

Hemoroidektomi adalah prosedur operasi hemoroid konvensional yang dilakukan dengan cara membedah jaringan anus dan membuang pembuluh darah yang mengalami ambeien.

Sebagai permulaan, dokter akan memberikan anestesi (bius) lokal ataupun total. Setelah anestesi bekerja, dokter kemudian membuat sayatan kecil di sekitar ambeien. Bagian pembuluh darah yang bengkak di dalam wasir akan diikat agar tak terjadi pendarahan, kemudian baru dokter akan menghilangkan ambeiennya.

Area yang dibedah tadi bisa saja dijahit atau dibiarkan terbuka oleh dokter. Setelah itu, dokter akan menutupi lukanya dengan perban tipis. Guna mengangkat wasirnya, dokter akan menggunakan pisau, gunting, atau alat bedah lain yang diperlukan.

Stapled Hemorrhoidopexy

Disebut juga metode stapling atau jepitan, merupakan pilihan operasi ambeien selain hemoroidektomi. Terkadang teknik ini juga baik digunakan untuk mengobati wasir yang prolaps atau bergelantung keluar anus.

Sama seperti haemorrhoidectomy, prosedur ini juga memerlukan pembiusan total, namun prosedur ini tidak dilakukan sesering dulu karena memiliki risiko komplikasi serius yang sedikit lebih tinggi daripada teknik operasi lainnya.

Selama operasi, dokter akan menggunakan alat stapler khusus yang dimasukkan ke dalam anus. Alat ini bertujuan untuk menjepit pembuluh darah dan jaringan wasir. Dengan jepitan ini, maka aliran darah ke wasir menjadi berkurang sehingga akan menyusut sedikit demi sedikit.

Setelah menjalani prosedur stapling ini, Anda akan memiliki waktu pemulihan yang lebih singkat daripada hemorrhoidectomy, dan Anda mungkin bisa kembali bekerja sekitar seminggu sesudahnya. Kelebihan lain dari teknik ini yaitu cenderung kurang menyakitkan.

Kekurangannya lebih banyak yang mengalami prolaps wasir setelahnya jika dibandingkan dengan hemoroidektomi.

Di samping itu, ada juga sejumlah komplikasi serius, seperti fistula ke vagina pada wanita, yakni terbentuknya saluran kecil antara anus dan vagina. Komplikasi lainnya berupa perforasi rektum atau terbentuknya lubang pada rektum.

Ligasi arteri hemoroid

Ligasi arteri hemoroid adalah prosedur untuk mengurangi aliran darah ke hemoroid. Biasanya dilakukan dengan anestesi umum dan melibatkan penyisipan ultrasound kecil  ke anus. Probe ultrasound akan menghasilkan gelombang suara frekuensi tinggi yang memungkinkan dokter bedah menemukan pembuluh darah yang memasok darah ke ambeien atau wasir.

Setiap pembuluh darah yang mengarah ke hemoroid diikat hingga tertutup untuk menghalangi alirannya. Dalam beberapa hari hingga minggu berikutnya, maka wasir akan menyusut. Teknik ligasi ini juga bisa digunakan untuk mengurangi wasir yang menggantung dari anus (prolaps).

National Institute for Health and Care Excellence (NICE) merekomendasikan ligasi arteri hemoroid sebagai alternatif yang aman dan efektif dibanding haemorrhoidectomy ataupun stapled hemorrhoidopexy (teknik jepitan). Keunggulan ligasi ini, diantaranya hanya menimbulkan sedikit rasa sakit sehingga tingkat kepuasan pasien lebih tinggi dengan hasil yang baik pula.

Waktu pemulihan setelah ligasi arteri hemoroid juga lebih cepat dibandingkan dengan prosedur pembedahan lainnya. Meskipun tetap ada risiko perdarahan ringan, nyeri saat buang air besar, serta wasir menjadi prolaps, namun biasanya hal ini akan cepat membaik dalam beberapa minggu.

Prosedur lainnya

Pilihan perawatan untuk ambeien lainnya juga ada, termasuk pembekuan dan perawatan laser. Namun penggunaannya masih terbatas.

PERAWATAN PASCA OPERASI

Apa yang terjadi setelah operasi ambeien? Perawatan apa yang dijalani?

Setelah operasi ambeien selesai, Anda mungkin bisa langsung pulang ke rumah di hari yang sama. Jadi, pastikan kalau ada yang akan mengantarkan Anda pulang ke rumah. Namun Anda harus menunggu hingga efek biusnya hilang, dan biasanya sesudah itu, dokter akan menyuruh Anda untuk buang air kecil. Kesulitan buang air kecil seringkali terjadi karena pembengkakan di sekitar jaringan panggul atau kejang urat di otot panggul.

Anda mungkin akan merasakan sakit pasca operasi ambeien. Oleh sebab itu, gunakan obat dari dokter untuk meredakannya. Dokter juga mungkin akan memberikan obat yang bisa membuat area dubur mati rasa sehingga rasanya takkan terlalu sakit sebelum dan setelah BAB. Antibiotik mungkin juga harus dikonsumsi untuk mencegah infeksi sekaligus mengurangi rasa sakitnya.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah munculnya pendarahan juga merupakan hal yang wajar, terutama saat BAB pertama pasca operasi ambeien.

Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk merendam pantat dalam air hangat selama 15-20 menit. Ini bisa menjaga kebersihan area dubur sekaligus meningkatkan aliran darah ke bagian tersebut. Jangan lupa tanyakan dokter tentang seberapa sering Anda harus melakukannya. Anda juga bisa mengaplikasikan kompres dingin ke area dubur untuk mengurangi sakit maupun bengkaknya.

Selama beberapa hari pasca operasi ambeien, Anda perlu banyak minum dan mengonsumsi makanan lunak seperti nasi putih, pisang, roti panggang, kraker, dll. Sesudah itu, barulah Anda boleh makan seperti biasa.

Pada kebanyakan kasus, proses pemulihan pasca operasi ambeien rata-rata membutuhkan waktu 2-3 minggu. Setelah jangka waktu tersebut, Anda mungkin harus periksa ulang ke dokter untuk mengetahui berhasil-tidaknya operasi kemarin.

Setelah operasi, ada baiknya Anda menjalani pola hidup sehat agar ambeien tidak kambuh lagi. Caranya dengan:

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat.
  • Minum lebih banyak air.
  • Menghindari mengejan terlalu keras saat BAB.
  • Lebih sering berolahraga.
  • Jangan terlalu lama duduk.

RESIKO EFEK SAMPING

Adakah kemungkinan resiko atau efek samping operasi wasir?

Operasi ambeien biasanya berhasil tanpa penyulit. Namun periode keberhasilan itu sangat tergantung dari seberapa baik pola hidup. Jika di kemudian hari Anda masih sering sembelit dan harus mengejan lebih ekstra saat BAB, maka ada kemungkinan operasi ambeien ulang perlu dilakukan.

Faktanya, 5 dari 100 orang harus melakukan operasi ambeien ulang.

Di sisi lain, operasi ambeien tetap memiliki risiko efek samping seperti:

  • Infeksi.
  • Pendarahan dari area dubur.
  • Mengendapnya darah di area bekas operasi (hematoma).
  • BAB bocor/ sulit ditahan.
  • Gangguan buang air kecil akibat rasa sakit yang dirasakan.
  • Feses terjebak di saluran pembuangan.
  • Penyempitan saluran pembuangan.
  • Ambeien kambuh lagi.
  • Fistula – hubungan abnormal yang terbentuk antara saluran rektum atau dubur dengan bagian lain.
  • Prolaps rektum – terjadi bila lapisan rektum terselip keluar dari dubur.

Resiko di atas tidak selalu menyertai, hal ini tergantung pada banyak faktor, misalnya keparahan ambeien Anda dan tingkat keahlian operator.

KESIMPULAN

Sukses-tidaknya hasil operasi ambeien tergantung dari bersedia-tidaknya Anda untuk mengubah pola hidup agar konstipasi menjauh. Di samping itu, setiap prosedur operasi ambeien memiliki plus-minusnya sendiri.

Operasi pengangkatan ambeien mungkin hasilnya lebih tahan lama ketimbang sekedar mengikat wasirnya. Namun tentunya tindakan bedah ini lebih mahal, memiliki risiko komplikasi lebih tinggi, dan biasanya juga lebih menyakitkan.

Pada ambeien internal, bisa menyusut dengan bantuan obat alami (baca: 10 Obat Ambeien Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat), ataukah metode pengikatan ambeien. Dibanding dengan operasi pengangkatan ambeien, cara mengikat ini lebih rendah risikonya, tidak terlalu sakit, dan lebih cepat pulih.

Terakhir soal laser yang digadang-gadang tak terlalu menyakitkan, bisa pulih lebih cepat, metode ini jelas lebih mahal ketimbang pengobatan ambeien lainnya. Selain itu, cara laser juga membutuhkan waktu lebih lama dan bisa saja menimbulkan luka dalam.