10 Gejala Awal Kanker pada Pria yang Penting untuk Diketahui

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan hingga saat ini. Ada banyak macam jenis kanker dan berbagai macam cara pula untuk penanganannya. Kita sebagai makhluk berakal haruslah bisa mempersiapkan segala sesuatunya apabila berkaitan langsung dengan keberlangsungan hidup kita sebagai manusia. Mendeteksi secara dini gejala kanker akan sangat membantu kita untuk mengambil langkah awal yang paling tepat.

Kanker menjadi salah satu penyebab kematian mengkhawatirkan bagi banyak pria. Sementara itu, diet sehat adalah salah satu cara agar risiko pengembangan kanker tertentu dapat diminimalisir. Faktor lain sebagai penyebab umum timbulnya gejala kanker adalah faktor keturunan/gen, bahkan hal ini memiliki peran yang besar. Apabila seseorang sudah terdiagnosis kanker, maka penanganan secara lebih serius mutlak diperlukan kalau tidak begitu kanker akan mudah menyebar dengan sangat cepat dan menjadi semakin sulit untuk diobati.

gejala kanker pada pria

Itulah mengapa, mengetahui gejala awal kanker dapat membantu Anda mencari pengobatan yang lebih cepat dan tepat untuk memperkecil kemungkinan terburuk yang akan menimpa Anda. Adapun gejala awal kanker pada pria antara lain sebagai berikut:

  • Masalah buang air besar
  • Buang air besar berdarah
  • Gangguan perkemihan
  • Terdapat Darah dalam Urin
  • Sakit Punggung yang Berlangsung Terus-Menerus
  • Batuk yang Tidak Biasa
  • Benjolan pada testis
  • Kelelahan  yang Berlebihan
  • Penurunan Berat Badan tanpa sebab yang jelas
  • Adanya Benjolan di Payudara

Mari kita bahas satu-persatu gejala awal kanker pada pria melalui artikel ini, silahkan simak sampai habis. Dengan membaca tentang gejala awal kanker pada pria ini akan membuat kita lebih waspada dan jadi mengetahui apa yang harus Anda diskusikan dengan dokter segera.

1. Masalah Buang Air Besar

Apabila terjadi sesekali masalah dalam buang air besar maka itu bisa dianggap normal, tapi perubahan yang tidak biasa juga bisa menjadi indikator adanya kanker usus besar atau rektum. Secara kolektif kondisi ini disebut sebagai kanker kolorektal. Kanker kolon berarti perkembangan kanker berada di bagian usus besar, sementara itu kanker rektum berada lebih bawah yaitu pada saluran sebelum anus.

Sering diare dan konstipasi bisa jadi merupakan gejala kanker, terutama jika perubahan ini terjadi secara tiba-tiba. Di smaping itu bisa juga ditandai dengan seringnya kita buang angin dan sakit perut. Bahkan pada kasus yang lebih berat disertai dengan adanya darah saat buang air besar.

2. Buang Air Besar Berdarah

Rektum adalah organ terakhir dari usus besar. Organ ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara feses sebelum akhirnya dikeluarkan. Apabila terjadi pendarahan pada rektum bisa jadi itu adalah tanda awal kanker rektum. Gejala awal kanker akan semakin terlihat apabila pendarahan terus berlanjut dan berakhir pada kondisi anemia dikarenakan banyaknya darah yang keluar. Terdapatnya darah di tinja juga adalah salah satu tanda terjadinya pendarahan pada rektum Anda.

Meskipun wasir lebih sering menyebabkan pendarahan pada rektum, tapi Anda tidak seharusnya mencoba mendiagnosis diri sendiri jika menemukan gejala ini pada diri Anda. Langgkah terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter ketika Anda mengalami buang air besar berdarah. Baca juga: Buang Air Besar Berdarah : Apa yang Harus Anda Lakukan?

3. Gejala pada Saluran Kemih

Inkontinensia merupakan kondisi di mana ketika Anda kehilangan fungsi kontrol terhadap keinginan untuk buang air kecil. Akibatnya, urin keluar secara tiba-tiba tanpa disadari (mengompol). Mereka yang mengalami kondisi ini harus menggunakan popok dalam kegiatan sehari-harinya. Inkontinensia memang bisa terjadi seiring semakin bertambahnya usia seseorang. Namun, gejala ini bisa jadi mengindikasikan adanya kanker prostat. Kanker prostat paling sering menimpa pria di usia 60-an ke atas.

Gejala-gejala saluran kemih yang mengindikasikan adanya kanker meliputi:

  • Urin bocor, keluar dari saluran yang tidak semestinya.
  • Inkontinensia.
  • Ketidakmampuan untuk buang air kecil walaupun ada dorongan kuat.
  • Tertundanya buang air kecil.
  • Sulit saat buang air kecil harus mengejan kuat.

Baca selengkapnya mengenai Jangan Abaikan 10 Ciri-Ciri Kanker Prostat Berikut Ini

4. Air Seni Berdarah

Gejala awal kanker pada pria juga bisa dilihat apabila dalam urin terdapat darah. Kondisi ini sama sekali tidak boleh anda abaikan begitu saja, karena ini merupakan gejala umum kanker kandung kemih. Mantan perokok merupakan orang yang paling rentan terjangkit penyakit kanker ini dibandingkan mereka yang belum pernah merokok. Beberapa faktor lain yang bisa menjadi sebab terdapatnya darah dalam urin anda adalah prostatitis, kanker prostat, dan infeksi saluran kencing.

Oleh sebab itu, untuk memastikan apakah air seni berdarah disebabkan oleh kanker atau bukan, lakukanlah pemeriksaan dengan dokter.

5. Sakit Punggung Terus Menerus

Sakit pada punggung umum diketahui sebagai penyebab awal kecacatan, akan tetapi hanya sedikit pria yang menyadari bahwa itu mungkin  saja merupakan gejala kanker. Gejala kanker di bagian tubuh tertentu mungkin tidak tampak sampai akhirnya ia menyebar ke bagian tubuh lainnya, contohnya pada tulang belakang. Contoh kanker yang sering menyebar ke tulang salah satunya adalah kanker prostat, biasanya menyebar sampai ke tulang pinggul dan punggung bawah.

Tidak seperti nyeri otot yang terjadi sesekali saja, kanker tulang belakang menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan yang terus menerus.

Selengkapnya simak: Ciri-ciri dan Penyebab Kanker Tulang

6. Batuk yang Tidak Biasa

Batuk bukan merupakan sesuatu yang asing bagi perokok atau orang yang sedang sakit demam dan alergi. Kita bisa dengan mudah mem-vonis bahwa seseorang itu mengalami flu atau alergi apabila ia terbatuk disertai dengan hidung gatal dan ingusan. Namun nyatanya tidak sesederhana itu, batuk terus-menerus bisa jadi merupakan tanda awal kanker paru-paru. Terutama jika batuk itu tidak disertai dengann gejala lain seperti hidung tersumbat atau demam (jika disertai itu kemungkinan besar akibat infeksi virus).

Apabila Anda batuk yang disertai dengan lendir berdarah maka hati-hatilah, karena itu salah satu gejala kanker paru-paru pada pria.

7. Benjolan pada Testis

Kanker testis pada pria sangat jarang ditemui ketimbang kanker prostat, paru-paru, dan usus besar. Tetap saja, Anda seharusnya tidak boleh mengabaikan gejala-gejala awal yang menunjukkan adanya kanker. Seperti apabila terdapat benjolan pada testis.

Dokter dapat menemukan benjolan ini selama pemeriksaan kesehatan. Untuk mendeteksi nya secara lebih awal dapat Anda lakukan sendiri selama kurun waktu sekali dalam sebulan.

8. Keletihan Berlebihan

Kelelahan bisa berarti banyak hal bahkan bisa dikaitkan dengan sejumlah penyakit kronis dan kelainan medis. Keletihan secara berlebihan adalah cara tubuh memberitahu bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda. Apabila terdapat sel kanker dan ia terus tumbuh dan bereproduksi, tubuh Anda mungkin mulai merasa lemas.

Kelelahan menjadi pertanda paling umum dari berbagai jenis kanker. Temui dan konsultasilah dengan dokter jika Anda memiliki kelelahan yang berlebihan yang tidak hilang bahkan setelah tidur nyenyak.

9. Penurunan Berat Badan tanpa Sebab yang Jelas

Semakin bertambahnya usia semakin sulit pula untuk mempertahankan berat badan yang ideal. Pada usia yang tidak lagi muda penurunan berat badan bisa dipandang sebagai hal yang positif. Tapi penurunan berat badan yang tiba-tiba dan tidak direncanakan dapat mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang serius, termasuk hampir semua jenis kanker diawali dengan berat badan yang turun secara drastis dan tiba-tiba.

Jika Anda mengalami penurunan berat badan tanpa penyebab yang jelas, segeralah diskusikan hal ini dengan dokter Anda.

10. Benjolan di Payudara

Jangan dulu berpikir kalau kanker payudara hanya terjadi pada wanita saja, anda salah besar kalau berpikiran seperti itu. Kanker payudara tidak eksklusif hanya bagi Wanita. Pria juga perlu berjaga-jaga terhadap gejala awal kanker payudara dengan mengecek benjolan yang mencurigakan di daerah sekitar payudara. Ini adalah cara paling sederhana yang dapat dilakukan untuk mendeteksi gejala awal kanker payudara pada pria.

Periksakan jika Anda menemukan benjolan di sekitar payudara.

Perhatikan Tubuh Anda!

Sebagian besar kanker sulit dideteksi secara dini, namun beberapa juga ada yang menunjukkan gejala-gejalanya secara nyata. Mengetahui gejala awal kanker sangat penting untuk mendapatkan diagnosis dan terapi yang cepat. Meski demikian, tanda dan gejala pasti kankernya bisa bermacam-macam. Sebagai lamgkah aman dan terbaik ialah dengan segera memeriksakannya dengan dokter.

Gejala awal kanker pada pria sangat banyak macamnya, selama Anda menjaga kesehatan dengan baik, menjaga asupan makanan dengan baik juga niscaya tubuh kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit kanker.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer