11 Penyebab Ambeien yang Harus Anda Waspadai

Penyebab ambeien ternyata lebih dari sekedar kurang serat saja. Masih banyak faktor lain yang dapat memicu munculnya penyakit yang memiliki nama lain wasir ini. Apa sajakah penyebab ambeien yang dimaksud? Simak artikel berikut agar Anda tahu dari sekarang dan bisa langsung melakukan pencegahan.

Di sekitar rektum dan dubur kita terdapat pembuluh darah yang fungsinya menyuplai darah ke dinding dan otot sekitar area tersebut. Namun karena berbagai hal, pembuluh darah yang dimaksudkan dapat menjadi lemah sehingga aliran darah yang melaluinyapun jadi tidak tersalurkan dengan lancar. Kondisi ini dapat memicu menumpuknya darah di pembuluh tersebut, dan keadaan inilah yang biasanya menimbulkan bengkak serta rasa sakit. Kita sering menyebut gangguan ini dengan istilah ambeien atau wasir dengan gejala utama buang air besar berdarah dan tidak nyaman pada anus.

penyebab ambeien

Berdasarkan lokasi pembengkakan akibat peleberan pembuluh darah yang terjadi, ambeien terbagi menjadi 2 jenis, eksternal dan internal. Mari kita simak sekilas penjelasan tiap jenisnya.

# Ambeien internal

Wasir internal biasanya terjadi di dalam rektum. Dan karena hanya sedikit rasa sakit yang ditimbulkannya, maka ambeien jenis ini umumnya tidak sampai menimbulkan gangguan atau ketidaknyamanan bagi penderitanya. Oleh sebab itu, banyak penderitanya yang malah tidak tahu kalau ia sebenarnya sedang menderita ambeien internal.

Gejala yang mungkin terlihat dari wasir internal adalah munculnya pendarahan khususnya saat atau usai BAB. Dan kalau pembengkakan yang muncul cukup besar, maka penderitanya pun bisa merasakan adanya benjolan yang keluar dari lubang dubur. Biasanya benjolan yang timbul juga disertai sensasi terbakar dan rasa gatal.

# Ambeien eksternal

Tak seperti wasir internal, pembengkakan akibat ambeien eksternal rata-rata terjadi di luar tubuh, biasanya di sekitar anus dan seringkali muncul dalam bentuk benjolan kecil-kecil yang terasa keras saat disentuh. Penderitanya biasanya akan langsung merasakan ketidaknyamanan atau bahkan rasa sakit.

Dan bila tak segera sembuh, ambeien eksternal dapat menimbulkan komplikasi tambahan seperti trombosis yang gejalanya jauh lebih menyakitkan ketimbang ambeien biasa. Kondisi ini biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu agar bisa sembuh. Tak jarang bahkan penderitanya harus menjalani prosedur bedah untuk mengangkat benjolannya.

Selengkapnya bisa Anda pelajari di sini: Ciri-ciri dan Gejala Ambeien Dalam dan Luar

Jangan Anggap Sepele Penyebab Ambeien Berikut!

Meski tak sampai membahayakan nyawa penderitanya, namun kita tahu bahwa wasir bukanlah penyakit yang boleh dianggap sepele. Dan untuk menghindarinya, maka kita perlu tahu apa saja kira-kira hal yang menjadi penyebab ambeien. Berikut 11 penyebab ambeien yang harus kita waspadai:

1. Kurang serat

Makanan berserat membantu mengikat air ke dalam usus besar sehingga proses BAB bisa terjadi dengan lancar. Namun ketika tubuh kurang serat, maka seseorang akan mengalami konstipasi sehingga harus mengejan lebih keras saat BAB. Tekanan yang timbul saat mengejan (ngeden) inilah yang biasanya melemahkan pembuluh darah di sekitar dubur sehingga resiko terkena wasir jadi meningkat.

Penyebab ambeien yang satu ini sangat mudah kita antisipasi, yaitu dengan mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buah. Lagi-lagi kembali kepada pribadi masing-masing, mau melakukannya atau tidak.

2. Obesitas

Ada beberapa alasan mengapa mereka yang obesitas memiliki kemungkinan menderita wasir lebih besar. Pertama, karena berat badan berlebih memberikan tekanan lebih besar pada area pinggul dan rektum, sehingga melemahkan pembuluh darah dan otot di area tersebut. Alasan lainnya adalah karena mereka yang memiliki berat badan berlebih biasanya juga kurang serat dan jarang olahraga, sehingga lebih sering mengalami konstipasi.

Mulai dari sekarang, cobalah timbang berat badan Anda dan ukur tinggi badan, setelah gunakan Kalkulator Berat Badan. Jika Anda obesitas, maka ikutilah beberapa tips dibawah ini:

3. Kehamilan

Resiko seorang wanita terkena wasir biasanya cenderung meningkat ketika ia sedang hamil. Penyebabnya sama seperti faktor obesitas di atas, yakni berat berlebih dari janin dalam kandungan menekan area pinggul dan sekitarnya. Kondisi ini akan menghambat aliran balik pembuluh darah ke jantung, sehingga banyak darah terbendung di daerah anus dan rektum, pembuluh darah melebar lalu timbullah wasir.

Jika sudah terjadi bagaimana? baca: Ambeien Saat Hamil, Harus Bagaimana?

Selain saat hamil, tak sedikit juga perempuan yang justru menderita wasir usai melahirkan karena besarnya tekanan yang terjadi pada otot dan pembuluh darah di area sekitar jalan lahir.

4. Diare dan konstipasi

Tekanan terus menerus pada lubang dubur dapat membuat lemah pembuluh darah sekitarnya. Uniknya, hal ini tak hanya dikarenakan kurang serat saja. Beberapa studi bahkan mendapati dari antara orang-orang yang sering terkena ambeien, ada yang memiliki lubang dubur berukuran kecil. Otomatis orang-orang tersebut butuh usaha ekstra untuk mengejan saat BAB.

Sulit buang air besar atau konstipasi menjadi penyebab ambeien karena feses harus dikeluarkan dengan mengejan kuat. Hal ini berdampak buruk terhadap pembuluh darah di sekitar anus, pembuluh darah menjadi melebar dan mudah rapuh akibat tekanan kuat.

5. Usia

Seiring bertambahnya umur, biasanya jaringan otot dan pembuluh darah di area dubur juga melemah sehingga resiko wasir jadi meningkat.

6. Cedera sumsum tulang belakang

Jika seseorang pernah mengalami kecelakaan yang kemudian mencederai sumsum tulang belakangnya, maka kondisi tersebut juga bisa merusak saraf di rektum. Salah satu akibatnya adalah tubuh tak bisa mendeteksi, apakah usus besar sudah ‘penuh’ atau belum. Tanpa sadar, ia malah jadi lebih sering menahan BAB, dan tekanan saat menahan inilah yang kemudian memicu ambeien.

7. Dampak setelah operasi dubur

Tergantung dari bagaimana proses operasinya, rektum juga bisa rusak karenanya, sehingga sulit bagi seseorang untuk merasakan yang namanya kebelet atau panggilan alam (BAB).

8. Kanker kolon

Salah satu gejala kanker usus besar yaitu pendarahan seringkali disalahartikan sebagai wasir. Namun, tak seperti wasir, kanker usus besar umumnya juga menimbulkan gejala lain seperti adanya rasa sakit pada perut bagian bawah, hingga turunnya berat badan secara drastis. Kalau Anda menderita beberapa gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Siapa tahu penyebab ambeien selama ini adalah karena kanker kolon.

9. IBS

Gangguan pencernaan semacam IBS (irritable bowel syndrome) biasanya membuat penderitanya mengalami konstipasi dan diare yang terlalu sering. Selain mengalami ambeien, seseorang yang mengidap penyakit pencernaan ini juga akan merasakan sakit, kram, hingga kembung pada bagian perutnya.

10. Penyakit Crohn (radang usus)

Umumnya penyakit Crohn muncul karena gangguan autoimun sehingga sistem kekebalan tubuh menyerah jaringan di saluran gastrointestinal. Sama seperti IBS, penyakit ini juga membuat penderitanya mengalami wasir, diare, perut kembung, dan sakit perut.

11. Ulcerative Colitis

Satu lagi jenis radang usus yang menjadi penyebab ambeien yaitu Ulcerative Colitis. Penyakit ini biasanya memiliki gejala mirip IBS dan Crohn, namun sedikit lebih parah karena umumnya diare yang timbul juga disertai keluarnya darah.

Lebih lanjut, pahami kedua penyakit di atas: Penyakit Radang Usus : Gejala, Penyebab, Pengobatan

Demikianlah beberapa penyebab ambeien yang bisa kami bagikan. Semoga ulasan ini dapat memberi wawasan baru bagi kita semua agar terhindar dari wasir.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer