12 Penyebab Batuk Kering yang Membandel

Batuk kering adalah batuk yang hanya sedikit atau bahkan tidak ada dahaknya sama sekali. Penyebab batuk kering ini paling sering akibat infeksi virus, juga disebabkan oleh alergi, polutan udara, bahkan asam lambung yang naik ke tenggorokan.

Hal-hal di atas menyebabkan iritasi ataupun peradangan di daerah tenggorokan dan sekitarnya. Akibatnya, rasa gatal menggelitik di tenggorokan menjadi alasan batuk-batuk muncul. Tapi perlu juga diketahui, bahwa batuk kering dapat terjadi akibat kondisi atau penyakit pada saluran nafas yang lebih dalam di dada.

Masalahnya, tidak mudah untuk memastikan mana yang sebenarnya menjadi penyebab batuk kering yang sedang dialami. Padahal dengan mengetahui penyebab pastinya, akan mempermudah dalam mengatasinya, karena solusi yang diterapkan menjadi tepat sasaran. Di sinilah, kami akan membantu Anda mengidentifikasi penyebabnya.

penyebab batuk kering

Penyebab Batuk Kering

1. Infeksi Virus

Infeksi virus yang kita kenal sering menyebabkan common cold (pilek biasa) dan flu adalah yang paling sering menyebabkan batuk kering. Batuk ini mungkin terjadi pada awal penyakit atau lebih mungkin terjadi di pertengahan atau akhir infeksi.

Bahkan batuk kering pada flu umumnya terus berlangsung padahal gejala lain sudah hilang. Namun tak perlu khawatir, jika tidak ada komplikasi, batuk kering akibat virus ini akan sembuh antara dua sampai tiga minggu.

2. Alergi

Alergi juga bisa menyebabkan batuk kering. Hayfever (alergi terhadap serbuk sari bunga), menyebabkan iritasi pada mata dan hidung, saat tenggorokan terkena, hasilnya adalah batuk-batuk. Begitu pula pada rhinitis alergi, baik akibat bulu binatang, udara dingin, dan lainnya dapat menyebabkan penderitanya bersin-bersin terbatuk-batuk.

Ciri khas batuk akibat alergi adalah ketika batuk tersebut muncul saat tubuh terpapar zat alergen (penyebab alergi). Jadi tidak ada demam atau meriyang layaknya penyakit infeksi.

Jika Anda tidak yakin apakah penyebab batuk kering adalah alergi, maka dokter dapat membatu mencari tahu melalui sejumlah pemeriksaan atau tes.

3. Polusi Udara

Polutan udara seperti asap kendaraan, asap rokok, dan sebagainya dapat menjadi penyebab batuk kering karena mengiritasi bagian belakang tenggorokan yang akhirnya menyebabkan batuk-batuk. Jika reaksinya tergolong ringan, maka batuk sesekali saja, namun ketika terlanjur parah, batuk-batuk akan terus terjadi meskipun udara yang dihirup sudah bersih.

Jadi, ingat-ingatlah apa yang Anda hirup sebelum akhirnya menderita batuk kering. Terus upayakan untuk menghindari udara berpolusi dan minumlah obat batuk kering sesuai aturan pakai.

4. Refluks Asam Lambung

Ada penyakit yang disebut sebagai GERD (Gastro-oesophageal Reflux Disease), dimana asam dalam lambung naik ke atas kerongkongan bahkan sebagian kecil menjamah tenggorokan. Sifat korosif asam lambung yang begitu kuat menyebabkan iritasi dan rasa tak nyaman, sehingga keluhan batuk pun muncul.

Hal ini lebih sering terjadi ketika berbaring dalam posisi datar. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki masalah asam lambung naik, maka aturlah posisi tidur dengan meninggikan bantal, jangan langsung berbaring setelah makan, dan atasi dengan obat maag penurun asam lambung.

5. Efek Samping Obat

Beberapa jenis obat, terutama obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan batuk kering. Hal ini diduga akibat reaksi alergi tubuh terhadap obat tersebut.

Cermati obat apa saja yang Anda minum, dan konsultasikan kembali dengan dokter jika ternyata Anda mencurigai bahwa obat-obatan itulah yang menjadi penyebab batuk kering.

6. Kondisi Psikologis

Ketika batuk sudah menjadi kebiasaan, hal ini juga disebut sebagai batuk psikogenik. Tidak ada penyakit fisik di balik batuk dan seringkali orang tersebut bahkan tidak menyadari dirinya batuk. Ciri khas batuk seperti ini yaitu sembuh atau hilang saat ia sedang tidur.

7. Masalah Saraf dan Stres

Banyak orang yang menjadi batuk saat berada dalam situasi stres. Saat stres dan cemas, pernapasan menjadi dangkal, rasa tak bebas untuk bernafas, tenggorokan terasa tidak nyaman dan ini bisa memicu refleks batuk.

Bahkan beberapa orang cenderung lebih cemas daripada yang lain, dan bagi mereka batuk adalah cara ‘alami’ untuk mengatasi situasi yang tidak nyaman tersebut. Karena tidak ada penyakit fisik yang mendasarinya, maka masalah yang membuat stres harus ditangani agar bisa menyembuhkan batuk.

Penyebab Batuk Kering Berkepanjangan

Beberapa penyebab batuk adalah kondisi ringan yang dapat diatasi dengan perawatan sederhana di rumah. Namun, apabila Anda mencurigai bahwa penyebab batuk kering yang Anda alami adalah penyakit serius, terlebih ketika disertai nyeri dada, sesak, berdarah, dan sebagainya, maka sebaiknya segera ke dokter.

DISKUSI TERKAIT

Baca juga