16 Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Mulut yang Harus Diwaspadai

Kanker mulut merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang dan berada di sekitar rongga mulut. Untungnya, ciri dan gejala kanker mulut dapat Anda kenali sejak dini. Dengan mengetahui gejala kanker mulut ini sedini mungkin, maka Anda dapat melakukan penanganan yang tepat agar sel-sel kanker tidak menyebar dan menjadi parah.

Selanjutnya penanganan yang tepat dan cepat akan menentukan keberhasilan pengobatan kanker ini. Sebelum Anda mengambil langkah-langkah untuk mengobati penyakit kanker mulut ini. Ada baiknya Anda pelajari pelajari dengan seksama gejala, penyebab, pengobatan kanker mulut ini. Agar langkah yang Anda ambil sesuai serta tepat dan dapat segera membuat mulut anda kembali sehat.

bercak putih sebagai gejala kanker mulut

bercak putih sebagai gejala awal kanker mulut

Kenali Gejala Kanker Mulut Sebelum Maut Menjemput

Sebagian besar dari kita belum mengetahui ciri-ciri dan gejala kanker mulut, sehingga mengabaikannya begitu saja. Memang, gejala kanker mulut biasanya mirip dengan masalah mulut lainnya yang tidak berbahaya. Untuk menambah kewaspadaan dalam diri Anda, mari kita perhatikan beberapa ciri dan gejala kanker mulut berikut ini:

  • Rasa nyeri pada mulut.
  • Terdapat benjolan atau penebalan di pipi.
  • Adanya bercak putih atau merah pada mulut atau tenggorokan.
  • Tenggorokan sakit saat menelan.
  • Lidah mati rasa.
  • Gigi goyang dan lepas tanpa sebab yang jelas.
  • Sakit pada gigi atau rahang.
  • Perubahan suara.
  • Terdapat benjolan di leher.
  • Penurunan berat badan secara drastis.
  • Bau mulut.

Berikut penjelasan lengkap dari masing-masing gejala kanker mulut tersebut:

1. Nyeri Mulut

Jika Anda merasakan nyeri atau sakit di mulut yang tak kunjung sembuh dalam waktu lama, maka segeralah memeriksakan nya ke dokter. Hal tersebut dikarenakan nyeri mulut merupakan gejala kanker mulut yang paling sering dialami penderitanya. Penanganan yang cepat akan membantu Anda terhindar dari bahaya kanker mulut.

2. Terdapat benjolan atau penebalan di pipi

Timbulnya benjolan di pipi biasanya disebabkan oleh penebalan pada dinding dalam mulut. Hal ini mungkin saja Anda alami ketika Anda sedang sakit gigi atau masalah mulut lainnya. Namun, apabila benjolan tersebut semakin lama semakin membesar, maka bisa jadi itu bukanlah benjolan biasa, melainkan gejala kanker mulut.

3. Adanya bercak putih atau merah pada mulut atau tenggorokan.

Timbulnya bercak putih atau merah pada mulut dan tenggorokan dapat menjadi gejala kanker mulut atau perkembangan pra-kanker (calon kanker). Bercak putih disebut leukoplakia dan bercak merah pada mulut disebut erythroplakia. Memang, bercak tersebut biasanya hanya masalah mulut biasa, namun apabila tidak segera dicaritahu penyebabnya dan ternyata itu kanker mulut, maka bisa berakibat fatal.

Munculnya bercak putih atau merah juga dapat disebabkan oleh sariawan. Gangguan mulut tersebut juga dapat menular dan meninggalkan bercak merah pada bibir. Penanganan yang tepat dapat mencegahnya berkembang dan kemudian menyebabkan kanker.

4. Tenggorokan Sakit saat Menelan

Kanker mulut dapat menyebabkan rasa sakit atau sensasi terbakar saat mengunyah dan menelan makanan. Biasanya juga Anda mungkin merasa seperti ada makanan atau sesuatu yang menempel di tenggorokan Anda. Rasa sakit saat menelan  juga dapat disebabkan oleh penyempitan kerongkongan (foodpipe) yang berbahaya bagi kesehatan mulut Anda.

5. Lidah Mati Rasa

Gejala kanker mulut juga dapat menyebabkan lidah mati rasa. Hal tersebut mungkin dikarenakan sel kanker telah menyebar ke lidah Anda. Hal ini tentu membuat seseorang tidak dapat merasakan rasa dari makanan, sehingga menurunkan nafsu makan dan juga berat badan.

6. Gigi Goyang atau Lepas Tanpa Sebab yang Jelas

Perlu diwaspadai, jika gigi Anda sering goyang bahkan lepas secara terus menerus. Hak tersebut bisa saja menjadi gejala kanker mulut. Sebaiknya Anda segera mengambil tindakan medis agar sel-sel kanker tidak menyebar dan menimbulkan kondisi yang lebih parah.

7. Sakit Gigi atau Rahang

Sakit gigi merupakan kondisi medis yang ditandai dengan munculnya rasa nyeri di bagian gigi dan rahang. Namun, Anda harus waspada ketika sakit gigi atau rahang yang Anda derita tak kunjung sembuh. Memang ada banyak kemungkinan penyebabnya, namun salah satunya adalah gejala kanker mulut. Oleh sebab itu sebaiknya segera menemui dokter gigi untuk mendapatkan tindakan medis.

8. Perubahan Suara

Kanker di mulut juga dapat mempengaruhi suara Anda dan mungkin terdengar berbeda. Hal ini terjadi ketika kanker sudah menjalar ke pita suara, sebagai akibatnya suara menjadi parau atau serak. Pada umumnya kondisi ini juga membuat Anda kesulitan untuk mengucapkan beberapa kata.

9. Terdapat Benjolan di Leher

Timbulnya benjolan di leher biasanya disebabkan oleh membengkaknya kelenjar getah bening. Pembengkakan satu atau lebih kelenjar getah bening di leher merupakan gejala kanker mulut yang paling umum. Sedangkan, benjolan yang berwarna merah dan terasa sakit biasanya disebabkan infeksi dari kanker tersebut. Kanker biasanya terbentuk dari benjolan kecil yang perlahan-lahan menjadi lebih besar.

10. Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Penderita kanker mulut akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Hal tersebut dikarenakan orang yang menderita kanker mulut akan mengalami kesulitan menelan dan membuatnya menjadi malas makan, sehingga sedikit asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh pun akan mengalami penurunan berat badan yang tak terduga dan dapat juga menjadi tanda kanker stadium lanjut.

11. Bau Mulut

Bau mulut merupakan masalah mulut yang sering dialami oleh banyak orang. Namun, apabila Anda telah melakukan berbagai cara untuk mengatasinya (seperti sikat gigi teratur dan menggunakan moutwash), namun bau mulut tak juga menghilang, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Mengapa demikian? Karena bau mulut yang tak kunjung hilang dalam waktu lama bisa jadi merupakan gejala kanker mulut.

Gejala dan ciri-ciri kanker mulut lainnya:

  • Benjolan atau penebalan bibir.
  • Benjolan di tenggorokan.
  • Pendarahan yang tidak biasa atau mati rasa di mulut.
  • Gigi goyang tanpa alasan yang jelas.
  • Kesulitan menggerakkan rahang.

Berbagai ciri-ciri dan gejala kanker mulut tersebut biasanya berlangsung lama bahkan hingga berminggu-minggu. Segera temui dokter Anda dan konsultasikan apa yang anda rasakan serta periksakan kondisi mulut Anda selengkapnya. Seperti pada kanker lainnya, deteksi kanker sedini mungkin akan membantu untuk mendapatkan pengobatan yang lebih efektif. Untuk lebih paham mengenai pengobatan kanker mulut, simak penjelasannya berikut ini.

Bagaimana Mengobati Kanker Mulut?

Ada beberapa pilihan pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kanker mulut. Jenis pengobatannya pun disesuaikan dengan berbagai faktor, termasuk jenis, lokasi, dan perkembangan sel kanker tersebut. Adapun pengobatan kanker mulut yang paling umum digunakan, yaitu:

1. Radioterapi

Radioterapi adalah terapi menggunakan sinar radiasi ke jaringan kanker. Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk membunuh sel-sel kanker dan mencegah penyebarannya.

radioterapi salah satu pengobatan kanker mulut

Ada dua jenis radioterapi yang biasa digunakan untuk mengatasi kanker mulut, yaitu:

  • Radioterapi sinar eksternal: merupakan jenis radioterapi yang paling sering digunakan untuk mengatasi kanker mulut. Radioterapi sinar eksternal digunakan dengan cara mengarahkan sinar radiasi dari mesin ke bagian luar tubuh pada daerah yang terkena kanker.
  • Radioterapi internal: Jenis radioterapi ini juga dikenal sebagai brachytherapy, yaitu radioterapi dengan menggunakan implan berbentuk kabel radioaktif yang ditanamkan tepat di jaringan kanker.

2. Operasi

Operasi merupakan pengobatan kanker mulut yang paling banyak dikenal masyarakat. Operasi ini juga disebut operasi paliatif, yaitu pembedahan yang dilakukan untuk menghilangkan sel kanker dan membantu meredakan gejalanya. Seperti operasi pada umumnya operasi ini mengharuskan digunakannya obat bius agar Anda tidak merasakan sakit saat dilakukan pembedahan.

3. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan kanker dengan menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker dan mencegahnya datang kembali. Kemoterapi sering digunakan bersamaan dengan jenis pengobatan kanker lainnya, seperti operasi atau radioterapi.

4. Terapi Fotodinamik

Terapi fotodinamik merupakan pengobatan kanker dengan menggunakan obat khusus bersamaan dengan cahaya laser untuk membunuh sel kanker. Obat-obatan tersebut diserap oleh sel kanker kemudian diaktifkan oleh cahaya laser. Terapi ini memang belum banyak digunakan karena masih dalam masa uji coba. Pengobatan jenis ini paling efektif digunakan untuk kanker yang berukuran kecil dan dekat permukaan kulit.

Pengobatan kanker biasanya dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap awal biasanya bertujuan untuk menyembuhkan. Sedangkan, pengobatan pada tahap selanjutnya bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan kanker dan membantu meredakan gejala, seperti rasa nyeri pada mulut atau kesulitan makan, berbicara, dan menelan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer