Cara Memutihkan dan Merawat Punggung Kaki dengan Bahan Herbal

Punggung kaki sering terekspos dengan debu, kotoran, atau bahkan sinar matahari yang membuatnya menjadi kering, kasar, kusam, atau bahkan kehitaman. Untungnya ada cara perawatan alami yang bisa kita gunakan untuk merawat punggung kaki, tidak hanya murah tetapi juga efektif.

Punggung kaki atau bagian atas kaki umumnya jarang diperhatikan kebersihan dan kecantikannya dibanding bagian tubuh lainnya. Kecuali kalau Anda sangat tertarik dan hobi mengenakan sepatu stiletto, maka pasti akan memperhatikan bagian kaki ini.

merawat punggung kaki dengan bahan herbal

Terlepas dari apakah punggung kaki bakal dilirik orang lain atau tidak, setiap orang khususnya wanita, pasti ingin memiliki punggung kaki yang terawat dan juga putih bersih. Apalagi bila dirinya sering mengenakan model busana yang mengekspos bagian kaki.

Oleh karenanya dalam ulasan kali ini, kita akan membahas bersama bagaimana cara memutihkan dan merawat punggung kaki dengan bahan herbal. Untuk ini, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan alami yang akan disebutkan berikut ini.

Bahan herbal untuk merawat punggung kaki:

1. Kulit jeruk

Sudah bukan rahasia lagi kalau kulit jeruk dapat mencerahkan kulit. Bahkan dibanding bagian buahnya, kandungan vitamin C pada kulit jeruk jauh lebih tinggi. Ini membuat kulit jeruk juga bisa menangkal efek negatif radikal bebas.

Cara memutihkan dan merawat punggung kaki dengan kulit jeruk adalah dengan menjemur lebih dulu kulit jeruknya di bawah sinar matahari langsung. Setelah itu, tumbuk halus kulitnya, lalu simpan dalam toples.

Saat ingin menggunakannya, tambahkan sedikit susu sehingga terbentuk adonan pasta pekat. Bersihkan lebih dulu kaki dengan air, lalu oleskan adonan. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan punggung kaki ini sebanyak 3 kali seminggu untuk hasil optimal.

2. Susu segar

Susu mengandung asam laktat yang dapat mengikis sel kulit mati sekaligus memutihkan kulit. Selain itu, susu segar juga dapat melembabkan kulit punggung kaki secara alami. Anda perlu membasahi lebih dulu punggung kaki, lalu celupkan kapas ke dalam susu, dan seka punggung kaki dengan itu.

Biarkan susu dalam kapas membersihkan kotoran dari kulit. Setelah itu, tuang sedikit susu ke telapak tangan dan pakai itu untuk memijat perlahan punggung kaki. Diamkan hingga meresap selama 20 menit, lalu bilas. Ulangi setiap hari.

3. Timun

Timun mengandung agen penyejuk yang bisa menyembuhkan punggung kaki dari sunburn. Anda tinggal menggosokkan potongan timun segar selama 5 menit, lalu diamkan 10-15 menit agar air timunnya meresap, bilas.

Alternatif lain adalah dengan mencampurkan 1 sdm air perasan lemon dan air timun. Oleskan ke kulit, lalu diamkan 15-20 menit, selanjutnya bilas dengan air dingin. Atau, tambahkan beberapa tetes madu ke dalam parutan timun, dan gunakan itu sebagai masker. Bilas setelah 15-20 menit, lakukan 2 kali sehari.

4. Madu

Kandungan pencerah alami dari madu bisa memulihkan warna kulit punggung kaki yang tidak rata. Cara memutihkan dan merawat punggung kaki dengan madu sangat mudah, tinggal campurkan masing-masing 1 sdm madu, air lemon, dan susu bubuk hingga membentuk pasta.

Setelah kaki dicuci dan ditepuk-tepuk hingga kering, baru oleskan pastanya dan diamkan lebih kurang 20 menit sebelum membilasnya. Alternatif lain adalah dengan mengoleskan langsung madu mentah, diamkan selama beberapa saat, kemudian cuci kaki dengan air dingin.

5. Kentang

Kentang sangat efektif untuk mengurangi pigmentasi di kulit. Anda tinggal menggosokkan potongan kentang segar ke kulit, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Cara lain adalah dengan mengoleskan ekstrak air kentangnya ke kulit.

6. Almond

Ambil beberapa butir kacang almond, rendam dalam air semalaman. Keesokan harinya, buatlah pasta dari campuran almond dan air, lalu tambahkan susu dan perasan lemon ke dalamnya. Gunakan itu untuk memijat punggung kaki.

Anda juga bisa langsung menggunakan minyak almond yang dihangatkan sebagai minyak pijat. Pijat kulit punggung kaki selama 15-20 menit, lalu seka pakai tisu untuk menghilangkan kelebihan minyak.

7. Oatmeal

Oatmeal tak hanya mampu mengikis sel kulit mati, namun juga merangsang pertumbuhan sel baru. Campur 2 sdm oatmeal dengan masing-masing 1 sdm dadih dan air lemon. Oleskan adonan ke kulit punggung kaki, diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

Alternatif lain adalah dengan membuat pasta pekat dari campuran 1 sdt bubuk oatmeal, beberapa tetes air lemon, dan sejumput bubuk kunyit. Aplikasikan masker ini ke kulit dan biarkan hingga kering.

8. Tomat

Selain bersifat mencerahkan kulit, tomat juga dapat menyeimbangkan pH kulit. Aplikasikan tumbukan tomat ke kulit, atau gosokkan potongannya, tunggu hingga kering baru bilas.

Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes air lemon ke dalam 1 sdm jus tomat. Setelah dioleskan, diamkan selama beberapa menit lalu bilas. Resep lain adalah dengan mencampurkan sebutir tomat kecil dan 2 sdm yogurt, atau 4 sdm buttermilk dengan 2 sdm jus tomat.

9. Yogurt

Asam laktat dalam yogurt dapat memutihkan kulit secara alami. Jadi saat makan yogurt tawar, tuang sedikit ke punggung kaki, diamkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya. Jika mau, Anda juga menambahkan sedikit madu ke dalam yogurt tadi untuk mengoptimalkan efeknya.

10. Bubuk kunyit

Kunyit dapat menyeimbangkan kadar melanin sehingga kulit lebih cerah. Buat pasta pekat dari campuran bubuk kunyit dan krim susu, oleskan ke punggung kaki, tunggu hingga kering sebelum mencuci kaki dengan air hangat.

Resep lain adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan minyak zaitun. Oleskan tipis-tipis di permukaan kulit punggung kaki, lalu bilas setelah 10 menit. Lakukan 3 kali seminggu, dan jauhkan kulit dari paparan sinar matahari langsung setelah memakai masker kunyit.

11. Pepaya

Pepaya dapat mencerahkan kulit berkat kandungan enzim papain dan vitamin C-nya. Setelah mengupas kulitnya, gosokkan bagian dalam kulit buah tersebut ke kulit. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air dingin.

Anda juga boleh menambahkan air lemon ke tumbukan buah pepaya, lalu menggunakan itu sebagai krim pijat. Diamkan 30 menit sebelum mencuci kaki dengan air dingin.

12. Minyak kelapa

Tak hanya memberi kelembaban ekstra, minyak kelapa juga dapat mencerahkan kulit secara alami. Campurkan beberapa tetes air lemon dengan 2 sdm minyak kelapa murni, oleskan ke kaki, lalu bilas dengan air hangat 15 menit kemudian. Untuk hasil terbaik, lakukan sebelum tidur.

13. Cuka dan garam

Jika cuka bisa mencerahkan kulit, maka lain halnya dengan garam yang bisa mengikis timbunan sel kulit mati. Setelah mengisi baskom dengan air hangat, tambahkan 1 sdt garam dan ½ sdt cuka ke dalamnya. Rendam kaki selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Alternatif lain adalah dengan mencampurkan 3 sdm cuka apel dengan 2 sdt baking soda sehingga membentuk pasta. Oleskan ke kulit, diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat diikuti air dingin. Setelahnya, aplikasikan pelembab ke kulit. Bagi pemilik kulit sensitif, 2 sdm cuka apel mungkin harus diencerkan lagi menggunakan 1 sdm air.

14. Lemon

Belah 2 sebuah lemon, taburkan sedikit garam ke atas ½ bagiannya, lalu gosokkan itu ke kulit punggung kaki. Biarkan garam mengikis sel kulit matinya, sementara lemon mencerahkan corak kulit. Setelah selesai, oleskan pelembab agar kulit tidak kering, dan hindarkan area ini dari paparan sinar matahari langsung setidaknya 1-2 jam ke depan.

15. Tepung beras

Tepung beras mengandung para-aminutesobenzoic acid yang berfungsi sebagai sunscreen alami. Untuk membuatnya, ambil secangkir beras yang belum matang lalu giling hingga halus. Tambahkan susu ke dalamnya, lalu oleskan ke kulit dan diamkan selama 30 menit.

16. Putih telur

Putih telur tak cuma bisa meningkatkan corak kulit, tapi juga mengembalikan elastisitas kulit. Kocok putih telur, lalu oleskan ke kulit dan biarkan hingga kering. Setelah itu, pijat kulit dengan tangan basah, bilas menggunakan air. Alternatif lain adalah dengan mencampurkan 1 sdt minyak zaitun dan perasan ½ buah lemon ke dalam sebutir putih telur. Aplikasikan ke kulit, diamkan sekitar 30 menit, lalu bilas.

17. Bawang bombay

Gosokkan potongan bawang bombay mentah ke kulit atau campurkan air bawangnya dengan ½ sdt madu. Setelah dibiarkan kering, seka dengan kain basah. Bahan alami satu ini tidak cocok untuk pemilik kulit sensitif.

18. Akar bit

Potong akar bit, lalu gosokkan itu ke kulit punggung kaki dengan gerakan melingkar. Setelah itu bilas dengan air dan sabun. Anda juga bisa mengoleskan campuran sedikit bubuk kunyit dengan air akar bit, diamkan selama 15 menit sebelum mencuci kaki.

19. Labu

Potong daging labunya, tumbuk itu sehingga menjadi bubur, tambahkan kuning telur dan 1 sdt susu. Lumuri punggung kaki dengan masker ini, dan diamkan sampai kering. Gunakan cotton ball basah untuk membersikannya.

20. Tawas

Tumbuk halus beberapa bongkah tawas, tambahkan madu ke dalamnya, kemudian aduk rata. Oleskan ke kulit dan tunggu hingga kering sebelum membilasnya.

21. Kubis

Parut kubis mentah sehingga keluar ekstrak jusnya, tambahkan sedikit madu, sejumput bubuk kunyit, dan tepung beras. Diamkan adonan selama 10 menit lalu oleskan ke kulit. Alternatif lain adalah dengan mencampurkan bubuk daun kubis dengan 1 sdt madu dan ¼ sdt ragi ke dalam air. Oleskan ke kulit, diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

22. Lobak

Lobak juga mengandung agen bleaching alami sehingga dapat mencerahkan kulit. Tinggal aplikasikan parutan lobak atau airnya ke kulit punggung kaki.

23. Jamur

Jamur mengandung vitamin D sehingga bisa merawat luka bakar akibat sengatan matahari. Selain itu, bahan makanan ini juga mengandung asam kojic yang berfungsi sebagai pencerah kulit. Cara memutihkan dan merawat punggung kaki menggunakan jamur adalah dengan merendam lebih dulu beberapa buah jamur ke dalam minyak wijen. Lalu ambil minyak jellynya dan oleskan ke kulit.

24. Alpukat

Alpukat dapat mencerahkan sekaligus melembutkan kulit pada saat bersamaan. Ambil alpukat matang, lalu tumbuk menjadi bubur. Tambahkan 2 sdm madu dan susu ke dalamnya. Oleskan ke kulit, lalu bilas sesudah 1 jam berlalu.

Resep lain adalah dengan mencampurkan lumatan buah tomat dan alpukat, lalu mengoleskan dan mendiamkannya di kulit selama 30 menit.

25. Lidah buaya

Tak cuma bisa memulihkan warna kulit sehingga seperti sediakala, lidah buaya juga bisa merawat hiperpigmentasi dan menyembuhkan noda hitam. Cukup oleskan lidah buaya ke kulit, lalu diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya.

26. Cendana

Anda dapat mencampurkan cendana dengan air lemon sehingga terbentuk adonan pasta. Pakai itu sebagai masker kulit dan biarkan hingga kering. Resep lain adalah dengan mencampurkan cendana dan bubuk almond, atau susu.

27. Chamomile

Mau pakai bunganya langsung atau tehnya, semua sah-sah saja karena itu takkan mengubah efek chamomile yang mencerahkan.

Ingat! Meski bermanfaat, namun tidak ada jaminan hasil dalam menggunakan bahan-bahan herbal. Tidak ada salahnya mencoba, sejauh tidak ada efek berbahaya karenanya.

Jadi karena ada begitu banyak cara memutihkan dan merawat punggung kaki dengan bahan herbal, maka mana yang sudah pernah Anda coba sebelumnya?

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer