5 Cara Mudah Mencegah Ambeien (wasir) Secara Alami

Memperbanyak asupan serat, mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan dan rutin berolahraga menjadi beberapa cara mencegah ambeien yang dapat dengan mudah diterapkan.

Ambeien atau wasir adalah suatu kondisi medis dimana terjadi pembengkakan pembuluh darah balik (vena) di sekitar anus atau rektum bagian bawah. Meski tak tergolong penyakit mematikan, ambeien dapat menyebabkan ketidaknyamanan akibat rasa gatal dan nyeri yang ditimbulkannya.

Penyakit yang dalam dunia medis dikenal dengan hemoroid ini erat kaitannya dengan gaya hidup seseorang. Meski tak dapat dikesampingkan, dalam beberapa kasus ambeien terjadi akibat faktor usia dan keturunan. Namun tetap saja, gaya hidup menjadi aspek penting baik dalam pencegahan maupun penyembuhan ambeien. Selengkapnya: 11 Penyebab Ambeien yang Harus Anda Waspadai

cara mencegah ambeien

Berikut beberapa cara mencegah ambeien secara alami

1. Perbanyak Asupan Serat

Memperbanyak asupan serat dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi menjadi cara cerdas dalam menghindari ambeien. Pasalnya, pemenuhan kebutuhan keduanya dalam tubuh akan sangat memengaruhi bentuk maupun tekstur feses yang lembut dan ideal sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan.

Ada banyak pilihan makanan berserat yang dapat dinikmati, mulai dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan juga biji-bijian. Kombinasikan semuanya sebagai menu makanan sehari-hari. Cukupi secara bertahap dan jangan berlebihan guna menghindari produksi gas berlebih.

Untuk memenuhi kecukupan air dalam tubuh, minumlah setidaknya 8 gelas air putih sehari. Anjuran ini tidak mutlak, karena bergantung aktivitas tiap individu. Warna urine yang bening mungkin dapat dijadikan indikator kecukupan air dalam tubuh.

Baca juga: 25 Jenis Makanan Berserat Tinggi yang Menyehatkan

2. Jangan Membuang Banyak Waktu di Kamar Mandi

Ada sebagian orang yang gemar menghabiskan waktunya di kamar mandi sembari buang air besar dengan melakukan beragam aktivitas, seperti memainkan smartphone kesayangannya. Ditinjau dari sisi medis, sebaiknya kebiasaan ini ditinggalkan.

Bukan tanpa alasan, terlalu lama jongkok ketika BAB dapat membuat otot-otot di sekitar anus menegang sekaligus memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah. Kedua faktor inilah yang kemudian dapat mengembangkan risiko terjadinya ambeien atau wasir.

3. Segera Keluarkan

Hampir serupa dengan kebiasaan berlarut-larut di kamar mandi, kebiasaan menunda-nunda BAB pun acap kali disepelekan dan dilakukan banyak orang. Padahal kondisi ini dapat memicu terjadinya sembelit lantaran feses yang mengeras dan mengering.

Bentuk maupun tekstur feses yang tak ideal itulah yang lantas memaksa seseorang untuk mengejan sekuat mungkin agar feses dapat dikeluarkan. Bila terlampau sering dilakukan, mengejan terlalu kuat saat BAB dapat meningkatkan tekanan intra abdominal yang berujung pada terbentuknya ambeien.

Di samping itu, jangan pula memaksakan buang air besar ketika memang belum waktunya. Jadi keluarkanlah di waktu yang tepat, ketika memang sudah timbul sensasi tak tertahankan di perut. Jangan menunda-nunda atau mempercepat sebelum waktunya.

4. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga secara teratur tentunya tak dapat dipisahkan sebagai salah satu cara mencegah ambeien secara alami. Rutin berolahraga 2 hingga 3 kali seminggu, dengan rentang waktu 30 menit per sesi, sudah mampu menepis kedatangan konstipasi sekaligus mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Penerapan gaya hidup aktif dengan rutin berolahraga juga menjadi alat ampuh dalam menurunkan berat badan. Dimana obesitas atau berat badan berlebih merupakan salah faktor pemicu yang berkontribusi besar pada timbulnya ambeien atau wasir.

Pilihlah olahraga yang ringan, seperti jogging, bersepeda atau berenang. Jangan terlampau sering berolahraga, terlebih yang berat seperti angkat beban, karena justru dapat meningkatkan tekanan abdomen dan mengancam kesehatan jantung.

5. Hindari Duduk atau Berdiri Terlalu Lama

Duduk maupun berdiri terlalu lama, sama-sama dapat menyebabkan atau memperparah ambeien yang dialami. Mengapa? karena keduanya dapat memicu berkumpulnya darah di pembuluh darah vena sekitar anus atau rektum. Akibatnya darah tidak dapat dialirkan kembali ke jantung sehingga terjadilah pembengkakan.

Untuk itu, lakukanlah peregangan setiap 1 jam sekali selepas duduk atau berdiri, setidaknya selama 5 menit. Hindari pula alas duduk yang keras, usahakan duduk di atas bantal atau alas yang empuk.

Itulah beberapa cara mencegah ambeien yang dapat diterapkan. Bila sudah terlanjur mengalaminya, maka lakukanlah pengobatan sesegera mungkin sebelum berkembang menjadi derajat yang parah.

Beberapa jenis makanan yang harus diperhatikan para penderita ambeien diantaranya seperti makanan cepat saji, daging, susu dan produk turunannya, alkohol, kafein serta makanan asam juga pedas. Lakukan diet tinggi serat dan penuhi kebutuhan air dalam tubuh guna mempercepat kesembuhan.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga