Cara Menghilangkan Stres yang Patut Dicoba

Stres memang merupakan kondisi yang normal dalam kehidupan manusia. Akan tetapi, kalau itu sampai membuat kita sakit, maka kita perlu menemukan cara menghilangkan stres secepatnya.

Dalam dunia ini ada banyak hal yang dapat membuat kita stres, mulai dari hal sepele hingga yang besar sekalipun. Menurut ilmu psikologi, stres sebenarnya dapat dibagi 3 jenis:

  • Akut – stres yang sifatnya sementara akibat kejadian tertentu. Akan tetapi kalau itu menimbulkan trauma, maka efeknya bisa jangka panjang juga. Contoh: habis kecopetan.
  • Episodik/ kadang-kadang – sifatnya juga sementara namun sering terjadi, misalnya stres saat terburu-buru berangkat kerja.
  • Kronis – stres berkelanjutan yang berlangsung lama, misalnya karena menderita sakit tertentu.

cara menghilangkan stres

Yang menarik di sini adalah, karakter dan respon seseorang ternyata sangat menentukan apakah sebuah situasi layak membuat stres ataukah tidak. Dua orang yang berbeda dapat mengalami situasi yang sama, katakanlah terjebak banjir, namun memiliki respon berbeda. Yang satu mungkin akan menerimanya sebagai bencana alam yang tak terhindarkan, lainnya lebih memilih jengkel dan stres.

Jadi, karena reaksi kita tentang suatu hal sangat berperan aktif, maka jangan sampai kita dibuat stres oleh hal-hal yang seharusnya tidak perlu terlalu dipusingkan.

Cara Efektif Menghilangkan Stres

Untungnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres. Beberapa di antaranya yang patut dicoba adalah:

# Berhenti mengingat/ mengenang kejadian yang membuat stres

“Memikirkan terus-menerus situasi yang pernah membuat stres takkan membawa dampak baik untuk Anda. Tindakan semacam ini dapat membangkitkan stres yang pernah dialami dulu,” ujar Kathy Gruver, Ph. D., penulis Conquer Your Stress with Mind/ Body Techniques.

“Namun kalau rasanya sukar untuk berhenti memikirkan hal tersebut, maka gantikan dengan pikiran lain yang lebih positif. Langkah ini dapat menghentikan pikiran negatif yang mungkin tak ada habis-habisnya,” tambah Kathy.

# Merenung

Entah melalui meditasi saat yoga, berdoa, atau sekedar merenung, Anda bisa meredakan stres dengan berhenti sejenak dari segala aktivitas, dan mensyukuri hal-hal baik yang terjadi dalam hidup.

# Berolahraga

Kalau berdiam diri dalam perenungan bukanlah gaya Anda, maka lakukan sesuatu yang lebih aktif seperti berolahraga misalnya. Karena ketika aktif bergerak, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood dan membuat perasaan lebih baik. Dengan demikian Anda akan bisa menghilangkan stres dengan cara yang menyehatkan.

# Beristirahat

Ada waktu untuk bekerja, ada waktu pula untuk beristirahat. Meski tuntutan hidup sangat banyak, namun beristirahat bukanlah dosa. Jadi jangan siksa diri Anda dengan bekerja terlalu keras, dan ambillah waktu untuk beristirahat atau berlibur.

# Curhat ke orang yang tepat

Inilah salah satu fungsi dari teman yang baik yakni menjadi tempat curahan hati. Hanya saja, saat melakukannya, pastikan Anda curhat ke orang yang tepat, sebab tak sedikit juga teman yang malah melemahkan semangat. Jika mungkin, lakukan sambil bertatapan muka, atau paling tidak melalui telepon.

# Pelihara diri sendiri

Konsumsilah makanan yang sehat, tidurlah secukupnya, dan rawatlah diri dengan baik agar perasaan dan kepercayaan diri meningkat. Dengan demikian Anda akan menikmati dalam menjalani aktifitas sehari-hari, dibandingkan memikirkan hal yang membuat stres.

# Kurangi konsumsi alkohol, nikotin, dan kafein

Sebagian orang percaya bahwa alkohol dan rokok dapat menghilangkan stres, padahal sebaliknya, itu hanya akan membuat Anda merasa lebih buruk lagi nantinya. Hal ini dikarenakan alkohol dan rokok merupakan pelarian sementara yang tak memberikan solusi sebenarnya.

# Memelihara hewan

Memiliki hewan peliharaan seperti anjing, burung, atau ikan, dapat menjadi pereda stres yang manjur.

# Berhenti memikirkan kemungkinan terburuk

Jika kita hanya memikirkan kemungkinan terburuknya saja, maka itu bisa membuat kita ketakutan. Padahal apa yang kita takutkan tersebut belum tentu terjadi. Salah satu cara untuk menghentikan kebiasaan ini adalah dengan menerima kejadian tersebut dan menanyai diri sendiri, apakah kira-kira hal tersebut akan tetap mengganggu Anda hingga 1-2 bulan ke depan. “Seringkali, ketika Anda menanyai diri sendiri seperti itu, Anda mulai bisa melihat bahwa masalah yang terjadi sebenarnya tak sebesar yang dibayangkan,” Ujar Diane Lang, M.A., dari Discovery Wellness, LLC.

Cara lain adalah dengan menjalani apa yang ada di hadapan Anda sekarang. Fokuskan untuk menyelesaikan pekerjaan harian seperti mencuci piring, mencium aroma sabun, merasakan guyuran air, dan lain sebagainya. Dengan fokus dan menikmati masa sekarang, itu akan membuat Anda berhenti mengkhawatirkan hal yang belum terjadi.

# Jangan menunda

“Setiap orang mempunyai alasan sendiri-sendiri saat menunda melakukan sesuatu. Ada yang melakukannya karena tidak berani menghadapi kemungkinan yang bakal terjadi. Padahal sikap semacam ini hanya akan memicu frustrasi dan stres,” ujar Kathy. Daripada menundanya (lagipula kelak Anda harus menghadapi dan menyelesaikannya), lebih baik lakukan sekarang.

# Kenali penyebabnya

Mengenali penyebab stres dapat menjadi cara ampuh untuk menghilangkan stres. Contoh, kalau Anda sering terlambat dan itu membuat stres, maka cari tahu alasan mengapa Anda telat. Apakah itu karena Anda memang tidak ingin hadir, ataukah akibat kecerobohan pribadi? Apapun alasannya, maka Anda perlu mencari cara untuk menghentikannya, misalnya dengan mengundurkan diri dari tempat tersebut, bangun lebih pagi, atau lainnya.

Lebih lanjut simak pada artikel berikut: Penyebab Stres Dari yang Sepele Hingga Terberat Sekalipun

# Letakkan HP

Tak dapat dipungkiri bahwa era ini adalah masanya internet dan sosial media. Semua itu bisa memberikan manfaat baik kalau ditanggapi dan digunakan dengan tepat.

Akan tetapi, bila “melihat status teman sering membuat Anda membandingkan diri dengan orang lain, maka itu juga bisa menyebabkan stres,” ujar Stephanie Mansour, CEO Step It Up with Steph.

Menggunakan HP atau gadget seperlunya bisa menjadi cara menghilangkan stres yang cukup ampuh pada kondisi yang demikian.

# Bersih-bersih

“Keadaan kacau entah dalam rumah atau kantor, dapat menjadi cerminan tentang perasaan dan apa sesungguhnya yang sedang dihadapi seseorang. Tak heran kalau ruang berantakan dapat membuat kita stres,” ujar Kathy.

Untuk membereskannya, lakukan satu demi satu. “Anda bisa mulai dari lemari, lalu ambil waktu beristirahat. Setelah itu kembali bersihkan bagian lain, sehingga Anda tak merasa kewalahan,” saran Kathy.

# Terimalah apa yang memang tak bisa diubah

Lantas bagaimana kalau keadaan tertentu tak bisa diubah? Maka jalan satu-satunya untuk menghilangkan stres dalam kondisi demikian adalah dengan menerimanya (kalau Anda memang tidak bisa menghindari/ mengubahnya) dan beradaptasi.

Dari sekian banyak cara menghilangkan stres, pasti ada beberapa yang bisa membantu Anda menjadi rileks kembali. Jika masih belum juga, maka simaklah artikel berikut: 16 Cara Mengatasi Stres yang Mudah Dipraktikkan

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer