Adakah Hubungan Cuaca Dingin dan Flu?

Banyak diantara kita yang percaya kalau sakit itu bisa datang secara musiman. Terutama di Indonesia dimana kepercayaan seputar hal-hal yang berbau takhayul dan mitos masih sangat kental.

Flu misalnya, ketika musim hujan atau ketika cuaca di luar cenderung hujan dan dingin banyak diantara kita yang terserang flu, lalu muncul pertanyaannya, apakah hujan atau cuaca dingin ini yang menyebabkan flu? atau apakah ada hubungannya cuaca dingin dan flu?

Bagi sebagian orang yang dapat merasakan musim dingin, terutama yang hidup di negara yang memiliki siklus 4 musim setiap tahunnya, mereka menganggap musim dingin adalah musim flu (pilek), benarkah demikian?. Lalu bagaimana kita di Indonesia, sebagai negara yang tropis, apakah musim hujan disini sama dengan musim flu juga? 

Mungkin banyak yang penasaran mengapa di musim dingin banyak orang yang terserang flu dan terjadi peningkatan penularan penyakit ini.

cuaca dingin dan flu yang menyerang

Berada dalam tempat yang memiliki suhu sangat dingin memang dapat menyebabkan penyakit yang sangat serius seperti hipotermia, namun tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa cuaca dingin dapat membuat Anda terkena flu.

Hubungan Antara Cuaca Dingin dan Flu

Mengapa Pilek (Flu) Lebih Sering Terjadi Pada Musim Dingin?

Hal tersebut terjadi karena beberapa alasan di bawah ini:

  • Banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah dan lebih dekat dengan keluarga mereka selama musim dingin. Sehingga penularan kuman lebih mudah terjadi.
  • Anak-anak akan berada di sekolah dan berbagi kuman dengan anak lainnya. Tidak seperti di musim panas atau tidak turun hujan dimana mereka akan lebih sering bermain di luar.
  • Virus yang menyebabkan flu biasanya menyebar lebih mudah di udara yang dingin dan kering.
  • Saluran hidung kita lebih kering selama musim dingin (karena udara kering), memungkinkan virus flu untuk bertahan dan membuat kita menjadi lebih cepat sakit, dibandingkan selama musim semi atau panas.

Jadi apa Sebenarnya yang Membuat Anda Sakit Flu?

Yang menjadi penyebab Anda terserang flu sebenarnya adalah virus influenza. Dan virus ini terbagi kedalam tiga tipe influenza A, B dan C. Walaupun hanya tipe A dan B saja yang bisa menyebabkan flu pada manusia.

Namun ada cukup banyak jenis strain dari virus influenza ini bahkan ada beberapa yang merupakan hasil mutasinya. Dan karena virus ini cukup mudah tersebar melalui udara maka penyebaran penyakit ini juga cukup cepat dan menjangkau daerah yang luas. Virus-virus yang mudah tersebar inilah yang menyebabkan Anda sakit flu.

Bagaimana Dengan Musim Hujan, Apakah Bisa Menyebabkan Flu Juga?

Di daerah tropis seperti negara kita Indonesia, yang tidak memiliki musim dingin, biasanya banyak orang terkena penyakit flu pada musim hujan.

Tapi sekali lagi, penyakit ini tidak disebabkan oleh hujan. Sama seperti kasus yang telah dijelaskan sebelumnya, kebanyakan 0rang akan lebih memilih untuk diam di dalam rumah dan berkumpul dengan keluarga mereka dalam satu ruangan ketika musim hujan, di saat seperti itulah virus lebih mudah menyebar, jadi bukan karena musim hujan atau air hujannya.

Tips Mencegah Flu Saat Musim Hujan atau Dingin

Untungnya resiko terkena flu saat musim dingin ini bisa diminimalisir dengan beberapa tips berikut ini:

  • Yang paling penting untuk diingat saat musim dingin atau penghujan adalah, lindungi diri Anda dari kuman ketika sedang berada di tengah-tengah orang banyak. Karena virus lebih mudah menyebar ketika kita sedang berada dalam keramaian.
  • Ketika pulang dari kantor, dari sekolah, atau dari manapun, ketika sampai di rumah usahakanlah untuk selalu mencuci tangan dengan sabun.
  • Sebisa mungkin Anda mendapatkan vaksin flu tahunan.
  • Rawatlah tubuh Anda dengan menerapkan tata cara hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat, dengan begitu Anda tidak akan mudah sakit karena tubuh selalu prima.
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit. Maksudnya jangan terlalu dekat sampai kita dapat ikut tertular juga. (tapi jangan jadikan alasan Anda tidak mau menjenguk teman yang sedang sakit ya).
  • Jangan terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan Anda, karena tangan adalah salah satu media penyebar kuman paling efektif dalam anggota badan kita. Begitulah cara kebanyakan kuman pernapasan memasuki tubuh Anda.

Agar anda tidak lagi menganggap ada hubungan sebab akibat antara musim hujan atau cuaca dingin dan flu dan supaya anda lebih siap menghadapi penyebaran penyakit flu ini ada baiknya mulai sekarang disiplinkan diri anda untuk mengikuti tip sederhana diatas agar terhindar dari serangan flu dan lebih sehat dan fit saat cuaca dingin atau  hujan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer