Kenali Berbagai Kemungkinan Penyebab Gatal Seluruh Tubuh

Gatal (pruritus) adalah sensasi ketidaknyamanan pada kulit yang memicu timbulnya refleks untuk menggaruk. Meski terkesan sederhana, lain halnya bila rasa gatal telah memengaruhi seluruh tubuh. Mungkin saja kondisi tersebut menjadi pertanda dari kondisi medis serius. Pahami lebih jauh berbagai penyebab gatal seluruh tubuh berikut ini.

Faktor apa saja yang menjadi penyebab gatal seluruh tubuh?

Ada beragam faktor yang menjadi penyebab timbulnya rasa gatal di sekujur tubuh. Mulai dari kulit kering akibat usia yang semakin menua atau kebiasaan buruk sehari-hari hingga pertanda dari penyakit sistemik, termasuk gagal ginjal, kanker dan HIV/AIDS.

penyebab gatal seluruh tubuh

Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Kulit Kering

Kulit kering (xerosis) menjadi salah satu penyebab gatal seluruh tubuh yang paling umum, terlebih di kalangan lansia. Lantaran semakin menua usia seseorang, aktivitas kelenjar minyak (kelenjar sebasea) yang dimilikinya pun akan semakin menurun.

Selain itu, terjadinya xerosis juga dapat dipicu oleh sejumlah alasan, seperti faktor lingkungan, efek samping obat-obatan dan kebiasaan buruk seperti sering mandi dengan air hangat, kurang minum, sering menggosok atau menggaruk kulit dengan kasar, dll.

2. Alergen & Iritan

Timbulnya rasa gatal di seluruh tubuh juga dapat disebabkan oleh paparan terhadap alergen atau iritan, seperti makanan, produk kosmetik atau perawatan tubuh sehari-hari, obat-obatan (hipertensi, penurun kolesterol, opioid, dll.), udara, debu, gigitan serangga dan banyak lagi.

Di samping gatal dan ruam kemerahan, reaksi yang timbul akibat paparan alergen/iritan dapat disertai pula dengan pembengkakan pada area tubuh tertentu hingga reaksi anafilaksis yang mengancam nyawa.

3. Penyakit Kulit

Ada banyak jenis penyakit kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal pada tubuh, misalnya seperti eksim, psoriasis, skabies/kudis dan cacar air. Selama tidak terjadi infeksi sekunder, rasa gatal yang timbul akibat penyakit kulit semacam ini hanya akan memengaruhi area tubuh tertentu, tidak seluruhnya.

4. Gangguan Saraf

Gangguan saraf seperti multiple sclerosis, neuropati diabetik, saraf terjepit atau herpes zoster termasuk salah satu penyebab gatal seluruh tubuh yang kurang begitu disadari.

Pada kasus ini, rasa gatal yang timbul biasanya akan disertai dengan gejala lain. Beberapa diantaranya, yakni kelelahan yang parah, mati rasa pada area tertentu dan menurunnya kemampuan kognitif juga motorik.

5. Penyakit Sistemik

Kemungkinan lain dari penyebab gatal seluruh tubuh dapat dipicu oleh penyakit sistemik, seperti pada kasus gagal ginjal. Dimana akan terjadi peningkatan kadar ureum (hasil akhir metabolisme protein) yang akan menyebar di dalam darah dan menimbulkan manifestasi gatal di seluruh tubuh.

Beberapa penyakit sistemik lainnya yang dapat menimbulkan gejala serupa yakni gangguan fungsi liver, penyakit tiroid, anemia defisiensi besi, kanker (terutama limfoma Hodgkin) dan HIV/AIDS.

6. Faktor Psikis

Faktor psikis, seperti stres, depresi dan gangguan kecemasan lainnya menjadi penyebab gatal seluruh tubuh yang acap kali diabaikan. Ada banyak kasus seperti ini, dimana penderitanya tak memiliki riwayat alergi ataupun penyakit fisik, namun mengeluh mengalami gatal di sekujur tubuh yang tak kunjung pergi.

Setelah berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter, barulah diketahui bahwa keluhan yang dialaminya tersebut bersumber dari masalah psikis yang terus-menerus disimpan. Jika merasakan hal yang sama, segera singkirkan masalah psikis yang dialami melalui manajemen stres yang baik.

Baca juga : Tanda dan Gejala Stres yang Tak Bisa Diremehkan

7. Kehamilan

Sebenarnya gatal yang didapat selama kehamilan bisa dibilang normal dan hanya bersifat ringan. Kondisi yang dialami oleh sekitar 25% ibu hamil ini biasanya dipicu oleh perubahan hormon serta peningkatan suplai darah ke kulit. Payudara, perut dan paha menjadi area tubuh yang paling sering disinggahi rasa gatal.

Kendati demikian, bila keluhan gatal sudah begitu ekstrem atau memengaruhi seluruh tubuh, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Bukan tidak mungkin, keluhan semacam ini disebabkan oleh kondisi medis serius yang disebut dengan kolestasis obstetrik, suatu gangguan kehamilan yang berkaitan dengan aliran empedu.

Mengingat penyebab gatal seluruh tubuh begitu beragam, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter, terlebih bila telah berlangsung lama atau disertai dengan gejala lain. Dengan demikian rasa gatal yang dialami dapat ditangani berdasarkan penyebab yang mendasarinya.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT