Cara Mengatasi Kebas dan Kesemutan Pada Tangan dan Kaki

Setiap orang pasti pernah mengalami kebas dan kesemutan pada tangan ataupun kakinya. Tapi apa sih sebenarnya penyebab kebas dan kesemutan pada tangan dan kaki tersebut, serta bagaimana cara alami mengatasinya? Jawabannya ada di bawah ini.

Kesemutan tak sama dengan kebas (mati rasa). Sensasi kesemutan lebih mirip seperti ditusuk-tusuk jarum atau digerayangi segerombolan semut. Biasanya kesemutan datang setelah tubuh berada lama dalam posisi tertentu, contoh duduk bersila, sambil melipat kaki, atau lainnya.

Tak heran, jika banyak yang berpendapat bahwa kesemutan terjadi akibat kurang lancarnya sirkulasi darah. Namun masih ada alasan lain mengapa seseorang bisa sampai atau malah sering kesemutan, di antaranya karena kerusakan saraf, infeksi bakteri, paparan toksin, hingga gejala diabetes.

kesemutan pada tangan dan kaki

Baca juga: Telusuri Penyebab Jari Tangan Kesemutan yang Anda Alami

Sedangkan kebas merupakan berkurang atau hilangnya sensasi rasa (mati rasa). Hal ini terjadi ketika saraf tertekan, tidak aktif, atau rusak. Kadangkala beberapa kondisi seperti kurang lancarnya aliran darah, nyeri otot, serta sindrom terowongan karpal (CTS, Carpal Tunnel Syndrome) juga dapat menyebabkan jari-jari kebas.

Cara alami mengatasi kebas dan kesemutan pada tangan dan kaki

Setelah tahu sebabnya, hal berikutnya yang perlu diketahui adalah bagaimana cara alami mengatasi kebas dan kesemutan pada tangan dan kaki. Berikut beberapa langkah mudah mengatasi kebas dan kesemutan pada tangan dan kaki:

1. Aktif bergerak

Seperti disebutkan tadi, kebas dan kesemutan seringkali timbul setelah tubuh ‘mematung’ lama dalam posisi tertentu. Oleh karenanya, cara mencegah dan mengatasi kebas serta kesemutan yang pertama adalah dengan aktif bergerak. Ketika duduk, berdiri, atau berbaring, usahakan untuk sering mengganti posisi agar sirkulasi darah tetap lancar.

2. Miliki postur yang benar

Postur keliru tak hanya dapat menghambat peredaran darah, namun juga memicu sakit punggung dan sensasi kesemutan di kandung kemih maupun perut. Jadi kapanpun Anda duduk menghadap komputer atau saat menonton TV, pastikan tubuh tetap tegak.

3. Istirahat

Terus-menerus beraktivitas tanpa henti dapat membuat kaki dan lengan kesemutan. Jadi cara terbaik untuk meredakannya adalah dengan berbaring dan beristirahat sejenak.

4. Yoga/ fisioterapi

Rutin berlatih yoga juga bisa mencegah sekaligus mengatasi kebas dan kesemutan pada tangan dan kaki. Yoga tak hanya menenangkan tubuh maupun pikiran, namun juga memperlancar sirkulasi darah.

5. Minum vitamin B-kompleks

Bagi Anda yang sering sekali mengalami kesemutan atau kebas, rutin minum vitamin B kompleks bisa jadi salah satu solusinya. Kurang vitamin B12 memang seringkali menyebabkan kesemutan serta mati rasa. Namun sebelum mengonsumsinya, konsultasikan lebih dulu dengan dokter.

6. Hindari kafein

Kafein membuat tubuh dehidrasi dan menghambat sirkulasi darah. Oleh sebab itu, agar kesemutan dapat diminimalisir jangan berlebihan ketika mengonsumsi kafein.

7. Perbanyak asupan magnesium

Magnesium merupakan mineral penting yang tak hanya bisa mengatasi insomnia, namun juga gangguan saraf maupun sistem kardiovaskular. Selain melalui suplemen, Anda bisa meningkatkan asupan magnesium lewat makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, whole grain, serta sayuran berdaun hijau.

8. Pakai obat AINS (Antiinflamasi Nonsteroid)

Karena sindrom terowongan karpal dapat menyebabkan kesemutan dan kebas pada tangan, maka untuk mengatasinya mungkin perlu bantuan obat AINS atau pereda nyeri seperti ibuprofen. Di samping itu, dokter juga akan menganjurkan perubahan kebiasaan yang buruk, seperti posisi tangan saat mengetik atau kegiatan lainnya.

9. Jaga gula darah tetap rendah

Penyebab lain dari kebas dan kesemutan adalah diabetes. Salah satunya neuropati diabetik yang membuat jari-jari (baik tangan dan kaki) sakit, kesemutan, serta kebas akibat kerusakan saraf tepi. Agar kondisi ini tidak kian memburuk, maka pilihlah makanan yang dapat menjaga gula darah tetap rendah.

10. Batasi konsumsi alkohol

Berbagai studi menunjukkan bahwa alkohol juga dapat menyebabkan kebas maupun kesemutan, oleh sebab itu batasi asupannya atau hindari sama sekali.

Itulah tadi penyebab serta cara alami mengatasi kebas dan kesemutan pada tangan kaki. Selamat mencoba!

DISKUSI TERKAIT

Baca juga