Hindari Makanan Penyebab Kanker Serviks Sekarang Juga

Kanker serviks atau dikenal juga dengan kanker leher rahim merupakan penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita, tepatnya di daerah leher rahim. Memang sebagian besar kanker ini disebabkan oleh virus yang disebut human papillomavirus atau HPV, yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Dan tidak menutup kemungkinan makanan pun dapat menjadi penyebab terjadinya kanker serviks. Apa sajakah makanan penyebab kanker serviks?

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuan Meksiko, menjelaskan bahwa kanker serviks bisa berasal dari konsumsi makanan yang terkontaminasi aflatoksin yang dihasilkan oleh jamur Aspergilus flavus dan Aspergillus parasiticus. Aflatoksin termasuk zat karsinogenik atau berpotensi memicu terjadinya kanker.

makanan penyebab kanker serviks

Ilmuwan Meksiko ini mengidentifikasi dan menghitung jumlah aflatoksin pada makanan seperti tortilla jagung, nasi, cabai, saus olahan, dada ayam dan telur, dan mengungkapkan hubungannya dengan kanker serviks dan kanker hati pada manusia. Penelitian ini memenangkan National Award in Food Science and Technology dalam kategori Ilmu Pengetahuan Profesional dalam Makanan yang diselenggarakan bersama oleh CONACYT (Dewan Nasional Sains dan Teknologi) dan Industri Coca-Cola Meksiko.

Selanjutnya pada penelitian tersebut dijelaskan bahwa human papillomavirus lebih bersifat karsinogenik yang cenderung memicu kanker serviks. Selain itu, masih banyak zat karsinogenik lain yang banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari. Misalnya pada obat-obatan tertentu yang dikonsumsi tidak sesuai anjuran, paparan polusi dan gaya hidup yang tidak sehat.

Untuk menghindari zat ini, peneliti menyarankan agar menyimpan makanan dengan benar untuk mengendalikan produksi toksin serta menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, asam folat, dan kalsium tinggi agar dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Apa saja jenis makanan penyebab kanker serviks?

Makanan penyebab kanker serviks yang harus dihindari seperti makanan yang digoreng, daging olahan, soda, makanan berpengawet, dan makanan yang mengandung akrilik amida misalnya keripik kentang dan kentang goreng.

Berikut penjabarannya lebih lanjut!

1. Makanan yang Mengandung Banyak Lemak

Makanan penyebab kanker serviks yang pertama ialah makanan yang mengandung banyak lemak. Oleh sebab itu batasilah konsumsi makanan berlemak tinggi, terlebih bagi Anda yang gemar mengonsumsi gorengan, karena lemak dapat memproduksi hormon estrogen. Apabila hormon ini terus menerus diproduksi dalam jumlah berlebih dan memaparkannya pada rahim maka akan memicu timbulnya sel kanker.

Selain itu juga, terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak dapat menjadi penyebab obesitas. Seseorang dengan berat badan berlebih cenderung malas bergerak dan menimbun lemaknya begitu saja. Hal ini berakibat pada timbulnya penyakit diabetes yang akan meningkatkan resiko terkena kanker.

makanan berlemak penyebab kanker serviks

gorengan bisa menjadi makanan penyebab kanker serviks jika dikonsumsi berlebihan.

Makanan berlemak dapat ditemukan pada jenis makanan yang digoreng, makanan cepat saji, daging olahan, makanan instan, krim susu, dan lainnya. Oleh sebab itu hindari atau batasilah konsumsi makanan berlemak. Konsumsilah makanan yang rendah lemak seperti daging khas dalam, dada ayam, susu low fat, dan hindari atau batasi konsumsi gorengan, mie instan dan sejenisnya.

Jangan lupa untuk selalu berolahraga agar tubuh senantiasa bugar sekaligus membakar lemak, dan perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau yang mengandung banyak serat dan antioksidan.

2. Minuman dan Makanan yang Mengandung Alkohol

Jika Anda ingin menjauhi kanker dan menginginkan tubuh sehat yang senantiasa segar bugar, maka berhentilan/jauhilah mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung alkohol. Mengonsumsi alkohol berlebih dalam jangka panjang, terlebih jika Anda seorang perokok, akan meningkatkan resiko kanker.

Kandungan yang terdapat pada alkohol dan rokok membahayakan bagi kesehatan, karena dapat melemahkan fungsi organ tubuh, dan memicu berkembangnya sel-sel kanker di dalam mulut rahim. Hal ini pada akhirnya akan berakibat pada kanker serviks.

minuman berlakohol bisa memicu kanker serviks

minuman beralkohol bisa memicu kanker serviks

Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah minuman keras dan penggunaan alkohol saat mengolah makanan seperti kue dan lainnya. Jauhi rokok dan perbanyaklah konsumsi air putih.

3. Makanan yang Mengandung Bahan Kimia

Kemajuan zaman memang tidak bisa kita hindari. Kecanggihan teknologi dan berkembangnya ilmu pengetahuan mampu membuat segala sesuatu menjadi lebih ringkas dan mudah dijangkau.

Kehadiran minimarket dan supermarket yang menjamur saat ini salah satunya. Keberadaannya secara langsung dapat memudahkan dalam memenuhi kebutuhan konsumsi sehari-hari. Di sini Anda ditawarkan kenyamanan dan kebutuhan pokok yang lengkap, tanpa perlu membuang banyak waktu. Selain itu, para produsen juga bersaing untuk menciptakan produk olahan yang praktis dan mudah diolah, untuk menjawab kebutuhan konsumen yang semakin sibuk dengan hari-harinya.

Tanpa kita sadari membuat kebanyakan dari kita terbiasa mengonsumsi makanan-makanan berpengawet. Mulai dari mie instan, sosis, makanan kaleng, dan sebagainya. Hal ini tentunya tidak aman untuk kesehatan, karena makanan atau minuman yang mengandung zat kimia seperti bahan pengawet, pemanis dan pewarna buatan merupakan salah satu jenis makanan penyebab kanker serviks.

Sebaiknya batasilah konsumsi makanan atau minuman yang berpengawet tersebut, yang sebagian besar kita temukan di pasar modern atau supermarket saat ini. Mengolah sendiri makanan untuk kebutuhan sehari-hari menjadi cara bijak untuk menjaga kesehatan Anda kini dan nanti. Memilih bahan-bahan organik (buah dan sayur organik) dapat menjadi salah satu cara agar terhindar dari kanker serviks dan kanker-kanker lainnya.

4. Makanan dan Minuman Berkadar Gula Tinggi

Gula memang dibutuhkan tubuh sebagai salah satu sumber energi. Namun perhatikanlah asupannya, alih-alih menjadi energi malah akan menjadi penyakit jika di konsumsi berlebihan, termasuk menjadi penyebab kanker serviks.

Makanan atau minuman berkadar gula tinggi seperti kue-kue bercita rasa manis, sirup, minuman bersoda, dan lainnya dapat memicu kanker serviks. Maka batasilah konsumsinya.

Perhatikanlah asupan gula per hari yang dibutuhkan oleh tubuh, agar Anda lebih berhati-hati ketika memilih asupan untuk tubuh. Mengonsumsi jus buah pun usahakan tidak menambahkan gula lagi, karena sebagian besar buah sudah mengandung gula didalamnya.

5. Makanan yang Dibakar

Kebanyakan orang sepertinya menyukai olahan makanan yang dibakar seperti sate atau iga bakar. Tapi tahukah Anda? Daging yang diolah dengan proses pembakaran dengan arang dapat mengaktifkan zat yang bersifat beracun, dan akan memicu kanker termasuk kanker serviks. Terlebih bila bagian gosongnya ikut termakan juga oleh Anda.

makanan bakar penyebab kanker serviks

jangan mengonsumsi bagian gosongnya karena berpotensi menyebabkan kanker.

Hal itu karena arang mengandung karbon, di mana karbon digolongkan sebagai zat karsiogenik yang dapat memicu kanker. Karena itu, Anda harus membatasi makanan yang diolah dengan cara pembakaran tersebut.

Itulah beberapa makanan penyebab kanker serviks, yang mestinya dapat Anda batasi konsumsinya sehari-hari. Biasakanlah untuk selalu mengonsumsi makanan-makanan sehat yang bergizi tinggi, terutama makanan pencegah kanker serviks, agar terhindar dari resiko penyakit yang mematikan ini.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer