Dahsyatnya Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil 

Dari sekian banyak buah yang disarankan untuk ibu hamil, buah naga termasuk salah satu di antaranya. Hal ini dikarenakan ada cukup banyak manfaat buah naga untuk ibu hamil. Apa sajakah itu? Mari kita simak bersama liputannya.

Ketika mengandung, seorang wanita tak hanya bertanggung-jawab untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri, namun juga sang janin. Oleh karena itu, makan banyak buah dan sayur sangat disarankan selama periode kehamilan. Sebab dari kedua sumber pangan inilah, tubuh perempuan hamil bisa memperoleh banyak asupan vitamin dan mineral penting.

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Baca juga: Deretan Manfaat Buah Naga yang Mencengangkan

Tak sekedar dipadati dengan kandungan vitamin C, buah naga juga mengandung karbohidrat, serat, protein, lemak, serta beragam vitamin dan mineral seperti B1, B2, B3, zat besi, fosfor, serta kalsium. Bahkan bagian bijinya yang kecil dan berwarna hitampun juga merupakan sarang nutrisi jenis asam omega-3 dan -6.

16 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

  1. Merangsang pembentukan sel darah merah

Adalah zat besi dan vitamin C yang berperan penting dalam manfaat satu ini. Dengan mengonsumsi buah naga secara teratur, kadar hemoglobin dapat meningkat sehingga ibu hamil takkan mengalami kekurangan darah atau anemia. Zat besi sebagai bahan baku sel darah merah, sedangkan vitamin C sebagai membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi melalui saluran cerna. Manfaat penting vitamin C lainnya adalah dapat meregulasi kolagen sekaligus mencegah masalah gusi dan sendi.

  1. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam buah naga dalam bentuk vitamin C sangat diperlukan wanita hamil untuk menangkal radikal bebas. Seperti kerap dibahas sebelumnya, radikal bebas merupakan salah satu pemicu utama munculnya penyakit berbahaya semacam kanker atau jantung. Tak hanya itu, kerusakan akibat radikal bebas juga bisa membahayakan kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selain untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, vitamin C dalam buah naga juga penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saat hamil, seorang ibu jelas harus mengupayakan agar dirinya tetap sehat serta kuat, dan vitamin C bisa membantu terwujudnya kondisi tersebut.

  1. Mencegah bayi lahir cacat

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang satu ini diperantarai oleh kandungan asam folat. Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan saat mengandung, dan buah naga memiliki kandungan tersebut. Dengan demikian resiko bayi lahir cacat dapat dihindari, apalagi buah ini juga dipadati nutrisi lain (seperti tersebut di atas) yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan perkembangan janin.

  1. Merangsang pembentukan tulang

Sempat disinggung sebelumnya bahwa buah naga juga mengandung kalsium dan fosfor. Kedua nutrisi ini diperlukan untuk membangun, membentuk, serta menguatkan tulang maupun gigi, khususnya bagi calon buah hati yang belum lahir.

  1. Mencegah konstipasi dan wasir

Susah buang air besar merupakan salah satu permasalahan yang paling sering dialami ibu hamil. Namun kandungan serat dalam buah naga mampu menjauhkan gangguan tersebut. Lebih dari sekedar baik untuk kesehatan pencernaan, serat juga bisa memperlancar pergerakan usus dan membersihkannya. Akibatnya bukan hanya sembelit saja yang menjauh, namun wasir juga.

  1. Mencegah infeksi

Buah naga juga mengandung agen anti-bakteri dan anti-jamur sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri atau jamur dalam sistem organ tubuh. Selain itu, mengonsumsi dragon fruit juga dapat merangsang regenerasi sel dan mempercepat proses penyembuhan luka.

  1. Mencegah kanker

Selain berkat antioksidannya, muatan karoten yang ada dalam buah ini juga bersifat anti-karsinogen sehingga mampu menghalangi pertumbuhan tumor serta sel kanker. Tentu manfaat buah naga ini tidak hanya untuk ibu hamil saja, melainkan semua orang.

  1. Mendongkrak energi

Energi merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan agar wanita hamil tak mudah lelah dan bisa tetap bersemangat selama masa kehamilan. Karena buah naga juga mengandung karbohidrat, maka saat mengonsumsinya, otomatis Anda akan memperoleh tambahan energi dengan cara yang sehat dan alami.

  1. Sumber lemak sehat

Tak cuma meningkatkan energi sang ibu, lemak sehat diperlukan juga oleh janin untuk membantu pembentukan dan perkembangan otaknya.

  1. Mencegah diabetes

Serat dari buah naga juga dapat membuat ibu hamil kenyang lebih lama sehingga mencegahnya untuk menginginkan makanan manis. Dan kalau asupan makanan manis berkurang, maka semakin kecil pula resiko diabetes serta obesitas pada ibu hamil maupun calon janin. Selain itu, serat juga penting kalau ibu ingin menjaga kesehatan jantung juga.

  1. Membantu kontraksi otot

Kalsium tak hanya baik untuk pembentukan tulang serta gigi, namun juga bisa membantu kontraksi otot yang cocok untuk ibu hamil.

  1. Sumber asam omega-3 dan -6

Seperti disebutkan di atas, bukan hanya buahnya saja, namun biji buah naga juga dipadati nutrisi asam lemak omega -3 dan -6.

Asam lemak omega-3 sangat banyak fungsinya di antaranya membantu perkembangan otak sehingga janin berpotensi lahir sehat dan cerdas. Asam lemak omega-3 jugalah yang dapat mencegah ibu hamil mengalami depresi. Kualitas air susu bahkan nantinya juga didapati semakin meningkat berkat nutrisi ini.

Lain halnya dengan asam omega-6 yang lebih berdampak pada kesehatan jantung. Walau berbeda tugas, namun keduanya jelas saling mendukung satu sama lain karena sama-sama penting untuk kesehatan rambut, kulit, kuku, serta hormon.

Baca juga: Cara Membuat Anak Pintar dan Cerdas Sejak Dalam Kandungan

  1. Meringankan gangguan pernafasan

Manfaat buah naga yang satu ini juga diperantarai oleh asam lemak omega 3 dan 6, meskipun belum jelas diketahui mekanismenya.

  1. Membantu memaksimalkan penyerapan protein

Keberadaan vitamin B1 dalam buah naga dapat membantu penyerapan protein khususnya dalam tubuh janin sehingga tumbuh kembangnya tak terhambat.

  1. Menghidrasi

Manfaat buah naga untuk ibu hamil yang terakhir adalah mencegah dehidrasi. Ya, tekstur buah naga yang kaya air jelas bisa menghidrasi sehingga kebutuhan cairan tubuh tetap dapat terpenuhi melalui cara yang asyik.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer