Manfaat dan Cara Melakukan Senam Mata Berbagai Gerakan

Ternyata bukan hanya tubuh saja yang butuh berolahraga, namun mata juga. Untuk melakukannya, Anda bisa melakukan senam mata. Lalu apa saja manfaat, dan bagaimana pula cara melakukan senam mata? Berikut liputannya untuk Anda.

Semua orang pasti ingin memiliki mata yang indah dan juga sehat. Anda bisa mendapatkannya dengan tidak membiarkan mata terlalu lelah atau stres. Selain dengan cukup istirahat, Anda juga perlu menopang kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan bergizi, khususnya yang kaya akan vitamin A dan beta karoten. Di samping itu, tak ada salahnya bila sesekali Anda juga melakukan senam mata.

senam mata

Apa sih Manfaat Senam Mata?

Meski mungkin tak ada cara untuk mengubah bentuk mata, namun senam mata bisa membawa banyak manfaat khususnya untuk otot mata. Salah satunya adalah dengan membantu mengatasi berbagai gangguan mata.

Senam mata umumnya disarankan oleh dokter pada seseorang yang memiliki masalah penglihatan seperti miopi (rabun jauh), hipermetropi (rabun dekat), mata kabur, mata tegang/ stres, mata sensitif, dan lain-lain. Walau mungkin tak bisa menyembuhkannya hingga 100%, tapi senam mata bisa membuat mata jadi lebih nyaman. Sayangmya, senam mata ternyata belum bisa membantu penderita disleksia, serta mereka yang sering berkedip, mengidap kejang mata (eye spasm), atau lumpuh otot mata.

Manfaat senam mata lainnya yang tak kalah penting adalah:

  • Meningkatkan fungsi mata.
  • Menguatkan otot mata.
  • Membantu mata lebih fokus.
  • Melancarkan pergerakan otot atau bola mata.
  • Merangsang bagian otak yang mengatur penglihatan.
  • Membuat mata lebih rileks.
  • Meningkatkan kualitas penglihatan sehingga menjadi lebih jelas.
  • Mengatasi mata kering.
  • Mencegah gangguan mata.

Cara Melakukan Gerakan Senam mata

Ada banyak cara untuk melakukan senam mata. Anda bisa memulainya dengan pemanasan lebih dulu. Caranya, gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa hangat, lalu letakkan di atas selama beberapa detik. Berikutnya, putar bola mata perlahan searah dan juga berlawanan jarum jam, lakukan 5-10 kali per arah. Setelah pemanasan selesai, maka Anda dapat memulai latihan inti dengan beberapa gerakan seperti:

# Mengubah fokus dari jarak dekat ke jarak jauh

Tataplah obyek yang jaraknya jauh lebih dulu. Tunggu hingga obyek terlihat jelas sebelum Anda mengubah titik pandang ke obyek yang lebih dekat, demikian seterusnya. Ulangi beberapa kali.

Anda juga bisa meletakkan kedua telapak tangan di depan mata, tatap itu. Lalu sambil menarik nafas, buka kedua tangan dan fokuskan pandangan lurus ke depan. Hembuskan nafas sambil kembali memposisikan kedua telapak tangan di depan mata. Cara ini dapat meningkatkan daya lihat pada obyek jauh maupun dekat.

# Fokus Beberapa Menit

Cara melakukannya yaitu dengan melihat sebuah objek, fokuskan mata pada obyek tersebut selama 1-2 menit, misalnya melihat cicak di dinding. Hidari melihat hal-hal lain yang membuat tidak fokus.

# Penguatan otot mata

Untuk melakukan gerakan senam mata agar otot-otot mata selalu kuat, maka gerakkanlah bola mata mengikuti pola tertentu, misalnya ke kanan-kiri, atas bawah, empat sudut, serta gerakan berputar. Ketika selesai, istirahatkan mata selama 2-3 menit dengan menutupnya.

# Menutup salah satu mata kemudian mengamati obyek berlainan.

Tataplah obyek terjauh yang bisa Anda lihat dengan jelas. Setelah itu, cobalah mengamati obyek lain yang sedikit lebih jauh dari itu, dan lihatlah apakah Anda bisa melihatnya dengan jelas pula. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 set untuk setiap mata, namun beristirahatlah segera kalau Anda merasakan pening.

# Membuat tulisan di dinding

Senam mata untuk meningkatkan kontrol otot adalah dengan membuat tulisan di dinding. Duduklah di atas kursi dan menghadaplah dinding. Lalu buatlah tulisan menggunakan pandangan atau pergerakan bola mata, jaga agar kepala tidak ikut bergerak. Semakin besar huruf yang bisa Anda bentuk, makin baik pula kontrol otot mata Anda.

# Membuat garis lurus baik vertikal maupun horizontal

Tutup mata, biarkan sekeliling terlihat gelap untuk sesaat. Setelah itu, buka mata, pusatkan pandangan ke tengah. Sekarang, lirikkan mata ke atas lalu buat garis lurus (vertikal) ke arah bawah. Tarik nafas saat Anda melirik ke atas, dan hembuskan selagi bola mata mengarah ke bawah, lakukan 10 kali.

Sesudah itu, tutup mata lagi, lalu buka dan meliriklah ke kiri sambil menarik nafas. Sambil mengembuskan nafas, arahkan pandangan ke kanan membentuk garis horizontal. Ulangi hingga 10 kali sebelum mengistirahatkannya dengan menutup mata.

# Menutup mata

Terkadang mata begitu lelah sehingga membutuhkan gerakan senam mata yang satu ini. Oleh sebab itu, saat bekerja menggunakan komputer atau membaca misalnya, selalu istirahatkan mata selama 10 menit setiap 1 jam sekali dengan cara menutup mata. Ini bisa membuat mata tetap sehat dan tidak stres.

# Berkedip

Cara melakukan senam mata yang satu ini cukup mudah. Ambil posisi duduk yang nyaman, lalu kedipkan mata sebanyak 10 hitungan dengan cepat. Setelah itu, tutup mata dan istirahatkan selama 20 detik. Ulangi hingga 5 kali putaran.

# Menatap Ujung hidung

Duduklah dengan posisi kaki bersila. Angkat tangan kanan sehingga posisinya seperti menunjuk ke depan, fokuskan mata ke ujung jari telunjuk. Setelah itu, bengkokkan tangan dan bawa telunjuk ke ujung hidung, mata harus tetap berfokus pada telunjuk tadi. Setelah itu kembalikan tangan ke posisi semula (menunjuk). Ulangi beberapa kali.

Saat melakukan senam mata, Anda perlu memberikan kesempatan bagi mata untuk beristirahat selama beberapa menit agar latihan tidak membuat mata jadi lelah. Karena Anda sudah selesai membaca artikel ini sekarang, maka kini saatnya praktik senam mata. Selamat mencoba!

 

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer