24 Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan Tubuh, Rambut dan Kulit

Sejak kecil orang tua kita pasti sering berkata seperti ini, “kamu harus rajin makan sayur ya nak, biar sehat”, dan kita tidak mempercayainya karena menyangka itu hanya trik saja agar kita mau makan sayuran. Faktanya, memang hampir sebagian besar anak-anak membenci sayuran, apabila dibandingkan dengan jenis makanan lain yang membuat mereka lebih tertarik seperti buah, daging, roti, aneka makanan cepat saji dan sebagainya.

Setelah dewasa baru kita menyadari bahwa memang benar banyak sekali manfaat sayuran. Salah satunya adalah sayur okra. Okra memang belum terlalu dikenal di Indonesia, buah ini mempunyai nama lain seperti bendi, bamia, dan jari wanita (lady’s finger/karena bentuknya yang seperti jari). Apakah Anda familiar dengan okra? Atau mengetahui manfaat okra?.

manfaat okra

Baca juga: 15 Manfaat Sayur Gambas (Oyong) Bagi Kesehatan

Okra termasuk genus hibiscus dari keluarga malvaceae (kapas-kapasan). Orka juga dikenal sebagai tanaman penghasil serat, orka banyak dibudidayakan di daerah yang memiliki iklim tropis dan hangat. Tanaman ini sendiri berasal dari benua Afrika.

Okra lebih populer di negara lain seperti Malaysia, Singapura, Srilanka, India, Saudi Arabia, Afrika Barat, Brasil, Jepang serta beberapa negara Eropa. Di negara seperti Malaysia okra biasa disajikan dengan tahu dan disebut yong tau foo. Sedangkan di Jepang okra biasa di sebut dengan okura dan biasanya disajikan dengan bumbu kecap dan katsuobushi atau sebagai tempura.

Jika dikatakan bahwa manfaat okra ini banyak, lantas apa kandungan zat gizi yang ada didalamnya?

Berikut ini adalah kandungan sayur okra untuk setiap 100 gram:

PRINSIPNILAI GIZIPERSENTASE RDA
Energi1,5%31 Kkal
Karbohidrat7.03 g5,4%
Protein2,0 g4%
Lemak total0,1 g0,5%
Kolesterol0 mg0%
Serat makanan9%3,2 g

VITAMIN

Folat88 mcg22%
Niasin1.000 mg6%
Asam pantotenat0,245 mg5%
Piridoksin0,215 mg16,5%
Riboflavin0,060 mg4,5%
Thiamin0,2 mg17%
Vitamin C21,1 mg36%
Vitamin A375 IU12,5%
Vitamin E0,36 mg2,5%
Vitamin K53 mg44%

ELEKTROLIT

Sodium8 mg0,5%
Kalium303 mg6%

MINERAL

Kalsium81 mg8%
Tembaga0,094 mg10%
Besi0,80 mg10%
Magnesium57 mg14%
Mangan0,990 mg43%
Fosfor63 mg9%
Selenium0,7 mcg1%
Seng0,60 mg5,5%

PHYTO-NUTRISI

Carotene-ß225 mcg
Crypto-xanthin-ß0 mcg
Lutein-zeaxanthin516 mcg

Sumber: USDA (United States Department of Agriculture)

Dalam 100 gram Okra mengandung energi 1,5% dari kalori, 7,03 gram karbohidrat, 2 gram protein, 0,1 gram lemak dan serat 9%. Kandungan serat tersebut terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Nutrisi lainnya adalah folat 88mg, niacin 1mg, Vitamin C 21.1mg, Vitamin E 0.36mg dan Vitamin K 53mg. Ditambah, Okra juga mengandung kalsium 81mg, tembaga 0,094mg, besi 0,8mg, magnesium 57mg, mangan 0,99mg, fosfor 63mg dan seng 0,6 mg.

Manfaat Okra yang Baik untuk Tubuh Kita

Dengan adanya zat-zat nutrisi di atas, maka inilah manfaat sayur okra  yang luar biasa banyak.

1. Manfaat dari Serat yang Tinggi

Kandungan manfaat okra yang pertama ialah, sayur yang disebut-sebut sebagai saudara kembar oyong ini mengandung serat yang cukup tinggi, maka dari itu banyak spesialis kesehatan merekomendasikan okra agar dikonsumsi lebih sering agar pencernaan lebih lancar. Seperti diketahui, Serat akan membantu proses pencernaan dalam tubuh dengan cara memperlancar buang air besar.

Dari segi bentuk dan rasa memang okra dan oyong tampak mirip, tapi keduanya berbeda. secara ukuran panjang okra hanya sekitar 12-15 cm dan jika dipotong kecil-kecil akan terlihat biji-biji di dalam nya dan buahnya sedikit berlendir.

2. Mencegah Diabetes

Manfaat Okra yang kedua, sayuran ini dikenal mampu mencegah penyakit diabetes. Ini karena okra kaya akan serat yang membantu mencegah datangnya penyakit ini.

Dalam sebuah penelitian di tahun 2011 yang diterbitkan dalam ISRN farmasi, menyebutkan okra dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa, yang nantinya akan mengurangi kadar gula darah. Para peneliti mengatakan bahwa okra merupakan sayuran yang kaya serat dan telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi penyakit diabetes.

Selain itu, Okra memiliki indeks glikemik rendah, sehingga okra adalah pilihan yang tepat untuk penderita diabetes.

Bagaimana Cara Mengolah Okra?

Cara terbaik untuk merasakan manfaat okra dalam mengontrol diabetes adalah dengan merendamnya dalam air, kalau sekarang kita lebih mengenalnya dengan istilah infused water. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Ambil dua buah okra dan potong ujungnya.
  2. Cairan (lendir) lengket akan keluar setelah Anda memotongnya. Jangan dicuci biarkan saja.
  3. Di malam hari, ambil segelas penuh air dan campurkan orka ke dalamnya kemudian tutup dengan rapat.
  4. Di pagi hari keesokan harinya barulah Anda dapat meminumnya.

Kalau Anda ingin merasakan manfaat okra ini, rajinlah mengonsumsinya setiap pagi hari untuk mengendalikan kadar gula darah Anda. Penting untuk dicatat bahwa air okra ini dapat membantu penyembuhan diabetes jauh lebih baik daripada okra yang dimasak. Tidak masalah kalau Anda ingin menambahkan okra ke kari dan sup, tapi mengonsumsi okra mentah akan lebih membantu dalam mengatasi kenaikan kadar gula darah.

Mengapa Cara ini Berhasil?

  • Karena larutan serat yang ada dalam buah okra ini membantu memperlambat pengambilan gula ke dalam darah.
  • Hal ini dilakukan dengan cara menurunkan laju penyerapan gula dari usus.
  • Kemudian nantinya akan mengurangi beban glikemik dalam menyerap glukosa dalam darah, yang jika tidak dilakukan akan mengganggu fungsi tubuh untuk memproses gula dengan benar dan berakibat pada munculnya penyakit diabetes.

Serat yang telah larut akan membentuk sejenis gel di dalam usus, yang memperlambat penyerapan gula dari makanan di dalam usus. Serat larut ini juga membantu menurunkan kolesterol dengan menarik asam empedu yang berkontribusi pada peningkatan kadar kolesterol. Hal ini memungkinkan tubuh mengeluarkan asam dari sistem/organ dan mencegah penyerapan ulang.

3. Mengandung Folat

Manfaat okra yang ketiga adalah dapat mengurangi risiko kecacatan tabung saraf pada bayi yang baru lahir berkat kandungan folatnya. Jadi, okra sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita selama masa prakonsepsi atau kehamilan.

4. Mengandung Vitamin K

Vitamin K adalah tokoh kunci dalam proses pembekuan darah. Vitamin K juga berperan penting dalam memperkuat tulang di tubuh kita.

5. Mengontrol Asma

Salah satu manfaat sayur okra selanjutnya adalah membantu dalam mengobati asma bila anda sering mengonsumsinya. Orang yang didiagnosis memiliki asma sangat disarankan untuk mengonsumsi okra.

6. Mencegah Sembelit

Sembelit adalah ketika Anda mengalami masalah dengan jadwal buang air besar. Ada orang yang buang air besar sekali sehari, dua hari sekali, tapi kalau yang jarang buang air besar atau butuh beberapa hari itu disebut sembelit. Apabila anda mengonsumsi okra, buah ini akan membantu penyerapan air, dan karenanya mencegah sembelit. Lihat juga: Cara Mengatasi Sembelit, Efektif dan Aman

7. Mencegah Penyakit Akibat Sengatan Matahari (sunstroke)

Sunstroke adalah ketika kepala terpapar sinar matahari atau udara panas secara berlebihan (hipertemia). Sunstroke dapat mengakibatkan kematian jika suhu inti tubuh naik sampai 40 derajat Celsius (104 Fahrenheit) atau lebih, karena diatas angka itu tubuh tidak bisa lagi kembali dingin dengan sendirinya secara efektif. Okra dapat membantu mencegah agar tubuh tidak mudah drop ketika terkena sengatan sinar matahari.

8. Mencegah Kanker Usus Besar

Banyak orang percaya bahwa semua penyakit dimulai dari usus besar. Untuk mengantisipasi hal itu, konsumsilah okra untuk membantu memastikan pencegahan kanker usus besar dan penyakit yang berhubungan dengan kanker usus lainnya.

9. Mengontrol Obesitas (kegemukan)

Bentuk tubuh yang tidak proporsional akan mempengaruhi tingkat kepercayaan diri yang Anda miliki. Semakin bagus tubuh Anda, tentu kepercayaan diri akan semakin meningkat.

Ketika Anda mengonsumsi okra yang dimasak ataupun yang mentah, Anda sudah selangkah lebih maju untuk menghindari kegemukan. Karena obesitas terjadi belum tentu karena konsumsi makanan berlemak dan kalori saja namun juga karena kekurangan nutrisi.

10. Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat sayur okra yang lain adalah membantu penyerapan kolesterol, mencegah penyakit jantung dan penyakit yang terjadi akibat kolesterol dalam darah. Kolesterol sendiri merupakan faktor utama dalam tubuh yang memicu obesitas dan penyakit jantung.

11. Mengandung GI Rendah (Glikemik Indeks)

Jika Anda penderita diabetes, dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk makan makanan yang mengandung nilai GI rendah. Okra adalah salah satu makanan yang mengandung indeks GI 20 dan sesuai standar medis, nilai GI okra dianggap sangat rendah.

GI adalah nilai (skala 0–100) yang tujuannya untuk menunjukkan seberapa cepat suatu makanan/minuman menaikkan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Terbagi menjadi tiga kelas, yaitu rendah, menengah dan tinggi.

12. Mencegah Penyakit Ginjal

Apabila Anda termasuk penderita diabetes tipe-2, risiko Anda terkena masalah pada ginjal sangatlah besar. Hampir setengah dari penyakit yang berhubungan dengan ginjal disebabkan oleh diabetes. Jika Anda mengonsumsi okra secara teratur baik air maupun buahnya, ini membantu mencegah penyakit ginjal.

13. Membantu Sistem Pencernaan

Karena kandungan seratnya, okra dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan, memperbaiki kadar gula darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

14. Sumber Antioksidan yang Baik

Jika Anda rajin mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, maka hal itu akan membantu mencegah kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini. Okra mengandung sejumlah besar antioksidan seperti quercetin, catechin, epicatechin, procyanidin dan rutin. Jadi, manfaat okra tidak hanya mencegah dan mengobati diabetes tapi juga sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Manfaat Okra untuk Kulit

manfaat okra untuk kulit

15. Membuat Kulit Lebih Sehat

Seperti telah disinggung sebelumnya, okra adalah sumber makanan yang kaya akan serat sehingga membantu mengatasi masalah pada pencernaan. Pencernaan yang berfungsi dengan baik dapat dilihat melalui kulit yang tampak sehat.

16. Vitamin C Untuk Kulit yang Tampak Lebih Muda

Vitamin C yang terdapat dalam okra membantu menjaga kulit tampak lebih muda. Ditambah juga membantu memperbaiki jaringan tubuh. Hasilnya kulit Anda lebih muda dan juga membuatnya terlihat lebih menarik.

17. Mencegah Pigmentasi Pada Kulit

Nutrisi yang terdapat di dalam okra mampu membantu mencegah pigmentasi pada kulit Anda. Okra juga berguna untuk meremajakan kulit dan memperbaiki kerusakan.

Pigmentasi adalah kondisi ketika terjadi perubahan warna kulit menjadi kecoklatan. Pigmentasi ada beberapa macam seperti melasma, flek, age spot/lentigo, nevus hori…dll.

Manfaat Okra untuk Rambut

manfaat sayur okra untuk rambut

18. Melembutkan Rambut

Jika Anda bosan memiliki rambut kaku dan semakin membuat stres, coba gunakanlah okra untuk mendapatkan rambut indah bergelombang Anda kembali. Rebus okra dengan sedikit air dan lendir transparan yang muncul kemudian dapat digunakan untuk mengembalikan rambut indah Anda kembali.

19. Sebagai Kondisioner Rambut

Lendir (cairan) yang dihasilkan dari rebusan okra tadi juga bisa digunakan sebagai hair conditioner. Caranya, basahi rambut Anda kemudian peras secara perlahan untuk membuang kelebihan air, ambil lendir dari buah okra, oleskan pada telapak tangan kemudian pijatkan pada rambut Anda. Setelah itu baru bilas dengan air.

20. Pelembab Kulit Kepala

Okra adalah pelembab alami yang sangat baik untuk kulit kepala yang kering dan gatal. Manfaat okra akan membuat rambut Anda terasa lembut dan yang paling penting, tidak menimbulkan bahaya seperti kosmetik lain yang ada di pasaran. Khasit ini akan sangat bermanfaat untuk orang dengan rambut kusut dan keriting.

21. Memerangi Ketombe

Okra tidak hanya berguana bagi rambut, akan tetapi dapat juga memperbaiki keseluruhan kondisi kulit kepala dan melawan ketombe. Okra membantu melembabkan kulit kepala dan membuatnya terhindar dari ketombe.

22. Membuat Rambut Berkilau

Manfaat okra selanjutnya, cairan yang dihasilkan dari buah okra dapat Anda jadikan bilasan pada rambut, hasilnya yaitu rambut akan lebih berkilau. Jadi Anda tidak perlu lagi menggunakan kondisioner karena sudah ada okra yang lebih alami.

Manfaat Lain sayur Okra

23. Meningkatkan imunitas (kekebalan tubuh).
24. Meningkatkan penglihatan (fungsi mata).

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer