Obat Kurap Alami (Tradisional) Paling Ampuh dan Aman

Beberapa obat-obatan di apotek memang sudah tersedia untuk mengatasi penyakit kurap pada kulit. Namun jika Anda ingin menerapkan gaya hidup sehat dari alam, cobalah menggunakan obat kurap alami dari bahan-bahan herbal tradisional, selain sehat dan murah, cara ini juga sangat aman untuk kulit.

Kurap merupakan penyakit akibat infeksi jamur yang terjadi pada kulit. Kulit yang terkena akan terasa gatal kemudian akan menyebabkan lepuhan yang berisi cairan dengan ruam merah bersisik. Penyakit kulit ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari apalagi jika kurap singgah di area kulit yang terlihat seperti wajah dan lengan, tentu sangat tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Untuk itu lah pengobatan yang tepat dan cepat sangat dibutuhkan.

Kenali dulu, Apa itu Kurap?

Sejatinya, kurap adalah infeksi kulit akibat jamur deratofita dari berbagai jenis, seperti trchopyton, mycrophorum dan epydermohyton. Seperti infeksi jamur pada umumnya, kurap juga cepat menyebar dan sangat menular. Penularan bisa terjadi akibat akibat kontak langsung ataupun tak langsung.

Sebelum Anda menggunakan obat kurap alami yang akan dipaparkan nanti, maka kenalilah ciri-cirinya. Hal ini sangatlah penting, karena jangan sampai Anda menggunakan obat yang tidak tepat sasaran.

obat kurap alami

seperti inilah bentuk kurap yang akan kita obati

Ciri-ciri umum kurap sebenarnya sangat mudah dikenali, meskipun sangat tergantung di area mana kurap ini muncul. Gejala kurap umumnya seperti:

  • Kulit menjadi merah, gatal, bersisik dan terlekupas.
  • Kulit menjadi kasar, kemerahan dan terkadang berair.
  • Bagian kulit yang melepuh dan kemerahan ini biasanya dibatasi tepi luar seperti cincin.
  • Bagian tepi kulit yang yang terkena kurap biasanya lebih tebal dari kulit normal disekitarnya.

Bentuknya yang sangat jelas membuat kurap umumnya sangat mudah dideteksi oleh orang awam sekalipun. Namun, akan lebih sulit mendeteksinya jika infeksi kurap terjadi pada kuku dan rambut. Oleh sebab itu, untuk kasus yang samar-samar sebaiknya periksakan ke dokter.

Bagaimana Cara Mengobati Kurap?

Prinsipnya adakah membasmi jamur yang menjadi penyebabnya, mengatasi gejala berupa gatal, peradangan kulit, dan mengendalikan kelembaban. Cara mutlak nan sederhana yang harus Anda lakukan adalah mencegah daerah kulit dari garukan, jaga agar tidak selalu lembab, baik basah karena air ataupun karena keringat.

Meskipun sudah banyak krim anti jamur (obat jamur salep) ataupun obat gatal yang dapat digunakan untuk mengobati kurap, banyak juga orang yang lebih memilih untuk menggunakan pengobatan secara alami. Cara ini dinilai lebih aman untuk kulit, lebih murah dan mudah didapat.

Bagi yang tidak mau ribet dan ingin menggunakan obat apotek, silahkan lihat penjalasannya disini: Obat Kurap Paling Ampuh yang Ada di Apotek

Ada berbagai ramuan dan minyak yang memiliki khasiat anti jamur dan anti-peradangan yang dapat membantu meringankan infeksi dan gatal akibat kurap. Beberapa obat kurap alami itu diantaranya ekstrak bawang putih, minyak pohon teh, kunyit, lidah buaya, minyak kelapa, garam, pepaya, dan sereh.

Berikut obat kurap tradisional yang efektif dan aman:

1. Ekstrak Bawang Putih

Salah satu obat kurap alami paling ampuh untuk menghilangkan infeksi bakteri, virus atau jamur adalah bawang putih, hal ini karena berbagai kandungan antioksidan dan senyawa organik pada bawang putih tidak dapat ditolerir oleh jamur patogen ini.

obat kurap alami dengan bawang putih

bawang putih – salah satu obat kurap alami yang efektif

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat kurap cukup mudah:

  1. Hancurkan dua siung bawang putih.
  2. Gosokkan pada ruam kurap beberapa kali sehari.
  3. Lakukan ini selama empat sampai lima hari atau sampai kondisinya membaik.

Jika Anda memiliki ekstrak bawang putih, langsung aplikasikan ke daerah yang terkena. Ekstrak bawang putih merupakan salah satu cara yang paling populer untuk mengobati kurap.

2. Minyak Pohon Teh/ Tea Tree Oil

Untuk menghilangkan infeksi jamur, salah satu obat kurap alami yang manjur adalah  minyak pohon teh. Selain kemampuannya dalam menghilangkan infeksi jamur, minyak pohon teh juga dapat mempercepat penyembuhan dan menstimulasi sel-sel kulit menjadi lebih sehat.

Penggunaan secara teratur selama beberapa minggu dapat bener-benar menghilangkan infeksi jamur secara keseluruhan. Namun perlu diingat, minyak pohon teh ini sangat kuat, jadi selalu encerkan dengan air sekitar 50% untuk menghindari iritasi pada kulit.

Begini cara menggunakan tea tree oil sebagai obat kurap alami:

  • Cairkan minyak pohon teh dalam jumlah yang sama dengan air atau minyak pembawa dan kemudian menerapkannya.
  • Masukkan beberapa tetes minyak pohon teh tadi ke atas bola kapas dan oleskan di daerah yang terkena.
  • Lakukan ini dua atau tiga kali sehari selama seminggu atau lebih.

3. Garam

Garam mungkin hanya terlihat seperti bumbu dapur biasa, tapi untuk kurap bahan ini ternyata sangat efektif. Sifat garam yang dapat membuat kulit menjadi kering bisa membuat area kulit yang terkena kurap yang biasanya basah dan lembab menjadi lebih kering. Kondisi ini membuat jamur tidak dapat menyebar ke bagian kulit lainnya.

Garam juga merupakan zat desinfektan yang sangat baik untuk membersihkan kulit. Hal ini lah yang dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi peradangan pada kulit yang terkena kurap. Cara menggunakan garam untuk kurap sangat sederhana, cukup aplikasikan garam yang dicampur sedikit air pada area kulit yang terkena kurap.

4. Lidah Buaya

Tumbuhan satu ini dikenal akan kandungan anti-inflamasi dan kemampuannya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, karena itu lidah buaya juga menjadi salah satu obat kurap alami yang dapat dengan cepat menghilangkan masalah kulit satu ini.

Selain itu, lidah buaya juga memiliki kemampuan anti-jamur yang dapat membunuh berbagai jenis jamur patogen. Kandungan saponin dalam gel pekat lidah buaya juga sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit, gatal dan ketidaknyamanan akibat kurap.

Anda dapat mengaplikasikan langsung gel pekat lidah buaya ke daerah yang terkena kurap, ulangi beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal karena kemampuannya memperbaiki berbagai masalah kesehatan terutama untuk rambut dan kulit kepala. Bahan ini paling umum digunakan terutama untuk anak-anak yang terkena kurap di kulit kepala.

Anda bisa langsung mengoleskan minyak kelapa murni yang telah dihangatkan langsung ke rambut dan kulit kepala dan membiarkannya semalam. Sifat antijamur alami dan kemampuan peremajaan kulit dari minyak kelapa akan bekerja dengan cepat untuk menghilangkan rasa gatal dan infeksi.

6. Teh Sereh

Sementara sebagian obat kurap alami biasanya langsung diaplikasikan pada kulit, khusus untuk sereh penggunaannya dengan cara diminum sebagai teh herbal sereh. Sari sereh mengandung zat yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terutama yang menyangkut infeksi jamur di tubuh. Namun, Anda juga bisa mengaplikasikan teh sereh dingin dan mengoleskannya langsung ke area kulit yang terkena kurap untuk mendapatkan efek yang lebih kuat.

7. Pepaya

Buah meja satu ini memiliki sejumlah senyawa dan manfaat yang sangat bermanfaat, namun banyak orang menyepelekannya. Kandungan bahan aktif papain pada pepaya ternyata sangat membantu dalam proses mengelupaskan sel kulit mati atau kulit luar, yang biasanya terjadi pada kurap.

Zat papain membantu membersihkan dan mendorong sel baru yang sehat untuk menggantikannya sehingga kurap dapat ditangani dengan mudah. Enzim yang ada dalam pepaya juga dapat menghancurkan pertahanan virus dan jamur, sekaligus mengurangi peradangan, rasa sakit dan iritasi.

Untuk membantu membunuh jamur penyebab kurak, gunakanlah pepaya mentah, caranya:

  • Gosokkan sepotong pepaya mentah ke daerah yang terkena. Biarkan selama setidaknya 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini setidaknya dua kali sehari selama beberapa hari.
  • Anda juga bisa mengoleskan jus daun pepaya segar atau pasta yang dibuat dengan biji pepaya kering.

Selain sebagai obat kurap tradisional, masih banyak manfaat dari pepaya lainnya:

8. Minyak Lavender

Disamping aromanya yang menenangkan minyak lavender ternyata juga sangat baik untuk mengobati kurap. Minyak essensial alami ini terbukti sangat ampuh membunuh jamur yang menginfeksi kulit, bahkan minyak ini juga akan mencegah infeksi lain yang mungkin terjadi selama pengobatan kurap. Namun, penggunaannya harus diperhatikan karena minyak lavender ini sangat kuat dan dapat mengiritasi kulit, sehingga gunakan sedikit saja pada kulit yang terkena kurap.

9. Ekstrak Daun Zaitun

Obat tradisional yang lebih dikenal penggunaan buahnya sebagai minyak ini ternyata juga sangat efektif sebagai obat kurap alami. Khasiat anti jamur pada ekstrak daun zaitun sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu menghilangkan kurap. Anda hanya perlu rutin memberikan ekstrak daun zaitun ini beberapa kali sehari pada kulit yang terkena kurap dan efeknya akan terlihat dalam 1-2 minggu kemudian.

10. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu sumber zat antioksidan, antibakteri dan anti jamur yang kuat sering terdapat dalam makanan. Bahan aktif kurkumin pada kunyit membuatnya masuk dalam daftar obat kurap alami yang cukup ampuh.

Selain dapat langsung menggunakan kunyit dalam bentuk pasta kunyit atau bubuk kunyit, banyak orang mulai memilih untuk menggunakan minyak kunyit yang lebih pekat untuk mengatasi kurap. Minyak kunyit ini akan mengurangi peradangan pada kulit, sekaligus dengan cepat menghilangkan infeksi yang mendasarinya.

11. Cuka Apel

Cuka sari apel sangat baik untuk menyembuhkan infeksi kulit, termasuk yang diakibatkan oleh jamur. Cuka sari apel memiliki khasiat antijamur yang kuat, sehingga bisa membantu mengobati kurap bila dioleskan secara topikal ke daerah yang terkena.

Untuk menggunakannya, rendam bola kapas di cuka sari apel yang belum diencerkan dan sikat bola kapas di atas kulit Anda. Lakukan ini tiga kali per hari.

12. Biji Mustard

Biji Mustard atau biji sesawi mungkin terlihat kecil, namun ternyata sangat kuat dalam melawan infeksi pada kulit. Anda bisa merendam biji sesawi ini semalaman dan kemudian menumbuknya menjadi pasta di pagi harinya. Aplikasikan pasta mustard ini ke daerah kulit yang terkena kurap beberapa kali sehari hingga kulit Anda sembuh dari infeksi dan kembali normal.

( ! ) Meskipun bahan-bahan herbal atau tradisional di atas memiliki efek membasmi jamur penyebab kurap, namun tidak ada jaminan hasil ketika Anda menerapkannya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesembuhan, selalu konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kurap sangat menular, walaupun gejalanya tidak terlalu berbahaya dan biasanya dapat disembuhkan dengan mudah. Namun, masalah kurap yang muncul bisa jadi pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda memiliki kerentanan yang mungkin merupakan tanda adanya masalah lain yang lebih serius.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer