Penyebab Badan Kurus dan Cara Sehat Mengatasinya

Saat banyak orang di luar sana sedang berjuang mati-matian untuk menurunkan berat badan, ada sebagian kalangan yang justru berusaha sebaliknya. Faktanya, tak sedikit orang yang tetap tampil kurus meski sudah cukup banyak makan. Lantas apa sebenarnya penyebab badan kurus dan bagaimana cara mengatasinya?

Kurus atau langsing sebenarnya merupakan kondisi tubuh yang sangat digemari dari dulu hingga sekarang. Meski kebanyakan orang percaya bahwa kurus merupakan postur tubuh ideal, akan tetapi jika badan terlalu kurus, maka hal itu juga kurang sedap dipandang dan yang pasti, tidak sehat.

penyebab badan kurus

Kenali Penyebab Badan Kurus

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan badan seseorang tetap kurus. Salah satunya yang paling umum adalah porsi makan dan asupan nutrisi yang terlalu sedikit atau tidak mencukupi. Namun lebih dari itu, beberapa hal di bawah ini juga bisa jadi alasannya.

  1. Masalah psikologis seperti gangguan mental, anoreksia (suatu kondisi dimana seseorang memutuskan untuk makan sedikit saja karena terobsesi dengan tubuh kurus), maupun bulimia (keadaan dimana seseorang sengaja memuntahkan apa yang ia telah makan sebelumnya).
  2. Makan tidak/ kurang teratur
  3. Pemilihan menu makan yang buruk sehingga gizi dan kalori tak terpenuhi
  4. Ketidakseimbangan antara makanan yang masuk/ dikonsumsi dan jumlah energi yang dikeluarkan (terlalu banyak beraktivitas atau olahraga juga termasuk di sini)
  5. Gangguan kesehatan sehingga tubuh tidak bisa menyerap nutrisi karena habis mengalami diare atau muntah
  6. Sakit penyakit sehingga nafsu makan hilang seperti demam, dll
  7. Ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan hipotiroid atau sebaliknya, hipertiroid
  8. Proses metabolisme yang terlalu cepat
  9. Genetik dimana orang tua juga memiliki postur tubuh yang cenderung kurus

Kondisi tubuh yang underweight atau terlalu kurus jelas tidak dapat dibiarkan karena beberapa alasan berikut:

  1. Bila itu terjadi pada anak yang masih dalam usia pertumbuhan, maka underweight bisa mengganggu perkembangan tubuhnya di masa kini dan mendatang
  2. Rawan terserang infeksi dan penyakit
  3. Mudah lelah atau sakit-sakitan sehingga tidak bisa bekerja atau beraktivitas dengan maksimal
  4. Resiko mengalami komplikasi saat hamil meningkat menyebabkan bayi lahir kurus atau prematur
  5. Tubuh kurus juga lebih beresiko saat menjalani operasi.

Tips Mengatasi Badan Kurus Supaya Cepat Gemuk

Lantas apa yang harus dilakukan agar tubuh menjadi lebih berisi dari sebelumnya? Yang pasti, Anda harus tahu lebih dulu apa yang menjadi penyebab badan kurus. Ketika tahu penyebabnya, maka solusinya akan lebih mudah dicari.

Beberapa tips untuk menggemukkan badan berikut mungkin dapat dicoba:

  1. Miliki pola makan yang baik

Tak hanya makan teratur, Anda juga harus memilih menu makanan dengan bijak sehingga gizi yang dibutuhkan tercukupi. Adopsi standar pola makan 4 sehat 5 sempurna yang pernah diajarkan saat sekolah dulu. Jika anda sudah bosan dengan badan kurus Anda, pastikan tubuh terpenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan seratnya.

  1. Konsumsi makanan tinggi protein

Agar massa otot bertambah, maka konsumsilah makanan tinggi protein seperti susu, telur, dada ayam tanpa kulit, dan lain sebagainya. Lebih lanjut pelajari di sini: Sumber Makanan Tinggi Protein Terbaik

  1. Jangan hindari karbohidrat

Kalau Anda cukup aktif dalam keseharian, maka penuhi kebutuhan energi dengan mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, roti, sereal, madu, buah, sayuran, dan lain sebagainya. Walau makanan manis juga bisa menjadi sumber energi yang diandalkan, namun tetap batasi konsumsinya agar tidak memicu timbulnya penyakit diabetes.

  1. Bagaimana dengan lemak?

Sama halnya dengan karbohidrat, walau lemak diperlukan oleh tubuh agar tidak kurus lagi, namun hal itu hanya berlaku untuk tipe lemak sehat (tak jenuh). Untuk makanan yang mengandung lemak jenuh seperti gorengan misalnya, tetap batasi konsumsinya. Alih-alih ingin gemuk, malah kolesterol yang kian naik.

  1. Perbanyak asupan mineral dan vitamin

Sayur, buah, sereal gandum, kacang-kacangan, serta biji-bijian merupakan jenis bahan pangan yang harus sering Anda konsumsi karena semuanya merupakan sumber mineral dan vitamin penting yang dibutuhkan tubuh.

  1. Sabar

Baik menurunkan maupun menaikkan berat badan, semuanya memerlukan proses dan waktu. Oleh karena itu, bersabarlah kalau angka di timbangan badan belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Tetap jalani pola hidup dan makan yang sehat dengan tekun.

  1. Lakukan perlahan

Hanya karena ingin gemuk dalam waktu singkat, bukan berarti Anda harus menjejali diri dengan terlalu banyak makan. Memaksa diri untuk makan terlalu banyak seringkali justru bisa menghilangkan selera makan sama sekali. Anda hanya perlu makan teratur dan lebih sering, jika perlu 6-8 kali sehari dengan porsi yang sedikit-sedikit agar perut tak kekenyangan.

  1. Olahraga tetap perlu

Siapa bilang bahwa bagi mereka yang memiliki badan kurus dan ingin gemuk tak perlu berolahraga. Tujuan olahraga tak melulu hanya untuk menurunkan berat badan, namun juga untuk alasan kesehatan dan juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan nafsu makan sekaligus membangun tubuh. Bedanya adalah dikombinasikan dengan diat atau tidak.

  1. Tambahkan kalori

Kalau biasanya Anda sarapan dengan oatmeal dan air, maka gantilah airnya dengan susu. Anda juga bisa menambahkan keju dan alpukat sebagai isi roti. Saat ngemil pun, jangan segan memilih makanan tinggi kalori seperti aneka kacang, kraker, buah, roti gandum panggang, selai kacang, dan sebagainya. Membiasakan diri minum susu dan jus buah 100% juga dapat menjadi cara menyenangkan untuk meningkatkan nafsu makan sekaligus menghidrasi tubuh.

  1. Minum banyak air

Lebih dari 70% tubuh kita terdiri dari air, oleh sebab itu konsumsilah air secukupnya agar tidak terlihat kurus kering. Air juga sangat diperlukan untuk menunjang proses normal dalam tubuh.

  1. Suplemen bila perlu

Anda sudah memperbanyak porsi makan dan memilih jenis penganan yang tepat, namun berat badan tak kunjung naik. Tak ada salahnya mengunjungi dokter untuk berkonsultasi. Ahli gizi mungkin akan menyarankan menu, suplemen, atau obat tertentu yang dapat membantu berat badan agar meningkat dengan cara yang sehat.

Kalau sudah menerapkan cara-cara diatas, maka tidak perlu menggunakan obat gemuk untuk menaikkan berat badan.

Kita sudah tahu penyebab badan kurus dan cara mengatasinya, kini saatnya praktik! Selamat berjuang!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer