Penyebab Benjolan di Ketiak Kiri yang Sakit Ataupun Tidak

Kita tahu bahwa ketiak normal tidak memiliki benjolan, oleh sebab itu apabila terdapat suatu masa atau benjolan, maka siapa saja yang mengalaminya pasti merasa khawatir. Jika yang Anda alami adalah munculnya benjolan di ketiak kiri, maka beberapa kemungkinan penyebabnya dapat berupa infeksi, kista, atau bahkan kanker.

Benjolan ketiak adalah istilah awam yang menunjukkan adanya massa bulat yang muncul di bawah kulit ketiak. Jika benjolan itu besar, maka akan jelas terasa dan terlihat, namun apabila kecil, Anda mungkin hanya bisa mendeteksinya dengan perabaan dan penekanan oleh jari.

Kemunculan benjolan dapat terjadi pada kedua ketiak, atau hanya muncul di salah satu sisi, kiri atau kanan. Benjolan di ketiak kiri yang terasa sakit biasanya karena infeksi. Sedangkan benjolan di salah satu sisi ketiak yang tidak terasa sakit umumnya disebabkan oleh kista, tumor, atau kanker.

benjolan di ketiak kiri

Hati-hati! pada wanita, benjolan yang keras dan tidak nyeri pada satu ketiak dicurigai akibat kanker payudara.

Tidak ada kondisi spesifik yang menyebabkan benjolan di kiri saja atau kanan saja, penyebab benjolan di ketiak kiri juga bisa menyebabkan benjolan di ketiak kanan. Tergantung di sisi tubuh mana penyakitnya menyerang.

Agar memudahkan dalam mengidentifikasi penyebabnya, maka pembahasan di bawah ini akan dibagi beberapa sesi, yaitu benjolan di ketiak kiri yang terasa sakit, tidak terasa sakit, dan yang dapat terjadi di salah satu atau kedua sisi ketiak.

Penyebab Benjolan di Ketiak kiri yang Terasa Sakit

Infeksi bakteri atau gigitan berbisa pada lengan, tangan, atau jari dapat menyebabkan infeksi pada pembuluh limfatik. Pembuluh limfatik ini mengalirkan cairan limfe (getah bening) ke arah ketiak di sisi yang sama dan melewati kelenjar limfe yang ada di ketiak. Akibatnya, kelenjar getah bening di ketiak membengkak dan terasa sakit saat disentuh ataupun tidak.

Beberapa kondisi yang menyebabkan benjolan sakit di ketiak kiri meliputi:

  • Cat scratch disease, terjadi setelah mengalami cakaran atau gigitan kucing.
  • Tularemia.  Disebut juga demam kelinci, disebabkan oleh bakteri Francisella tularensis yang menyebar melalui gigitan serangga serangga atau hewan yang terinfeksi.
  • Infeksi kulit akibat Staphylococcal (staph) atau streptococcal (strep) dapat muncul sebagai bisul (benjolan merah dan sakit), selulitis (kulit kemerahan dan menebal) atau impetigo (lepuhan).
  • Gigitan ular, laba – laba atau kalajengking.

Di samping kelenjar getah bening, pembengkakan juga dapat berasal dari kulit dan jaringan pendukungnya akibat infeksi atau proses peradangan. Misalnya Abses ketiak, yang terjadi akibat kumpulan nanah di bawah kulit. Hal ini menjadi kelanjutan dari furunkel (sejenis jerawat), hidradenitis supurativa, bisul, dan sebagainya.

Pada kasus di atas, diperlukan penanganan tepat dengan antibiotik, antinyeri, ataupun antiperadangan sesuai yang dianjurkan oleh dokter Anda. Pastikan untuk menyelesaikan penggunaan obat sesuai petunjuk.

Penyebab Benjolan di Ketiak kiri yang Tidak Sakit

Benjolan di ketiak kiri yang tidak terasa sakit lebih sedikit penyebabnya. Pada umumnya hal ini terjadi akibat pertumbuhan jaringan abnormal seperti kista dan juga tumor jinak.

Beberapa penyebab benjolan di ketiak kiri yang tidak sakit seperti:

  • Kista epidermoid, muncul sebagai benjolan berukuran kacang atau kelereng, yang dapat memiliki celah dan mengeluarkan material putih putih berminyak dari dalamnya. Bintik hitam di benjolan menjadi ciri khas kista sebasea ini.
  • Lipoma, tumor jinak yang tersusun dari jaringan lemak; itu tampak sebagai benjolan lunak.

Selain kondisi di atas, ada pula benjolan ketiak tanpa rasa sakit yang dapat terjadi di salah satu atau kedua ketiak. Umumnya disebabkan oleh berbagai jenis kanker, baik yang berasal dari kelenjar getah bening di ketiak itu sendiri atau akibat penyebaran kanker dari bagian tubuh lainnya.

Ciri-ciri pembengkakan kelenjar getah bening akibat kanker diantaranya bersifat multipel (ada beberapa), terfiksir (tidak mudah digerakkan), teraba keras. Tubuh pun akan mengalami kelemahan, berat badan semakin berkurang, dan mungkin mudah terserang penyakit infeksi.

Beberapa jenis kanker penyebab bengkaknya getah bening di ketiak:

  • Limfoma atau kanker getah bening yang dapat menyebabkan batuk kering, demam ringan dan kelelahan.
  • Melanoma, suatu kanker kulit yang sangat ganas – muncul di kulit berupa tahi lalat gelap (hitam, coklat atau biru) berukuran sekitar 1 cm.
  • Leukemia  – kanker sel darah putih yang ditandai dengan kelelahan, pucat, infeksi yang sering terjadi, pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak dan selangkangan, serta pembesaran limpa.
  • Kanker paru-paru stadium lanjut, dapat menyebabkan batuk kering, batuk darah, nyeri dada dan pembesaran kelenjar getah bening di sisi ketiak yang sakit.

Adapula kondisi khusus, yakni benjolan pada ketiak wanita tanpa rasa sakit, setidaknya ada tiga penyebab. Pertama penderita diabetes tipe 1, mastopati diabetes dapat terjadi, yang ditandai dengan benjolan keras tanpa rasa sakit pada salah satu atau kedua payudara dan juga ketiak.

Kedua, kanker payudara yang sudah maju akan menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening yang keras dan tidak nyeri di atas klavikula dan ketiak di sisi yang sakit. Ketiga, pada beberapa wanita dengan implan payudara silikon, pembengkakan kelenjar getah bening terjadi pada sisi ketiak yang sesuai.

Jadi, memang ada banyak kemungkinan penyebab, oleh sebab itu langkah paling bijak yang perlu Anda ambil ketika memiliki benjolan di ketiak kiri adalah memeriksakan diri ke dokter. Semakin cepat diketahui penyebabnya, maka penanganan yang tepat akan membuahkan hasil yang baik tanpa ada kerugian.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer