6 Penyebab Ketiak Hitam yang Sering Terabaikan

Penampilan menjadi salah satu aspek penting dalam menunjang keseharian beraktivitas. Namun ada saja ancaman yang dapat memengaruhinya, misalnya seperti permukaan kulit ketiak yang kasar dan hitam. Kepercayaan diri pun seakan runtuh, terlebih bagi mereka yang gemar mengenakan pakaian tanpa lengan. Sebenarnya apa saja yang menjadi penyebab ketiak hitam? Mari cari tahu selengkapnya.

penyebab ketiak hitam

Inilah berbagai penyebab ketiak hitam yang kurang disadari

Secara alami, ketiak seharusnya memiliki warna yang serupa dengan area kulit sekitarnya. Kendati demikian, ada beberapa hal yang dapat mengubah warna ketiak menjadi lebih gelap atau hitam. Kebiasaan mencukur yang salah dan penumpukan sel kulit mati menjadi dua penyebab yang paling umum.

Dalam beberapa kasus, menghitamnya kulit ketiak juga dapat ditenggarai oleh berbagai hal, seperti iritasi akibat pemakaian antiperspirant dan deodorant, kegemukan, efek samping obat-obatan hingga kondisi kulit yang disebut dengan acanthosis nigricans (AN).

Berikut uraiannya:

1. Kebiasaan Mencukur

Mencukur tidak dapat menghilangkan sepenuhnya bulu-bulu di ketiak alias masih menyisakan sisa-sisa folikel rambut dipermukaan kulit ketiak sehingga membuatnya nampak gelap dan kasar. Tak hanya itu, kebiasaan mencukur juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit bila saja dilakukan dengan cara yang salah.

Akibatnya akan terjadi reaksi peradangan yang merangsang produksi melanosit berlebih sehingga kulit menjadi lebih gelap. Karena itulah, para ahli lebih menyarankan untuk menyingkirkan bulu ketiak dengan menggunakan laser hair removal atau waxing di klinik kecantikan terpercaya.

Jika masih nyaman dengan cara mencukur, perhatikan beberapa hal berikut. Pertama, gantilah silet tiap 3-5 kali pemakaian. Kedua, gunakan krim khusus untuk mencukur. Ketiga, cukurlah hanya dengan 1-2 kali swipe, jangan melakukan friksi berulang/bolak-balik. Seusai mencukur, bilaslah dengan air dingin dan tepuk-tepuk dengan handuk hingga kering.

2. Penumpukan Sel Kulit Mati

Menumpuknya sel-sel kulit mati yang tak kunjung lepas pada area ketiak menjadi penyebab ketiak hitam lainnya. Kondisi ini dapat ditenggarai oleh sejumlah faktor, seperti bertambahnya usia, stres, paparan polusi, asap rokok dan sejumlah efek radikal bebas lainnya. Diperparah lagi dengan kurangnya kepedulian membersihkan kulit dengan benar.

Jadi mulai sekarang, lakukanlah eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati secara rutin setidaknya seminggu sekali. Baik itu dengan menggunakan produk eksfoliator yang mengandung asam laktat atau treatment kecantikan pada ahli estetika. Konsumsi pula berbagai makanan yang baik bagi kesehatan kulit berikut : 8 Jenis Makanan Terbaik untuk Kulit Sehat dan Awet Muda

3. Penggunaan Antiperspirant dan Deodorant

Antiperspirant berfungsi untuk mengurangi produksi keringat pada ketiak, sedangkan deodorant sendiri berguna untuk menutupi aroma tak sedap pada ketiak. Meski keduanya mampu menjaga ketiak agar tetap segar, namun penggunaan produk yang salah atau berlebih justru dapat menimbulkan rasa gatal dan iritasi pada permukaan kulit ketiak.

Oleh karena itu, pilihlah jenis deodorant yang lebih bersahabat dengan jenis kulit. Sebisa mungkin hindari yang memiliki aroma parfum menyengat. Begitupun halnya dengan antiperspirant. Intensitas pemakaian juga harus disesuaikan dengan tingkat kesibukan serta kondisi cuaca tempat beraktivitas.

4. Kegemukan

Memiliki berat badan berlebih menyebabkan tubuh menjadi lebih resisten terhadap efek insulin. Akibatnya produksi sel pigmen kulit pun akan semakin meningkat. Berdasarkan suatu penelitian, diketahui bahwa lebih dari setengah orang dewasa dengan bobot badan berlebih mengalami penggelapan di ketiak dan area lipatan kulit lainnya.

5. Acanthosis Nigricans

Penyebab ketiak hitam juga dapat ditenggarai oleh suatu kondisi kulit yang disebut dengan acanthosis nigricans (AN). Dimana kulit akan mengalami penebalan dan berubah warna menjadi beludru gelap pada beberapa bagian lipatan tubuh, seperti ketiak, leher, lipatan di bawah lengan, selangkangan dan lipatan di balik lutut. Rasa gatal dan bau tak sedap juga kerap menyertai.

6. Obat-Obatan

Beberapa jenis obat-obatan tertentu seperti insulin, kortikosteroid, pil KB, niacin dosis tinggi dan obat untuk hormon pertumbuhan manusia memiliki efek samping yang dapat meningkatkan kadar insulin sehingga dapat menyebabkan ketiak menghitam. Berkonsultasilah selalu dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan tertentu.

Ketiak hitam memang merupakan kondisi yang relatif umum dan tak terlalu sulit diatasi. Namun, bagi yang memiliki riwayat kesehatan seperti obesitas, diabetes atau kelenjar tiroid, maka pengobatan secara total menjadi jalan terbaik guna mencerahkan kembali warna ketiak. Lebih lanjut, baca: Cara Memutihkan Ketiak Hitam Secara Alami

Perhatikan, apabila mendapati bercak-bercak gelap di ketiak ataupun area kulit lainnya, segera temui dokter ahli. Bukan tidak mungkin kondisi ini merupakan pertanda bahwa kanker mulai tumbuh di organ dalam perut seperti usus atau hati.

Lihat sumber