Yuk Cari Tahu Penyebab Mata Sayu dan Cara Mengatasinya

Tak peduli seberapa tampan atau cantiknya seseorang, kalau matanya sayu, maka itu akan tetap membuatnya terlihat kurang menarik. Mata sayu memang bisa mematikan kesan bersemangat dan energik dalam diri seseorang. Untuk itu ketahuilah penyebab mata sayu dan cara mengatasinya.

Apa sih yang Dimaksud dengan Mata Sayu itu?

Mata sayu menggambarkan kondisi mata yang kelopak atasnya turun atau melorot, area bawahnya berkantong, terkadang disertai lingkar hitam di sekitar mata. Di samping itu, mata yang tidak bersinar atau tampak redup juga bisa disebut sayu.

mata sayu

Jika terdapat lingkaran hitam pada mata (mata panda), maka ikuti tips berikut untuk mengatasinya: 13 Cara Menghilangkan Mata Panda

Ada orang tertentu yang memang dikaruniai mata sayu sejak lahirnya. Untuk yang ini mungkin tak banyak yang bisa dilakukan karena mata sayu merupakan karakter dasar indera penglihatannya. Namun banyak juga kondisi mata sayu yang timbul akibat faktor tertentu.

Apa saja Penyebab Mata Sayu?

Ada alasan mengapa mata seseorang bisa sayu, lelah, atau tampak seperti terus-menerus mengantuk. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Kurang Tidur

Tentu saja alasan satu ini yang paling masuk akal. Jika seseorang kurang tidur, maka otomatis matanya akan tampak sayu atau terus-menerus loyo karena mengantuk. Kurang tidur atau begadang bisa membuat darah di jaringan otot mata miskin oksigen sehingga mata terlihat lelah usai bangun tidur. Solusinya adalah, hindari tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya karena pada dasarnya kita harus beristirahat 6-8 jam agar tetap sehat dan energik.

2. Kebiasaan Merokok

Anda mungkin menyangkal alasan pertama tadi karena merasa sudah cukup tidur. Namun bila Anda memiliki kebiasaan buruk seperti merokok, maka itu juga bisa menyebabkan mata sayu. Pemicunya tak lain adalah asap rokok yang merupakan hasil pembakaran tembakau.

Seperti kita ketahui bersama, asap rokok mengandung racun serta radikal bebas yang tak hanya merusak organ paru-paru, namun juga bagian tubuh lain termasuk jaringan mata. Asap rokok juga bisa menghambat kelancaran sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Bila peredaran darah terganggu, maka oksigen di bagian mata akan berkurang. Asap rokok juga membuat saraf mata jadi gampang iritasi dan kurang elastis sehingga mudah kendur.

3. Mata Jarang Diistirahatkan Sehingga Lelah

Jika dalam keseharian, Anda selalu berkutat dengan yang namanya kegiatan menyetir, membaca buku, menulis atau memeriksa catatan, menonton TV, menatap layar komputer maupun HP, maka itu juga bisa menyebabkan mata sayu. Saat melakukan berbagai aktivitas tadi, mata biasanya jarang diistirahatkan.

Jika mata terus menerus on, maka akan membuatnya jadi lelah dan kering. Selain itu, radiasi elektromagnetik dari layar juga bisa membuat organ penglihatan tegang sehingga merusak jaringan saraf maupun ototnya.

4. Minim Pencahayaan

Menatap obyek kecil seperti tulisan atau lainnya di ruang yang minim pencahayaan juga bisa membuat mata cepat lelah dan kering.

5. Dehidrasi

Ternyata kurang minum tak hanya berpengaruh pada kulit atau bibir saja lho, tapi juga bisa membuat mata tampak kurang segar. Selain karena kurang minum, dehidrasi juga bisa disebabkan karena seseorang mengalami diare atau muntah.

Saat tubuh kekurangan air, maka otomatis produksi air mata juga menurun. Oleh sebab itu, pastikan tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, khususnya saat musim panas tiba.

6. Sering Menangis

Kebiasaan menangis, entah karena terharu mendengar curhat orang lain, efek menonton drama, atau sedang berduka, juga bisa membuat mata jadi sayu. Ketika menangis, saraf mata jadi tegang dan terus menekan otot-otot sekitar untuk merangsang produksi air mata. Akibatnya, terjadilah yang namanya pembengkakan sehingga setelah tampak sembab, matapun berubah jadi sayu.

7. Defisiensi Zat Besi

Jika mata terus-menerus sayu, maka itu bisa jadi tanda bahwa tubuh sedang kekurangan zat besi. Kurang zat besi membuat pembuluh darah sekitar mata melebar sehingga mata jadi bengkak dan sayu. Untuk itu jagalah asupan zat besi untuk tubuh Anda, bila perlu konsumsilah bahan makanan sesuai panduan berikut:  Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi.

8. Cedera

Cedera di bagian mata sehingga memengaruhi otot ataupun saraf juga bisa memicu munculnya mata sayu.

9. Gangguan Kesehatan

Ada beberapa gangguan kesehatan tertentu yang juga bisa memengaruhi tampilan mata yang semula terlihat segar, berubah menjadi sayu. Beberapa di antaranya adalah karena:

  • Alergi.
  • Angioedema (pembengkakan di area bawah kulit sebagai reaksi alergi).
  • Blepharitis (infeksi kelopak mata karena kelenjar dekat bulu mata overproduktif).
  • Orbital selulitis (infeksi mata akibat bakteri).
  • Oculopharyngeal muscular dystrophy (kelainan genetik otot langka yang muncul saat usia 40-60 tahun).
  • Myasthenia gravis (gangguan autoimun kronis yang membuat otot lemah).
  • Bell’ palsy (kelumpuhan sementara pada salah satu sisi otot wajah).
  • Sklerosis ganda (penyakit autoimun yang membuat tubuh menyerang mielin/ selaput pelindung saraf otak maupun tulang belakang).
  • Tumor pada kelopak atau lekuk mata.

10. Usia

Semakin bertambah usia seseorang, kendurnya kulit di ares wajah juga bisa membuat mata terlihat sayu. Tak hanya itu, usia lanjut juga menyebabkan otot mata kendur sehingga tampak semakin melorot.

11. Faktor Genetik

Kalau salah satu atau kedua orang tua mempunyai karakter mata sayu, maka biasanya itu juga bisa menurun pada anak-anaknya.

Cara Mengatasi Mata Sayu

Cara mengatasi mata sayu sebenarnya sangat tergantung dari penyebabnya. Kalau penyebabnya adalah faktor genetik, maka mungkin tak banyak yang bisa dilakukan. Untuk ini, Anda bisa mengakali penampilan mata agar tampak lebih segar dengan memakai riasan. Gaya riasan seperti smokey eyes misalnya, bisa membuat mata tampak lebih besar dan tegas sehingga menghilangkan kesan loyo atau sayu.

Dan bila penyebabnya adalah karena cedera atau penyakit tertentu seperti yang disebutkan tadi, maka mungkin butuh bantuan dokter untuk memulihkan kondisi mata sayu.

Di luar kondisi tadi, untungnya kita tak perlu harus ke dokter untuk memulihkan mata sayu. Anda cukup mempraktekkan beberapa tips berikut kalau ingin tampilan mata sayu segera berubah menjadi segar.

1. Berkediplah

Aksi berkedip bisa meningkatkan produksi cairan di mata sehingga mata tak kering dan tetap lembab. Tips ini harus dilakukan, khususnya oleh mereka yang sehari-hari selalu berkutat di depan layar monitor (TV, HP, atau komputer), buku, catatan, atau lainnya.

2. Kompres Saja

Kalau Anda histeris saat melihat besarnya kantong mata usai bangun tidur, maka jangan tunda lagi untuk segera mengompresnya. Ada beberapa bahan alami yang baik digunakan pada proses mengompres tadi dan semuanya ada di dapur rumah Anda. Bahan-bahan alami tadi yaitu:

  • Kantong Teh

Apakah ada kantong teh bekas di dapur? Jika tidak ada, maka tak ada salahnya Anda memulai hari itu dengan sarapan seperti biasa dan minum teh. Setelah selesai menyeduh tehnya, rendam kantong teh sebentar dalam air es, lalu tempelkan di mata sebagai kompres untuk melancarkan pembuluh darah.

Kandungan kafein dalam teh juga terbukti mampu mengurangi bengkak di mata. Setelah 5 menit berlalu, pasti sudah mulai terlihat perbedaannya. Dan bila sudah selesai mengompres, maka jangan buang kantongnya. Simpan itu dalam lemari es untuk dipakai lagi sepulang kerja nanti.

  • Timun

Di samping kantong teh bekas, potongan timun juga bisa menyegarkan mata sayu. Alasan mengapa timun bisa membuat mata tidak lagi melorot adalah karena sayuran ini mengandung silika yang berperan sebagai kolagen sintetis.

  • Punggung Sendok Makan

Jika di rumah tidak ada bahan alami apapun yang bisa dipakai untuk mengompres mata sayu, maka Anda bisa memakai bagian belakang sendok makan. Caranya mudah saja, tinggal dinginkan sendoknya sebentar, apakah itu dengan memasukkannya ke freezer atau mencelupkannya dalam air dingin. Setelah dikeringkan, tempelkan segera punggung sendok pada kelopak mata selama 1 menit, dan dapatkan kembali penampilan mata yang segar.

  • Kain Dingin

Bila tak ada timun, Anda juga bisa memanfaatkan kain atau handuk bersih yang direndam dengan air. Setelah memeras airnya, tempatkan itu ke mata selama beberapa menit. Lakukan beberapa kali hingga mata segar kembali.

  • Masker Mata Es

Di pasaran, kini telah banyak dijual masker mata es yang bisa diandalkan untuk kompres mata instan. Anda tinggal mendinginkan saja masker mata esnya lalu memakainya. Selain praktis dan tak bikin repot, produk ini juga bisa dipakai berulang kali sehingga lebih menghemat biaya.

Bicara soal efek dahsyat sensasi dingin bagi mata, Anda tidak disarankan mengaplikasikan es langsung ke kelopak mata. Ingatlah kalau kulit di area tersebut sangat tipis dan dinginnya bongkahan es bisa menimbulkan kerusakan serius pada kelopak dan bola mata.

3. Jalani Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang sehat memang selalu bisa menjauhkan kita dari berbagai gangguan kesehatan termasuk mata sayu salah satunya. Selain dengan menjaga pola makan, berolahragalah secara teratur, tidurlah yang cukup, atasi stres, dan cukuplah minum air.

4. Kurangi Aktivitas yang Memberatkan Mata

Kalau dalam keseharian Anda sudah sibuk berkutat di depan layar komputer maupun HP, maka di luar jam itu, minimalisir penggunaannya. Jangan lagi sering menatap layar HP atau komputer saat di rumah.

Saat di kantorpun, sebisa mungkin istirahatkan mata setiap 20 menit sekali dengan cara mengalihkan pandangan ke depan. Tatap obyek yang jauhnya 6 meter di depan selama 20 detik agar ketegangan pada indera penglihatan berkurang.

Alternatif lain adalah dengan menutup mata selama beberapa menit. Anda juga bisa break 15 menit setiap 2 jam sekali, dan ketika mata mulai terasa kering, sering-seringlah berkedip seperti saran no.1 tadi. Bahkan jika memungkinkan, mengapa tidak tidur siang sejenak di kantor setelah makan siang?! Tidur 30 menit saja sudah bisa mengistirahatkan tubuh dan mata sehingga segar kembali.

5. Relaksasi Mata

Seperti disebutkan tadi, salah satu pemicu munculnya mata sayu adalah karena mata lelah. Oleh karenanya tak ada salahnya mencoba teknik relaksasi mata untuk mengurangi bengkak, kemerahan, serta mata lelah. Anda bisa menutup mata sejenak, lalu membukanya sambil melirik ke kiri beberapa detik, dan kanan beberapa detik, kemudian ke atas dan bawah.

Baca juga panduan senam mata berikut: Manfaat dan Cara Melakukan Senam Mata.

6. Gunakan Obat Tetes Mata

Rutin bekerja dalam ruangan ber-AC memang tak hanya bisa membuat kulit kering, namun juga mata. Kalau solusi nomor 1 tadi tidak berhasil, maka tak ada salahnya membeli obat tetes mata yang bisa membantu melembabkan mata. Yang pasti, pakailah produk tersebut dengan bijak agar tak melebihi dosis aturan pakainya.

 

Itulah tadi beberapa saran praktis untuk mengatasi mata sayu yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba!

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer