Kenali Penyebab Sakit Punggung Sejak Dini untuk Pengobatan Optimal

Sakit punggung bisa datang tiba-tiba dan berlangsung hingga 6 minggu atau lebih (akut). Umumnya penyebab sakit punggung akut adalah karena jatuh atau usai mengangkat beban berat. Dan meski jarang terjadi, sakit punggung juga dapat dirasakan lebih dari 3 bulan (kronis) lamanya.

Walau tak mengancam nyawa seseorang secara langsung, namun penderita sakit punggung selalu merasa tidak nyaman. Ia juga kerap tak berdaya dan tidak bisa mengerjakan banyak hal karena terhalang oleh rasa sakit yang dirasakannya.

penyebab sakit punggung

penyebab sakit punggung kiri dan kanan

Kalau sudah begini tentu saja diperlukan penanganan yang tepat agar masalah sakit punggung tidak berlanjut. Agar penanganannya tepat dan mencegah agar tidak timbul lagi dikemudian hari, maka Anda haru mengetahui penyebab sakit punggung yang Anda derita.

Mengenal Penyebab Sakit Punggung 

Penyebab sakit punggung biasanya baru bisa diidentifikasi setelah pasien periksa ke dokter. Umumnya beberapa kondisi yang sering menyebabkan sakit punggung antara lain:

Berikut penjelasan dari masing-masing poin di atas..

# Saraf terjepit

Biasanya saraf terjepit disebabkan karena adanya tulang kecil yang tumbuhnya menonjol keluar (taji) atau akibat penonjolan piringan sendi yang terselip di antara ruas tulang belakang. Kedua tonjolan tersebut apabila mengarah ke sumsum tulang belakang, maka tentu saja akan menimbulkan rasa saki yang cukup mengganggu pada punggung.

# Penyakit degenerasi disc (DDD)

Disc maksdunya Discus intervertebralis adalah bantalan antar tulang belakang yang bentuknya seperti cakram (disc). Kalau bantalan ruas tulang belakang menyusut atau robek, maka ini dapat menyebabkan sakit punggung akibat tulang saling bergesekan satu dengan lainnya. Penyakit DDD ini umumnya terjadi saat seseorang bertambah tua.

# Radang sendi sacroiliac

Sendi sacroiliac merupakan sendi yang terbentuk dari sambungan sakrum dan tulang iliac kanan serta kiri. Normalnya sendi ini tak banyak bergerak, namun perannya sangat penting karena mampu memindahkan beban tubuh bagian atas ke bawah. Sendi tersebut dapat bengkak dan menimbulkan rasa sakit bila sampai terluka, entah karena radang sendi, infeksi, ataupun kehamilan.

# Spinal stenosis

Dalam beberapa kasus, radang sendi dapat menyebabkan penyempitan ruang tulang belakang. Padahal ruang tulang belakang ini menjadi tempat keberadaan saraf sumsum tulang belakang. Kondisi ini biasa disebut spinal stenosis. Ini termasuk penyebab sakit punggung yang banyak terjadi, bahkan tak jarang membutuhkan operasi untuk penyembuhannya.

# Spondylolisthesis

Spondylolisthesis merupakan kondisi dimana ada tulang belakang yang bergeser sehingga keluar dari tempat asalnya. Dan umumnya pergeseran tersebut banyak terjadi di area punggung bawah. Penyebab sakit punggung yang satu ini umumnya terjadi akibat trauma atau cidera.

# Skiatika

Skatika merupakan iritasi saraf yang menjalar dari punggung bawah ke kaki sehingga menimbulkan rasa sakit tak hanya di punggung bawah, namun juga pantat serta kaki.

penyebab sakit punggung bawah

penyebab sakit punggung bawah

# Kecelakaan atau terluka

Kecelakaan mobil, jatuh, cedera olahraga, serta patah tulang juga dapat berimbas pada punggung sehingga terasa sakit.

# Keseleo

Para pekerja begitu sering mengalami penyebab sakit punggung yang satu ini. Pasalnya, sering mengangkat beban berat atau melakukan gerakan tertentu secara tiba-tiba dapat membuat otot punggung atau ligamen tulang belakang keseleo. Dan bila kondisi fisik kurang prima, maka keseleo punggung yang terlalu sering dapat membuat otot jadi kejang dan sakit.

# Arthritis

Osteoarthritis juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit punggung, khususnya bagian bawah. Kondisi ini melemahkan sendi dan otot ligamen yang bertugas menjaga agar tulang belakang tetap sejajar.

# Tekstur tulang belakang abnormal

Sakit punggung juga bisa timbul kalau tulang belakang melengkung secara abnormal. Skoliosis salah satunya, merupakan kondisi dimana tulang belakang melengkung ke samping.

# Osteoporosis

Tulang belakang dapat melemah kalau teksturnya rapuh atau keropos (osteoporosis). Kondisi ini akan membuat seseorang menjadi bungkuk, saraf-saraf tulang belakang tertekan, otot-otot tegang, bahkan bisa mengalami kelainan tekstur tulang belakang seperti kifosis, ataupun skoliois.

# Kebiasaan yang salah

Penyebab sakit punggung lainnya adala kebiasaan yang salah yang sering dilakukan dalam keseharian, seperti:

  • Terbiasa duduk bungkuk
  • Salah posisi saat mengangkat barang berat
  • Terlalu gemuk
  • Kurang olahraga
  • Merokok
  • Sering mengenakan sepatu hak tinggi

# Stres

Banyak banyak yang tidak menyangka bahwa kondisi yang satu ini bisa menyebabkan sakit punggung. Stres dapat membuat otot punggung tegang, dan depresi atau kecemasan berlebih dapat membuat rasa sakitnya semakin parah.

# Kehamilan

Ibu hamil sering mengeluh sakit punggung. Hal ini wajar saja terjadi, karena beban berat rahim yang membesar beserta isi di dalamnya membuat ibu hamil kelelahan. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai masalah ini, simak artikel berikut: Sakit Pinggang Saat Hamil : Penyebab, Pengobatan, Pencegahan

# Tumor

Kasus adanya tumor di punggung memang jarang adanya, namun bukan berarti tak mungkin terjadi. Tumor dapat muncul karena ada kanker di bagian tubuh lain yang menyebar hingga ke punggung.

# Infeksi atau batu ginjal

Gangguan ginjal seperti infeksi atau adanya batu ginjal sedikit-banyak akan menimbulkan rasa sakit pada punggung. Kondisi ini sering takutkan kebanyakan pasien yang berobat. Namun tahukah Anda bahwa masih banyak penyebab sakit punggung lainnya selain dari gangguan pada ginjal. Untuk itu periksalah ke dokter agar diidentifikasi penyebabnya secara pasti.

# Endometriosis

Endometriosis adalah tumbuhnya jaringan rahim yang lokasinya di luar rahim. Banyaknya jaringan di luar rahim ini dapat memicu rasa sakit di punggung terutama saat menstruasi. Namun itu hanyalah gejala tambahan, gejala utama endometriosis adalah kram perut.

# Osteomielitis

Osteomilitis adalah infeksi tulang yang ditimbulkan oleh mikroorganisme yang berhasil menyusup masuk dalam tubuh melalui luka atau darah. Kondisi ini sangat umum terjadi pada anak-anak. Jika tulang terlibat adalah tulang belakang, maka hal ini akan menyebabkan sakit punggung.

# Fibromialgia

Penyebab sakit punggung juga bisa bersifat menurun, salah satunya adalah Fibromialgia yang membuat seseorang merasakan nyeri di seluruh tubuhnya, tidak hanya di punggung saja. Kondisi ini biasanya berlangsung berkepanjangan.

Simak juga pembahasan mengenai Cara Ampuh Mengatasi Sakit Pinggang

Apapun penyebabnya, kalau Anda mengalami sakit punggung, ada baiknya segera periksakan diri ke dokter. Hindari memijat punggung terlalu keras, karena salah penanganan bisa menimbulkan cedera atau rasa sakit yang lebih parah.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer