Pilih Makanan Tepat untuk Penderita Asam Lambung

Bagi siapa saja yang memiliki masalah asam lambung tinggi dan telah menimbulkan gejala-gejala sakit maag, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Jika tidak ingin gejala maag kambuh lagi, janganlah mengonsumsi pantangan makanan untuk penderita asam lambung, tetapi konsumsi lah hanya makanan yang dianjurkan. Apa saja itu? simak terus artikel ini.

Penyakit lambung atau sakit maag merupakan penyakit saluran cerna yang paling banyak diderita oleh masyarakat. Pada kebanyakan orang penyakit maag tidak menimbulkan masalah yang serius, karena penyakit ini akan cepat sembuh setelah diberi obat – obatan (obat asam lambung), namun pada sebagian kecil orang penyakit maag dapat menimbulkan masalah yang serius dimana gejala yang ditimbulkannya dapat sangat mengganggu aktivitas sehari – hari.

Simak juga: 9 Gejala Asam Lambung Tinggi

Lambung manusia memproduksi enzim – enzim dan zat asam lambung yang berguna untuk mencerna makanan. Lambung yang normal mempunyai lapisan pelindung yang melindungi dinding lambung bagian dalam dari pengikisan oleh asam lambung. Penyakit maag itu sendiri terjadi ketika lapisan pelindung dinding dalam lambung tersebut mengalami gangguan atau produksi asam lambung yang berlebihan.

makanan asam lambung

Makanan untuk Penderita Asam Lambung: Pantangan dan Anjuran

Agar penyakit maag tidak berkembang menjadi penyakit kronis, maka sebaiknya mengatur pola makan dengan menyesuaikan berdasarkan anjuran dan pantangan makanan untuk penderita asam lambung.

8 Makanan Anjuran 

Makanan berikut ini merupakan makanan anjuran untuk penderita asam lambung karena dapat membantu mengurangi pembentukan asam berlebihan di lambung, makanan tersebut antara lain :

  1. Madu : merupakan makanan yang memiliki banyak khasiat pengobatan, salah satunya bagi penderita penyakit lambung madu dapat menjaga agar asam lambung tidak keluar secara berlebihan, selain itu madu juga dapat mematikan kuman Helicobacter pylori yang terdapat di dalam lambung
  2. Pisang : merupakan buah yang mengandung banyak kalium. Satu buah pisang dengan ukuran sedang mengandung 422 mg kalium. Bagi pederita asam lambung kalium dalam pisang dapat membantu menetralkan asam di dalam lambung yang berlebihan
  3. Alpukat : Di dalam 100 gr alpukat terkandung 485 mg kalium. Sama seperti pisang konsumsi alpukat juga dapat membantu menetralkan asam lambung
  4. Blewah : Di dalam 100 gr blewah terkandung 309 mg kalium. selain dapat menetralkan asam lambung blewah juga merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat baik.
  5. Melon : Melon merupakan sumber vitamin A, vitamin C, thiamin, magnesium, folat dan kalium yang sangat baik. Melon juga dianjurkan bagi penderita asam lambung karena di dalam 100 gr melon mengandung 280 mg kalium.
  6. Kentang : juga mengandung kalium, namun kadar kaliumnya tidak sebanyak buah pisang, di dalam 100 gram kentang terkandung kalium sebanyak 200 mg. Selain sebagai seumber kalium kentang juga merupakan sumber karabohidrat yang baik
  7. Kacang kedelai : juga mengandung kalium, dan juga dianjurkan untuk penderita asam lambung, karena di dalam 100 gram kacang kedelai terkandung kalium sebanyak 160 mg
  8. Brokoli : merupakan sayuran yang mengandung sulforaphane yaitu senyawa bakterisidal yang mematikan bagi kuman Helicobacter pylori. Dengan mengkosumsi brokoli sebanyak dua kali dalam sehari dapat membantu menyembuhkan penyakit maag.

Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Makanan berikut ini merupakan makanan pantangan penderita asam lambung karena akan dapat meningkatkan pembentukan asam lambung dan mengiritasi lambung, makanan yang dimaksud antara lain :

  • Makanan yang banyak mengandung gas seperti sawi dan kol. Penderita asam lambung apabila mengkonsumsi makanan ini dapat membuat asam lambung menjadi naik dan penyakit lambungnya menjadi mudah kambuh
  • Makanan dengan rasa pedas seperti cabai, saos, sambal, merica. Makanan ini apabila diproduksi oleh penderita asam lambung dapat menimbulkan iritasi pada lambung sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada lambung.
  • Makanan asam seperti cuka, acar, asinan. Makanan ini akan secara langsung meningkatkan suasana asam di dalam lambung, apabila dikonsumsi oleh penderita asam lambung dapat memperburuk penyakit lambungnya.
  • Buah – buahan asam seperti belimbing wuluh, nanas, lemon, kedondong, belimbing, mangga muda tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena kadar asam dalam buah ini dapat meningkatkan suasana asam di dalam lambung.
  • Makanan yang mengandung alkohol seperti tape singkong, tape ketan, manisan sayur, manisan buah tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena kandungan alkohol secara langsung dapat meningkatkan asam lambung dan mengiritasi lambung
  • Makanan berminyak dan berlemak seperti gorengan, dan jeroan hewan juga merupakan makanan pantangan karena mengandung lemak trans yang apabila dikonsumsi penderita asam lambung dapat mengiritasi lambung.
  • Makanan keras dan sulit dicerna seperti talas, singkong, beras ketan juga merupakan pantangan karena makanan tersebut secara langsung dapat melukai lambung, dan makanan tersebut akan membuat lambung bekerja lebih keras untuk mencernanya dengan cara meningkatkan produksi asam lambung.
  • Minuman yang mengandung alkohol seperti minuman keras juga merupakan pantangan karena dapat menipiskan selaput pelindung lambung dan meningkatkan asam lambung
  • Minuman mengandung kafein seperti kopi, teh, kola juga merupakan pantangan karena kadar kafein didalamnya dapat meningkatkan produksi asam lambung. Baca juga: Efek Bahaya Minum Kopi

Dengan mengonsumsi makanan-makanan anjuran dan menghindari pantangannya, diharapkan asam lambung tak kembali naik dan penyakit maag segera membaik. Semoga bermanfaat.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer