Apa Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah dan Pinggang?

sakit perut kiri bawah dan pinggang

Mengalami sakit perut sekaligus pinggang bisa membuat kewalahan dan ketakutan. Nyeri perut bagian kiri bawah dan pinggang dapat menandakan adanya masalah pada salah satu atau beberapa organ di dalam rongga perut dan panggul. Keluhan ini bisa disebabkan oleh kondisi sederhana seperti sembelit atau kondisi serius seperti batu ginjal.

Menyadari tanda bahaya dan gejala serius penting untuk membantu Anda menentukan langkah selanjutnya. Jangan sampai sesuatu yang berbahaya dibiarkan begitu saja, dan akhirnya menimbulkan petaka.

Berikut berbagai kemungkinan penyebab sakit perut sebelah kiri yang menjalar ke pinggang:

1. Diverticulitis

Diverticulitis adalah penyebab umum nyeri perut kiri bawah dan pinggang yang tak jarang membuat seseorang dilarikan ke rumah sakit. Kondisi ini kerap terjadi di usia 40 an ke atas, karena seiring bertambahnya usia, kantong kecil dapat terbentuk di sepanjang dinding usus besar.

Kantong-kantong ini muncul di kolon sigmoid yang terletak di sisi kiri perut. Diverticulitis terjadi ketika kantong-kantong ini meradang, mengakibatkan rasa sakit di perut bagian kiri bawah yang mungkin juga dirasakan di punggung atau pinggang yang berdekatan. Gejala lain yang mungkin dirasakan termasuk demam, mual, muntah, dan sembelit atau diare.

2. Gangguan Pencernaan Lainnya

Selain diverticulitis, ada juga masalah usus besar lainnya yang dapat menyebabkan nyeri perut kiri bawah sampai pinggang. Kondisi sederhana seperti sembelit dapat menyebabkan rasa sakit saat usus besar dipenuhi dengan tinja yang padat nan keras. Jika sembelit yang menyakitkan dikaitkan dengan kembung dan ketidakmampuan untuk mengeluarkan gas, mungkin ada penyumbatan usus.

Tumor yang melibatkan bagian terakhir usus besar juga dapat menyebabkan sakit perut kiri bawah dan pinggang. Gejalanya dapat berupa konsistensi tinja yang berubah menjadi kecil-kecil seperti kotoran kambing, kembung dan/atau tinja berdarah.

3. Gangguan Sistem Kemih

Nyeri punggung sisi kiri yang menjalar ke perut bagian bawah bisa menunjukkan adanya batu ginjal atau infeksi ginjal. Batu ginjal berkembang dari zat-zat pembentuk kristal yang berlebihan dalam urin. Ketika batu yang lebih besar bergerak melalui sistem kemih, batu tersebut dapat menyebabkan penyumbatan, yang menyebabkan rasa sakit, air kencing berdarah dan mual.

Nyeri yang sama juga dapat dirasakan saat infeksi saluran kemih sudah menjalar ke ginjal, suatu kondisi yang disebut pielonefritis. Gejala-gejala khasnya termasuk sakit perut dan punggung satu sisi, rasa terbakar (panas) saat buang air kecil, peningkatan frekuensi kencing, mual, muntah, demam dan menggigil.

4. Gangguan Sistem Reproduksi

Sakit perut kiri bawah dan pinggang pada wanita erat kaitannya dengan masalah indung telur atau tuba fallopi di bagian tersebut. Infeksi, kista atau ovarium terpuntir dapat menyebabkan nyeri hebat yang umumnya memburuk seiring berjalannya waktu.

Hamil di luar kandungan yang terletak di tuba fallopi kiri atau ovarium – suatu kondisi yang dikenal sebagai kehamilan ektopik – Juga dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah (kiri atau kanan) yang disertai dengan pendarahan vagina

Tidak hanya wanita, organ reproduksi pria juga berpotensi menyebabkan nyeri perut kiri bawah yang menjalar ke pinggang. Sebut saja, infeksi testis, tumor testias atau testis terpuntir.

Kapan harus ke dokter?

Hubungi dokter segera jika mengalami sakit perut yang menjalar ke punggung ataupun pinggang, terutama jika tidak hilang dalam beberapa hari, atau terasa parah dan semakin memburuk. Segera cari pertolongan medis jika keluhan tersebut disertai demam, BAB berdarah, muntah terus-menerus, tidak bisa kentut atau sendawa, pendarahan, atau pusing.

DISKUSI TERKAIT