Tanda-tanda Ambeien Berdasarkan Derajat Keparahannya

Perdarahan ketika buang air besar menjadi salah satu pertanda ambeien pada tahap awal. Masih banyak tanda-tanda ambeien lainnya yang dapat dikenali. Untuk itu, ketahui lebih lanjut mengenai tanda-tanda ambeien berdasarkan derajat keparahannya berikut ini.

Ambeien merupakan suatu kondisi medis yang terjadi akibat adanya pelebaran satu segmen atau lebih dari vena hemoroidalis di daerah anorektal, yakni ruangan sekitar anus atau rektum. Tidak hanya melibatkan pembuluh darah, timbulnya ambeien juga melibatkan jaringan lunak maupun otot-otot di sekitar anorektal.

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya ambeien. Diantaranya seperti kehamilan, konstipasi akibat diet rendah serat, sering menunda-nunda BAB, terlalu lama duduk atau jongkok di kloset, malas berolahraga dan beberapa faktor penyebab lainnya yang dapat di simak pada artikel berikut: Faktor Penyebab Wasir yang Sering Terabaikan

tanda-tanda ambeien

Tanda-tanda ambeien sendiri secara garis besar meliputi perdarahan saat BAB, prolaps atau keluarnya benjolan ambeien dari anus, rasa gatal juga nyeri pada rektum atau anus dan pembengkakan.

Agar lebih mudah mengenalinya, berikut penjelasan lengkap mengenai tanda-tanda ambeien berdasarkan jenis dan derajat keparahannya:

1. Ambeien Interna

Pada permulaan, terjadinya varises hemoroidalis belum timbul keluhan. Pembengkakan pada ambeien interna derajat I berada cukup jauh di dalam rektum sehingga hanya dapat ditemukan dengan proktoskopi. Adanya perdarahan pada saat BAB menjadi tanda-tanda ambeien interna derajat I yang paling mungkin dikenali.

Namun jangan keliru, karena perdarahan pada saat BAB ini bisa jadi mengindikasikan kondisi medis yang lebih serius, seperti kanker kolorektal atau kanker usus besar.

Bedanya, perdarahan karena ambeien ditandai dengan keluarnya darah merah segar yang tidak bercampur dengan feses. Sedangkan pada kanker usus besar, darah yang keluar akan bercampur dengan feses dan disertai dengan diare.

Bila penderitanya kurang menanggapi, ambeien interna derajat I dapat berkembang menjadi derajat II. Pada tahap ini, benjolan ambeien sudah dapat dirasakan, karena akan selalu keluar saat defekasi atau BAB. Meskipun masih dapat masuk dengan sendirinya setelah proses BAB selesai.

Pada derajat III, benjolan yang keluar saat BAB sudah tidak dapat masuk lagi dengan sendirinya. Melainkan harus didorong secara manual menggunakan tangan. Pada derajat IV, benjolan ambeien sudah tidak dimasukkan kembali meski dengan cara didorong manual dengan tangan dan biasanya akan disertai dengan infeksi dan perlingkaran anus.

Derajat hemoroid ambeien

2. Ambeien Eksterna

Ambeien eskterna biasanya merupakan perluasan dari ambeien interna. Ambeien jenis inilah yang kerap dijumpai dalam banyak kasus. Dalam bentuk akut, ditandai dengan pembengkakan bulat kebiruan pada pinggir anus yang disertai dengan rasa sakit juga gatal. Menyebabkan penderitanya kesulitan beraktivitas, meski hanya sekedar duduk atau BAB.

Sementara itu, dalam bentuk kronis, ambeien eksterna terdiri atas satu lipatan atau lebih dari kulit anus yang berupa jaringan penyokong dengan sedikit pembuluh darah. Baik pada ambeien eksterna akut maupun kronis, keduanya terkadang dapat membuat penderitanya mengeluarkan mucus atau lendir secara tidak sengaja.

Pengobatan ambeien berdasarkan derajat keparahannya

Untuk ambeien derajat I dan II, pengobatan yang dapat dilakukan yakni dengan diet tinggi serat dan pemberian obat-obatan suposituria atau topikal yang mengandung anestesi lokal atau steroid guna membantu menghilangkan nyeri.

Bila terjadi infeksi, maka dapat diberikan antibiotik. Terapi skleroting atau prosedur ligasi pita karet dapat dilakukan bila gejalanya parah atau pengobatan sebelumnya tak jua menunjukkan hasil positif.

Pada pengobatan ambeien derajat III dan IV dapat dilakukan pengikatan atau dengan jalan suntikan sklerotika guna mengontrol perdarahan dan prolaps kecil hingga sedang. Bila tidak menampakkan keberhasilan, maka dapat dilakukan pembedahan.

Metode yang tersedia mulai dari bedah konvensional (teknik Milligan – Morgan, teknik Whitehead, teknik Langenback), bedah laser dan yang terkini ialah bedah stapler.

Bedah stapler saat ini lebih sering dilakukan karena memiliki lebih banyak keunggulan, seperti rasa nyeri yang minimal dan prosedur tindakan yang berlangsung singkat, hanya sekitar 20-45 menit. Pasien pun dapat pulih lebih cepat tanpa perlu rawat inap terlalu lama di rumah sakit.

Perlu di ingat, untuk ambeien derajat 4 tidak diperbolehkan untuk langsung melakukan operasi. Harus diturunkan dahulu menjadi derajat III. Caranya dengan duduk berendam di cairan PK 1/10.000 selama 15 menit. Dilanjutkan dengan kompres larutan garam hipertonik agar edema dan kotoran dapat keluar. Setelah 2 minggu biasanya akan menjadi derajat III.

Itulah beberapa tanda-tanda dan pengobatan ambeien yang dapat dilakukan berdasarkan derajat keparahannya. Segera periksakan diri ke dokter apabila mendapati perdarahan saat BAB. Semakin cepat gejala ambeien dikenali dan diatasi, maka risiko berkembangnya ambeien lebih jauh lagi dapat dicegah.

Lihat sumber
Tags:

DISKUSI TERKAIT