Permen Strepsils obat apa?

Permen Strepsils adalah obat berbentuk permen yang digunakan untuk memberikan rasa lega di tenggorokan yang sakit. Permen ini juga digunakan untuk meringankan rasa sakit akibat perlukaan atau lesi di mulut dan tenggorokan serta mengurangi bau mulut.

Permen yang diproduksi oleh Reckitt Benckiser Thailand dan di impor oleh PT. Reckitt Benckiser Indonesia ini merupakan obat yang digolongkan dalam jenis obat bebas yang dapat dikonsumsi tanpa perlu resep dokter dan lebih dikenal sebagai permen pelega tenggorokan. Sebagai tambahan informasi tentang Permen Strepsils ini berikut kami ulas kegunaan, efek samping, kontraindikasi, kemungkinan interaksi dengan obat lain serta keamanan permen ini untuk ibu hamil dan menyusui.

Ikhtisar Obat Permen Strepsils

Jenis obatPelega tenggorokan
KandunganAmylmetakresol, dichlorobenzyl alcohol
KegunaanMelegakan tenggorokan yang sakit, meredakan nyeri akibat perlukaan atau lesi di mulut serta mengurangi bau mulut
KategoriObat bebas
KonsumenDewasa dan Anak
KehamilanKategori N
SediaanStrepsils Original, Strepsils Cool, Strepsils Sore Throat & Blocked Nose, Strepsils Honey & Lemon, Strepsils Orange with Vitamin C

varian rasa permen strepsils

Mekanisme Kerja

Cara kerja Permen obat pelega tenggorokan ini dapat dicermati dari mekanisme kerja bahan aktifnya yang berupa:

  • Amylmetakresol, merupakan senyawa antibakteri dan antivirus ringan yang juga memblok kanal Na seperti yang dilakukan oleh banyak obat anastetik lokal. Dengan begitu senyawa ini dapat membantu meredakan rasa sakit di jaringan mukosa mulut dan tenggorokan sekaligus membantu meredakan infeksi yang terjadi.
  • Dichlorobenzyl alcohol, senyawa ini merupakan antiseptik ringan dengan spektrum luas yang dapat meredakan infeksi bakteri dan virus terutama yang berhubungan dengan infeksi mulut dan tenggorokan. Senyawa obat ini juga mampu memblokade kanal natrium sehingga bersifat anastesi lokal. Dengan begitu dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan di mulut dan tenggorokan.

Indikasi atau Kegunaan Permen Strepsils

Permen Strepsils digunakan untuk membantu melegakan tenggorokan yang sakit akibat radang tenggorokan, flu, atau kondisi lain yang menyebabkan peradangan atau perlukaan dan iritasi di sekitar tenggorokan dan mukosa mulut.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan permen obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang yang memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap kandungan bahan aktif permen ini.

Dosis Permen Strepsils dan Cara Penggunaan

Permen Strepsils tersedia dalam bentuk bentuk sediaan tablet kembang gula dengan kekuatan kekuatan dosis bahan aktifnya per tebletnya yaitu:

  • Amylmetakresol: 0,6 mg.
  • Dichlorobenzyl alcohol: 1,2 mg.

Tidak ada dosis baku dalam mengonsumsi Permen Strepsils ini karena dalam bentuk permen obat ini dapat dinikmati layaknya permen pada umumnya. Namun dosis lazim yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

Dosis Permen Strepsils untuk melegakan tenggorokan

  • Dosis dewasa dan anak-anak: 1 permen setiap 2 – 3 jam.

Petunjuk Penggunaan:

  • Permen obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan.
  • Pemen ini tidak diindikasikan untuk mengobati radang tenggorokan jadi gunakan hanya untuk melegakan tenggorokan yang sakit namun tidak intens. Jika sakit di tenggorokan semakin parah atau Anda jadi sulit menelan segeralah berkonsultasi ke dokter.

Efek Samping Permen Strepsils

Permen Strepsils umumnya ditoleransi dengan baik. Namun, beberapa efek samping mungkin muncul, apalagi untuk konsumsi yang terlalu banyak, efek tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Kandungan gula pada Permen Strepsils mungkin menyebabkan karang gigi atau bahkan gigi berlubang.
  • Penggunaan berlebih mungkin akan mengganggu pencernaan dan menyebabkan mual atau muntah serta rasa tidak nyaman di tenggorokan.

Efek Overdosis Permen Strepsils

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis penggunaan Permen Strepsils. Namun karena permen ini juga mengandung bahan aktif obat, penggunaan dosis tinggi dalam jangka waktu lama mungkin menyebabkan efek samping senyawa obat muncul dan mengganggu kesehatan. Efek yang mungkin muncul seperti reaksi alergi dan peradangan pada tenggorokan. Jika kondisi ini terjadi segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum atau selama mengonsumsi obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap amylmetakresol, dichlorobenzyl alcohol yang merupakan dua bahan aktif permen pelega tenggorokan ini maka sebaiknya hindari mengonsumsi Permen Stepsils.
  • Hindari konsumsi permen mengandung banyak gula jika Anda sedang sakit gigi atau memiliki gigi yang berlubang.
  • Konsumsi permen ini pada anak-anak umur di bawah 6 tahun atau anak-anak yang intoleransi terhadap fruktosa tidak dianjurkan.
  • Jika muncul reaksi alergi seperti pembengkakan dan rasa gatal di bibir, mulut atau tenggorokan segera hentikan konsumsi permen ini dan berkonsultasilah ke dokter.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Permen Strepsils untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Belum diketahui apakah bahan aktif Permen Strepsils dapat membahayakan janin ibu hamil. Namun karena permen pelega tenggorokan ini memiliki kandungan bahan obat sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda terutama untuk Anda yang mengonsumsi permen ini secara rutin.
  • Belum diketahui apakah bahan aktif Strepsils dapat masuk terekskresi ke dalam ASI ibu menyusui dan membahayakan bayi yang menyusu. Oleh karena itu, untuk menghindari potensi buruk yang mungkin memengaruhi kesehatan bayi sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi permen ini, terutama untuk yang Anda yang rutin mengonsumsinya.

Interaksi Obat

Potensi interaksi kandungan bahan obat dari Permen Strepsil mungkin terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi secara bersamaan dengan permen ini dan untuk lebih amannya sebaiknya konsultasikan dokter.