Phisohex obat apa?

Phisohex adalah sabun cair antiseptik yang digunakan untuk membersihkan dan merawat kulit wajah sehari-hari. Berdasarkan keterangan di kemasannya sabun ini dapat membersihkan kulit dari kotoran dan debu serta melindungi kulit dari kuman atau bakteri dan sekaligus menjaga pH kulit.

Dilihat dari komposisi bahan aktif utamanya Phisohex terdiri dari triclosan yang berfungsi sebagai antiseptik, zinc phyrition sebagai anti radang dan anti gatal, moisturizer untuk melembabkan kulit serta pH balance untuk menjaga keasaman alami kulit yaitu pH 5,5.

Sabun cair yang diproduksi oleh PT. Pharma Health Care dengan lisensi dari Sanovi-Aventis Paris ini dipasarkan bebas dan dapat di beli di apotik atau toserba.

Ikhtisar Obat Phisohex

Jenis obatAntiseptik kulit
KandunganTriclosan, zinc phyrition, moisturizer, pH balance
KegunaanMembersihkan kulit dan menjaga pH alaminya
KategoriObat Bebas
KonsumenDewasa dan Anak
KehamilanAman
SediaanPhisohex 110 ml dan 50 ml
phisohex sabun cair antiseptik kemasan 110 ml dan 50 ml

Phisohex sabun cair antiseptik kemasan 110 ml dan 50 ml

Mekanisme Kerja

Cara kerja Phisohex dapat dicermati dari kandungan bahan aktif utama penyusunnya. Bahan-bahan ini yang umumnya memiliki efek seperti yang diindikasikan dalam kemasannya. Bahan aktif tersebut diantaranya yaitu:

  • Trisclosan, merupakan senyawa antimikroba spektrum luas yang memiliki sifat antibiotik dan antimikotik. Kemampuan ini membuatnya digunakan dalam banyak peroduk pembersih rumah tangga seperti sabun, pasta gigi, kosmetik bahkan bahan ini juga digunakan pada furniture, peralatan masak dan mainan anak untuk menghindari kontaminasi bakteri. Namun keefektifan dan efek samping senyawa ini masih diperdebatkan karena penelitian menemukan bahwa triklosan dapat mengganggu kerja hormon dan dapat memicu resistensi bakteri.
  • Zinc phyrition, adalah senyawa turunan asam aspergilat yang memiliki kemampuan antibakteri dan antijamur. Meskipun mekanisme kerjanya tidak sepenuhnya diketahui, senyawa ini tampaknya mengganggu pertukaran zat antarmembran yang menyebabkan hilangnya kontrol metabolik yang kemudian membunuh bakteri dan jamur.
  • Moisturizer, bertugas melembutkan dan menjaga kulit tidak kering setelah penggunaan sabun antiseptik ini
  • pH balance, berfungsi menjaga pH kulit tetap normal pada batasan alami sehingga kelebihan minyak akan teratasi.

Indikasi atau Kegunaan Phisohex

Phisohex sabun cair digunakan untuk membersihkan kulit dari kotoran dan debu serta untuk melindungi kulit dari infeksi kuman atau bakteri serta menjaga pH kulit tetap normal. Sabun antiseptik ini juga digunakan untuk membantu penyembuhan jerawat karena dapat melindungi dari infeksi bakteri dan menjaga kelembaban dan pH kulit alami.

Kontraindikasi

Phisohex umumnya aman digunakan untuk beragam jenis kulit. Namun jika seseorang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan bahan aktif sabun antiseptik ini, sebaiknya menghindari penggunaannya.

Dosis Phisohex dan Cara Penggunaan

Phisohex tersedia dalam bentuk sediaan botol ukuran 110 ml dan 50 ml

Dosis atau yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain.

Adapun dosis yang lazim penggunaan Phisohex adalah sebagai berikut:

  • Gunakan 1 sampai 2 ml pada kulit yang ingin dibersihkan lalu gosok dan tambahkan air secukupnya hingga busa phisohex merata lalu bilas dengan air bersih.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah sabun antiseptik ini pada kulit wajah atau tubuh yang perlu dibersihkan.
  • Hindari kontak dengan selaput mata, hidung, mulut atau lapisan mukosa lainnya. Segera bilas dengan air mengalir jika terkena.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai menggunakannya.
  • Gunakanlah Sabun cair ini dua kali sehari saat mandi atau bila dibutuhkan.

Efek Samping Phisohex

Phisohex umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, ada efek samping yang mungkin muncul dan perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Iritasi kulit.
  • Gatal.
  • Penglupasan kulit ari.

Efek Overdosis Phisohex

Belum diketahui adanya efek overdosis dari penggunaan sabun cair antiseptik ini, namun jika produk ini tidak sengaja tertelan dan menimbulkan mual dan muntah parah segera hubungi instalasi kesehatan terdekat.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Hindari mengenai area mata, hidung, mulut atau area mukosa lainnya.
  • Hanya gunakan pada area kulit yang akan dibersihkan atau dirawat hindari menelan sabun ini meskipun sedikit.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak, jika tertelan oleh anak segera hubungi rumah sakit terdekat.
  • Efektifitas dan keamanannya untuk anak umur di bawah 2 tahun belum diketahui.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Phisohex untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Bahan aktif Phisohex berupa triclosan dan zinc phyrition belum digolongkan dalam kategori obat yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil, demikian pula dengan efek sampingnya. Oleh karena itu penggunaannya saat hamil sebaiknya didasarkan pada manfaatnya yang lebih besar dari efek yang mungkin ditimbulkan.
  • Tidak ada data tentang masuknya bahan aktif Phisohex dalam ASI ibu menyusui. Sehingga penggunaannya sebaiknya didasarkan pada manfaat dan menghindari kemungkinan efek sampingnya.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Phisohex, diantaranya yaitu:

  • Penggunaan bersamaan dengan antibotik topikal sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan risiko resitensi bakteri kulit.