Prenagen Esensis susu apa?

Prenagen Esensis adalah adalah salah satu dari rangkaian susu nutrisi kehamilan dari Prenagen. Esensis berada di urutan paling awal diantara rangkaian susu promil prenagen yaitu susu untuk wanita yang sedang menjalani program hamil (promil) atau berkeinginan segera punya anak namun belum masuk masa kehamilan.

Nutrisi pada susu Prenagen Esensis ini diformulasikan untuk membantu para calon ibu mengoptimalkan kesuburannya sehingga peluang kehamilan jadi semakin besar. Disarankan untuk mengonsumsi susu ini 4 bulan sebelum rencana kehamilan dimulai.

Konsumsi susu Prenagen Esensis sejak persiapan kehamilan dianggap penting karena dapat membantu menjaga kecukupan gizi penting penunjang kehamilan. Kandungan nutrisi seperti asam folat, kalsium, vitamin dan mineral dari Prenagen Esensis diharapkan dapat membantu janin terhindar dari cacat bawaan yang umumnya terjadi akibat kekurangan nutrisi pada awal-awal kehamilan.

Ikhtisar Kandungan Prenagen Esensis

KandunganAsam folat, kalsium, fosfor, magnesium, protein, zat besi, omega 3 dan omega 6 serta vitamin A, C, D3, E, B1, B2, Niacin, B6, B12, zinc, yodium serta selenium
KegunaanNutrisi persiapan kehamilan
KategoriSusu pra kehamilan
KonsumenWanita berencana hamil
SediaanPrenagen Esensis 180 mg dan 360 mg dengan pilihan rasa coklat, moka dan vanila

prenagen esensis susu pra kehamilan

Mekanisme Kerja

Cara kerja Prenagen Esensis sebenarnya sama dengan susu lainnya yang digunakan untuk menutrisi tubuh. Namun beberapa kandungan spesifiknya dinilai sangat baik untuk persiapan kehamilan, kandungan penting itu diantaranya:

  • Asam folat: sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel baru, kekurangan senyawa ini pada awal kehamilan ditengarai sebagai penyebab utama munculnya kelainan tulang belakang pada janin.
  • Kalsium: zat penyusun tulang ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga tulangnya tetap sehat serta membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan pada awal kehamilan.
  • Vitamin D: selain membantu penyerapan kalsium vitamin D juga dianggap mampu menjaga mood tetap baik sehingga terhindar dari strees berlebih yang biasa dihadapi wanita yang merencanakan kehamilan.
  • Omega 3 dan 6: senyawa asam lemak esensial ini sangat baik untuk fase awal perkembangan otak janin.
  • Multivitamin: pemenuhan kebutuhan vitamin akan membantu menjaga kesehatan dan menghindarkan dari sakit agar proses awal kehamilan berjalan baik.

Kegunaan Prenagen Esensis

Susu Prenagen Esensis diindikasikan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi wanita yang berencana hamil. Terutama untuk mereka yang angka kecukupan gizinya masih kurang. Kandungan protein, vitamin, asam folat dan beberapa nutrisi penting dari susu ini dinilai mampu mengurangi risiko kelainan lahir pada bayi, terutama yang disebabkan oleh kekurangan gizi pada bunda di awal kehamilan.

Aturan Minum Prenagen Esensis

Prenagen Esensis tersedia dalam bentuk bubuk yang dapat disedu dengan air hangat. Aturan minumnya seperti berikut:

  • Sediakan 3 sendok makan bubuk susu Prenagen Esensis, masukkan ke dalam gelas ukuran biasa (kurang lebih 180 ml).
  • Siapkan air hangat kemudian tuangkan ke dalam gelas tadi dan aduk hingga susu larut.
  • Minum susu ini 2 kali sehari setiap pagi dan sore hari atau sebelum tidur.
  • Usahakan untuk menghabiskan satu kotak susu kurang dari sebulan setelah dibuka karena kandungannya akan rusak jika sudah dibuka terlalu lama.

Efek Samping Prenagen Esensis

Prenagen Esensis sama halnya dengan produk susu umumnya namun dengan penambahan beberapa vitamin dan mineral penting. Jika bukan penderita alergi susu, umumnya tidak ada efek samping dari penggunaan produk ini. Namun beberapa testimoni pengguna didapati efek seperti muncul jerawat di wajah dan kenaikan berat badan. Walaupun efek ini tidak bisa dijadikan acuan dan mungkin berbeda pada masing-masing orang.

Efek Overdosis Prenagen Esensis

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis dari konsumsi berlebihan Prenagen Esensis ini. Namun beberapa mineral yang dikandung oleh susu ini memiliki batasan maksimal konsumsi harian seperti asam folat yang dianjurkan tidak lebih dari 1 mg per hari. Oleh karena itu, selalu patuhi aturan minum dari susu ini. Jika muncul gejala alergi sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter Anda dan hentikan konsumsinya.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan susu ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Disarankan untuk tidak menggunakan air panas yang baru dirubus dan langsung dituangkan karena dapat merusak kandungan mineral dari susu ini.
  • Pastikan Anda menyukai varian rasa dari susu ini karena alergi coklat atau vanila mungkin akan menyulitkan Anda untuk menghabiskan segelas susu ini.
  • Disarankan untuk meminum susu ini pada jam yang sama setiap harinya. Pagi setelah sarapan atau sebelum tidur malam misalnya.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Prenagen Esensis untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Pada dasarnya susu untuk ibu hamil dengan susu pra kehamilan memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda. Umumnya hanya dilakukan perubahan dosis yang lebih tinggi untuk ibu hamil. Oleh karena itu konsumsinya dianggap aman, namun jika sudah terjadi kehamilan nutrisinya sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil yang perlu lebih banyak gizi. Untuk produk Prenagen, tersedia jenis Prenagen Mommy dan Prenagen Mommy emesis yang lebih cocok untuk ibu hamil.
  • Ibu menyusui tidak disarankan mengonsumsi Prenagen Enesis karena kebutuhan gizinya sudah mulai berbeda dari persiapan kehamilan dan kehamilan dengan masa menyusui. Ibu menyusui lebih disarankan mengonsumsi produk susu yang dapat memacu produksi ASI. Prenagen juga menyediakan produknya berupa Prenagen Lactamom yang diperkaya vitamin B2 dan B12 yang dapat membantu menjaga produksi ASI tetap baik.

Interaksi dengan makanan atau obat

Potensi interaksi makanan dengan obat terjadi ketika digunakan bersamaan sehingga dapat mengubah cara kerja obat atau menurunkan efektivitasnya. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. .

Beberapa jenis obat mungkin berinteraksi dengan produk susu, termasuk juga dengan Prenagen Esensis. Diantaranya yaitu:

  • Obat antibiotik jenis tetrasiklin sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu karena dapat menurunkan efektivitas obat ini.
  • Antibiotik Ciprofloxacin sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan susu karena dapat menghambat penyerapannya di usus.