10 Jenis Minuman Buka Puasa yang Sehat Nan Menyegarkan

Banyak orang menjadi kalap dan seakan balas dendam di kala waktu berbuka puasa tiba. Alih-alih mendatangkan manfaat, puasa semacam ini justru tak baik bagi kesehatan. Penting untuk memerhatikan berbagai asupan yang masuk ke dalam tubuh, termasuk minuman. Tak perlu bingung, inilah beberapa minuman buka puasa yang sehat nan menyegarkan.

minuman terbaik untuk berbuka puasa

Meski sederhana, nyatanya minuman buka puasa ini begitu menyehatkan lho!

1. Air Putih

Murah, sederhana, netral dan mampu menghidrasi tubuh seketika. Di tambah dengan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkannya bagi tubuh, membuat anjuran minum air putih 8 gelas sehari tetap harus dipenuhi sekalipun di bulan puasa.

Minumlah 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan berat, 2 gelas sebelum tidur dan 2 gelas di kala sahur. Tak masalah jika lebih dari itu, selama sesuai akan kebutuhan. Setiap orang memiliki mekanisme tubuh dan aktivitas yang berbeda-beda. Jadi, anjuran 8 gelas per hari tak lantas menjadi aturan baku.

2. Teh 

Sebenarnya secangkir teh dapat menjadi salah satu pilihan dari sekian banyak minuman buka puasa yang sehat. Sayangnya, kebanyakan masyarakat kita lebih gemar menikmati teh dengan tambahan gula yang cukup banyak. Hal inilah yang menyebabkannya kurang baik dikonsumsi saat berbuka, karena dapat meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

Lantas, bagaimana menyiasatinya? Mudah saja, minumlah secangkir teh hangat murni (lebih disarankan teh herbal) dengan sedikit saja atau tanpa tambahan gula.

3. Susu Almond

Susu almond secara alami kaya akan beberapa vitamin dan mineral, terutama vitamin E. Kandungan kalorinya pun tak begitu tinggi, sehingga dapat mengatasi rasa haus setelah seharian berpuasa tanpa perlu khawatir berat badan naik.

4. Jus Semangka

Menikmati segelas jus semangka di kala berbuka mampu membantu tubuh kembali terhidrasi lantaran kandungan air dalam buah semangka yang begitu tinggi. Terlebih lagi, buah ini kaya akan lycopene yang berperan sebagai antioksidan kuat, sehingga tak ada lagi alasan untuk melewatkannya di kala berbuka.

5. Infused Water

Mau mencoba minuman buka puasa yang sehat dan berbeda? Tak ada salahnya untuk membuat infused water. Perpaduan air mineral, potongan buah dan herbal didalamnya sudah barang tentu dapat menyehatkan dan mengembalikan cairan tubuh dalam sekejap.

Untuk berbuka, kreasikan infused water dengan berbagai potongan buah yang lebih bersahabat bagi perut kosong, seperti apel, timun jepang, raspberry dan daun mint. Hindari buah-buahan yang terlalu asam seperti lemon atau nanas, terutama bagi yang memiliki riwayat asam lambung tinggi.

6. Air Kelapa Muda

Selama ini air kelapa muda sudah menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia di kala berbuka puasa. Tentunya karena dapat diandalkan dalam memenuhi kebutuhan cairan tubuh seketika. Tak hanya itu, air kelapa muda juga nyatanya memiliki manfaat luar biasa lainnya.

Beberapa diantaranya, yakni untuk detosifikasi tubuh akibat penumpukan makanan yang tidak sehat dan membantu mengantisipasi kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya.

7. Jus Kurma Susu

Sesuai namanya, jus ini dibuat dari buah kurma dan susu – baiknya susu UHT atau pasteurisasi, tidak disarankan memakai susu bubuk atau kental manis. Selain menyehatkan, kesegaran dan rasa manis alami yang ditawarkan jus ini tentunya sangat menggoda selera. Di tambah dengan beberapa butir kurma muda segar, maka akan semakin sempurna manfaat yang didapatkan.

Baca juga : Manfaat Kurma Muda (ruthob) yang Menakjubkan

8. Smoothie Pisang

Harga pisang yang ekonomis ditambah dengan berbagai kandungan nutrisi dan mineral didalamnya yang begitu penting bagi tubuh membuat banyak orang begitu menggemari buah yang satu ini. Tak hanya dapat diolah sebagai menu makanan saja, pisang juga dapat dinikmati sebagai minuman buka puasa yang sehat.

Bagaimana caranya? Tuangkan satu buah pisang yang telah di potong-potong dan secangkir susu almond atau UHT ke dalam blender. Tambahkan 1 sdt madu dan es batu sesuai selera guna menambah kesegaran dan kekentalannya. Blender hingga halus, lantas tuang ke dalam gelas dan teguk kenikmatannya di kala berbuka.

9. Jus Sayuran

Seperti yang kita ketahui, sayuran merupakan sumber vitamin, mineral, fitonutrien dan zat penting lainnya. Di kala berpuasa, selain dapat dinikmati sebagai menu sayuran pada umumnya, kita juga dapat mengkreasikannya menjadi jus yang istimewa.

Cobalah kombinasikan wortel, bayam, peterseli dan buah bit. Cuci bersih dahulu semua bahan tersebut, kemudian blender hingga halus. Tuang ke dalam gelas dan masukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu agar lebih segar ketika dinikmati saat waktu berbuka tiba.

10. Kefir

Kefir adalah minuman dari hasil fermentasi susu yang sangat bermanfaat, terutama dalam membantu menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, kefir mengandung banyak probiotik atau bakteri baik yang mampu mempromosikan kesehatan pencernaan yang optimal, menguatkan sistem imun dan mengembalikan energi yang terkuras selama puasa.

Dari sekian banyak minuman buka puasa yang sehat di atas, mana yang jadi favoritmu?

Baca juga