Tips Menu Sahur Sehat di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi seluruh umat Islam. Hal tersebut dikarenakan selama satu bulan penuh umat Islam menjalankan ibadah puasa. Puasa Ramadhan wajib hukumnya bagi seluruh umat Islam. Saat berpuasa, kita hanya boleh makan dan minum saat sahur juga berbuka. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan asupan makanan dengan mengatur menu sahur sehat bagi keluarga, agar tubuh tetap sehat dan puasa pun tetap terjaga.

Sebagian orang terkadang malas untuk makan sahur dikarenakan rasa kantuk atau lain sebagainya. Namun, hal tersebut sangat disayangkan karena sahur merupakan sunnah dalam Puasa Ramadhan, sehingga sangat disayangkan apabila aktivitas tersebut terlewat begitu saja, terlebih sahur memiliki berbagai manfaat loh! Mari kita simak manfaat sahur bagi kesehatan, sebagai berikut.

menu sahur sehat

menu sahur sehat

Baca juga:

Manfaat Sahur Bagi Kesehatan

Mengapa sahur sangat penting? Hal tersebut dikarenakan selama 14 jam tubuh kita tidak mendapat asupan makanan, sehingga makan sahur sangat penting dan bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa. Ada beberapa manfaat yang diperoleh bagi Anda yang melakukan saat sahur, yaitu:

  • Sumber Energi: Sahur dapat memberikan kekuatan fisik selama Anda berpuasa. Hal tersebut dikarenakan sahur merupakan sumber energi utama tubuh selama puasa Ramadan, terutama jika makanan sahur Anda kaya akan karbohidrat.
  • Mencegah Mual dan Sakit Kepala: Sahur juga membantu mencegah mual dan sakit kepala saat berpuasa, karena tubuh dapat mengatur kadar gula dalam darah.
  • Mengurangi Dahaga: Sahur juga bermanfaat mengurangi rasa haus di siang hari, terlebih apabila kita banyak minum serta mengonsumsi sayur dan buah yang cukup.
  • Baik bagi Pencernaan: Manfaat sahur lainnya adalah mempermudah sistem pencernaan, karena selama berpuasa tidak banyak makanan yang diolah di sistem pencernaan.
  • Membantu Kebutuhan Nutrisi: Sahur bermanfaat dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa. Hal tersebut harus diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi saat sahur.

Sangat banyak kan? manfaat sahur bagi kesehatan tubuh kita, jadi hilangkan rasa malas dan kantuk ketika hendak makan sahur. Agar sahur terasa lebih nikmat dan sehat, perhatikan menu sehat sahur dibawah ini.

Apa Sajakah Menu Sehat Sahur ?

Bagi sebagian orang, menahan rasa haus dan lapar saat berpuasa terasa sangat menyiksa dan tubuh terasa lemas. So, Bagaimana caranya membuat puasa terasa mudah dan tubuh tetap segar? Anda tak perlu khawatir karena beberapa menu sehat sahur di bawah ini akan menjawab pertanyaan Anda.

1. Perbanyak Konsumsi Air

Saat melakukan sahur, pastikan tubuh Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup. Hal tersebut bertujuan agar cairan dalam tubuh tetap terpenuhi selama berpuasa.

Ketika bangun sahur, mulailah dengan meminum air putih sebanyak 1-2 gelas. Kemudian setelah makan sahur juga minum minimal satu gelas air lagi. Anda juga dapat mengonsumsi jus buah, sup, atau makanan berkuah lainnya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

2. Mengonsumsi Makanan yang Berkarbohidrat Tinggi

Kandungan lainnya yang harus ada dalam menu sahur sehat Anda adalah karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan tinggi serat akan menimbulkan efek kenyang lebih lama. Dengan demikian selama berpuasa, Anda tidak mudah merasa lapar.

Makanan yang mengandung karbohidrat dan serat tinggi, seperti nasi putih, nasi merah, jagung, kentang, dan roti gandum. Jadi, pastikan salah satu makanan tersebut ada di tiap santap sahur Anda.

3. Mengonsumsi Daging

Daging merupakan menu sahur sehat selanjutnya karena kandungan protein dalam daging sangat diperlukan tubuh selama berpuasa. Oleh karena itu, pastikan daging sebagai menu utama saat santap sahur Anda.

Jika Anda bosan dengan mengonsumsi daging, maka bisa Anda ganti dengan makanan lainnya, seperti tahu, tempe, atau ikan. Untuk proses pengolahan makanan tersebut lebih baik direbus dan jangan digoreng.

4. Perhatikan Nutrisi dalam Makanan

Ketika membuat menu sahur, sebaiknya Anda juga memperhatikan komposisi nutrisi yang ada didalamnya. Usahakan makanan-makanan tersebut mengandung 4 sehat 5 sempurna. Hal tersebut akan membuat makanan yang dimakan saat sahur memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. selama berpuasa

5. Makan Buah dan Sayuran

Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, buah dan sayuran juga merupakan makanan yang penting ketika sahur. Menu masakan, seperti sayur bening, sup sayuran, dan tumis sayuran tidak boleh dihilangkan saat sahur. Tak lupa juga untuk mengonsumsi buah-buahan atau jus buah, pilihlah buah yang sama dengan berbuka (tidak masalah).

6. Mengonsumsi Makanan yang Kaya Protein

Kandungan protein sangat diperlukan tubuh selama berpuasa karena protein dapat digunakan sebagai cadangan energi. Makanan kaya protein dapat dijadikan pilihan utama saat membuat menu sahur sehat.

Ketika anda mengkonsumsi makanan berprotein, tubuh akan memecahnya menjadi asam amino yang baik untuk darah dan otot. Makanan yang banyak mengandung protein adalah daging, ikan, telur, keju, dan kacang-kacangan.

7. Makanan Kaya Zat Besi

Saat Anda berpuasa, tubuh akan kekurangan zat besi dalam jumlah besar. Hal ini dapat menjadi masalah besar bagi penderita anemia (kurang darah). Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti kurma, hati, tomat, sayur bayam, dan sayur daun singkong. Baca: Sumber Makanan yang Mengandung Zat Besi (Mudah Didapat)

8. Makanan yang Mengandung Magnesium dan Kalium

Kandungan mineral yang juga penting bagi tubuh adalah magnesium dan kalium. Magnesium bermanfaat sebagai cadangan energi, sedangkan kalium bermanfaat untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Makanan yang mengandung magnesium dan kalium, seperti buah pisang, jeruk, dan alpukat.

9. Minum Susu

Susu adalah minuman yang menyehatkan dan banyak kandungan gizi. Selain itu, susu juga sumber kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang. Jadi, mengonsumsi susu saat sahur sangat baik bagi kesehatan Anda. Susu nabati, sepeti susu kacang kedelai juga baik untuk kesehatan juga mengandung banyak protein.

10. Mengonsumsi Kacang-kacangan

Menu sehat sahur yang terakhir adalah mengonsumsi kacang-kacangan. Hal tersebut dikarenakan berbagai jenis kacang-kacangan merupakan sumber nutrisi, protein tinggi, dan lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain makanan yang sehat untuk dikonsumsi saat sahur, ada juga beberapa makanan yang harus dihindari, Penasaran? Perhatikan di bawah ini.

Apa Sajakah Makanan yang Dihindari Saat Sahur?

Selain Anda memperhatikan asupan makanan yang konsumsi saat sahur, Anda juga wajib memilih makanan-makanan yang tidak baik untuk kesehatan selama berpuasa. Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur.

  1. Makanan Mengandung Gula Sederhana: Jenis makanan yang mengandung gula sederhana, seperti kue, roti tawar, dan biskuit serta minuman manis sebaiknya dihindari saat sahur. Hal tersebut dikarenakan makanan tersebut menyebabkan proses pembakaran yang lebih cepat sehingga membuat lebih cepat lapar saat berpuasa.
  2. Makanan Mengandung Lemak Jenuh: Hindari mengonsumsi goreng-gorengan yang banyak mengandung lemak jenuh sehingga menyebabkan kantuk dan membuat tubuh lemas saat puasa.
  3. Minuman Berkafein: Kurangi minum minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh karena dapat mempercepat pengeluaran cairan tubuh sehingga membuat tubuh Anda dehidrasi.

Menu sahur yang sehat sangat memengaruhi kualitas puasa Anda. Dengan menu sahur sehat, aktivitas ibadah lainnya juga dapat dikerjakan karena badan tetap bugar dan semangat meski sedang berpuasa.

Jadi, sahur bukan hanya sekedar kenyang, tapi kandungan nutrisinya juga harus tercukupi.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer