3 Penyebab Pneumonia Bisa Menyerang Tubuh

Menurut Autoimun Care, Pneumonia adalah peradangan paru-paru tepat di bagian terpentingnya, yaitu parenkim paru. Selain mengenai bagian tersebut, peradangan juga menyerang bagian distal dari bronkiolus terminal. Singkatnya, pneumonia ini mengakibatkan terjadinya inflamasi pada kantong-kantong udara pada paru-paru.

pneumonia paru-paru basah

Pneumonia atau biasa dikenal dengan paru-paru basah mengakibatkan pernapasan terganggu. Hal ini karena kantong udara pada saluran pernapasan membengkak dan berisi cairan (lihat gambar di atas). Pengobatan menjadi sulit saat kondisinya semakin berat dan berpotensi mengancam nyawa.

Adapun gejalanya, penyakit ini ditandai dengan batuk, demam tinggi, dan pernapasan tidak lancar. Secara luas sebenarnya gejala pneumonia dapat dilihat dari tingkat keseriusan penyakit itu sendiri. Belum lagi faktor usia, daya tahan tubuh, dan penyebab penyakit, membuat gejala pneumonia menjadi beragam.

Akan tetapi selain gejala-gejala di atas, biasanya gejala pneumonia kebanyakan akan ditandai seperti:

  • Penderita akan mengalami batuk, bahkan batuk berdahak cukup parah. Pada beberapa penderita bisa mengalami batuk berdarah.
  • Karena pernapasan yang tidak lancar, penderita pneumonia bisa mengalami napas pendek dan sakit pada bagian dada.
  • Demam menjadi salah satu gejala yang timbul jika penyakit pneumonia muncul. Akibatnya, penderita pun mengalami berkeringat dan badan menggigil.
  • Pneumonia juga bisa dideteksi dari gejala sakit pada pencernaan. Hal ini membuat penderita pneumonia mengalami rasa mual dan ingin muntah, bahkan tidak jarang mengalami diare.
  • Penyakit pneumonia mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Alhasil, penderita pun dicirikan mengalami kelelahan.

Lantas, Apa Saja yang Menjadi Penyebab Pneumonia?

1. Jamur

Seseorang bisa terkena pnuemonia karena paru-paru terkena infeksi jamur. Jamur membuat seseorang terkena pneumonia karena sistem kekebalan tubuh yang rendah.

2. Virus

Virus menjadi penyebab terjadinya pneumonia. Penyebab yang satu ini dinamakan pneumonia viral. Kondisi ini biasanya menyerang anak, karena tidak jarang penyebab sakit pilek atau flu bisa menjadi awal dari penyakit pneumonia.

3. Bakteri

Pneumonia disebabkan oleh bakteri Chlamydophlla Pneumonia, Streptococcus Pneumoniae, dan Legionella Pneumophila.

Selain tiga penyebab tadi, penyakit pneumonia juga bisa disebabkan karena lingkungan. Misalnya saja seseorang bisa terkena pneumonia karena terlalu lama di rumah sakit. Atau bisa jadi karena di dapat dari lingkungan tempat tinggal atau umum yang kurang terawat.

Sebaiknya jika seseorang mengalami gejala-gejala di atas, maka disarankan sesegera mungkin melakukan pemeriksaan ke dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan meliputi rongga dada, tes dahak, dan tes darah.

Bagaimana Pengobatan Pneumonia?

Pengobatan pneumonia dapat dilakukan di rumah sakit. Namun pengobatan penyakit ini juga dapat dibantu menggunakan bahan herbal di rumah saat kondisinya belum berat. Hal ini tentu akan sangat membantu, karena biaya dapat dipangkas dan tubuh pun tidak mendapatkan efek samping berbahaya.

Tidak hanya itu! Seiring kemajuan teknologi, obat herbal pneumonia pun sekarang diproses dengan nanotechnology. Sehingga dihasilkan produk yang berkualitas untuk mendapatkan hasil pengobatan yang maksimal.

Pulmohealer untuk paru-paru basah mediskus

DISKUSI TERKAIT

Baca juga