5 Penyakit Mematikan Akibat Diabetes

5 penyakit diabetes yang mematikan

Diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) yang jauh di atas normal. Mengapa dianggap penyakit serius? Menurut kapdalin.com yang merupakan situs kesehatan herbal yang berfokus pada produk yang membantu mengatasi diabetes, diabetes tidak hanya menyerang satu bagian tubuh namun bisa menyerang banyak bagian tubuh. Darah yang dialirkan ke seluruh tubuh itulah yang menyebabkan diabetes dapat menjalar ke organ tubuh lain.

Sebelum itu mari kita bahas sedikit mengapa penyakit diabetes dapat terjadi. Penyakit diabetes disebabkan karena glukosa yang ada dalam darah tidak dapat diolah menjadi energi akibat berkurangnya produksi hormon insulin atau kerja hormon tersebut kurang optimal. Hormon insulin adalah hormon yang diproduksi dari pankreas yang mengolah glukosa menjadi energi.

Kadar glukosa yang tinggi mempengaruhi organ lainnya, karena diedarkan oleh pembuluh darah. Sehingga dampak penyakit diabetes yang dirasakan oleh orang kebanyakan adalah sebagai berikut:

1. Rusaknya pembuluh darah.

Tingginya kadar gula darah akibat menurunnya kinerja insulin juga dapat menyebabkan sejumlah masalah pada sistem metabolik. Salah satunya mengakibatkan penumpukan plak kolesterol dalam pembuluh darah. Pembuluh darah yang terlibat akan mengalami penyempitan bahkan penyimbutan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan terjadinya stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Penyakit jantung

Berhubungan dengan kerusakan pembuluh darah, penderita diabetes juga lebih berisiko terkena penyakit jantung. Keadaan tersebut terjadi karena plak dalam pembuluh darah memaksa jantung bekerja lebih keras sehingga kemungkinan terjadi serangan jantung lebih tinggi.

3. Gagal ginjal

Tingginya kadar glukosa dalam pembuluh darah di dalam ginjal mengakibatkan kinerja ginjal lebih berat. Kinerja ginjal yang terlalu berat bisa mengakibatkan penyakit ginjal, penyakit ginjal kronis, bahkan jika dibiarkan akan menyebabkan gagal ginjal.

4. Kebutaan

Lagi-lagi, pembuluh darah yang rusak karena glukosa menyebabkan organ-organ lain juga terganggu. Kerusakan pembuluh darah pada mata dan dapat menyebabkan glukoma hingga kebutaan.

5. Amputasi

Diabetes dapat menyebabkan amputasi organ tertentu agar tidak menjalar ke organ tubuh lainnya. Anda bisa membaca Cerita Tentang Bapak Helmi Kakinya Diamputasi Karena Diabetes.

Memang tingkat keparahan dampak negatif diabetes ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Jadi jangan sampai Anda merasakan dampak rusaknya organ-organ tubuh karena diabetes. Mulai sekarang Anda harus melakukan langkah pengobatan dan pencegahan.

Pengobatan untuk Diabetes

Jika diabetes Anda masih pada tahap awal, maka langkah pengobatan alternatif bisa dicoba. Jika sudah semakin parah, Anda tentunya harus ke dokter untuk pengobatan medis misalnya penyuntikan insulin. Namun Anda bisa menyeimbangkannya dengan pengobatan alternatif agar bahan-bahan kimia tidak menggerus tubuh Anda, ginjal Anda tidak perlu terlalu berat mencerna obat-obat kimia.

Pengobatan alternatif tetap perlu didampingi oleh medis. Saat ini sudah ada pengobatan herbal dari daun insulin untuk meningkatkan produksi hormon insulin dalam tubuh. Ramuan herbal ini layak dicoba karena selain ekstrak daun insulin, di dalamnya juga terkandung bahan herbal lain seperti temulawak dan kencur yang sudah dikenal dapat meringankan penyakit diabetes.

Dan tentu saja harganya lebih terjangkau ketimbang harus suntik insulin karena kian parahnya penyakit gula yang diderita. Satu hal yang lebih penting juga, Anda harus pandai memilih bahan herbal yang sudah berbadan POM RI.

kapdalin obat penyakit diabetes

DISKUSI TERKAIT