Scabimite obat apa?

Scabimite adalah obat topikal (dioleskan pada kulit) yang mengandung bahan aktif permethrin untuk menyembuhkan penyakit skabies (scabies), gudik, atau kudis. Penyakit ini disebabkan oleh serangga kecil bernama Scarcoptes scabiei atau yang lebih dikenal sebagai tungau. Tungau akan menyerang dan mengiritasi kulit, rasa gatal yang parah dan semakin menjadi pada malam hari merupakan ciri utama penyakit skabies.

Untuk mengatasi serangan tungau, dokter umumnya akan meresepkan scabimite. Obat berbentuk krim yang diaplikasikan pada kulit ini dapat meringankan gejala kudis. Bahan aktif permethrin merupakan sejenis zat kimia dari jenis pyrethroid yang umumnya digunakan sebagai insektisida pembasmi berbagai hama termasuk, kutu, caplak, pinjal dan juga tungau.

Ikhtisar Obat Scabimite

Jenis obatPyrethroid
KandunganPermethrin
KegunaanMengobati scabies (kudis)
KategoriObat Resep
KonsumenDewasa dan Anak
SediaanScabimite 5%, 1%, 0,5% dalam 30 g, 20 gr, 10 gr
scabimite 5% cream

kemasan Scabimite 5% cream

Mekanisme Kerja

Cara kerja scabimite mengandalkan permethrin sebagai kandungan utamanya untuk mengatasi tungau di kulit. Substansi ini bekerja pada membran sel saraf tungau untuk mengganggu saluran natrium dimana polarisasi membran diatur. Melambatnya polarisasi membuat tungau mengalami kelumpuhan dan akhirnya mati.

Indikasi atau Kegunaan Scabimite

Indikasi utama bbat ini adalah untuk mengatasi scabies atau kudis, digunakan secara topikal pada kulit yang mengalami iritasi dan gatal akibat serangan tungau. Obat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kutu rambut.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap permethrin dan jenis obat pyrethroid atau pyrethrin tidak boleh menggunakan obat ini.

Dosis Scabimite dan Cara Penggunaan

Scabimite tersedia dalam sediaan dan kekuatan dosis berikut:

  • Krim: 5 % permethrin pada sediaan 10 gr, 20 gr, 30 gr dan 60 gr.

Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter. Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Scabimite untuk Dewasa

  • Dosis lazim untuk kudis (scabies) : Krim permethrin 5 %, dioleskan langsung pada kulit yang terkena kudis. Biarkan selama 8 sampai 14 jam tidak boleh terkena air.
  • Dosis mengatasi kutu rambut : Gunakan krim permethrin 1% pada kulit kepala rambut hingga belakang telinga seperti sampo, diamkan selama 10 menit kemudian bersihkan rambut dengan sampo.

Dosis Scabimite untuk Anak-anak

  • Dosis untuk kudis : Gunakan krim scabimit dengan permethrin 5 % pada kulit yang mengalami kudis. Biarkan selama 8 sampai 14 jam tidak boleh terkena air.
  • Dosis untuk kutu rambut : Gunakan krim scabimit dengan permethrin 1% pada kulit kepala dan rambut hingga belakang telinga seperti sampo, diamkan 10 menit dan bersihkan dengan air. Berhati-hatilah agar tidak mengenai mata dan bilas dengan air bersih jika terkena.

cara pemakaian scabimite

Ingat! gunakan Scabimite dengan benar, yakni diamkan selama minimal 8 jam, baru boleh dibersihkan atau terkena air.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini hanya pada permukaan kulit atau rambut.
  • Cuci atau bersihkan sisa krim jika sudah digunakan lebih dari 8 – 14 jam di kulit.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai menggunakannya.
  • Obat ini tidak dianjurkan untuk anak di bawah 12 bulan.

Efek Samping Scabimite

Scabimite umumnya ditoleransi dengan baik. Namun beberapa efek samping juga diperhatikan, antara lain:

  • Iritasi kulit.
  • Gatal pada kulit.
  • Bengkak pada kulit.
  • Kemerahan.

Kondisi seperti memburuknya kondisi ini merupakan efek yang biasa muncul pada penggunaan scabimite, namun jika kondisi ini semakin parah segeralah hubungi dokter.

Efek Overdosis Scabimite

Karena penggunaannya pada bagian luar tubuh, overdosisi umumnya jarang terjadi. Namun jika tertelah obat ini dapat berbahaya untuk tubuh, gejala keracunan umumnya berupa pusing parah dan susah bernafas. Segera hubungi dokter jika hal ini terjadi.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Kudis umumnya juga disertai kondisi kulit lain seperti pruritus, edema dan eritrema. Jika kondisi ini terjadi, pengobatan dengan permetrin biasanya akan membuat kudis terasa memburuk sementara dan kemudian membaik setelah beberapa hari.
  • Krim ini juga sangat bereaksi dengan mata, usahakan untuk tidak kontak dengan mata. Jika terjadi, segera cuci mata dengan air bersih, atau kunjungi dokter jika perih di mata tidak hilang.
  • Berhati-hatilah menggunakan obat ini pada penderita asma.

Kehamilan dan Menyusui

Apakah obat scabimite boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui?

  • Scabimite merupakan obat kategori B untuk ibu hamil menurut FDA. Hal ini berarti, studi pada sistem reproduksi hewan percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Oleh karena itu penggunaan obat ini untuk ibu hamil sebaiknya hanya digunakan jika sangat dibutuhkan saja.
  • Meskipun obat ini belum diketahui apakah masuk kesaluran ASI atau tidak. Beberapa pertimbangan seperti kemungkinan zat ini masuk ke ASI dan beberapa penelitian yang menemukan potensi tumorgenik dari permethrin, maka tidak direkomendasikan diberikan pada ibu menyusui.

Interaksi Obat

Beberapa jenis obat mungkin dapat berinteraksi dengan scabimite. Oleh karena itu jangan merubah, memulai, berhenti atau menambah dosis obat ini tanpa di periksa sebelumnya oleh dokter.