Kencing Setelah Berhubungan Intim Bisa Cegah Kehamilan?

Dok, apakah setelah melakukan intim langsung kencing bisa mencegah kehamilan?

Selamat malam.

Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang kencing setelah berhubungan untuk mencegah kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

Sebenarnya tidak ada kaitannya antara kencing pasca berhubungan dengan pencegahan kehamilan. Sel sperma memiliki gerak yang sangat cepat sehingga jika sudah masuk dan dari pihak wanita juga sedang mengalami ovulasi maka sel telur dapat bertemu dengan sel sperma. Jika hal ini terjadi maka pembuahan akan berlangsung dan terjadilah kehamilan. Sel telur sendiri tidak selalu dihasilkan oleh wanita tiap saat.

Sel telur baru diproduksi saat ovulasi yakni kurang lebih 14 hari sebelum haid selanjutnya. Untuk itu untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan maka tiap pasangan perlu tahu kapan waktu ovulasi terjadi pada sang wanita. Namun hal ini kadang sulit ditentukan pada wanita yang siklus mensnya tak teratur.

Oleh karena itu pada wanita ini, sebaiknya diamati siklus mens dalam rentang 6 bulan terakhir. Maka untuk mengetahui kapan ovulasi bisa ditentukan dengan mengurangi siklus mens terpanjang dengan angka 11 dan mengurangi siklus mens terpendek dengan angka 18. Misal siklus mens terpendek 28 hari, maka masa ovulasinya berkisar di hari ke 10 dan jika siklus mens terpanjang 32 hari maka masa ovulasinya berkisar di hari ke 21.

Oleh karena itu pada wanita ini ada baiknya melakukan hubungan seks antara hari ke 10 hingga hari ke 21. Hubungan seks sebaiknya dilakukan teratur dalam 2 – 3 hari sekali untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan.

Cara Cepat Hamil Lagi Setelah Keguguran

Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

 

 

 

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer